Cara Menghilangkan Tahi Lalat Secara Alami dan Tindakan Medis


Cara menghilangkan tahi lalat mungkin diperlukan oleh beberapa orang yang memerlukannya karena merasa tidak nyaman. Meski ada berbagai klaim cara menghilangkan tahi lalat secara alami, pastikan Anda hanya melakukan tindakan sesuai yang direkomendasikan dokter.

0,0
30 Jul 2019|Armita Rahardini
Cara menghilangkan tahi lalat yang aman harus dikonsultasikan dengan dokterCara menghilangkan tahi lalat di wajah mungkin diperlukan oleh beberapa orang
Munculnya bercak atau benjolan kecil berwarna hitam atau cokelat pada kulit sering dikenal dengan tahi lalat. Meski kebanyakan tahi lalat tidak berbahaya, beberapa orang mungkin kerap merasa terganggu dengan kehadirannya sehingga mencari berbagai cara menghilangkan tahi lalat di wajah dan area kulit lainnya. 
Walaupun bisa menyamarkan keberadaan tahi lalat menggunakan produk kosmetik, trik ini tidak dapat sepenuhnya menghilangkannya. Umumnya, cara menghilangkan tahi lalat di wajah dan area kulit lainnya dilakukan karena alasan ketidaknyamanan. Selain itu, menghilangkan tahi lalat mungkin dilakukan lantaran kemunculannya menimbulkan rasa tidak nyaman apabila bergesekan dengan pakaian. Untuk menghilangkannya, ada berbagai langkah yang dapat Anda lakukan. Namun, pastikan berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit terlebih dahulu guna mengetahui rekomendasi pilihan yang tepat. 

Apakah boleh menghilangkan tahi lalat dilakukan? 

Cara menghilangkan tahi lalat yang besar
Keberadaan tahi lalat jinak sebenarnya tidak membahayakan
Pada dasarnya, tahi lalat bersifat jinak sehingga tidak membahayakan. Untuk jenis tahi lalat yang tidak ganas, keputusan untuk menghilangkannya tergantung kepada keinginan masing-masing orang. Jika bentuk atau ukurannya dirasa mengganggu, tahi lalat bawaan lahir bisa dihilangkan demi alasan kosmetik.Prosedur ini biasanya dilakukan setelah anak berusia antara 10-12 tahun. Cara menghilangkan tahi lalat bawaan lahir bisa dengan operasi kecil, dermabrasi, pengelupasan kimia, atau ablasi sinar laser.Perlu tidaknya cara menghilangkan tahi lalat dapat dilihat dari ukuran dan perubahan yang terjadi. Maka dari itu, pemilik tahi lalat perlu memerhatikan penambahan ukuran, ketebalan, bentuk, atau warna tahi lalat yang dimiliki. Pasalnya, bisa jadi itu merupakan tahi lalat yang ternyata bersifat ganas, seperti kanker kulit melanoma. Jika demikian, maka operasi tahi lalat perlu dilakukan.

Klaim cara menghilangkan tahi lalat secara alami

Cara menghilangkan tahi lalat secara alami mungkin saja Anda lakukan sebagai pilihan. Kendati demikian, perlu diketahui bahwa masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan keefektifan bahan alami yang digunakan sebagai cara alami menghilangkan tahi lalat.Terlebih, beberapa bahan alami di antaranya mungkin saja berbahaya. Bahkan, menimbulkan iritasi pada area tahi lalat dan kulit di sekitarnya, terutama bagi orang yang memiliki kulit sensitif. Jika Anda ingin mengandalkannya sebagai cara menghilangkan tahi lalat secara alami, alangkah baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter guna mengetahui cocok atau tidaknya.Berikut adalah beberapa cara menghilangkan tahi lalat secara alami:

1. Cuka apel

Cara menghilangkan tahi lalat secara tradisional
Kandungan cuka apel dipercaya dapat menghilangkan tahi lalat
Cara menghilangkan tahi lalat dengan cuka apel mungkin bisa jadi salah satu bahan alami yang bisa dicoba di rumah. Cuka apel mengandung asam asetat yang disebut dapat membuat tahi lalat terbakar dan berangsur menghilang. Walaupun cara menghilangkan tahi lalat dengan cuka apel ini cukup populer dan diyakini mampu menimbulkan pengelupasan, perlu diketahui efek samping penggunaan di baliknya. Sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology mengungkapkan bahwa penggunaan cuka apel sebagai cara alami menghilangkan tahi lalat cenderung tidak efektif dan berpotensi membahayakan. Bekas luka hingga post-inflammatory hiperpigmentasi merupakan beberapa efek samping cara menghilangkan tahi lalat dengan cuka apel. 

2. Bawang putih

Anda mungkin pernah mendengar cara menghilangkan tahi lalat dengan bawang putih. Bawang putih dipercaya mempunyai efek menghancurkan tahi lalat dari dalam sehingga dapat memudar, bahkan hilang dengan rajin menggosok atau menempelkan bawang putih selama beberapa waktu. Kendati demikian, waspadai efek samping yang mungkin ditimbulkan akibat cara menghilangkan tahi lalat dengan bawang putih karena bisa menimbulkan sensasi kulit terasa pedas terbakar. 

3. Tea tree oil

cara menghilangkan tahi lalat dengan alami
Tea tree oil diyakini bisa menghilangkan tahi lalat
Klaim cara alami menghilangkan tahi lalat berikutnya disebut bisa menggunakan tea tree oil atau minyak pohon teh. Manfaat tea tree oil berasal dari kandungan antimikroba dan antiradang sehingga diyakini dapat menghilangkan tahi lalat apabila dioleskan pada kulit beberapa kali sehari selama beberapa waktu. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa belum ada hasil studi ilmiah yang mendukung teori tersebut sehingga keampuhannya belum dapat diuji. 

4. Kulit pisang 

Klaim cara menghilangkan tahi lalat secara alami bisa dengan kulit pisang. Manfaat kulit pisang dipercaya mengandung enzim dan asam tertentu yang menurut sebagian orang dapat membantu menghilangkan tahi lalat.

5. Baking soda dan minyak kastor

Baking soda bisa digunakan sebagai cara menghilangkan tahi lalat
Baking soda disebut bisa mengeringkan dan menghilangkan tahi lalat
Mencampurkan baking soda dan minyak kastor juga dipercaya sebagai cara menghilangkan tahi lalat secara alami bila dioleskan selama beberapa minggu secara rutin. Campuran baking soda dan minyak kastor diyakini dapat mengeringkan dan menghilangkan tahi lalat tanpa membuat kulit sekitarnya menjadi kering.

6. Iodium

Cara alami menghilangkan tahi lalat dengan iodium konsentrasi tertentu diyakini mampu menghancurkan sel-sel tahi lalat sehingga tahi lalat dapat mengelupas. Namun, penggunaan iodium perlu dilakukan secara hati-hati. Pasalnya, selain beracun, iodium juga berisiko membakar kulit.  

5. Madu 

Madu sebagai cara menghilangakn tahi lalat alami
Klaim cara menghilangkan tahi lalat belum terbukti ilmiah
Cara menghilangkan tahi lalat dengan madu mungkin terasa menarik untuk dicoba. Meski begitu, khasiatnya untuk menghilangkan tahi lalat secara alami belum teruji secara ilmiah. 

6. Kapur sirih

Kapur sirih disebut sebagai salah satu cara menghilangkan tahi lalat secara alami yang ampuh.  Faktanya, secara medis cara menghilangkan tahi lalat dengan kapur sirih justru bisa membakar kulit berkat sifat kaustiknya sehingga dapat berisiko menyebabkan iritasi dan kerusakan kulit. 

Cara menghilangkan tahi lalat dengan cepat dan aman

Cara menghilangkan tahi lalat dengan cepat
Selalu konsultasikan dengan dokter dulu sebelum menghilangkan tahi lalat
Meski ada berbagai cara menghilangkan tahi lalat secara alami, nyatanya prosedur medis mungkin lebih disarankan oleh dokter karena lebih aman dan bisa membuahkan hasil sesuai yang diinginkan. Ada beberapa cara menghilangkan tahi lalat di wajah dan area kulit lainnya yang bisa dijadikan pilihan. Waktu yang dibutuhkan pun tergolong relatif singkat, bahkan Anda tak perlu menjalani rawat inap. Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk memutuskan pilihan cara menghilangkan tahi lalat dengan cepat sesuai kondisi tahi lalat yang dialami. Adapun cara menghilangkan tahi lalat dengan cepat dan aman adalah sebagai berikut. 

1. Tindakan bedah eksisi

Salah satu cara menghilangkan tahi lalat dengan cepat saran dokter adalah melalui tindakan bedah eksisi. Metode bedah eksisi utamanya dilakukan untuk menghilangkan tahi lalat yang berukuran besar. Biasanya prosedur ini dilakukan dengan membius area di sekitar tahi lalat, lalu memotong tahi lalat beserta jaringan kulit di sekitarnya menggunakan pisau bedah. Selanjutnya, dokter akan menutup luka dengan jahitan. Setelah jaringan kulit dibedah, dokter akan menyarankan pemeriksaan biopsi kulit guna memastikan bahwa tahi lalat tersebut bukanlah kanker. 

2. Cryotherapy (pembekuan)

Cara menghilangkan tahi lalat dengan cepat lainnya adalah prosedur cryotherapy atau pembekuan. Umumnya, metode ini digunakan untuk menghilangkan tahi lalat yang menonjol atau kutil. Cryotherapy dapat menimbulkan rasa sakit, tetapi dokter akan membius kulit Anda terlebih dahulu dengan anestesi lokal sebelum memulai prosedur. Selanjutnya, dokter akan mengoleskan atau menyemprotkan nitrogen cair dosis kecil yang sangat dingin ke area permukaan tahi lalat Anda. Kemudian, tahi lalat dan jaringan kulit tersebut akan dibuang. Setelah dibuang dengan metode bedah beku, kulit akan mengalami luka lepuh seukuran tahi lalat terlebih dulu. Akan tetapi, tak perlu khawatir karena kondisi tersebut akan sembuh dengan sendirinya.

3. Tindakan laser

Tindakan laser biasanya disarankan untuk menghilangkan tahi lalat berukuran lebih kecil, berbentuk datar, dan berwarna lebih cerah, serta untuk alasan kecantikan. Keuntungan cara menghilangkan tahi lalat dengan cepat melalui laser adalah hasil yang rapi dengan kerusakan jaringan parut minimal daripada operasi menghilangkan tahi lalat. Setelah melakukan pemeriksaan, dokter bedah akan memiliki teknologi laser yang paling tepat dan aman tergantung jenis tahi lalat Anda. Beberapa pilihan teknologi laser yang umum digunakan adalah IPL (Intense Pulse Light), PTP (potassium titanyl phospate), atau laser ND-YagCara kerjanya, tindakan laser akan memancarkan panjang gelombang cahaya tertentu guna menargetkan pigmen gelap pada kulit dan menguapkannya. Selain itu, laser juga membakar luka sehingga prosedur ini hampir tidak menimbulkan perdarahan dan dapat sembuh dengan cepat. 

4. Dibakar

Cara menghilangkan tahi lalat dengan cepat ini dilakukan dokter menggunakan alat yang menghantarkan arus listrik bernama kauter untuk menghilangkan tahi lalat dengan cepat. Sebuah kawat steril panas digunakan untuk membakar lapisan teratas kulit tahi lalat Anda. Nantinya, jaringan kulit tersebut akan mengering sehingga tahi lalat akan lepas. 

5. Prosedur eksisi mencukur

Tahi lalat yang menonjol atau terangkat dari kulit bisa diangkat melalui prosedur operasi tahi lalat eksisi mencukur menggunakan pisau bedah. Prosedur ini dapat menimbulkan rasa sakit, tetapi dokter akan membius kulit Anda menggunakan anestesi lokal sebelum memulainya. Beberapa tahi lalat kemudian “dicukur” rata dengan kulit. Sementara, permukaan kulit lainnya mungkin masih memiliki sel tahi lalat yang berada di bawah kulit. Untuk kondisi tersebut, dokter akan memotong lebih dalam lagi hingga ke akarnya agar mencegah tahi lalat timbul kembali. Operasi tahi lalat ini hanya memakan waktu beberapa menit. Kemudian, proses penyembuhan lukanya sendiri memakan waktu 7-10 hari dengan tanda kemerahan merah muda ringan selama 3-4 minggu, yang dapat memudar secara bertahap selama beberapa bulan mendatang. 

6. Prosedur eksisi elips

Prosedur eksisi elips adalah cara menghilangkan tahi lalat di wajah dan area kulit lainnya yang paling ampuh. Operasi menghilangkan tahi lalat ini biasanya dipilih untuk jenis tahi lalat yang mencurigakan (gejala kanker kulit) atau untuk orang-orang yang tidak dapat melakukan laser atau tindakan bedah. Setelah dibius lokal, dokter akan menghilangkan seluruh tahi lalat menggunakan pisau bedah. Kemudian, dokter bedah akan menutup luka dengan jahitan kecil yang dibalut dengan perban. Prosedur ini memakan waktu sekitar 20 menit. Setelah proses penyembuhan awal, jaringan parut bekas operasi akan terus memudar sehingga meninggalkan garis putih samar-samar.

Catatan dari SehatQ

Cara menghilangkan tahi lalat di wajah dan area kulit lainnya bisa dilakukan bila Anda merasa tidak nyaman akan keberadaannya. Namun sebaiknya, Anda menghindari cara alami menghilangkan tahi lalat di rumah. Sebab, bahaya menghilangkan tahi lalat secara alami bisa menimbulkan reaksi alergi terhadap bahan yang digunakan, tahi lalat yang lepas bisa meninggalkan bekas yang lebih kentara, hingga risiko infeksi dan perdarahan.Selain itu, apabila ada tahi lalat yang berpotensi menjadi kanker kulit, maka langkah ini dapat mengusik tahi lalat tersebut sehingga justru mengaktifkan sel kanker yang berisiko menyebar ke bagian tubuh yang lain.Maka dari itu, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit terlebih dahulu sebelum memutuskan menghilangkan tahi lalat. Dengan demikian, dokter dapat merekomendasikan pilihan cara menghilangkan tahi lalat dengan cepat dan aman sesuai kondisi Anda. Anda juga bisa bertanya lebih lanjut dengan dokter mengenai cara menghilangkan tahi lalat di wajah lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, unduh sekarang di App Store dan Google Play.
tahi lalattanda lahirkulit dan kecantikan
Healthline. https://www.healthline.com/health/new-mole#types
Diakses pada 27 Oktober 2020
Helathline. https://www.healthline.com/health/how-to-remove-moles#harmful-home-treatments
Diakses pada 27 Oktober 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320702.php
Diakses pada 27 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/apple-cider-vinegar-for-moles
Diakses pada 27 Oktober 2020
Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4479370/
Diakses pada 27 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait