Cara Menghilangkan Rasa Pedas di Lidah dengan Konsumsi Makanan dan Minuman Ini

(0)
Cara menghilangkan rasa pedas dengan minum susu terbukti ampuhBukan air putih, cara menghilangkan rasa pedas di lidah dan mulut yang ampuh dengan minum susu
Makanan pedas memang nikmat dan bisa menambah nafsu makan. Namun, terkadang rasa pedas bisa terjadi berlebihan sehingga menimbulkan sensasi rasa terbakar di lidah dan mulut. Lantas, bagaimana cara mengatasi rasa pedas di lidah dengan cepat?

Apa yang terjadi pada lidah dan mulut saat Anda kepedasan?

Bagi penggemar makanan pedas, sensasi pedas yang berasal dari makanan yang dimakan memang dapat memperkaya cita rasa makanan dan meningkatkan nafsu makan.Namun, biasanya akan muncul rasa tidak nyaman saat Anda mulai kepedasan secara berlebihan.Misalnya, hidung berair, tubuh berkeringat, hingga sensasi rasa terbakar di lidah dan mulut.Sensasi rasa terbakar di lidah dan mulut setelah makan makanan pedas sebenarnya disebabkan oleh suatu senyawa yang terdapat pada cabai, yakni capsaicin.
Cara menghilangkan rasa pedas bisa dengan konsumsi makanan dan minuman tertentu
Senyawa capsaicin pada cabai bisa menimbulkan rasa pedas
Ketika Anda makan makanan pedas, seperti cabai, senyawa capsaicin akan menempel di lidah.Selanjutnya, reseptor di lidah akan membawa sinyal ke otak dan memberi tahu tubuh bahwa lidah dan mulut sudah menyentuh sesuatu yang bersifat ‘panas’.Itulah sebabnya, rasa pedas tidak hanya memengaruhi lidah saat Anda mengecap makanan, melainkan juga ketika rasa pedas menyentuh selaput area tubuh tertentu yang terbuka.Misalnya, rongga hidung, area di bawah kuku jari, atau area permukaan mata.Jika Anda mulai kepedasan secara berlebihan, senyawa capsaicin yang terdapat pada cabai, senyawa piperine yang ada di lada, atau isothiocyanate pada mustard dan lobak akan membuat lidah dan mulut seolah mati rasa untuk sementara.
Cara menghilangkan pedas dengan cepat bukan dengan air putih
Rasa pedas di lidah dan mulut yang muncul sejatinya bersifat sementara 
Mati rasa adalah mekanisme pertahanan tubuh untuk melindungi diri dari rasa sakit yang disebabkan oleh makanan pedas.Akan tetapi, Anda tak perlu khawatir karena kondisi ini bersifat sementara dan reseptor dapat kembali normal. Salah satunya dengan menerapkan cara menghilangkan rasa pedas di lidah dan mulut dengan cepat.

Cara menghilangkan rasa pedas di lidah dan mulut dengan cepat

Jika Anda mulai merasakan kepedasan secara berlebihan sesaat setelah makan pedas, cobalah konsumsi makanan atau minuman di bawah ini sebagai cara menghilangkan rasa pedas di lidah dan mulut dengan cepat.

1. Susu dan produk olahannya

Olahan produk susu bisa jadi cara menghilangkan rasa pedas
Susu bisa jadi cara menghilangkan rasa pedas di lidah
Salah satu cara menghilangkan rasa pedas di lidah dan mulut adalah minum susu.American Chemical Society mengungkapkan bahwa protein dalam susu dapat menggantikan senyawa kimia pada cabai yang menjadi penyebab sensasi panas dan terbakar di lidah.Protein dalam susu bernama kasein bekerja dengan memecah senyawa capsaicin sehingga memberi efek menenangkan pada lidah dan mulut yang terasa panas dan kepedasan.Tidak seperti air putih yang tersusun dari molekul polar, kasein bersifat nonpolar sama seperti capsaicin. Hal ini berarti kasein dapat mengikat capsaicin sehingga mencegahnya menempel di reseptor lidah dan mulut.Maka dari itu, susu menjadi salah satu cara menghilangkan rasa pedas di lidah dan mulut dengan cepat. Selain susu, olahan produk lainnya, seperti yogurt dan es krim juga bisa Anda coba.

2. Gula atau madu

Cara menghilangkan rasa pedas di lidah dan mulut bisa pula dengan makanan yang manis, seperti gula atau madu.Anda bisa mengisap setengah sendok teh gula utuh atau madu di atas permukaan lidah guna mengurangi sensasi panas dan terbakar saat kepedasan.Ini karena senyawa capsaicin berbahan dasar minyak yang dapat diserap dengan baik oleh gula atau madu untuk menghilangkan rasa pedas di lidah dan mulut.

3. Nasi atau roti

Makan roti bisa menjadi cara menghilangkan pedas di lidah dan mulut
Makan potongan roti bisa meredakan sensasi rasa panas akibat kepedasan
Nasi atau roti juga menjadi pilihan cara menghilangkan rasa pedas di lidah dan mulut dengan segera.Secuil roti dapat meredakan sensasi rasa panas dan terbakar dengan cara menyerap senyawa capsaicin.Selain itu, nasi juga dapat memberikan efek yang sama seperti roti, hanya penyerapannya lebih sedikit ketimbang roti lantaran teksturnya yang berbentuk bulir.

4. Tomat dan lemon

Buah-buahan, seperti tomat dan lemon, dapat menjadi cara menghilangkan rasa pedas di lidah dan mulut secara alami.Kandungan asam yang terdapat pada kedua buah ini mampu meredakan sensasi rasa panas dan terbakar yang disebabkan oleh capsaicin. Tak hanya itu, jeruk dan nanas juga memiliki manfaat yang serupa.Anda bisa memakan jeruk, nanas, dan irisan tomat, atau meminum jus tomat dan air lemon juga dapat membantu menghilangkan rasa pedas di lidah dan mulut.

5. Cokelat

Cara menghilangkan rasa pedas bisa dengan makan cokelat batangan
Cokelat mengandung lemak yang mampu menghilangkan sebagian dari rasa pedas
Paduan rasa manis dan pahit pada cokelat ternyata dapat menjadi cara menghilangkan rasa pedas di lidah dan mulut dengan segera.Dibandingkan air putih, cokelat mengandung tinggi lemak yang dapat membantu menghilangkan sebagian dari senyawa capsaicin di lidah dan mulut.Anda bisa makan cokelat batangan atau minum susu cokelat untuk mendapatkan hasil yang optimal.Susu cokelat memiliki kandungan lemak dan kasein yang lebih tinggi sehingga dapat menjadi cara menghilangkan rasa pedas di lidah dan mulut dengan cepat.

6. Minyak zaitun

Cara menghilangkan rasa pedas di lidah dan mulut bisa pula dengan minyak zaitun.Selain mengandung tinggi lemak, minyak zaitun dapat mengikat capsaicin yang juga berbahan dasar minyak.Anda bisa menggunakan minyak zaitun sebagai cara menghilangkan rasa pedas di lidah dengan berkumur.

7. Selai kacang

Manfaat selai kacang juga menjadi bahan alami sebagai cara menghilangkan rasa pedas di lidah dan mulut.Lagi-lagi, hal ini karena selai kacang berbahan dasar minyak dan mengandung gula.

Apakah minum air putih bisa jadi cara menghilangkan rasa pedas di lidah dan mulut dengan segera?

Cara menghilangkan rasa pedas dengan minum air putih ternyata tidak efektif
Minum air putih untuk meredakan rasa kepedasan ternyata tidak efektif
Umumnya, Anda langsung menenggak segelas air putih untuk menghilangkan rasa pedas di lidah dan mulut.Sayangnya, minum air putih sebagai cara menghilangkan rasa pedas di lidah dan mulut dengan cepat ini tidak sepenuhnya efektif.Sebab, seperti yang telah disebutkan kalau capsaicin adalah senyawa kimia berbahan dasar minyak yang terdapat pada cabe.Jika Anda “membilas” area mulut dengan air putih, maka kedua zat tersebut tidak dapat bersatu.Alih-alih menghilangkan atau mengurangi rasa pedas di lidah dan mulut, minum air putih justru dapat membantu menyebarkan senyawa capsaicin ke area mulut Anda lainnya.Jadi, tak ada salahnya untuk mencoba salah satu bahan alami di atas sebagai cara menghilangkan rasa pedas di lidah dan mulut dengan segera. Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar cara menghilangkan rasa pedas di lidah dan mulut lebih lanjut, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Download sekarang di App Store dan Google Play.
hidup sehatpola hidup sehat
Medical Daily. https://www.medicaldaily.com/dont-feel-burn-5-best-remedies-cool-your-tongue-after-eating-spicy-food-279930
Diakses pada 18 September 2020
Food Ndtv. https://food.ndtv.com/food-drinks/4-effective-remedies-to-cool-your-mouth-after-eating-spicy-food-1340250
Diakses pada 18 September 2020
American Chemical Society. https://www.acs.org/content/acs/en/education/resources/highschool/chemmatters/past-issues/archive-2012-2013/peppers.html
Diakses pada 18 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait