Cara Menghilangkan Nyeri Haid dengan 5 Gerakan Olahraga di Rumah

Cara menghilangkan nyeri haid dengan olahraga ada banyak gerakannya, Anda paling suka yang mana?
Salah satu cara menghilangkan nyeri haid dengan olahraga ialah berpose yoga.

Bagi wanita yang sedang haid, terkadang rasa nyeri yang dirasakan bisa membuat jengkel dan malas beraktivitas. Akan tetapi, terdapat bukti bahwa berolahraga bisa menjadi cara menghilangkan nyeri haid yang ampuh.

Tidak perlu repot-repot ke gym atau tempat olahraga lainnya, gerakan olahraga sebagai cara menghilangkan nyeri haid nyatanya bisa Anda lakukan di rumah.

Cara menghilangkan nyeri haid dengan gerakan olahraga

Beberapa wanita mengalami gejala seperti sakit perut, kembung, kelelahan dan sakit kepala selama haid. Ternyata, latihan fisik bisa membantu Anda meredakan gejala-gejala ini.

Sebelum Anda mengetahui cara menghilangkan nyeri haid dengan gerakan olahraga, ada baiknya memahami manfaat yang bisa Anda rasakan, dari berolahraga saat masa haid tiba. Beberapa manfaat itu meliputi:

  • Meningkatkan suasana hati

    Berolahraga terbukti bisa meredakan depresi. Maka dari itu, melakukannya dapat menghilangkan rasa amarah, sedih dan sifat cepat marah saat haid.
  • Mengurangi rasa letih

    Perubahan hormon di dalam tubuh saat sedang haid bisa meningkatkan sensasi rasa letih pada wanita. Aktivitas fisik lah yang mampu meningkatkan energi tubuh Anda.
  • Meredakan nyeri haid

    Studi yang dirilis dalam Journal of Education and Health Promotion menyebutkan, wanita yang melakukan olahraga sebanyak tiga hari dalam satu minggu setidaknya selama 30 menit, lebih jarang merasakan nyeri haid.

Jika Anda ingin merasakan ketiga manfaat tersebut, ada baiknya ikuti cara menghilangkan nyeri haid dengan 5 gerakan olahraga ini.

1. Pelvic tucks

Pelvic tucks, salah satu cara menghilangkan nyeri haid
Inilah pelvic tucks, bisakah Anda mencobanya?

Gerakan ini mengharuskan Anda merebahkan diri di lantai atau matras yoga, sambil melebarkan kaki. Setelah itu lakukan gerakan pinggang naik-turun, seperti halnya push-up, namun hanya pinggang saja yang bergerak.

Hal ini menyebabkan darah untuk bersikulasi ke otot punggung bawah, sehingga nyeri haid yang muncul di area itu bisa diringankan.

2. Top taps

Top taps, cara menghilangkan nyeri haid
Gerakan top taps lebih intens dibandingkan pelvic tucks.

Gerakan ini lebih intens dibandingkan pelvic tucks. Anda harus rebahan, sambil menempelkan tangan hingga siku ke lantai. Kemudian, angkat kaki kanan Anda sampai 90 derajat. Lalu, kembali ke posisi semula, dan gantilah Gerakan ini dengan kaki kiri. Otot perut Anda akan dilatih untuk bisa meredakan nyeri haid.

3. Yoga

Yoga juga bisa menjadi cara menghilangkan nyeri haid
Rasa damai dari yoga, bisa jadi cara menghilangkan nyeri haid.

Gerakan yoga terbukti bisa menjadi cara menghilangkan nyeri haid. Dalam studi yang dirilis di International Journal of Enviromental Research and Public Health, para wanita di Taiwan melakukan Yoga untuk mengatasi datangnya nyeri haid. Hasilnya, mereka mampu meringankan nyeri haid.

Selain itu, gerakan yoga tidak hanya mengurangi nyeri haid, tapi juga memperbaiki suasana hati, meningkatkan energi, hingga meringankan kegelisahan.

4. Duduk dengan kaki lurus

Luruskan kaki saat duduk, cara menghilangkan nyeri haid
Meluruskan kaki saat duduk.

Sebenarnya, gerakan ini sering dilakukan pada pemanasan sebelum olahraga. Anda hanya harus duduk di lantai atau matras yoga, kemudian luruskan kaki. Setelah itu, berusahalah pegang ujung jari kaki Anda, sambil membungkukkan badan. Mengapa hal ini bisa jadi cara menghilangkan nyeri haid?

Sebab, ketika tubuh ditekuk, punggung bagian bawah dan tulang sakrum yang biasanya kaku saat masa haid, bisa diluweskan. Rasa nyeri saat haid pun dapat mereda.

5. Glute lifts

cara menghilangkan nyeri haid
Cara menghilangkan nyeri haid dengan glute lifts.

Tempatkan kedua tangan secara bersila di furnitur yang ada di rumah, kemudian membungkuk dan luruskan punggung Anda. Setelah itu, angkat kaki kanan Anda ke arah belakang, kemudian turunkan lagi.

Setelah itu, giliran kaki kiri yang harus Anda angkat. Usahakan, saat melakukan gerakan ini, tetap luruskan punggung Anda, jangan sampai punggung tertekuk atau merubah posisinya.

Cara menghilangkan nyeri haid dengan gerakan olahraga ini bisa memperkuat seluruh tubuh Anda dan mampu mengurangi nyeri punggung bagian bawah. Selain itu, rasa kembung yang Anda rasakan saat haid, bisa diredakan.

Perhatikan ini saat akan berolahraga untuk menghilangkan nyeri haid

Perlu diketahui, dehidrasi menjadi salah satu penyebab mual dan sakit perut. Saat Anda melakukan olahraga dengan gerakan di atas, ada baiknya terus meminum air putih, agar hidrasi tubuh terjaga.

Setidaknya, Anda harus minum setiap 15 menit sekali, saat sedang berolahraga untuk meredakan nyeri haid. Dengan begitu, feses bisa tetap bergerak melalui usus dan mengurangi rasa tidak nyaman saat olahraga.

Lebih dari itu, gunakan pembalut bersayap yang ukurannya lebih panjang. Sebab, berolahraga bisa membuat sirkulasi darah wanita haid semakin cepat.

Beberapa wanita mengakalinya dengan menggunakan celana olahraga berwarna hitam, untuk mengatasi risiko “tembus”.

Catatan dari SehatQ

Sejauh ini, tidak ada batasan mengenai jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh wanita haid. Namun, keamanan dan kesehatan tubuh juga perlu diperhatikan, seperti tidak mengangkat beban terlalu berat, serta menggunakan pelindung saat berolahraga.

Secara keseluruhan, sangat penting bagi para wanita untuk “mendengar” tubuh mereka saat masa haid tiba. Jika rasa letih dirasakan, lakukan olahraga secara normal, dan tidak berlebihan.

Jika sudah merasakan manfaat olahraga saat haid, ada baiknya jadikan kebiasaan ini “panjang umur”, bahkan saat Anda tidak merasakan nyeri haid.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326364.php

Diakses pada 31 Oktober 2019

 

The Healthy. https://www.thehealthy.com/periods/best-exercises-for-period-pain/

Diakses pada 31 Oktober 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed