10 Cara Menghilangkan Sakit Hati untuk Hilangkan Kegalauan

(0)
03 Mar 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu cara menghilangkan sakit hati yang ampuh ialah belajar dari kesalahan.Ada banyak cara menghilangkan sakit hati yang bisa dicoba, salah satunya bepergian ke luar rumah dan bertemu teman.
Putus cinta dapat meninggalkan luka yang mendalam. Namun jangan biarkan diri Anda tenggelam dalam kegalauan. Terdapat berbagai macam cara menghilangkan sakit hati yang bisa dicoba agar hidup Anda kembali dipenuhi dengan keceriaan.

Cara menghilangkan sakit hati untuk hilangkan kegalauan

Mengobati sakit hati tidak bisa dilakukan dalam satu malam. Namun terdapat banyak cara menghilangkan sakit hati yang bisa dilakukan selama proses pemulihan.

1. Membiarkan diri untuk bersedih

Setiap orang memiliki caranya masing-masing untuk menghadapi masa sedih di dalam hidupnya. Namun ingat, membiarkan diri untuk bersedih, merasakan amarah, kesepian, dan perasaan salah adalah salah satu cara menghilangkan sakit hati yang ampuh.

2. Jangan lupakan kebutuhan diri

Terkadang, rasa sakit hati yang mendalam akan membuat Anda lupa akan kebutuhan diri sendiri. Ingat, sakit hati tidak hanya mengganggu kesehatan mental Anda, tapi juga kesehatan fisik. Maka dari itu, cobalah lakukan berbagai aktivitas yang bisa membantu diri Anda melewati masa sulit ini.Misalnya dengan melakukan teknik pernapasan, meditasi atau olahraga. Berbagai kegiatan ini dapat menyuplai tubuh dengan energi. Selain itu jangan lupa juga untuk tetap makan dan minum selama proses pemulihan diri dari sakit hati.

3. Biarkan orang lain tahu akan kebutuhan Anda

Berbicang dengan teman adalah salah satu cara menghilangkan sakit hati yang ampuh
Luapkan perasaan Anda ke orang terdekat jika itu membuat Anda merasa lega
Tentunya Anda memiliki cara tersendiri untuk menghadapi sakit hati. Namun orang lain belum tentu tahu cara apa yang akan Anda tempuh untuk mengatasi sakit hati itu.Cobalah biarkan orang lain tahu akan kebutuhan Anda. Jika memang Anda ingin menyendiri, ingatkan orang-orang untuk tidak mengganggu Anda dulu. Akan tetapi, jika memang Anda butuh ditemani oleh orang lain, mintalah tolong pada mereka.

4. Tuliskan kebutuhan Anda di kertas

Duduk dengan tenang dan tuliskan berbagai macam kebutuhan Anda di kertas, entah itu ingin belanja atau berbicara dengan teman dekat lewat telepon. Setelah itu, jika ada seseorang yang menawarkan bantuannya, cobalah berikan mereka salah satu kertas tersebut, dan biarkan orang lain memilih apa yang bisa mereka bantu. 

5. Jangan biarkan perasaan mendominasi pikiran Anda

Jangan melihat akhir dari hubungan sebagai sebuah kegagalan, melainkan sebuah kesempatan untuk belajar dan tumbuh dewasa. Dengan begitu, Anda bisa belajar dari kesalahan, sehingga hubungan Anda yang selanjutnya bisa lebih baik lagi.Selain itu, jangan biarkan rasa sedih atau amarah mendominasi pikiran Anda. Jangan memikirkan apakah mantan kekasih Anda sudah mendapatkan pasangan baru atau tidak. Hal-hal ini malah bisa memperlambat proses pemulihan.

6. Cari angin segar di luar rumah

Bepergian ke luar rumah dipercaya sebagai cara menghilangkan sakit hati yang ampuh
Carilah angin segar di luar rumah untuk mencari distraksi
Sebuah penelitian telah membuktikan, menghabiskan waktu selama 2 jam saja di luar rumah dalam waktu seminggu sudah bisa meningkatkan kesehatan mental dan fisik Anda.Jika Anda bisa pergi liburan untuk mencari pemandangan yang indah, lakukanlah. Namun, jika Anda hanya bisa ke luar rumah dan berkeliling perumahan saja, hal ini sudah dianggap cukup membantu.

7. Hargai kenangan indah bersama mantan kekasih

Meskipun Anda sudah putus cinta dengan mantan kekasih, jangan selalu melihat sisi buruknya saja. Tentunya tetap ada kenangan-kenangan indah bersama mantan kekasih yang harus dihargai.Hal ini juga termasuk dalam proses pemulihan hati, setiap orang dapat mengalaminya. Jadikan proses ini sebagai pembelajaran agar di hubungan selanjutnya, Anda bisa menjadi lebih baik lagi.Selain itu, bersyukurlah atas kenangan-kenangan indah tersebut. Setelah itu, berusahalah untuk move on.

8. Jangan terburu-buru mencari pasangan baru

Setelah putus dengan mantan kekasih, sebagian dari Anda mungkin akan terburu-buru untuk mencari pasangan baru. Namun studi membuktikan, hal ini dianggap tidak akan membantu diri Anda untuk belajar.Sebelum memulai hubungan cinta yang baru, cobalah untuk mempelajari dulu kesalahan Anda di hubungan sebelumnya. Dengan begitu, Anda tidak akan mengulangi kesalahan tersebut di hubungan selanjutnya.

9. Membaca buku dan mendengar podcast

Membaca buku atau mendengar podcast yang membasah tentang pengalaman sakit hati adalah cara menghilangkan sakit hati yang dinilai ampuh. Sebab, Anda bisa mengetahui pengalaman orang lain ketika sedang melalui perasaan sakit hatinya.Hal ini dipercaya dapat membuat Anda merasa mendapatkan dukungan dan validasi dari orang lain, sehingga Anda mampu memproses perasaan sakit hati yang sedang dirasakan.

10. Meminta bantuan dari psikolog

Jika berbagai cara menghilangkan sakit hati di atas masih kurang ampuh, mungkin sudah saatnya Anda datang ke psikolog untuk meminta bantuan. Seorang psikolog biasanya akan mampu membantu Anda untuk melalui perasaan sakit hati.Bahkan, 2-3 sesi bersama psikolog saja akan memberikan Anda kemampuan baru untuk menghadapi perasaan sakit hati yang masih menghantui.

Catatan dari SehatQ

Jangan sekali-kali menyepelekan sakit hati, sebab hal ini dapat berdampak pada kesehatan mental dan fisik Anda. Cobalah berbagai cara menghilangkan sakit hati di atas agar hidup Anda bisa dipenuhi dengan keceriaan.Jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
kesehatan mentalpercintaanputus cinta
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-heal-a-broken-heart#_noHeaderPrefixedContent
Diakses pada 17 Februari 2021
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/how-to-heal-a-broken-heart-1065395
Diakses pada 17 Februari 2021
 
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait