5 Cara Menghilangkan Uban Secara Alami Tanpa Bahan Kimia

Ada berbagai cara menghilangkan uban secara alami yang bisa Anda lakukan.
Uban tidak selalu berkaitan dengan penuaan

Timbulnya uban seringkali dikaitkan dengan penuaan. Namun, tak hanya muncul pada orang yang sudah tua, uban juga bisa muncul pada orang yang masih muda. Rambut hitam yang Anda miliki pun perlahan-lahan bisa berubah warna menjadi abu-abu atau putih.

Memiliki rambut beruban bisa membuat seseorang kurang percaya diri karena mungkin jadi terlihat lebih tua. Oleh sebab itu, terdapat beragam cara menghilangkan uban secara alami yang dapat Anda coba.

Penyebab rambut beruban

Folikel rambut memiliki sel pigmen yang memproduksi melanin (zat pemberi warna pada rambut). Seiring bertambahnya usia, sel-sel ini mulai mati hingga menyebabkan rambut kekurangan pigmen.

Tanpa pigmen, helai rambut pun menjadi lebih ringan dan berwarna abu-abu atau putih yang dikenal dengan sebutan uban. Selain bertambahnya usia, terdapat berbagai penyebab munculnya rambut beruban. Penyebab rambut beruban yang harus Anda ketahui, di antaranya:

  • Kekurangan vitamin. Kurangnya vitamin B-6, B-12, biotin, vitamin D, atau vitamin E dalam tubuh dapat mendorong penuaan dini. Sebab, kekurangan nutrisi bisa memengaruhi pigmentasi sehingga menyebabkan rambut mulai memutih.

  • Masalah gen. Gen merupakan faktor utama dalam menentukan pada usia berapa rambut kehilangan pigmen. Sebagian besar kasus beruban pada usia muda dikaitkan dengan faktor genetika.

  • Stres oksidatif. Stres oksidatif dapat menyebabkan rambut beruban karena antioksidan tidak mampu melawan efek merusak dari radikal bebas yang mengakibatkan kerusakan sel dan mendorong penuaan. Selain itu, terlalu banyak stres oksidatif juga bisa memicu penyakit vitiligo yang bisa memutihkan rambut dan kulit.

  • Kondisi medis. Beberapa kondisi medis tertentu, seperti penyakit autoimun, penyakit tiroid, dan tumor bawaan yang langka dapat meningkatkan risiko seseorang untuk beruban pada usia muda.

  • Mewarnai rambut. Kandungan hidrogen peroksida yang terdapat pada banyak pewarna rambut merupakan bahan kimia berbahaya yang dapat mengurangi melanin. Ini dapat menyebabkan rambut Anda memutih.

  • Stres yang disebabkan oleh kepadatan jadwal dapat memicu rambut beruban. Apalagi jika disertai dengan asupan alkohol dan junk food yang berlebihan.

  • Rambut beruban pada usia muda dikaitkan dengan kebiasaan merokok. Sebuah studi tahun 2013 menunjukkan bahwa seorang perokok 2,5 kali lebih mungkin mulai beruban sebelum usia 30 tahun daripada orang nonperokok.

Beberapa cara menghilangkan uban secara alami

Jika rambut beruban disebabkan oleh genetika atau penuaan, maka tidak ada cara untuk menghilangkan atau mencegahnya, kecuali jika Anda menyemir rambut dengan pewarna rambut. Namun, di samping itu terdapat beberapa cara menghilangkan uban secara alami, di antaranya:

  • Teh hitam

Teh hitam dapat memberi antioksidan pada rambut, dan membantu menghambat pertumbuhan uban. Bukan hanya itu, teh hitam juga bisa membantu menggelapkan warna rambut dan membuatnya berkilau.

Seduhlah 2 sdt teh hitam dalam secangkir air dan dinginkan. Lalu, saring seduhan tersebut dan oleskan pada rambut serta kulit kepala. Pijat kulit kepala selama beberapa menit, dan biarkan teh hitam di rambut Anda selama 1 jam. Selanjutnya, bilas rambut dengan sampo dan kondisioner hingga bersih. Lakukanlah 2-3 kali dalam seminggu untuk mengatasi rambut beruban.

  • Salam koja (daun kari)

Salam koja dapat membantu memulihkan pigmen melanin di folikel rambut sehingga membantu mengembalikan warna rambut. Selain itu, daun ini juga kaya akan vitamin B yang bermanfaat untuk pertumbuhan rambut dan vitamin pigmentasi.

Anda dapat merebus segenggam salam koja dengan 3 sdm minyak kelapa. Lalu, sisihkan hingga dingin dan saringlah minyak tersebut. Pijatkan pada kulit kepala selama 15 menit, dan usapkan pada rambut secara merata.

Setelah itu, biarkan selama 30 menit atau bisa juga semalaman. Jika sudah selesai, bilas dengan bersih menggunakan sampo dan kondisioner. Anda dapat mengulanginya 2-3 kali dalam seminggu.

  • Minyak kelapa dan perasan lemon

Lemon mengandung vitamin B, vitamin C, dan kaya akan mineral fosfor. Nutrisi tersebut sangat penting untuk pemeliharaan sel-sel pigmen di folikel rambut yang dapat membantu menghilangkan rambut beruban.

Campurkan 2 sdt perasan lemon ke dalam 2 sdm minyak kelapa. Panaskan selama beberapa detik hingga hangat. Lalu, pijatkan campuran ini ke kulit kepala dan usapkan pada rambut secara merata.

Biarkan selama 30 menit hingga nutrisinya menyerap. Selanjutnya, bilas rambut dengan sampo dan kondisioner. Lakukan sebanyak 2 kali dalam seminggu untuk hasil yang baik.

  • Bawang bombay

Bawang bombay telah terbukti dapat mengurangi kerontokan rambut. Selain itu, juga dapat membantu menghilangkan uban dan meningkatkan kesehatan rambut. Namun, memang menggunakan bawang bombay pada rambut dapat membuat baunya sulit hilang.

Potonglah 1 bawang bombay berukuran sedang menjadi potongan-potongan kecil. Lalu, campurkan dengan 1 sdm minyak zaitun. Peras bahan tersebut menggunakan kain tipis agar ampasnya tidak terbawa.

Pijat kulit kepala dan oleskan pada rambut selama 10 menit. Biarkan selama 30-35 menit, dan bilas menggunakan sampo serta kondisioner jika sudah. Anda dapat melakukannya 2 kali dalam seminggu.

  • Oyong atau gambas dan minyak kelapa

Oyong dengan minyak kelapa dapat berfungsi sebagai tonik yang membantu memberikan nutrisi pada folikel. Ini dibutuhkan untuk menumbuhkan rambut yang sehat dan berpigmen. Selain itu, bahan ini dapat membantu memperbaiki akar rambut dan mengembalikan pigmen alami yang memberi warna pada rambut.

Rendamlah ½ cangkir oyong cincang kering dalam 1 cangkir minyak kelapa yang disimpan dalam toples kedap udara selama 3-4 hari. Setelah 4 hari, ambil sekitar 2 sdm minyak dan panaskan hingga hangat.

Pijatkan pada kulit kepala selama 15 menit, dan usapkan pada rambut Anda. Lalu, biarkan selama 30 menit dan bilas dengan bersih menggunakan sampo dan kondisioner jika sudah selesai. Ulangilah sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

Hal-hal di atas tidak dapat mencegah tumbuhnya uban, namun dapat membantu menghambat pertumbuhan uban. Selain melakukan beberapa cara menghilangkan uban di atas, Anda juga bisa melakukan hal lain dalam membantu menghilangkan uban, seperti mengonsumsi lebih banyak makanan kaya antioksidan (teh hijau, ikan, sayur, dan buah), kaya vitamin (telur, daging, susu, salmon, keju), dan berhenti merokok.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320288.php
Diakses pada 30 September 2019

Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/causes-and-tips-for-reducing-white-hair/#gref
Diakses pada 30 September 2019

Web MD. https://www.webmd.com/beauty/ss/slideshow-beauty-gray-hair-facts
Diakses pada 30 September 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed