Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Belajar yang Mudah untuk Dilakukan

(0)
Cara menghilangkan ngantuk saat belajar adalah dengan memastikan kecukupan istirahat sebelumnyaMateri pelajaran yang membosankan menjadi salah satu penyebab ngantuk saat belajar
Mengantuk adalah salah satu musuh yang paling sering dihadapi orang-orang ketika mereka belajar. Ada beragam cara menghilangkan ngantuk saat belajar yang dapat dilakukan. Namun, Anda sebaiknya memahami terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab ngantuk saat belajar sehingga masalah serupa tidak kembali terulang ke depannya.

Penyebab ngantuk saat belajar

Munculnya rasa kantuk saat belajar dapat berpengaruh pada materi yang masuk ke dalam otak. Ketika Anda belajar sambil mengantuk, materi yang dipelajari tentunya tidak akan bisa diserap dan dipahami secara maksimal.Tidak diketahui secara pasti apa saja yang menjadi penyebab ngantuk saat belajar. Namun, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan potensi terjadinya kondisi tersebut. Berikut ini sejumlah faktor yang dapat membuat Anda ngantuk saat belajar:
  • Belajar pada saat larut malam
  • Lelah setelah melakukan aktivitas lain
  • Makan terlalu banyak
  • Materi pelajaran yang membosankan

Cara menghilangkan ngantuk saat belajar

Ada berbagai macam cara menghilangkan ngantuk saat belajar yang bisa Anda lakukan. Meski begitu, perlu dicatat bahwa efek yang ditimbulkan mungkin akan berbeda pada masing-masing orang.Beberapa cara menghilangkan ngantuk saat belajar antara lain:

1. Bergerak tiap hitungan waktu tertentu

Beri jeda dengan melakukan gerakan seperti berjalan, berjoget, atau melakukan peregangan kecil dapat membantu Anda tetap terjaga saat belajar. Selain itu, cara ini juga bisa membantu meredakan stres dan meningkatkan kemampuan untuk mengingat apa yang Anda pelajari.Menurut sebuah studi yang dirilis tahun 2018, istirahat dengan berjalan 10 menit di luar ruangan bisa membantu meningkatkan kinerja siswa segala usia (SD hingga perguruan tinggi) dalam hal mengingat, menganalisa, dan menyelesaikan tugas.

2. Duduk dengan tegak

Salah satu cara menghilangkan ngantuk saat belajar adalah dengan duduk tegak di kursi
Usahakan untuk selalu duduk tegak agar tidak ngantuk saat belajar
Saat belajar, Anda biasanya akan mencari posisi senyaman mungkin. Sayangnya, hal tersebut malah seringkali menimbulkan rasa ngantuk ketika belajar. Agar tetap terjaga, sebaiknya Anda duduk dengan tegak.Duduk tegak dikaitkan dengan aktivitas sistem saraf simpatis, sistem saraf yang mengontrol fungsi-fungsi seperti kewaspadaan. Selain duduk tegak, Anda mungkin bisa mencoba untuk belajar sambil berdiri. Belajar sambil berdiri dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah sehingga Anda terbebas dari rasa kantuk ketika belajar.

3. Hindari belajar di kamar tidur

Merupakan salah satu tempat yang paling nyaman, belajar di kamar tidur dapat menimbulkan rasa kantuk. Jika memungkinkan, belajarlah di tempat lain seperti perpustakaan, kedai kopi, atau ruangan lain dalam rumah Anda selain kamar.

4. Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Saat tubuh mengalami dehidrasi, Anda mungkin akan mengalami gejala seperti kelelahan dan mengantuk. Selain itu, kondisi ini juga dapat mengganggu fungsi kognitif otak yang kemudian dapat membuat proses belajar menjadi terasa sulit.Penelitian menyebut, dehidrasi dapat mengganggu memori jangka pendek hingga konsentrasi. Maka dari itu, menjaga tubuh tetap terhidrasi sangatlah penting untuk mencegah ngantuk saat belajar, terlebih ketika cuaca sedang panas-panasnya.

5. Mengonsumsi makanan sehat

Mengonsumsi camilan manis dan junk food dapat membuat tubuh terasa lesu dan menimbulkan rasa ngantuk saat belajar. Agar mendapat cukup energi dan gizi, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan-makan seperti:
  • Protein: ikan putih, kacang-kacangan, daging unggas, telur, dan daging sapi tanpa lemak
  • Karbohidrat kompleks: buah, sayur, kacang-kacangan, oat, beras merah, dan roti gandum
  • Lemak sehat: alpukat, salmon, telur, kacang-kacangan, dan minyak zaitun

6. Istirahat dengan cukup

Tidur tepat waktu dan istirahat yang cukup bisa mencegah timbulnya rasa kantuk saat Anda melakukan proses pembelajaran di siang hari. Sambil menghilangkan kebiasaan begadang, usahakan untuk tidur selama 7 hingga 8 jam pada malam hari agar tubuh dapat beristirahat dengan cukup.

7. Belajar dengan teman

Cobalah untuk belajar dengan teman. Anda juga dapat membuat atau mengikuti kelompok belajar untuk mendapatkan bantuan ketika merasa kebingungan dalam memahami materi tertentu.Belajar bersama teman akan membuat Anda menjadi lebih termotivasi. Selain itu, cara ini juga mampu merangsang otak agar lebih aktif dan membuat Anda terhindar dari rasa ngantuk saat belajar.

8. Mengonsumsi minuman yang mengandung kafein

Mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi atau teh adalah cara menghilangkan ngantuk saat belajar paling sederhana yang bisa Anda lakukan. Namun, Anda harus memerhatikan jumlah kafein yang diminum dan tidak mengonsumsinya secara berlebihan supaya tidak memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Kelebihan kafein dapat memicu reaksi overdosis seperti berdebar, tekanan darah meningkat, mual, muntah, kejang, dan pada beberapa kasus dapat berakibat fatal (kematian). Diabetes melitus, keguguran, bayi berat lahir rendah, bayi lahir mati, kelainan sistem saraf dan jantung, dan obesitas adalah beberapa bahaya konsumsi kafein berlebihan. Menurut laporan, 400 miligram kafein per hari sudah cukup membuat Anda tetap terjaga. Selain itu, jika Anda memiliki masalah dalam mengonsumsi minuman berkafein sebaiknya hindari cara ini untuk mencegah efek samping yang bisa ditimbulkan.

9. Rutin berolahraga

Berolahraga secara teratur dapat meningkatkan kualitas tidur serta menghindarkan Anda dari rasa kantuk saat belajar di siang hari. Cobalah berolahraga setidaknya selama 30 menit dalam sehari. Imbangi kebiasaan ini dengan mengonsumsi makanan sehat dengan kandungan protein dan karbohidrat.

10. Belajar di tempat yang terang

Belajar di tempat yang punya pencahayaan redup dapat memperburuk kelelahan dan menimbulkan rasa kantuk. Menurut penelitian, belajar di tempat terang dapat mengurangi rasa kantuk serta meningkatkan kewaspadaan.

Catatan dari SehatQ

Selain materi yang membosankan, rasa kantuk yang muncul saat belajar bisa disebabkan oleh buruknya gaya hidup. Salah satu cara menghilangkan ngantuk saat belajar yaitu dengan menerapkan pola hidup sehatTidak hanya menghilangkan kantuk, cara tersebut juga dapat membuat proses belajar Anda menjadi lebih maksimal. Untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai cara menghilangkan ngantuk saat belajar, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
olahragamakanan sehatdehidrasikantukmengantuk
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-avoid-sleepiness-while-studying
Diakses pada 20 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-stay-awake-in-class
Diakses pada 20 Oktober 2020
WebMD. https://www.webmd.com/sleep-disorders/features/natural-tips-sleepiness
Diakses pada 20 Oktober 2020
NHS. https://www.nhs.uk/news/food-and-diet/warnings-issued-over-energy-drinks/
Diakses pada 21 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait