Ngantuk di Kantor? Coba Cara Menghilangkan Ngantuk Ini!

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi ngantuk di kantor
Praktekkan cara menghilangkan ngantuk berikut ini agar Anda tetap bisa fokus bekerja di kantor

Mata yang setengah tertutup dan kantung mata yang menghitam merupakan pemandangan yang lumrah saat Anda kurang tidur. Banyak alasan mengapa seseorang tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Mulai dari begadang karena pekerjaan, mengurus anak yang rewel di malam hari, sampai memikirkan masalah hidup yang membuat otak terjaga. Apapun alasannya, sebagian besar orang selalu mengandalkan kopi sebagai cara menghilangkan ngantuk di kantor.

Namun, tahukah Anda kalau kopi tidak efektif sebagai cara menghilangkan ngantuk? Konsumsi kafein dalam kopi secara terus-menerus dapat mengganggu waktu tidur dan menurunkan kualitas tidur.

Tidak perlu pusing karena terdapat beberapa alternatif alami yang dapat dicoba sebagai cara menghilangkan ngantuk di kantor!

Cara Menghilangkan Ngantuk di kantor

Ngantuk di kantor dapat menurunkan produktivitas dan konsentrasi saat bekerja, terutama jika Anda sedang gencar-gencarnya ingin memenuhi target atau deadline yang telah ditetapkan.  Anda bis mencoba beberapa cara menghilangkan ngantuk di kantor ini sebelum meraih cangkir kopi Anda:

cahaya matahari

1. Cahaya

Cahaya lampu memiliki peranan dalam cara menghilangkan ngantuk. Pencahayaan yang redup dapat meningkatkan rasa lelah. Oleh karenanya, atur pencahayaan di ruangan kerja agar cukup terang untuk membuat Anda tetap terjaga.

2. Tidur Singkat

Cara menghilangkan ngantuk adalah dengan tidur, tetapi tidur yang dilakukan haruslah tidur yang singkat dan hanya dilakukan satu kali. Anda dapat mencoba untuk tidur saat jam istirahat selama 5 - 25 menit.

Jika Anda tidak dapat tidur, Anda dapat beristirahat dengan menutup mata selama 10 menit. Jangan lupa untuk memasang alarm sebelum beristirahat!

salad

3. Makan Cemilan Sehat

Cemilan sehat yang rendah gula dapat menjadi alternatif cara menghilangkan ngantuk yang lebih baik. Mengonsumsi cemilan tinggi gula dapat membuat Anda menjadi lesu dan sulit untuk berpikir.

Sebaiknya konsumsi cemilan yang mengandung protein dan biji-bijian utuh. Buah-buahan dan cokelat hitam juga dapat menjadi pilihan cemilan sehat lainnya. Selain mengonsumsi cemilan sehat, meminum air juga dapat mencegah dehidrasi yang dapat membuat ngantuk.

4. Bergerak

Cara menghilangkan ngantuk dapat dilakukan hanya dengan berjalan! Berjalan dapat membantu untuk meningkatkan perhatian dan membuat Anda merasa lebih segar.

Jalan-jalan singkat dapat dilakukan saat membeli makan siang atau pergi ke tempat makan. Anda juga dapat berdiri dari kursi dan meregangkan tubuh atau berkeliling di sekitar kantor, seperti mengambil air dan sebagainya.

ngobrol

5. Bercakap-Cakap

Bersosialisasi adalah salah satu cara menghilangkan ngantuk lainnya. Berbicara dengan teman kantor atau orang di sekitar dapat membantu untuk membuat pikiran bekerja kembali. Anda dapat berbicara topik apapun, seperti politik, bisnis, karir, gosip artis, dan sebagainya.

6. Latihan Pernapasan

Cara menghilangkan ngantuk sebenarnya cukup sederhana. Melatih pernapasan dapat meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh yang membantu untuk meningkatkan energi dan performa otak. Saat melakukan teknik pernapasan, selalu bernapas dengan perut dan bukan dada.

Anda dapat menarik napas dalam-dalam dan menghembuskannya melalui hidung secara cepat selama tiga kali dalam satu detik. Setelahnya bernapaslah secara normal.

Anda dapat melakukan teknik ini selama 15 detik dan menambahkan lima detik pada kesempatan berikutnya sampai durasinya menjadi satu menit.

Apa yang menyebabkan kantuk?

Tidak ada gunanya jika Anda terus-menerus mencoba untuk menghilangkan ngantuk di kantor tanpa mengetahui asal muasal dari kantuk yang dirasakan. Umumnya, kantuk yang dirasakan diakibatkan oleh kurang tidur, tetapi pada kasus tertentu, kantuk yang dirasakan bisa diakibatkan oleh gangguan tidur.

Terdapat beberapa tanda yang akan terlihat atau dialami ketika Anda mengalami gangguan tidur. Tanda-tanda yang mungkin dialami adalah:

  • Kesulitan bernapas saat tidur, seperti mengorok, merasa tercekik, dan sebagainya
  • Mengalami halusinasi saat akan tertidur atau terbangun
  • Sensasi tidak nyaman di paha atau kaki yang muncul saat malam hari ketika sedang berbaring
  • Sering terbangun saat tidur dan merasa tidak segar setelah bangun
  • Mengalami sleep paralysis atau ketidakmampuan untuk bergerak saat bangun atau tertidur
  • Membutuhkan 20 hingga 30 menit untuk tertidur
  • Mengalami kelemahan pada otot ketika sedang merasakan suatu emosi tertentu
  • Munculnya perilaku seperti meninju, menendang, berjalan, berbicara, ataupun kejang saat tidur
  • Meningkatnya frekuensi untuk buang air kecil
  • Sakit kepala di pagi hari
  • Sensasi panas di dada (heartburn) pada malam hari
  • Menggertakkan gigi saat tertidur

Kapan Harus ke Dokter?

Jika Anda mengalami rasa kantuk yang sulit dikendalikan dan mengganggu aktivitas sehari-hari, Anda mungkin saja mengalami narkolepsi. Oleh karenanya, segera berkonsultasi dengan dokter untuk dilakukan pemeriksaan dan penanganan.

Healthline. https://www.healthline.com/health/narcolepsy#symptoms
Diakses pada 09 Maret 2019

Sleep.Org. https://www.sleep.org/articles/snacks-that-keep-you-awake/
Diakses pada 09 Maret 2019

WebMD. https://www.webmd.com/sleep-disorders/features/natural-tips-sleepiness#2
Diakses pada 09 Maret 2019

Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/9-ways-to-stay-up-late-and-avoid-feeling-sleepy-4121306
Diakses pada 09 Maret 2019

Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/reasons-why-you-feel-sleepy-3014818
Diakses pada 09 Agustus 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed