Kutil di wajah sangat mengganggu penampilan
Munculnya kutil wajah tentu saja menyebalkan sehingga banyak orang berusaha mencari cara membasminya

Sangat sulit membayangkan manusia bisa hidup tanpa bersinggungan dengan virus. Orang paling bersih sekalipun pasti akan terpapar virus, termasuk HPV penyebab kutil di wajah.

Ya, kutil di wajah muncul karena infeksi virus Human papillomavirus. HPV bisa ‘hinggap’ di manapun, mulai dari permukaan meja, handuk, lantai, pegangan pintu, dan banyak lagi. Semua benda yang setiap hari banyak diakses oleh manusia. Ditambah lagi, virus ini tahan terhadap panas dan proses pengeringan.

Mengingat kutil di wajah sangat mungkin tumbuh akibat HPV ini, maka yang menjadi senjata utama kita sekarang adalah harus tahu cara menghilangkan kutil di wajah. 

Tidak ada obat khusus untuk membasmi kutil di wajah, namun ada banyak teknik yang bisa dilakukan untuk menghilangkannya.

Teknik menghilangkan kutil di wajah

Sebenarnya, kutil di wajah bisa hilang dengan sendirinya. Tanpa pengobatan apapun. Namun terkadang perlu waktu bertahun-tahun untuk menunggu kutil bisa hilang dengan sendirinya.

Jika Anda ingin membiarkan kutil di wajah hilang dengan sendirinya, sebisa mungkin tahan diri untuk tidak menyentuhnya sedikitpun. Menyentuh kutil di wajah berarti memberi jalan bagi virus penyebab kutil untuk tumbuh di tempat lain di tubuh Anda.

Ingat, kutil masih bisa tumbuh lagi dan lagi meskipun telah hilang sekalipun.

Dan kini, kita akan melihat 7 cara menghilangkan kutil di wajah yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah:

1. Ekstrak bawang putih

Cara pertama untuk menghilangkan kutil di wajah adalah menggunakan ekstrak bawang putih. Bawang putih mengandung allium sativum, kandungan yang mencegah penyebaran virus lebih jauh.

Untuk melakukannya, Anda cukup menghancurkan bawang putih dan aplikasikan ke kulit di wajah. Tutupi dengan plester atau kain kasa dan ulangi selama beberapa kali.

Jika terasa gatal atau terbakar pada kulit, bisa jadi ada reaksi kimia. Segera bilas bagian kulit yang terpapar bawang putih.

2. Lemon

Jus lemon mengandung asam sitrat, zat asam yang membantu mengalahkan virus. Caranya, Anda perlu mencampur perasan lemon dengan air. Aplikasikan pada area kutil di wajah selama 6 minggu berturut-turut.

3. Nanas

Tak hanya lemon, nanas juga ampuh dalam menghilangkan kutil di wajah. Nanas mengandung enzim yang bisa membakar kutil ketika diaplikasikan rutin selama beberapa minggu.

Anda cukup menempelkan perasan nanas dengan kapas sebelum tidur setiap harinya. Hati-hati nanas dapat melukai bagian kulit yang sehat.

4. Plester

Bukan sembarangan, tetapi metode menghilangkan kutil di wajah dengan menariknya menggunakan plester jenis micropore adalah cara yang juga direkomendasikan oleh dokter. Jangan gunakan plester biasa ya!

Caranya cukup dengan menempelkan micropore ke area kutil dan biarkan sampai kutil lepas dengan sendirinya. Setelah itu, usap area bekas tumbuhnya kutil dengan batu apung untuk mengangkat sisa-sisanya.

Biasanya, melakukan metode ini satu kali saja sudah cukup efektif untuk menghilangkan kutil. 

5. Kulit pisang

Jangan langsung buang bekas kulit pisang yang baru Anda konsumsi. Justru, gosokkan bagian dalam kulit pisang ke area kutil di wajah selama beberapa menit. Selain menggosokkan, Anda juga bisa menempelkan kulit pisang dengan selotip.

Tentu saja cara ini tidak akan berhasil dengan instan. Ulangi setiap hari selama beberapa pekan. Kandungan enzim dalam kulit pisang dapat mematikan bakteri yang ada pada kutil.

6. Soda kue

Tengok dapur Anda, biasanya ada soda kue yang siap dipakai. Bukannya untuk memasak, kali ini coba gunakan soda kue untuk menghilangkan kutil membandel di wajah.

Campurkan 3-4 sendok makan soda kue dengan semangkok kecil air. Setelah tercampur, kompres kutil dengan kain yang sudah direndam di air soda kue.

Soda kue bisa menjadi antiseptik yang bisa membantu membasmi kutil.

7. Kentang

Kentang yang masih mentah pun berguna menjadi alat untuk membasmi kutil di wajah. Bahkan Anda bisa melakukannya beberapa kali dalam sehari.

Kandungan asam dalam kentang akan membuat virus penyebab tumbuhnya kutil tidak bisa berkembang. Jika dilakukan rutin selama 2-3 minggu, kutil akan berangsur mengecil.

Bagaimana menghindari kutil?

Seperti yang disebutkan di atas, kutil tumbuh karena infeksi HPV. Biasanya, kulit yang terbuka seperti saat luka akan lebih mudah ditumbuhi kutil. Untuk menghindarinya, coba beberapa cara ini:

  • Pastikan selalu mencuci tangan dengan air bersih setelah menyentuh benda yang tidak terjamin kebersihannya
  • Jangan menyentuh wajah ketika tangan belum benar-benar bersih
  • Jangan menggunakan obat tetes mata atau makeup milik orang lain
  • Ketika ada luka teriris di wajah, lindungi dan jaga kebersihannya

Hal yang tak kalah penting dilakukan adalah memastikan untuk segera mencari cara untuk membasmi kutil. Jangan berlama-lama membiarkan kutil tumbuh karena bisa saja menyebabkan kutil bertambah banyak.

Entah dengan cara alami atau lewat pengobatan dengan dokter, apapun bisa dilakukan untuk membasmi kutil di wajah. Tak kalah penting, jangan sembarangan mengobati kutil di wajah terutama yang tumbuh di area dekat mata dan hidung karena berisiko menimbulkan iritasi pada kulit sensitif.

Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-remove-warts-on-face#prevention
Diakses pada 28 Juni 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-warts
Diakses pada 28 Juni 2019

Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/efective-home-remedies-to-cure-warts/#gref
Diakses pada 28 Juni 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed