7 Cara Menghilangkan Selulit agar Tak Ganggu Penampilan

Selulit pada kulit dapat dihilangkan dengan cara berolahraga, terutama pada area paha
Olahraga termasuk salah satu cara menghilangkan selulit, khususnya pada paha

Walau tergolong sebagai kondisi yang tidak berbahaya, kondisi selulit dinilai menganggu penampilan dan bisa menurunkan percaya diri. Padahal, ada beberapa tips alami yang bisa Anda ikuti sebagai cara menghilangkan selulit atau memudarkannya.

Selulit terjadi karena adanya lapisan kulit di atas lemak yang tertarik menuju jaringan yang lebih dalam. Sebagai akibatnya, permukaan kulit menjadi tidak rata.

Sebagaimana yang mungkin sudah Anda ketahui, selulit biasanya muncul di area paha, pinggul, bokong, perut dan payudara. Wanita juga cenderung lebih banyak memiliki selulit dibandingkan pria. Pasalnya, tubuh kaum hawa memiliki perbedaan distribusi jaringan lemak, otot, dan ikat yang berbeda dengan tubuh pria.

7 Cara menghilangkan selulit ini tak sulit dilakukan

Memiliki selulit bisa saja membuat seseorang tidak percaya diri dengan penampilannya. Nah, cara-cara menghilangkan selulit di bawah ini mungkin bisa bermanfaat bagi Anda yang ingin mengurangi dan menyamarkan selulit:

1. Melakukan pijat

Pijat memang dikenal memiliki banyak manfaat, seperti mampu menenangkan pikiran. Tidak hanya itu, pijat juga disinyalir bisa mengurangi selulit.

Pijat dinilai dapat mengurangi selulit berkat fungsinya yang membantu sirkulasi sistem limfatik di dalam tubuh. Anda bisa melakukan pijat sendiri di rumah atau dengan bantuan dari terapis pijat.

Namun perlu diingat bahwa satu kali pijat tidak akan bisa langsung mengurangi selulit di tubuh. Cobalah lakukan pijat secara rutin untuk mendapatkan hasil yang Anda inginkan.

2. Memakai scrub kopi

Kopi ternyata tidak hanya nikmat diseduh untuk memulai aktivitas Anda di pagi hari. Bubuk kopi juga diyakini memiliki khasiat bagi kecantikan, termasuk menyamarkan selulit. Kenapa bisa?

Kafein dalam kopi menjadi kunci utama karena kafein merupakan komponen anti selulit. Selain mencegah akumulasi lemak pada sel, kafein juga mampu membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga mengurangi lekukan pada kulit. Kafein juga dinilai mampu mengencangkan kulit dengan meningkatkan aliran darah serta menghilangkan kelebihan air.

Untuk membuat scrub kopi, Anda cukup mencampurkan bubuk kopi dengan sedikit air hangat agar membentuk adonan yang bisa dibutuhkan. Bagi Anda yang memiliki kulit kering, Anda bisa menambahkan minyak zaitun atau minyak kelapa ke dalam adonan tersebut.

Oleskan adonan scrub kopi ke area selulit di tubuh Anda dan pijat dengan lembut. Ingatlah untuk tidak menekan scrub kopi terlalu kuat ke kulit. Setelah beberapa menit dipijat, bilaslah dengan air bersih.

3. Mengonsumsi suplemen kolagen peptida bioaktif

Sebuah studi di tahun 2015 menemukan bahwa kandungan kolagen peptida bioaktif (BCP) mampu menurunkan derajat selulit serta mengurangi kerutan pada kulit. Riset ini dilakukan dengan pemberian suplemen yang mengandung BCP kepada 105 wanita dalam kurun waktu enam bulan.

Penelitian tersebut mengklaim bahwa pemberian BCP dalam kurun tersebut mampu menyamarkan selulit. Hasil riset juga menyimpulkan bahwa terapi pemberian BCP jangka panjang bisa membantu mengurangi selulit dan memiliki efek yang positif untuk kesehatan kulit.

Namun sama seperti obat, suplemen juga bisa saja memiliki efek samping. Oleh sebab itu, ingatlah untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu bila Anda ingin mencoba cara menghilangkan selulit ini.

4. Mengurangi berat badan

Jika Anda tergolong sebagai orang dengan obesitas atau berat badan berlebih, Anda bisa memulai usaha memberantas selulilt dengan mengurangi lemak berlebih di tubuh. Di samping menyehatkan, proses ini juga diyakini mampu menyamarkan penampakan selulit yang mendera kulit Anda.

5. Berolahraga

Olahraga dapat menjadi pilihan Anda untuk masalah selulit di area tubuh tertentu. Pasalnya, otot yang kuat dan kulit yang kencang bisa menyamarkan kondisi ini.

Beberapa jenis latihan pada kaki dan otot gluteus dapat Anda lakukan untuk membantu pengencangan pada area paha sekaligus sebagai cara menghilangkan selulit. Bentuk gerakan yang bisa menjadi pilihan Anda meliputi squat, jump-squat, step-up, serta side-to-side.

6. Minum banyak air putih

Tidak heran bila para dokter menyarankan Anda untuk minum air putih setidaknya dua liter sehari. Manfaat air putih ternyata tak hanya menjamin agar tubuh terhidrasi, tapi juga bisa membantu dalam menghilangkan selulit.

Air putih dapat menjadi solusi mudah dan murah untuk mengurangi selulit di tubuh. Selain mampu menyingkirkan racun yang memicu penumpukan lemak, air putih juga baik untuk merangsang sirkulasi dan kelancaran sistem limfatik dalam tubuh Anda.

7. Mencoba self-tanning

Selulit lebih sulit terlihat pada warna kulit yang lebih gelap. Untuk itu, Anda bisa mempertimbangkan penggunaan krim atau semprotan self-tanner. Dengan ini, kulit warna Anda akan menjadi lebih cokelat.

Untuk hasil maksimal, cobalah untuk melakukan eksofiliasi bagian selulit terlebih dahulu sebelum melakukan self-tanning. Langkah ini akan memastikan pemakaian produk penggelap lebih merata. Pastikan pula Anda menggunakan produk self­-tanner yang aman dan sudah terdaftar di BPOM.

Cara self-tanning mungkin sedikit mengeluarkan biaya dan kurang efektif bagi sebagian orang Indonesia untuk mengurangi penampakan selulit, karena kondisi warna kulit masyarakat kita yang sudah sawo matang dan coklat eksotis

Meski begitu, hindari proses tanning dengan berjemur langsung di bawah sinar matahari. Demikian pula dengan penggunaan alat khusus bernama tanning bed. Kedua proses ini sebaiknya dijauhi agar risiko, seperti kerutan dini dan kanker kulit, tidak mengancam Anda.

Itulah sederet tips yang bisa Anda lakukan untuk membantu menyamarkan selulit pada kulit Anda. Perlu diingat bahwa beberapa cara menghilangkan selulit di atas masih membutuhkan penelitian lebih lanjut guna agar hasilnya benar-benar akurat.

Oleh sebab itu, untuk memastikan keamanannya, Anda juga disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu. Jangan sampai usaha mempercantik penampilan malah menjadi bumerang bagi Anda.

Healthline. https://www.healthline.com/health/cellulite
Diakses pada 31 Mei 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/coffee-scrub-for-cellulite
Diakses pada 31 Mei 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-cellulite-on-thighs
Diakses pada 31 Mei 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4685482/
Diakses pada 31 Mei 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed