Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Belajar yang Mudah untuk Dilakukan


Cara menghilangkan ngantuk saat belajar bisa dengan meluangkan waktu untuk bergerak, belajar di tempat terang, duduk dengan tegak, hingga banyak minum air putih. Mengetahui cara mengatasi ngantuk saat belajar dapat membantu Anda tetap segar dan kembali produktif beraktivitas.

0,0
Cara menghilangkan ngantuk saat belajar adalah dengan memastikan kecukupan istirahat sebelumnyaMateri pelajaran yang membosankan menjadi salah satu penyebab ngantuk saat belajar
Mengantuk adalah salah satu musuh utama yang kerap dihadapi banyak orang saat sedang fokus belajar. Ketika motivasi belajar sedang tinggi-tingginya, rasa kantuk malah melanda. Lantas, bagaimana cara menghilangkan ngantuk saat belajar? Simak jawabannya berikut ini.

Penyebab cepat mengantuk saat belajar

Sebelum mencari tahu cara menghilangkan ngantuk berat saat belajar, Anda perlu memahami dulu apa saja kondisi yang dapat menyebabkan hal ini muncul.Meski sebenarnya tidak dapat diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab cepat mengantuk saat belajar, ada beberapa faktor yang memungkinkan kondisi ini terjadi.Salah satunya adalah makan terlalu banyak. Ya, ketika porsi makanan yang dikonsumsi terlalu banyak, Anda jadi merasa kekenyangan sehingga memicu timbulnya rasa mengantuk berat saat belajar.Sebenarnya, mengantuk setelah makan merupakan hal yang wajar dan Anda tak perlu merasa khawatir akan hal tersebut. Sebab, rasa kantuk ini biasanya akan hilang setelah beberapa saat.Selain itu, penyebab cepat mengantuk saat belajar bisa jadi karena Anda mengidap hipersomnia.Hipersomnia adalah kondisi saat seseorang merasa lelah dan mengantuk berlebih sepanjang hari.Penderitanya akan tetap merasa kelelahan dan mengantuk walaupun sudah tidur dengan durasi yang cukup.Tak hanya itu, sejumlah faktor lain yang dapat membuat Anda merasa cepat mengantuk saat belajar adalah belajar pada saat larut malam, lelah setelah melakukan aktivitas lain, hingga materi pelajaran yang membosankan.

Cara menghilangkan ngantuk saat belajar

Muncul rasa kantuk saat belajar tentu dapat memengaruhi materi yang masuk ke dalam otak.Ketika Anda belajar, tetapi merasa mengantuk maka materi yang dipelajari tidak dapat dipahami secara maksimal.Untuk itu, simak berbagai cara menghilangkan ngantuk saat belajar di kelas atau di rumah yang bisa Anda lakukan.

1. Luangkan waktu untuk bergerak

Anda disarankan untuk tidak duduk dalam posisi yang sama lebih dari 30 menit lamanya guna memperlancar peredaran darah.Dengan demikian, meluangkan waktu untuk bergerak dapat membantu mengatasi rasa kantuk di sela-sela waktu belajar.Anda bisa berjalan kaki mengelilingi halaman rumah atau melakukan peregangan kecil guna meningkatkan energi, membantu tetap terjaga, melepaskan stres, serta meningkatkan kemampuan mengingat apa yang Anda pelajari.Melakukan aktivitas tersebut selama beberapa menit saja sudah membuat Anda terjaga. Rasa jenuh dan suntuk pun seketika berubah menjadi lebih segar setelah melakukan berbagai aktivitas itu.
Jalan kaki sebagai cara menghilangkan ngantuk saat belajar
Berjalan santai bisa melancarkan peredaran darah
Langkah ini memang mudah dilakukan sebagai cara menghilangkan ngantuk saat belajar mandiri. Namun, jangan khawatir bagi Anda yang harus belajar di dalam ruang kelas. Jika tidak memungkinkan bagi Anda untuk aktif bergerak di dalam kelas, cobalah untuk izin untuk pergi toilet sebentar.Cara agar tidak mengantuk di kelas bisa dengan berjalan kaki seraya menghirup udara segar. Dengan demikian, tubuh akan mendapatkan oksigen yang dibutuhkan sehingga rasa kantuk dapat dikalahkan.Sebuah studi yang dimuat dalam Frontiers in Public Health melaporkan, istirahat dengan berjalan kaki 10 menit di luar ruangan dapat membantu meningkatkan performa pelajar segala usia (SD hingga perguruan tinggi) dalam hal mengingat, menganalisa, dan menyelesaikan tugas.

2. Duduk dengan tegak

Saat belajar, Anda tentu akan mencari posisi senyaman mungkin agar dapat fokus dan konsentrasi saat belajar.Sayangnya, terkadang hal tersebut justru sering kali menimbulkan rasa mengantuk saat belajar. Nah, Anda disarankan untuk dengan dengan tegak saat belajar.Hal ini sedikit banyak dapat membantu Anda sebagai cara agar tidak ngantuk saat belajar. Pasalnya, duduk tegak membuat aktivitas sistem saraf simpatis, yakni sistem saraf yang mengendalikan fungsi kewaspadaan, meningkat.
Salah satu cara menghilangkan ngantuk saat belajar adalah dengan duduk tegak di kursi
Usahakan untuk selalu duduk tegak agar tidak ngantuk saat belajar
Jika Anda belajar sambil berbaring, aktivitas pada sistem saraf parasimpatetik yang berfungsi untuk beristirahat akan meningkat. Anda pun bisa jadi mudah mengantuk.Bila perlu, tak ada salahnya sesekali mencoba belajar sambil berdiri. Belajar sambil berdiri atau berjalan santai dapat membuat Anda bergerak sehingga meningkatkan sirkulasi darah. Dengan demikian, rasa kantuk yang melanda bisa hilang

3. Jangan belajar di kamar tidur

Cara menghilangkan ngantuk saat belajar mandiri sebaiknya dengan menghindari belajar di kamar tidur.Meski terasa nyaman, belajar di kamar tidur justru membuat Anda lebih mudah mengantuk saat belajar.Alangkah lebih baik Anda memisahkan area untuk tidur dan belajar. Jika memungkinkan, Anda bisa belajar di perpustakaan, kedai kopi, atau ruangan lain di rumah Anda.

4. Belajar di tempat yang terang

Cara mengatasi ngantuk saat belajar sebaiknya perlu memastikan pencahayaan ruangan. Jadi jika ingin belajar, cobalah untuk menggunakan pencahayaan yang memadai.Tubuh dapat memberikan respons berbeda dari cahaya yang terang benderang. Ini artinya, Anda mungkin akan lebih mudah terjaga karena tubuh menerima sinyal untuk tetap terjaga saat ada cahaya.Menurut sebuah hasil studi dalam Cell, hal tersebut dapat terjadi karena protein dalam tubuh yang teraktivasi saat tubuh terpapar oleh sinar.Sebaliknya, bila belajar di tempat dengan pencahayaan redup, Anda akan merasa lebih lelah dan mengantuk.

5. Makan permen mint

Makan permen mint sebagai cara menghilangkan ngantuk saat belajar
Makan permen mint dipercaya meningkatkan kewaspadaan
Sesekali makan permen mint sebagai cara agar tidak ngantuk saat belajar juga bisa dilakukan. Makan permen mint dipercaya dapat merangsang hippocampus, yakni bagian kecil pada otak yang berkaitan dengan memori, tingkat kewaspadaan, dan keterampilan berpikir.

6. Minum minuman berkafein

Semua orang sepakat minum minuman berkafein, seperti kopi atau teh, bisa jadi cara menghilangkan ngantuk berat, termasuk saat sedang belajar.Akan tetapi, Anda perlu memperhatikan jumlah kafein yang diminum dan tidak mengonsumsinya secara berlebihan supaya tidak memberikan dampak buruk bagi kesehatan.
Minum kopi sebagai cara menghilangkan ngantuk berat saat belajar
Minum kopi sebaiknya jangan berlebihan
Melansir dari Mayo Clinic, asupan kafein yang direkomendasikan untuk orang dewasa tiap harinya adalah sebanyak 400 miligram.Jumlah tersebut bahkan sudah lebih dari cukup untuk membuat Anda terjaga dan lebih fokus belajar ataupun beraktivitas.Sebaiknya, jangan mengonsumsi minuman berkafein mendekati jam tidur karena dapat mengganggu kualitas tidur Anda di malam hari.

7. Minum air putih yang cukup

Mengantuk dan merasa lelah terkadang merupakan tanda Anda mengalami dehidrasi. Dehidrasi tidak hanya membuat Anda kehilangan energi, melainkan juga terganggunya fungsi kognitif sehingga proses belajar menjadi terasa lebih sulit.Sebuah studi yang dimuat dalam Nutrition Review membuktikan, tingkat dehidrasi ringan hingga sedang dapat mengganggu memori jangka pendek, konsentrasi, hingga tingkat kewaspadaan.Maka dari itu, Anda disarankan untuk minum air putih yang banyak, terutama bila cuaca sedang panas-panasnya, sebagai cara menghilangkan ngantuk saat belajar.Saat cairan dalam tubuh tetap terjaga, darah dapat terus membawa oksigen dan berbagai nutrisi yang otak butuhkan. Alhasil, Anda akan tetap bisa fokus saat belajar.Anda bisa selalu menyediakan botol air minum di meja sebagai cara menghilangkan ngantuk di kelas.

8. Konsumsi makanan sehat

Salmon merupakan salah satu cara menghilangkan ngantuk berat saat belajar
Salmon merupakan sumber lemak sehat yang baik untuk tubuh
Apa yang Anda konsumsi ternyata sangat berpengaruh terhadap kondisi tubuh, termasuk seberapa mudah Anda merasa ngantuk dan lelah.Mengonsumsi makanan manis atau junk food dapat meningkatkan gula darah secara sekejap, tetapi akan menurun dalam waktu yang cepat juga sehingga tubuh Anda bisa mudah lelah atau lesu.Sebagai alternatifnya, Anda bisa mengonsumsi makanan sehat, seperti:
  • Protein: ikan putih, kacang-kacangan, daging unggas, telur, dan daging sapi tanpa lemak.
  • Karbohidrat kompleks: buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, oat, beras merah, dan roti gandum.
  • Lemak sehat: alpukat, salmon, telur, kacang-kacangan, dan minyak zaitun.

9. Belajar dengan teman

Jika Anda mudah mengantuk saat belajar, coba pertimbangkan untuk belajar dengan teman. Anda bisa membuat atau mengikuti kelompok belajar guna memudahkan pemahaman materi belajar tertentu.Belajar bersama teman akan membuat Anda menjadi lebih termotivasi untuk belajar. Cara mengatasi ngantuk saat belajar mampu merangsang otak agar lebih aktif dan membuat Anda terhindar dari rasa kantuk saat belajar.Langkah ini juga bisa dilakukan sebagai cara agar tidak mengantuk di kelas. Anda dapat aktif berpartisipasi di dalam diskusi atau sekadar bertanya mengenai materi belajar yang tidak dipahami.Menulis ulang apa yang sudah diajarkan oleh guru atau dosen dan membaca materi pelajaran dengan suara keras juga dianggap dapat menghilangkan rasa kantuk yang dirasakan saat belajar.

10. Tidur yang cukup

Tidur cukup sebagai cara agar tidak mengantuk saat belajar
Tidur cukup mencegah Anda ngantuk di siang hari saat belajar
Kurang tidur dan berbagai gangguan tidur lainnya dapat menyebabkan Anda mudah mengantuk di siang hari, termasuk saat sedang belajar.Menurut sebuah studi pada jurnal Nature, kondisi ini dapat berakibat buruk pada performa nilai Anda.Maka dari itu, salah satu cara menghilangkan rasa ngantuk saat belajar adalah dengan tidur yang cukup.Cobalah untuk tidur dan bangun di jam yang sama sehingga jam biologis tubuh akan tahu kapan saatnya Anda harus tidur dan kapan harus bangun. Usahakan untuk tidur selama 7-8 jam setiap malamnya.

Catatan dari SehatQ

Selain materi membosankan, rasa kantuk yang muncul saat belajar bisa disebabkan oleh buruknya gaya hidup.Maka penting untuk menerapkan pola hidup sehat dengan tepat dan melakukan berbagai cara agar tidak mengantuk saat belajar di atas.Jika waktu tidur di malam hari sudah tercukupi dan cara menghilangkan rasa ngantuk saat belajar tidak kunjung membuahkan hasil, tak ada salahnya memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab keluhan Anda.Pasalnya, dalam beberapa kasus, rasa kantuk terus-menerus bisa menjadi tanda penyakit tertentu.Anda bisa bertanya lebih lanjut dengan dokter mengenai keluhan Anda dan cara menghilangkan ngantuk berat saat belajar lewat aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kantukmengantukgangguan tidurmasalah tidurmasalah tidur anakgangguan tidur anak
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-avoid-sleepiness-while-studying
Diakses pada 20 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-stay-awake-in-class
Diakses pada 20 Oktober 2020
WebMD. https://www.webmd.com/sleep-disorders/features/natural-tips-sleepiness
Diakses pada 20 Oktober 2020
NHS. https://www.nhs.uk/news/food-and-diet/warnings-issued-over-energy-drinks/
Diakses pada 21 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait