Bukan Minum Larutan Penyegar, Ini Cara Menghilangkan Panas Dalam

Cara menghilangkan panas dalam dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan dingin
Tenggorokan terasa panas merupakan salah satu tanda dari panas dalam

Masifnya iklan cairan penyegar tenggorokan kerap dipandang sebagai cara menghilangkan panas dalam yang paling ampuh. Padahal, terdapat jalan lain agar rasa tidak nyaman yang datang dari dalam tubuh Anda tersebut bisa hilang.

Dalam dunia kesehatan, penyakit panas dalam sendiri tidak dikenal. Istilah ini terdapat dalam filosofi pengobatan Tiongkok yang menggambarkan masalah kesehatan akibat pengaruh makanan tertentu yang bersifat panas. Hal ini diambil dari konsep yinyang yang diterapkan untuk membedakan makanan dingin (yin) dan panas (yang).

Di Indonesia, panas dalam merupakan istilah yang sudah lama berkembang untuk menggambarkan rasa panas di tenggorokan dan napas yang terasa panas serta bau. Namun, apa sebenarnya arti panas dalam?

Mengenali gejala panas dalam

Untuk mengetahui cara menghilangkan panas dalam dengan cepat, tentu Anda terlebih dahulu harus mengenali gejala yang Anda alami. Pasalnya, panas dalam yang terjadi pada setiap orang mungkin berbeda-beda, tergantung penyakit yang menyebabkannya.

Di Indonesia, panas dalam memiliki beragam gejala dan sering dihubungkan dengan radang tenggorokan. Ketika Anda menderita masalah kesehatan yang satu ini, gejala yang sering timbul adalah tenggorokan gatal, seperti terbakar, kering, nyeri, dan iritasi yang menyebabkan tenggorokan menjadi kemerahan.

Anda mungkin akan merasakan sakit ketika menelan atau bahkan berbicara. Dalam istilah medis, panas dalam dapat didiagnosis sebagai infeksi saluran pernapasan atas.

Muncul sariawan juga dikaitkan dengan panas dalam, akan muncul bulatan putih atau kuning dengan kulit kemerahan yang melingkarinya serta terasa nyeri. Sariawan bisa terjadi di bawah lidah, di dalam pipi dan bibir, di gusi, maupun di lagit-langit mulut.

Selain itu, bibir pecah-pecah dan haus berlebihan juga menjadi penyebab panas dalam oleh masyarakat. Padahal kondisi ini bisa jadi menandakan banyak hal, salah satunya Anda mengalami dehidrasi. Selain haus berlebihan, dehidrasi dapat dibarengi dengan gejala seperti urine berwarna gelap dan sedikit, mulut kering, cepat lelah, dan sakit kepala.

Terakhir yang sering dihubungkan dengan panas dalam adalah demam yang ditandai dengan kenaikan suhu tubuh di atas 38 derajat celcius.

Cara menghilangkan panas dalam dengan cepat

Berdasarkan pengobatan Tiongkok, cara menghilangkan panas dalam dengan cepat bukanlah dengan mengonsumsi minuman larutan penyegar. Karena panas dalam disebabkan oleh makanan yang bersifat panas, maka Anda dapat melawannya dengan makanan yang bersifat dingin.

Makanan yang bersifat panas biasanya merupakan makanan yang mengandung kalori tinggi, serta diolah dengan teknik pemasakan menggunakan suhu tinggi pula. Makanan yang bersifat panas tersebut, yakni daging merah, makanan yang dipanggang maupun digoreng, durian, cokelat, serta makanan pedas, seperti kari atau balado.

Sebaliknya, makanan yang bersifat dingin dipercaya dapat meredakan panas dan menetralisir racun, serta menyegarkan tubuh sehingga kerap dipakai sebagai cara menghilangkan panas dalam dengan cepat.

Makanan yang termasuk kategori dingin ini bersifat rendah lemak dan biasanya tidak dimasak atau diolah dengan api kecil, misalnya teh hijau, salad, manggis, dan semangka.

Sementara dari segi medis, cara menghilangkan panas dalam dengan cepat bisa bermacam-macam, tergantung gejalanya, seperti:

  • Infeksi saluran pernapasan atas: diredakan dengan mengistirahatkan tenggorokan hingga membaik. Di saat yang sama, Anda dapat meminum air hangat atau mengisap permen jahe untuk menyegarkan tenggorokan.
  • Sariawan: biasanya sembuh sendiri dalam 1-2 minggu, namun cara menghilangkan panas dalam dengan cepat yang satu ini ialah memberi obat topikal, seperti obat yang mengandung benzocaine, fluocinonide, atau hidrogen peroksida.
  • Haus berlebihan: dapat diatasi dengan meminum lebih banyak cairan, misalnya air putih, sup, hingga minuman yang mengandung elektrolit.
  • Demam: diturunkan dengan mengonsumsi obat demam, seperti obat yang mengandung paracetamol atau ibuprofen.

Menggunakan istilah panas dalam boleh-boleh saja tetapi jangan disepelekan begitu saja, tetap memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Health Hub Singapore. https://www.healthhub.sg/live-healthy/800/Heaty-and-cooling-09Nov2015-NHG
Diakses pada 10 Desember 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/sore-throat
Diakses pada 10 Desember 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/canker-sore/symptoms-causes/syc-20370615
Diakses pada 10 Desember 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/canker-sore/diagnosis-treatment/drc-20370620
Diakses pada 10 Desember 2019

WebMD. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/why-am-i-always-thirsty
Diakses pada 10 Desember 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/107146.php
Diakses pada 10 Desember 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/168266.php
Diakses pada 10 Desember 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/153363.php
Diakses pada 10 Desember 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed