4 Cara Menghilangkan Tanda Lahir yang Bisa Anda Coba

(0)
08 Feb 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Terapi laser dan operasi dapat digunakan sebagai cara menghilangkan tanda lahir.Terdapat berbagai macam cara menghilangkan tanda lahir, salah satunya dengan terapi laser.
Tanda lahir adalah perubahan warna pada kulit yang dapat muncul saat baru lahir atau beberapa minggu setelah dilahirkan. Sebagian besar tanda lahir umumnya tidak berbahaya. Namun, ada juga tanda lahir yang bisa mengganggu penampilan dan meningkatkan risiko penyakit tertentu. Jika ini kasusnya, mari kita kenali berbagai cara menghilangkan tanda lahir yang ampuh secara medis.

Cara menghilangkan tanda lahir yang ampuh secara medis

Ada beberapa cara menghilangkan tanda lahir yang bisa dilakukan, di antaranya:

1. Terapi laser

Terapi laser dapat digunakan sebagai cara menghilangkan tanda lahir
Terapi laser dapat digunakan sebagai cara menghilangkan tanda lahir
Terapi laser dapat menghilangkan atau memutihkan tanda lahir berjenis port-wine stain. Port-wine stain adalah jenis tanda lahir yang disebabkan oleh perkembangan pembuluh darah abnormal di kulit.Selain itu, dokter juga dapat merekomendasikan terapi laser untuk tanda lahir yang berdekatan dengan permukaan kulit. Cara menghilangkan tanda lahir ini akan dilakukan oleh ahli bedah atau dermatologis menggunakan teknologi laser.Terapi laser umumnya dapat memberikan hasil maksimal jika pasiennya masih bayi. Namun, terapi ini juga bisa dilakukan pada orang dewasa.Dikarenakan terapi laser dapat memberikan rasa tidak nyaman, pasien akan diberikan obat bius lokal terlebih dahulu sebelum menjalaninya. Terapi ini umumnya akan memberikan hasil yang permanen.Namun ingat, terapi laser untuk menghilangkan tanda lahir dapat menimbulkan efek samping, seperti pembengkakan dan memar di kulit.

2. Obat-obatan penghambat beta (beta blocker)

Penghambat beta adalah obat-obatan yang biasanya digunakan untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Salah satu jenisnya, propranolol, dipercaya dapat menjadi cara menghilangkan tanda lahir berjenis hemangioma.Saat diminum, obat propranolol akan bekerja dengan cara mengecilkan pembuluh darah dan mengurangi aliran darah. Proses ini akan menyebabkan tanda lahir berjenis hemangioma melunak, memudar, dan menyusut.Selain itu, obat penghambat beta lainnya seperti timolol juga dapat digunakan. Bedanya, timolol digunakan secara topikal atau oles.

3. Obat kortikosteroid

Kortikosteroid adalah obat antiradang yang dapat diminum atau disuntikan secara langsung ke bagian tanda lahir. Obat ini akan bekerja langsung di dalam pembuluh darah dan membantu mengecilkan ukuran dari tanda lahir.

4. Operasi

Sebagian jenis tanda lahir, misalnya hemangioma yang dalam, memerlukan prosedur operasi untuk dihilangkan. Namun, prosedur ini dapat merusak beberapa jaringan yang mengelilinginya.Selain itu, operasi juga bisa menjadi cara yang dilakukan untuk menghilangkan tanda lahir berupa tahi lalat (congenital nevi).Terdapat beberapa metode yang dapat dilakukan oleh ahli bedah untuk menghilangkan tanda lahir dengan operasi. Pertama, dokter akan memberikan obat bius lalu menghilangkan tanda lahir menggunakan pisau bedah kecil. Dokter juga dapat melakukan operasi selama beberapa kali jika tanda lahirnya berukuran besar.

Tanda lahir seperti apa yang harus dihilangkan?

Sebagian besar tanda lahir dinilai tidak berbahaya bagi kesehatan dan akan menghilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu.Namun, ada juga beberapa tanda lahir yang mengancam kesehatan, seperti hemangioma (tanda lahir berbentuk seperti stroberi) yang bisa berubah menjadi luka terbuka dan menyebabkan infeksi jika bagian kulitnya sering teriritasi.Anak-anak yang memiliki hemangioma di dekat mata harus segera mendapatkan perawatan. Jika tidak, risiko masalah penglihatan bisa meningkat.Perlu diketahui juga, hemangioma yang mengganggu pernapasan dan proses makan pun bisa berakibat fatal dan membutuhkan perawatan secepatnya.Selain itu, menurut Genetics Home Reference, tanda lahir berjenis nevus melanositik 5-10 persen berisiko berubah menjadi kanker kulit agresif melanoma.Tanda lahir lainnya yang berhubungan dengan kanker adalah port-wine stain. Tanda lahir ini bisa menyebabkan glaukoma jika muncul di daerah mata.Dalam kasus yang langka, port-wine stain juga bisa muncul akibat penyakit sindrom Sturge-Weber, yaitu penyakit pembuluh darah yang berdampak pada mata, otak, dan kulit.Berkonsultasilah dengan dokter mengenai tanda lahir yang dimiliki oleh Anda atau anak Anda. Dengan begitu, dokter dapat memberikan saran terbaik demi kesehatan.

Catatan dari SehatQ

Jika memang Anda memiliki tanda lahir yang berpotensi merugikan kesehatan, berkonsultasilah ke dokter untuk mendapatkan rekomendasi cara menghilangkan tanda lahir tersebut.Jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
tanda lahir anakkulit dan kecantikantanda lahir
Healthline. https://www.healthline.com/health/birthmarkDiakses pada 24 Januari 2021 GOSH. https://www.gosh.nhs.uk/conditions-and-treatments/conditions-we-treat/port-wine-stains#:~:text=A%20port%20wine%20stain%20is,to%20as%20a%20capillary%20malformation.Diakses pada 24 Januari 2021 Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/174886#treatmentDiakses pada 24 Januari 2021 
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait