Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Minyak Kayu Putih, Efektifkah?

(0)
04 Aug 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cara menghilangkan kutu rambut dengan minyak kayu putih terbukti efektifMinyak kayu putih terbukti secara ilmiah dapat atasi kutu rambut
Banyak jalan untuk mengusir kutu dari kulit kepala Anda, mulai dari menggunakan obat kimia sampai cara tradisional, salah satunya dengan minyak kayu putih. Namun, apakah cara menghilangkan kutu rambut dengan minyak kayu putih ini memang efektif?Semua orang yang pernah kutuan paham bahwa si kecil yang satu ini sangat mengganggu kenyamanan beraktivitas, terutama karena menyebabkan gatal yang tak tertahankan. Jika rasa gatal ini digaruk, kulit kepala bisa memerah atau bahkan terinfeksi bakteri karena kuku tangan yang kotor atau kulit kepala yang lembap.Belum lagi, kutu bisa bertelur sehingga lebih susah dibasmi karena lengket di rambut Anda. Lalu, bagaimana cara menghilangkan kutu dan telur kutu ini? Apakah minyak kayu putih adalah jawabannya?

Cara menghilangkan kutu rambut dengan minyak kayu putih dilihat dari sisi medis

Cara menghilangkan kutu rambut dengan minyak kayu putih sudah pernah diteliti di Australia pada 2017 lalu. Hasilnya, minyak kayu putih memang terbukti dapat membunuh 100 persen kutu rambut sehingga minyak yang terbuat dari daun eucalyptus ini bisa dijadikan perawatan alternatif dalam membasmi parasit kecil tersebut.Penelitian yang sama juga mengatakan bahwa minyak kayu putih sebagai obat kutu rambut aman digunakan oleh orang dewasa maupun anak-anak. Cara menghilangkan kutu rambut dengan minyak kayu putih juga tidak meninggalkan rasa gatal, terbakar atau seperti tersengat, hingga iritasi di kulit kepala.Hasil penelitian lain yang dipublikasikan di situs American College of Healthcare Sciences juga mengamini bahwa minyak kayu putih bisa dijadikan alternatif pengobatan kutu. Bahkan, minyak yang secara alamiah mengandung bahan antiinsektisida ini bisa lebih efektif dibanding obat kutu kimia yang bisa dibeli tanpa resep dokter, seperti phenothrin dan pyrethrum.Meskipun demikian, cara menghilangkan kutu rambut dengan minyak kayu putih ini sebaiknya tidak diaplikasikan pada kulit kepala anak yang masih berusia di bawah 6 tahun. Pasalnya, minyak kayu putih mengandung zat bernama 1,8 cineole yang tinggi sehingga dapat bersifat neurotoksik atau beracun bagi saraf.

Cara lain untuk menghilangkan kutu rambut tanpa bahan kimia

Bagi Anda yang tidak ingin mencoba cara menghilangkan kutu rambut dengan minyak kayu putih, ada jalan lain untuk menghilangkan gangguan di kulit kepala Anda tersebut. Salah satu cara nonkimia, aman, dan bebas efek samping adalah dengan sisir kutu.Menurut British Medical Journal, metode ini dapat menyapu kutu sekaligus telurnya dari rambut Anda. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dianjurkan membasahi rambut terlebih dahulu dan menyisir rambut sedikit demi sedikit.Dibanding cara menghilangkan kutu rambut dengan minyak kayu putih, menggunakan sisir kutu memang memakan waktu lebih banyak dan membutuhkan kesabaran. Namun, cara ini sangat efektif untuk membersihkan kutu, terutama di rambut anak-anak.

Obat pembasmi kutu

Di apotek, obat pembasmi kutu rambut juga banyak dijual bebas dan bisa dibeli tanpa resep dokter. Obat-obatan tersebut, antara lain:

1. Pyrethrins (dikombinasikan dengan piperonyl butoksida)

Obat ini hanya bisa membunuh kutu, tapi tidak dengan telur kutu. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk menggunakan kembali pyrethrins sekitar 9-10 hari setelah penggunaan pertama untuk membunuh kutu yang baru menetas sehingga mereka tidak sempat bertelur kembali.Pyrethrins aman dan efektif digunakan, termasuk pada anak di atas 2 tahun, jika Anda mengikuti aturan pakainya. Namun, penggunaan obat ini secara berulang dapat mengurangi efektivitasnya.

2. Losion permethrin 1 persen

Permethrin adalah produk sintetis dari pyrethrins sehingga memiliki fungsi dan cara pakai yang sama. Bila Anda masih melihat atau merasakan kutu di kulit kepala setelah pemakaian obat ini, periksakan kondisi Anda ke dokter.Dokter akan memberi obat kutu yang lebih ampuh. Namun Anda harus mengikuti arahan dokter, baik dosis maupun cara pakai obat ini. Obat yang dimaksud adalah:
  • Losion benzyl alkohol 5 persen
  • Losion evermectin 0,5 persen
  • Losion malathion 0,5 persen
  • Suspensi topikal spinosad 0,9 persen
Bila obat yang diresepkan pada Anda juga tidak menyelesaikan masalah, kembali hubungi dokter Anda atau minta second opinion pada dokter lain. Kutu memang mengganggu, tapi bukan berarti tidak bisa dihilangkan.
kutu rambut
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/lice/symptoms-causes/syc-20374399
Diakses pada 21 Juli 2020
PubMed. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/28266704/
Diakses pada 21 Juli 2020
American College of Healthcare Sciences. https://info.achs.edu/blog/essential-oils-for-head-lice
Diakses pada 21 Juli 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/lice-home-remedies
Diakses pada 21 Juli 2020
CDC. https://www.cdc.gov/parasites/lice/head/treatment.html
Diakses pada 21 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait