Cara Menghilangkan Kutil di Wajah Baik Secara Alami Hingga Tindakan Medis


Cara menghilangkan kutil di wajah perlu dilakukan bagi orang-orang yang membutuhkannya. Selain cara alami menghilangkan kutil di wajah, cara menghilangkan kutil dengan cepat bisa dilakukan atas rekomendasi dari dokter.

(0)
19 Jul 2019|Azelia Trifiana
Cara menghilangkan kutil di wajah penting untuk dilakukanMunculnya kutil wajah tentu dapat mengganggu penampilan
Cara menghilangkan kutil di wajah sangat dibutuhkan bagi orang-orang yang mengalaminya. Layaknya jerawat, kemunculan kutil di wajah tentu dapat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara menghilangkan kutil di wajah melalui artikel berikut ini.

Apa penyebab kutil di wajah bisa timbul?

Kutil adalah pertumbuhan kulit kasar yang kerap terjadi pada jari-jari tangan atau kaki. Meski umum tumbuh pada jari tangan atau kaki, kutil di wajah juga bisa saja dialami oleh beberapa orang. Penyebab kutil wajah adalah infeksi virus human papillomavirus (HPV). Virus HPV dapat menempel di hampir semua benda yang banyak disentuh oleh manusia, seperti permukaan meja, handuk, lantai, pegangan pintu, dan lainnya. Sebenarnya, penyebab kutil di wajah bisa hilang dengan sendirinya tanpa melakukan pengobatan apa pun.Namun terkadang, dibutuhkan waktu sampai bertahun-tahun lamanya agar kutil bisa hilang dengan sendirinya. Terlebih, kutil di wajah bisa menimbulkan nyeri dan menurunkan rasa percaya diri. 

Bagaimana cara menghilangkan kutil di wajah?

Cara menghilangkan kutil di wajah bisa dilakukan secara alami menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah. Kendati demikian, perlu diketahui bahwa masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan keefektifan bahan alami yang digunakan sebagai cara menghilangkan kutil di wajah.Jika ingin mengandalkannya sebagai cara menghilangkan kutil di wajah secara alami, alangkah baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter guna mengetahui cocok atau tidaknya untuk dioleskan pada area wajah Anda.Adapun cara menghilangkan kutil di wajah yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.

1. Bawang putih

Cara menghilangkan kutil di wajah dengan bawang putih
Bawang putih yang dihaluskan bisa menjadi obat kutil alami
Salah satu cara menghilangkan kutil di wajah secara alami adalah dengan bawang putih. Bawang putih mengandung allium sativum, yakni zat yang bersifat antivirus guna mencegah penyebaran kutil. Cara menggunakan bawang putih sebagai cara alami menghilangkan kutil di wajah bisa dilakukan dengan mudah. Anda cukup menghancurkan 1 siung bawang putih, lalu oleskan pada permukaan kulit yang terdapat kutil. Selanjutnya, tutup dengan perban area kulit yang terdapat kutil. Anda bisa melakukan langkah ini beberapa kali dalam sehari agar hasilnya maksimal. Akan tetapi, bila Anda merasakan sensasi gatal atau terbakar pada kulit setelah mengoleskan bawang putih pada kulit, sebaiknya segera basuh wajah sampai bersih.Pasalnya, bisa jadi ada reaksi kimia atau alergi yang mungkin muncul akibat penggunaan bawang putih pada kulit. 

2. Air lemon

Cara menghilangkan kutil di wajah secara alami berikutnya adalah dengan air lemon. Air lemon memiliki kandungan asam sitrat, yakni zat asam yang dapat membantu membunuh virus penyebab kutilCara alami menghilangkan kutil di wajah dengan air lemon adalah mencampurkan 1 buah perasan air lemon dengan air secukupnya. Kemudian, oles tipis-tipis pada permukaan kulit wajah yang terdapat kutil selama 6 minggu berturut-turut. 

3. Nanas

cara menghilangkan kutil di wajah secara alami adalah dengan nanas
Nanas adalah salah satu obat kutil alami
Nanas juga diyakini ampuh sebagai cara menghilangkan kutil di wajah secara alami. Nanas mengandung enzim yang dapat menghancurkan jaringan kutil. Anda bisa mengoleskan daging buah nanas yang sudah dihaluskan atau air perasan buah nanas menggunakan kapas sebelum tidur setiap harinya. Lakukan cara alami untuk menghilangkan kutil di wajah dengan nanas dengan rutin selama beberapa minggu. Jika sudah, basuh wajah sampai bersih. Meski demikian, perlu diketahui bahwa belum ada hasil penelitian yang dapat membuktikan efektivitas nanas sebagai cara alami menghilangkan kutil di wajah. 

4. Cuka apel

Cara menghilangkan kutil di wajah secara alami berikutnya adalah dengan cuka apel. Cara kerja cuka apel sebagai cara alami untuk menghilangkan kutil di wajah sama dengan kandungan asam salisilatCuka apel juga mengandung asam asetat yang bersifat antivirus sehingga mampu membasmi virus penyebab kutil. Kandungan asam asetat juga dapat membantu menghilangkan jaringan kulit berlebih di wajah. Cuka apel mengandung zat antimikroba yang dipercaya dapat membantu membunuh virus HPV. Kendati demikian, hal ini masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut guna membuktikannya.Cara menggunakan cuka apel untuk menghilangkan kutil adalah mencampurkan 2 sendok makan cuka apel ke dalam setengah gelas air. Aduk merata. Pastikan Anda melarutkan cuka apel dengan air putih terlebih dahulu. Sebab, zat asam pada cuka apel dapat membuat kulit iritasi, bahkan terbakar. Selanjutnya, celupkan kapas pada larutan cuka apel yang sudah dibuat.Tempelkan kapas pada area kulit wajah yang terdapat kutil. Diamkan selama 3-4 jam. Hindari menggunakan cuka apel pada area kulit yang terdapat luka terbuka. 

5. Kulit pisang

Kulit pisang bisa jadi cara menghilangkan kutil di wajah secara alami
Gosokkan kulit pisang pada area wajah yang terdapat kutil
Tahukah Anda kalau kulit pisang dipercaya sebagai cara menghilangkan kutil di wajah? Kulit pisang mengandung kalium diyakini mampu membunuh virus HPV penyebab kutil. Di samping itu, kulit pisang memiliki kandungan enzim yang dipercaya dapat mematikan bakteri yang ada pada kutil.Cara menggunakan kulit pisang sebagai cara alami menghilangkan kutil di wajah adalah gosokkan bagian dalam kulit pisang ke area kutil di wajah selama beberapa menit. Selain digosokkan, Anda juga bisa menempelkan kulit pisang menggunakan selotip. Cara menggunakan kulit pisang untuk menghilangkan kutil di wajah tidak akan berhasil dengan instan. Jadi, Anda perlu mengulanginya setiap hari selama beberapa pekan. Namun, manfaat kulit pisang sebagai cara alami untuk menghilangkan kutil di wajah masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Terlebih, belum banyak hasil studi yang menyebutkan keterkaitan kandungan kalium dalam mengatasi kutil atau infeksi kulit lainnya yang disebabkan oleh virus. 

6. Soda kue

Bukan untuk memasak, kali ini coba gunakan soda kue sebagai cara menghilangkan kutil di wajah yang membandel. Soda kue bisa menjadi antiseptik yang disinyalir bisa membantu membasmi virus penyebab kutil.Cara menggunakannya cukup mudah. Campurkan 3-4 sendok makan soda kue ke dalam mangkok berisi air secukupnya. Aduk sampai merata. Setelah tercampur merata, kompres kutil di wajah menggunakan kain yang sudah dibasahi air campuran soda kue.  

7. Kentang

Cara menghilangkan kutil di wajah bisa dengan kentang
Kentang bisa dijadikan sebagai obat kutil alami
Kentang yang masih mentah pun berguna sebagai cara menghilangkan kutil di wajah secara alami. Kentang memiliki kandungan asam yang diklaim bisa melawan virus penyebab tumbuhnya kutil. Anda bisa menerapkan cara alami menghilangkan kutil di wajah menggunakan kentang selama beberapa kali dalam sehari. Jika dilakukan secara rutin selama 2-3 minggu, kutil dapat berangsur mengecil. 

8. Tea tree oil

Cara menghilangkan kutil di wajah lainnya adalah dengan tea tree oilTea tree oil atau minyak pohon teh merupakan bahan alami yang dikenal dengan zat antimikroba di dalamnya. Selain itu, tea tree oil mengandung zat bersifat antivirus yang dapat membantu mengatasi kutil di wajah.  Cara alami menghilangkan kutil di wajah harus dilakukan dengan melarutkannya dengan carrier oil. Jika tidak, risiko iritasi pada kulit bisa terjadi. Anda bisa mencampurkan 1-2 tetes tea tree oil dengan 12 tetes carrier oil, seperti minyak almond, minyak zaitun, atau minyak kelapa. Aduk sampai merata. Kemudian, gunakan kapas untuk mengoleskan tea tree oil pada area wajah yang terdapat kutil. Lalu, diamkan selama 5-10 menit. Anda bisa melakukannya 2-3 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Baca Juga: Manfaat Tea Tree Oil untuk Kesehatan Kulit AndaPerlu diketahui bahwa cara alami menghilangkan kutil di wajah tidak dapat dilakukan begitu saja.Anda juga perlu melakukan tes pada kulit terlebih dahulu. Caranya, oleskan campuran bahan alami yang sudah dibuat pada area siku atau kulit belakang telinga.Kemudian, diamkan selama minimal 10 menit. Jika tidak ada alergi atau reaksi negatif yang ditimbulkan, Anda mungkin cocok menerapkan cara alami menghilangkan kutil di wajah. Sebaliknya, bila muncul alergi atau reaksi negatif tertentu, sebaiknya hindari penggunaannya pada wajah. 

Bagaimana cara menghilangkan kutil dengan cepat? 

Meski ada berbagai cara menghilangkan bintik seperti kutil di wajah secara alami, nyatanya mungkin tak sedikit orang yang lebih memilih jalur instan sebagai cara menghilangkan kutil. Sebab, dalam beberapa kasus, cara menghilangkan kutil melalui tindakan medis mungkin disarankan dokter dan bisa membuahkan hasil sesuai yang diinginkan dibandingkan dengan cara alami. Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan medis untuk menghilangkan kutil di wajah. Dengan ini, dokter dapat memberikan rekomendasi yang tepat sesuai penyebab dan kondisi kutil di wajah yang Anda alami. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan kutil dengan cepat yang mungkin direkomendasikan oleh dokter.

1. Cantharidin

Salah satu cara menghilangkan kutil dengan cepat adalah dengan cantharidin. Cantharidin adalah bahan kimia yang dapat menyebabkan lepuhan pada kulit. Biasanya, dokter akan mengoleskan cantharidin pada kutil. Kemudian, dokter akan tutup dengan perban area kulit Anda yang terdapat kutil.Meski tidak menimbulkan rasa sakit, cara menghilangkan kutil dengan cepat ini bisa menyebabkan rasa tidak nyaman akibat lepuhan yang mungkin terjadi. Nantinya, lepuhan tersebut akan mengangkat kutil dari kulit sehingga dokter dapat mengangkat bagian kutil yang mati. 

2. Cryotherapy

Cara menghilangkan kutil dengan cepat berikutnya adalah dengan tindakan cryotherapyCryotherapy adalah tindakan medis yang dilakukan menggunakan cairan nitrogen beku yang disemprotkan langsung ke kulit guna menghancurkan sel. Kutil akan berkembang menjadi lepuhan kulit yang mengering sehingga mudah dilepaskan pada beberapa minggu kemudian. Prosedur ini bisa dilakukan 2-3 kali dalam seminggu.

3. Plester 

Plester juga menjadi cara menghilangkan kutil dengan cepat yang direkomendasikan oleh dokter. Namun, ini bukan menggunakan sembarang plester, ya. Plester yang dimaksud adalah plester jenis micropore yang berfungsi untuk menarik kutil. Cara melakukannya adalah dengan menempelkan plester micropore ke area kutil dan biarkan sampai kutil lepas dengan sendirinya. Kemudian, usap area bekas tumbuhnya kutil menggunakan batu apung untuk mengangkat sisa-sisa sel kulit mati. Biasanya, melakukan metode ini satu kali saja sudah cukup efektif untuk menghilangkan kutil. 

4. Operasi

Cara menghilangkan kutil dengan cepat lainnya adalah dengan operasi. Dokter mungkin merekomendasikan prosedur ini apabila perawatan lain tidak berhasil mengatasi kutil. Meski demikian, prosedur operasi dapat meningkatkan risiko terjadinya jaringan parut. 

Bagaimana cara mencegah tumbuhnya kutil di wajah? 

Penyebab kutil di wajah tumbuh adalah akibat infeksi virus HPV.Biasanya, kulit yang mengalami luka terbuka akan lebih mudah bagi kutil berkembang biak. Nah, ada beberapa cara mencegah tumbuhnya kutil di wajah, yaitu: 

1. Selalu menjaga kebersihan tangan

Salah satu cara mencegah tumbuhnya kutil di wajah adalah dengan senantiasa menjaga kebersihan tangan. Pastikan Anda mencuci tangan dengan air bersih dan sabun sesaat setelah menyentuh benda yang disentuh oleh orang banyak atau tidak terjamin kebersihannya. 

2. Jangan menyentuh area wajah sebelum tangan bersih

Anda tidak disarankan menyentuh area wajah sebelum kondisi tangan benar-benar bersih. Jika ingin menyentuh area wajah, sebaiknya cuci tangan menggunakan air bersih dan sabun terlebih dahulu. Kemudian, keringkan tangan menggunakan handuk atau kain lap bersih. 

3. Hindari berbagi penggunaan barang pribadi

Cara mencegah kutil di wajah selanjutnya adalah tidak berbagi penggunaan barang pribadi dengan orang lain. Misalnya, obat tetes mata atau peralatan make upPasalnya, berbagai penggunaan barang pribadi bisa meningkatkan risiko penularan berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit. Tak terkecuali virus HPV.

4. Segera obati luka yang terdapat di wajah

Jika Anda mengalami luka pada area wajah, sebaiknya segera obati luka tersebut dan jaga kebersihannya dengan baik. 

5. Jangan menyentuh atau memecahkan kutil

Pastikan Anda tidak menyentuh atau memecahkan kutil di wajah. Pasalnya, menyentuh atau memecahkan kutil justru dapat memberi jalan bagi virus penyebab kutil untuk tumbuh di area kulit lainnya. Di samping itu, risiko munculnya infeksi kulit lebih lanjut bisa saja terjadi akibat kerap menyentuh atau memecahkan kutil.Ingat, jangan sembarangan melakukan cara menghilangkan kutil di wajah, terutama yang tumbuh di area dekat mata dan hidung karena bisa berisiko menimbulkan iritasi pada kulit sensitif. 

Catatan dari SehatQ

Jika Anda mengalami kutil di wajah, pastikan untuk segera berkonsultasi dengan dokter.Menunda pengobatan atau membiarkan kutil tumbuh lama kelamaan bukan tidak mungkin menyebabkan kutil bertambah banyak. Terlebih, apabila cara alami untuk menghilangkan kutil di wajah tidak kunjung berhasil menyembuhkan kondisi. Dokter akan memberikan diagnosis dan obat kutil yang tepat sesuai penyebab kutil di wajah yang Anda alami. Masih punya pertanyaan seputar cara menghilangkan kutil di wajah secara alami atau tindakan medis dari dokter? Coba tanyakan langsung dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Pastikan Anda sudah mengunduhnya melalui App Store dan Google Play.
kutilhpvpenyakit kulit
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-remove-warts-on-face#prevention
Diakses pada 28 Juni 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-warts
Diakses pada 28 Juni 2019
Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/efective-home-remedies-to-cure-warts/#gref
Diakses pada 28 Juni 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait