Dari Krim Hingga Laser, Ini Cara Menghilangkan Stretch Mark di Payudara


Ada beberapa pilihan cara menghilangkan stretch mark di payudara. Anda bisa mencoba mengoleskan krim khusus, maupun menjalani prosedur medis seperti terapi laser dan suntik kolagen.

(0)
12 Mar 2021|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cara menghilangkan stretch mark di payudara bisa dilakukan dengan mengoleskan krim khususCara menghilangkan stretch mark di payudara dapat dilakukan dengan perawatan medis maupun non-medis
Stretch mark atau garis kerutan bisa muncul di berbagai area, termasuk payudara. Bagi Anda yang sedang mengalaminya, cobalah tips cara menghilangkan stretch mark di payudara berikut ini, mulai dari home treatment hingga teknik perawatan payudara tertentu oleh tenaga ahli.Stretch mark terjadi karena kulit tidak cukup memproduksi kolagen di saat tubuh mengalami peregangan yang signifikan. Sementara itu, khusus pada stretch mark payudara, faktor genetik, pubertas, kenaikan berat badan, kehamilan atau menyusui, operasi pembesaran payudara, penggunaan produk kosmetik atau obat oles yang mengandung steroid, hingga masalah kesehatan tertentu semisal Cushing Syndrome dapat menjadi penyebabnya.Meski sangat mengganggu tampilan kulit, stretch mark sendiri tidak berbahaya. Dalam beberapa kondisi, garis kerut ini bisa memudar dengan sendirinya. Namun Anda juga bisa membantu menyamarkan stretch mark dengan produk atau prosedur tertentu.

Cara menghilangkan stretch mark di payudara yang bisa dilakukan sendiri

Shea butter dapat membantu memudarkan stretch mark
Jika stretch mark tidak terlalu dalam atau parah, Anda bisa melakukan perawatan di rumah alias home treatment yang cukup ekonomis dari segi biaya. Cara memudarkan stretch mark di payudara yang bisa dilakukan di rumah antara lain:

1. Mengoleskan krim stretch mark berizin BPOM

Krim yang dijual bebas ini mengandung campuran bahan yang secara teoritis membantu memudarkan bekas luka (termasuk stretch mark) sekaligus meningkatkan elastisitas kulit.

2. Eksfoliasi

Gunakan sikat berbulu lembut atau scrub eksfoliasi untuk mengelupas kulit mati di permukaan kulit payudara sekaligus mempercepat proses produksi kolagen agar tampilan stretch mark memudar. Pilih satu produk eksfoliasi saja agar kulit tidak iritasi dan lakukan setiap dua hari sekali.

3. Menggunakan cocoa butter atau shea butter

Anda bisa membeli produk ini dalam bentuk murni atau krim kosmetik yang mengandung setiap bahan tersebut. Keduanya memiliki vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit sehingga dapat meningkatkan tampilan kulit payudara yang sehat.Namun perlu diingat bahwa stretch mark tidak bisa hilang total hanya dengan menggunakan krim oles.

Cara menghilangkan stretch mark di payudara di klinik atau rumah sakit

Terapi laser bisa menjadi pilihan perawatan
Jika stretch mark tidak juga hilang dengan home treatment, Anda sebaiknya menjalani perawatan penghilang stretch mark dengan bantuan dokter atau tenaga ahli di bidang kosmetik. Beberapa cara menghilangkan stretch mark di payudara yang bisa dipilih antara lain:Di antara perawatan-perawatan tersebut, hanya terapi laser yang terbukti secara klinis dapat benar-benar mengurangi tampilan stretch mark di payudara secara signifikan. Terapi laser merupakan perawatan kulit dengan menggunakan sinar laser untuk memecah jaringan luka sekaligus menstimulasi pembuangan jaringan yang telah rusak.Berdasarkan suatu riset beberapa waktu lalu, terapi ini terbukti efektif mengurangi tampilan stretch mark yang baru terbentuk. Pada stretch mark lama, terapi laser juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dan elastin sehingga kulit terlihat lebih sehat dan kenyal.Sebagai cara menghilangkan stretch mark di payudara, terapi laser juga akan memberi manfaat bagi kulit, seperti:
  • Melancarkan peredaran darah ke payudara
  • Memberi energi pada sel sekitarnya, termasuk sel penghasil kolagen
  • Merangsang sistem kekebalan
  • Memperbaiki drainase limfatik untuk mengurangi peradangan dan nyeri
Untuk mendapatkan manfaat-manfaat di atas, Anda harus merogoh kocek cukup dalam, bahkan hingga puluhan juta rupiah. Pasalnya, terapi laser harus dilakukan beberapa kali (bahkan mungkin sampai 20 kali) yang dibagi ke sesi-sesi dalam beberapa minggu untuk mengurangi tampilan stretch mark.Anda tertarik untuk mencobanya?Untuk mengetahui lebih banyak tentang cara menghilangkan stretch mark di payudara, entah itu dengan cara alami maupun prosedur medis, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
perawatan kulitstretch markspayudara
WebMD. https://www.webmd.com/beauty/what-are-stretch-marks
Diakses pada 7 Maret 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/stretch-marks-on-breasts
Diakses pada 7 Maret 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319800
Diakses pada 7 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait