Cara Menghilangkan Mabuk Alkohol atau Hangover yang Ampuh


Ada banyak cara untuk menghilangkan mabuk alkohol atau hangover yang bisa dicoba. Berbagai cara ini menjadi penawar alkohol untuk meredakan pusing, mual, lemas, dan dehidrasi di pagi harinya setelah mabuk.

0,0
05 May 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Terdapat berbagai macam cara menghilangkan mabuk alkohol salah satunya tidur.Ada banyak cara menghilangkan pusing setelah mabuk alkohol, salah satunya mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B6.
Menenggak alkohol berlebihan dapat menimbulkan efek merugikan keesokan harinya. Kondisi ini dikenal sebagai hangover. Sebuah studi dalam Human Psychopharmacology menyebutkan bahwa pusing menjadi salah satu gejala umum dari hangover yang menjengkelkan. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada cara menghilangkan mabuk alkohol yang bisa dilakukan.

Mengenal hangover atau pengar setelah minum alkohol

Hangover adalah gejala atau efek samping yang biasanya muncul di pagi harinya setelah mabuk akibat terlalu banyak minum alkohol. Hangover biasa disebut juga dengan pengar, adalah kondisi umum yang biasanya ditandai dengan kondisi sakit kepala, pusing, badan tidak enak, mengantuk, haus, hingga kebingungan.Mengapa hangover bisa terjadi? Umumnya, kondisi pengar ini merupakan respon alami sistem imun tubuh ketika mendeteksi adanya kadar alkohol yang melebihi batas toleransi.Cara mengatasi hangover bisa dilakukan tanpa obat, yakni hanya dengan melakukan sejumlah aktivitas tertentu. Adapun hal yang tidak boleh dilakukan untuk mengatasi pengar adalah menambah alkohol sisa semalam dengan alkohol baru, minum jus atau kopi, hingga minum obat penghilang nyeri sebelum tidur.Baca juga: Withdrawal Syndrome Tak Hanya Karena Berhenti Minum Alkohol

Cara menghilangkan mabuk alkohol

Dilansir dari Harvard Health Publishing, hangover menjadi salah satu cara tubuh untuk mengingatkan kita akan bahaya mengonsumsi alkohol berlebihan. Kabar baiknya, terdapat berbagai macam cara menghilangkan hangover yang bisa dilakukan, salah satunya:

1. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B6

Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B6 dapat menjadi cara menghilangkan pusing setelah mabuk alkohol.Sebab, alkohol dapat mengurangi kadar vitamin B sehingga membuat tubuh kesulitan untuk memetabolisme dan menghilangkan alkohol.Inilah alasan mengapa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B6, seperti kentang, buah-buahan, dan daging ayam, dipercaya dapat menghilangkan alkohol yang ada di dalam tubuh. Sehingga, pusing akibat mabuk alkohol dapat diatasi. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi vitamin B6 dalam bentuk suplemen.

2. Minum air putih

Alkohol bersifat diuretik sehingga bisa membuat seseorang sering buang air kecil. Hasilnya, tubuh dapat kehilangan cairan dan elektrolit dengan cepat sehingga Anda berpotensi mengalami dehidrasi.Minum air putih secara rutin dipercaya dapat mencegah dehidrasi setelah minum alkohol. Maka dari itu, cobalah jaga tubuh tetap terhidrasi dengan minum air putih atau air kelapa sehingga rasa pusing akibat minum alkohol dapat diredakan.

3. Tidur yang cukup

Cara menghilangkan pusing setelah mabuk alkohol selanjutnya adalah tidur yang cukup. Perlu diketahui, mengonsumsi alkohol berlebihan dapat mengganggu pola tidur. Maka dari itu, cobalah untuk mendapatkan jam tidur yang teratur.Jika Anda tidak mendapatkan jam tidur yang berkualitas, rasa pusing akibat hangover bisa terasa semakin parah. Dengan mendapatkan jam tidur yang cukup, tubuh memiliki waktu untuk pulih sehingga gejala pusing dapat diredakan.

