Alternatif Cara Menghilangkan Ngantuk Akibat Narkolepsi

Pola tidur yang baik dan teratur dapat menghilangkan ngantuk
Luangkan waktu Anda untuk berjalan-jalan di sekitar ruangan agar rasa ngantuk hilang.

Tantangan terbesar bagi penderita narkolepsi adalah tetap terjaga. Kondisi ini dapat berdampak buruk bagi kehidupan sehari-hari penderita. Konsultasi ke dokter dan ahli kesehatan mental diperlukan untuk medikasi dan terapi.

Namun, apakah ada alternatif cara menghilangkan ngantuk bagi penderita narkolepsi selain medikasi? Jawabannya adalah, ya. Namun, cara menghilangkan ngantuk ini tetap harus diiringi dengan penanganan dari dokter dan ahli kesehatan mental.

Cara menghilangkan ngantuk akibat penyakit narkolepsi

Penyakit narkolepsi ditandai dengan munculnya rasa kantuk yang berlebih dan tidak tertahankan di pagi dan siang hari. Rasa kantuk tersebut tidak dapat ditahan dan dapat menurunkan produktivitas serta mengganggu kegiatan sehari-hari. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena terdapat alternatif cara menghilangkan ngantuk yang dapat dilakukan:

1 Tetap aktif

Duduk terlalu lama dapat menyebabkan ngantuk, terutama bagi penderita narkolepsi. Oleh karenanya cara menghilangkan ngantuk dapat dilakukan secara sederhana dengan bergerak dari kursi dan berjalan-jalan di sekitar ruangan.

Berolahraga secara teratur sekitar 4-5 jam sebelum waktu tidur dapat meningkatkan kualitas tidur Anda.

2. Perhatikan apa yang dikonsumsi

Cara menghilangkan ngantuk adalah dengan menghindari penyebab ngantuk. Zat-zat tertentu, seperti medikasi, nikotin, dan alkohol dapat meningkatkan rasa ngantuk. Hindari alkohol dan selalu berkonsultasi dengan dokter saat ingin mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Beberapa obat-obatan yang mungkin dapat menyebabkan rasa ngantuk adalah obat untuk depresi, kecemasan, alergi, kejang-kejang, dan sebagainya.

Selain medikasi dan alkohol, hal lain yang perlu diperhatikan adalah porsi makanan yang dikonsumsi. Porsi makanan yang berlebihan dan terlalu banyak karbohidrat dapat memicu rasa kantuk. Oleh sebab itu, makanlah dalam porsi yang cukup.

Anda juga mungkin mempertimbangkan penggunaan kafein sebagai cara menghilangkan ngantuk. Namun, kopi terkadang tidak efektif dan memiliki efek samping negatif, seperti rasa cemas, diare, dan jantung berdebar-debar.

Jika Anda memiliki kebiasaan mengonsumsi kopi, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi kopi di atas jam empat sore. Kandungan kafein dalam kopi dapat mengganggu tidur di malam hari.

3. Pola tidur yang baik dan teratur

Memiliki pola tidur yang baik dan teratur dapat menjadi cara menghilangkan ngantuk bagi penderita narkolepsi. Kurang istirahat dapat meningkatkan rasa kantuk pada siang hari.

Tidur pada waktu yang sama secara konsisten selama 7-8 jam dapat menangani gejala narkolepsi yang dialami serta membuat suatu kebiasaan tidur yang teratur.

Saat tidur, pastikan keadaan kamar sudah nyaman untuk istirahat dan tidak ada hal-hal yang dapat mengganggu Anda, seperti komputer, ponsel, dan sebagainya.

Jika Anda terbangun saat malam, cobalah aktivitas yang dapat memicu kantuk, seperti mendengarkan musik atau membaca majalah selama kurang lebih 10 menit. Jangan melakukan aktivitas yang membuat terbangun, seperti menonton televisi, dan sebagainya.

Salah satu pola tidur yang dapat diterapkan adalah jadwal tidur dari jam 11 malam sampai 7.30 pagi dengan kombinasi tidur siang selama 15 menit.

4. Meminta bantuan orang-orang sekitar

Cara menghilangkan ngantuk dapat dilakukan dengan menjelaskan kondisi Anda kepada orang-orang di sekitar agar mereka dapat lebih memahami kondisi Anda dan membantu untuk mengatasi rasa kantuk yang dialami.

Selain itu, orang-orang di sekitar dapat membantu untuk menghindarkan Anda dari pemicu kelemahan otot (katapleksi) yang merupakan salah satu gejala narkolepsi.

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat mengantuk

Selain mengetahui cara menghilangkan ngantuk, Anda perlu menyadari kapan Anda dapat melakukan aktivitas dalam keadaan demikian. Jika sedang mengantuk, jangan mengemudi dan mengoperasikan mesin-mesin.

Jika narkolepsi yang dialami tidak dapat ditangani dengan cara menghilangkan ngantuk di atas, diskusikanlah bersama dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih efektif.

Pengobatan penyakit narkolepsi

Sampai saat ini belum ada pengobatan untuk penyakit narkolepsi yang dapat menyembuhkan gangguan tidur tersebut secara total. Meskipun demikian, penderita penyakit narkolepsi bisa mengatasi gejala narkolepsi yang diberikan dengan mengonsumsi obat, seperti stimulan, antidepresan trisiklik, dan sebagainya.

Obat-obatan tersebut bertujuan untuk mengatasi gejala yang ditimbulkan akibat penyakit narkolepsi. Penderita juga bisa mengganti gaya hidup, seperti menerapkan pola tidur yang teratur, cukup istirahat, dan mencoba melakukan cara mengatasi ngantuk di atas.

Harvard Medical School. http://healthysleep.med.harvard.edu/narcolepsy/treating-narcolepsy/self-care
Diakses pada 12 April 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/narcolepsy/diagnosis-treatment/drc-20375503
Diakses pada 12 April 2019

WebMD. https://www.webmd.com/sleep-disorders/narcolepsy-treatment
Diakses pada 12 April 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed