Cara Menghilangkan Super Glue di Tangan Dengan Aman

Gunakan sarung tangan agar terihindar dari super glue ketika menggunakannya
Tangan rentan terkena super glue ketika menggunakannya

Super glue adalah jenis lem yang memiliki daya rekat yang kuat. Lem satu ini sering digunakan untuk mengelem kayu, karet, plastik, dan beragam material lain yang tidak bisa direkatkan oleh lem biasa. Oleh karena itu lem ini sering digunakan oleh masyarakat. Beberapa super glue yang umum dikenal dengan nama adalah UHU dan Alteco.

Karena daya rekatnya yang tinggi, sering kali lem ini sulit dilepas ketika menempel di tangan seacara tidak sengaja. Namun, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan lem Alteco di tangan.

Bagaimana cara menghilangkan super glue di tangan?

Terkena super glue tidak hanya repot di cara melepaskannya, tetapi juga dapat menimbulkan luka jika ditarik secara paksa. Makanya, Anda perlu mengetahui cara menghilangkan super glue di tangan secara tepat! Coba beberapa cara mengatasi lem seperti  lteco yang menempel di tangan berikut ini.

  • Rendam di air sabun yang hangat

Saat jari Anda terkena super glue, jangan panik dan melepasnya secara paksa, tetapi coba rendam jari yang terkena lem  ke dalam air sabun hangat. Rendam jari selama 10 menit. Ketika lem melunak, segera kupas lem dari jari atau tangan dengan perlahan.

Metode rendam air hangat ini sangat efektif ketika lem belum mengering sepenuhnya.

  • Rendam ke dalam air lemon

Jika air sabun hangat tidak bekerja, Anda bisa cara menghilangkan lem Alteco di tangan lainnya, yaitu dengan merendamnya ke dalam air perasan lemon. Air perasan lemon mampu mengurangi daya rekat lem sehingga lebih mudah dilepaskan.

Cara menggunakanya, tuangkan air perasan lemon ke dalam mangkuk dan rendam selama lima sampai 10 menit. Setelahnya, sikat atau usapkan air lemon dengan sikat gigi atau cotton bud pada daerah yang terkena super glue.

  • Gunakan minyak atau mentega

Minyak atau mentega dari kelapa atau alpukat dapat menjadi cara menghilangkan lem Alteco dari tangan yang bisa dilakukan. Rendam jari yang tertempel super glue terlebih dahulu dalam air hangat sebelum mengoleskan minyak atau mentega sambil memijat jari hingga lem lepas.

  • Pakai batu apung

Batu apung sering dimanfaatkan sebagai penghilang kulit mati dan kapalan. Namun, tidak hanya itu, batu apung juga bisa membantu menghilangkan super glue yang mengeras.

Anda perlu merendam jari dan batu apung ke dalam air sabun hangat sebelum menggosoknya. Gosokkan batu apung dengan pola melingkar sampai super glue hilang.

Jangan gunakan batu apung jika Anda memiliki kulit yang sensitif dan hentikan penggunaan jika kulit terasa sakit atau tidak nyaman.

  • Oleskan penghilang cat kuku

Penghilang cat kuku atau yang dikenal sebagai aseton dan nail remover mampu menghilangkan super glue. Namun, Anda tidak boleh sembarangan menggunakan penghilang cat kuku bila super glue tertempel dengan senyawa tertentu.

Misalnya, Anda tidak bisa memakai nail remover untuk melepaskan super glue yang menempel dengan benda-benda yang mengandung peroksida.

Jika ingin menggunakan aseton, Anda dapat menumpahkannya ke dalam mangkuk dan merendam tangan selama beberapa menit. Tetap rendam selama satu menit sampai jari yang tertempel bisa lepas.

Setelah merendam jari ke dalam nail remover, jangan lupa untuk mencuci tangan dan mengoleskan pelembab kulit untuk menghindari kulit kering dan iritasi. Jangan gunakan aseton bila super glue menempel di bagian tubuh yang sensitif, seperti mulut atau hidung.

  • Beli penghilang lem

Di beberapa toko tertentu, Anda dapat membeli penghilang lem yang mampu menghilangkan superglue tanpa merusak kulit.

Bagaimana jika super glue terkena bibir atau kelopak mata?

Jika lem Alteco terkena bagian kelopak mata, mulut, atau bibir, Anda tidak perlu panik. Alirkan bibir atau kelopak mata dengan air bersih selama 15-30 menit. Super glue yang terkena mata tidak boleh ditarik secara paksa dan memerlukan penanganan dari dokter. Apabila dokter tidak sanggup melepas lem Alteco dari kelopak mata, biasanya kelopak mata dapat terbuka dengan sendirinya dalam kurun waktu seminggu.

Ketika super glue terkena bibir atau mulut, seusai membilasnya dengan air hangat, cobalah untuk mengelupas lem Alteco secara perlahan. Jangan menelan lem yang sudah terlepas. Jika bibir masih tidak bisa terbuka, kunjungi dokter untuk diberikan penanganan yang tepat.

Catatan dari SehatQ

Lem super memang sangat bermanfaat untuk menempelkan sesuatu atau memperbaiki barang yang rusak. Namun karena daya rekatnya yang super, Anda perlu berhati-hati saat menggunakannya. Gunakan sarung tangan agar tangan tidak sengaja terkena lem atau gunakan kacamata untuk menghindari lem bersentuhan dengan mata.

Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-get-super-glue-off-the-skin#steps-for-removing-super-glue
Diakses pada 27 Desember 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323532.php
Diakses pada 27 Desember 2019

Artikel Terkait