Cara Ampuh Menghilangkan Tanda Lahir

25 Mei 2019 | Oleh
Bercak mongol adalah tanda lahir menyerupai lebam biru keabuan yang sering ditemukan pada bayi baru lahir
Cara menghilangkan tanda lahir yang mengganggu penampilan adalah dengan metode laser.

Salah satu tanda lahir yang sering ditemukan pada bayi baru lahir adalah bercak mongol. Pertanyaan yang mungkin terlintas di benak Anda adalah apakah tanda lahir ini perlu dihilangkan dan bila perlu bagaimana cara menghilangkan tanda lahir ini.

Posisi tanda lahir di area yang bisa ditutupi oleh baju mungkin bukanlah sebuah masalah. Namun, ketika tanda lahir tersebut begitu terlihat dan mengganggu penampilan, pasti akan menimbulkan rasa tidak percaya diri.

[[artikel-terkait]]

Sekilas tentang bercak mongol

Bercak mongol adalah tanda lahir menyerupai lebam biru keabuan atau kehijauan atau hitam  yang biasanya terlihat di bokong atau punggung bagian bawah bayi. Namun, kadang tanda lahir ini juga bisa ditemukan di lengan dan kaki.

Bercak ini adalah jenis tanda lahir yang sering terjadi orang-orang Asia. tanda lahir ini bisa sudah terbentuk saat bayi baru lahir, tapi ada juga yang baru terbentuk beberapa minggu setelah bayi lahir.

Anda perlu membedakan apakah bercak pada kulit bayi ini tanda lahir atau bukan karena penanganannya pun berbeda. Cara membedakannya adalah tanda lahir biasanya muncul dalam dua bulan pertama usia bayi.

Ada beberapa mitos unik di masyarakat yang menganggap bercak mongol ini terjadi akibat bayi ditampar oleh dewa tertentu.

Ada juga orang-orang yang percaya bahwa bercak mongol ini terjadi akibat tindakan yang dilakukan sang Ibu selama hamil seperti melakukan hubungan seksual saat hamil atau karena bekerja saat hamil.

Faktanya, bercak mongol ini terjadi saat perkembangan janin dalam kandungan. Pigmen kulit yang harusnya berada di lapisan atas kulit tetap terperangkap di bagian dalam kulit. Hal inilah yang memicu terbentuknya tanda lahir ini.

Penyebab tanda lahir ini tidak diketahui pasti sehingga Anda tidak dapat mencegah timbulnya bercak mongol pada bayi Anda.

Walaupun tidak dapat dicegah, Anda tidak perlu khawatir karena bercak mongol ini tidak berbahaya dan bisa memudar saat beranjak dewasa.

Apakah bercak mongol perlu dihilangkan?

Menurut Akademi Dokter Anak Amerika (AAP), bercak mongol ini biasanya akan menghilang sendiri ketika anak berusia kira-kira lima tahun. Namun, ada beberapa yang tanda lahirnya menetap seumur hidup.

Pada sebagian besar bayi, bercak mongol ini tidak memerlukan tindakan khusus karena tidak berbahaya dan biasanya terdapat di tempat tersembunyi seperti bokong dan punggung bawah sehingga tidak mengganggu penampilan. 

Namun Anda dapat mempertimbangkan untuk menghilangkan tanda lahir ini bila bercak mongol menetap sampai usia dewasa dan mengganggu penampilan.

Cara menghilangkan tanda lahir

Laser adalah salah satu cara menghilangkan tanda lahir yang dapat Anda coba. Beberapa penelitian menunjukkan hasil yang baik prosedur laser untuk menghilangkan bercak Mongol.

Penelitian juga menyebutkan agar hasilnya maksimal, sebaiknya tindakan laser untuk menghilangkan tanda lahir ini dilakukan sebelum usia 20 tahun.

Cara menghilangkan tanda lahir yang lain adalah mengombinasikan tindakan laser dengan menggunakan krim pengelupas/pemutih kulit (bleaching cream).

Metode lain untuk menghilangkan bercak Mongol adalah dengan metode penyinaran intense pulsed light (IPL). Metode ini terutama ditujukan untuk menghilangkan bercak mongol yang sulit dihilangkan dengan laser, yaitu pada area punggung ke bawah.

Apapun cara menghilangkan tanda lahir yang Anda pilih, selalu konsultasikan dulu dengan dokter Anda. Pilih cara menghilangkan tanda lahir yang paling aman dan direkomendasikan oleh dokter.

Referensi

Healthline. https://www.healthline.com/health/mongolian-blue-spots
Diakses 9 Mei 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318853.php
Diakses 9 Mei 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23610848
Diakses 9 Mei 2019

Yang juga penting untuk Anda
Baca Juga
Diskusi Terkait:
Lihat pertanyaan lainnya
Back to Top