4. Mengonsumsi obat antiradang nonsteroid dengan anjuran dari dokter

Obat-obatan antiradang nonsteroid dapat mengurangi peradangan pada tubuh setelah minum alkohol. Riset mengungkapkan, obat-obatan ini dapat menghambat produksi enzim yang mengundang rasa pusing dan migrain. Obat-obatan antiradang nonsteroid yang bisa dicoba di antaranya aspirin dan ibuprofen.Selain itu, jangan pernah mengonsumsi alkohol sambil minum obat-obatan antiradang nonsteroid karena obat ini dapat meningkatkan risiko perdarahan pada lambung.Maka dari itu, Anda wajib berkonsultasi dulu pada dokter sebelum mencoba cara menghilangkan pusing setelah mabuk alkohol ini.Mintalah pada dokter untuk menjelaskan dosis dan jenis obat antiradang nonsteroid yang tepat guna menghindari efek samping yang malah merugikan.

5. Berolahraga ringan

Olahraga terlalu berat tidak dianjurkan jika Anda baru saja meminum alkohol dan masih mengalami hangover. Sebaliknya, dilansir dari Healthline, olahraga ringan justru bisa menjadi cara menghilangkan pusing setelah mabuk alkohol yang ampuh.Olahraga ini dianggap bisa mempercepat proses metabolisme untuk membersihkan tubuh dari alkohol dan racun-racunnya.Di samping itu, pastikan Anda tetap minum air putih secara teratur untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

6. Konsumsi karbohidrat

Alkohol dapat menurunkan kadar gula darah sehingga bisa memicu berbagai macam gejala merugikan, seperti pusing dan tubuh gemetar.Maka dari itu, Anda bisa mencoba konsumsi karbohidrat, seperti roti atau kue gandum utuh, sebagai cara untuk menghilangkan mual akibat mabuk alkohol serta untuk mengembalikan kadar gula darah normal. Selain itu, tubuh Anda bisa kembali berenergi.

7. Mencoba herbal Phyllanthus Amarus dengan anjuran dari dokter

Dilansir dari Web MD, tanaman herbal Phyllanthus Amarus bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan hangover.Di dalam sebuah studi, mengonsumsi ekstrak Phyllanthus Amarus sebanyak dua kali sehari selama 10 hari dapat menurunkan kadar alkohol di dalam darah, meredakan gejala hangover, dan meningkatkan suasana hati.Namun ingat, sebelum Anda mencoba ekstrak Phyllanthus Amarus, ada baiknya berkonsultasi dulu dengan dokter untuk mendapatkan dosis dan anjuran tepatnya.

8. Mengonsumsi ginseng merah

Menurut sebuah riset, ginseng merah yang berasal dari Korea baik untuk membersihkan alkohol dalam aliran darah. Inilah alasan mengapa tanaman dipercaya sebagai cara menghilangkan pusing setelah mabuk alkohol yang ampuh.Namun lagi-lagi, cobalah berkonsultasi pada dokter sebelum mencoba obat-obatan herbal. Hal ini dilakukan guna menghindari adanya efek samping yang malah bisa memperparah hangover.

9. Mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan

Alkohol dapat menyebabkan stres oksidatif sehingga membuat tubuh melepaskan radikal bebas. Untuk mencegahnya, cobalah konsumsi makanan yang mengandung antioksidan.Selain itu, mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan kerap digunakan untuk meredakan berbagai efek negatif dari minum alkohol.Beberapa sumber antioksidan yang bisa dicoba, di antaranya buah-buahan berry, ceri, anggur, delima, wortel, bayam, jahe, cokelat hitam, hingga teh hijau.

Catatan dari SehatQ

Meski cara menghilangkan mabuk alkohol di atas kelihatan aman, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mencobanya, terutama untuk penggunaan obat hangover seperti obat-obatan antiradang nonsteroid, Phyllanthus Amarus, hingga ginseng merah.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
penyakitalkoholkecanduan alkohol
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/columns/white-seeber-grogan-the-remedy-chicks/natural-hangover-remedies/
Diakses pada 20 April 2021
Health Harvard. https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/7-steps-to-cure-your-hangover-and-ginkgo-biloba-whats-the-verdict
Diakses pada 20 April 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/headache/hangover-headache#possible-remedies
Diakses pada 20 April 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/headache/hangover-headache#7-Foods-Thatll-Cure-Your-Hangover
Diakses pada 20 April 2021
Web MD. https://www.webmd.com/balance/hangover-cure
Diakses pada 20 April 2021
Time. https://time.com/5065236/best-hangover-cure-headache-nausea/
Diakses pada 20 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait