Kutil di tangan awalnya berupa benjolan kecil yang lama-kelamaan menghitam
Kutil di tangan memang terlihat menjijikan dan mengganggu penampilan

Sebagian besar kutil tidak berbahaya dan bukan penanda kanker. Namun benjolan kecil tersebut dapat mengganggu penampilan karena terlihat menjijikkan. Apalagi jika kutil yang awalnya berwarna serupa kulit memunculkan titik hitam di tengahnya dan timbul di tangan.

Anda tidak perlu khawatir karena kutil merupakan penyakit kulit yang cukup umum terjadi. Kutil yang menghitam terjadi karena adanya darah yang menggumpal.

Cara menghilangkan kutil di tangan

Sebenarnya cara menghilangkan kutil di tangan untuk kutil yang telah menghitam tidak ada bedanya dengan cara menghilangkan kutil di tangan untuk kutil dengan warna yang berbeda.

Berikut adalah beberapa cara menghilangkan kutil di tangan dengan bahan-bahan alami!

  • Bawang putih

Bawang putih sudah dikenal sebagai salah satu bumbu makanan yang bisa membantu mengobati beberapa penyakit. Salah satunya adalah sebagai cara menghilangkan kutil di tangan.

Sebuah riset menemukan bahwa ekstrak bawang putih efektif untuk mengatasi kutil. Hal ini karena bawang putih mengandung allicin yang mampu menghancurkan enzim dari virus dan memicu kutil untuk lepas.

Tumbuk satu siung bawang putih dan campurkan ke dalam air. Setelahnya oleskan campuran tersebut pada kutil dan lapisi dengan perban. Tunggu selama 20 menit sebelum membasuh olesan bawang putih.

Bila tidak ingin repot, Anda dapat langsung menggosokkan siung bawang putih di atas kutil. Lakukanlah kedua cara tersebut sebanyak dua kali seminggu selama tiga sampai empat minggu.

  • Cuka apel

Cuka apel memiliki fungsi yang serupa dengan obat asam salisilat yang membantu mengelupaskan kulit yang terjangkiti kutil. Meskipun demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai efek cuka apel terhadap kutil.

Cara menggunakannya adalah cukup dengan mencampurkan dua bagian cuka apel ke dalam satu bagian air. Selalu campurkan cuka apel dengan air karena kandungan asam di cuka apel berpotensi memicu iritasi.

Setelahnya, celupkan bola kapas ke dalam campuran tersebut dan letakkan di atas kutil sebelum dibalut dengan perban. Diamkan cuka apel di atas kutil selama tiga sampai empat jam. 

  • Minyak pohon teh (tea tree oil)

Kandungan antibakteri dan antivirus dalam minyak pohon teh membuatnya dikenal sebagai salah satu obat untuk beberapa penyakit kulit.

Sebelum menggunakan minyak pohon teh sebagai cara menghilangkan kutil di tangan, encerkan minyak pohon teh untuk menghindari iritasi. Campurkan satu sampai dua tetes minyak pohon teh ke dalam 12 tetes minyak almond atau castor.

Namun, jika campuran tersebut masih menimbulkan iritasi, maka Anda perlu lebih mengencerkan minyak pohon teh dengan menambahkan minyak almond atau castor yang digunakan.

Setelahnya, teteskan campuran tersebut sebanyak tiga sampai empat tetes ke atas bola kapas. Taruh bola kapas di atas kutil selama lima sampai 10 menit. Ulangi hal tersebut sebanyak dua sampai tiga kali sehari.

  • Minyak castor

Serupa dengan minyak pohon teh, minyak castor mengandung antiradang dan antibakteri yang dapat membantu sebagai cara menghilangkan kutil di tangan. 

Anda dapat mengoleskan minyak castor di kutil atau mencelupkan bola kapas ke dalam minyak castor dan diletakkan di atas kutil semalaman. Pagi harinya, Anda bisa menggunakan batu apung untuk mengelupas kutil secara perlahan.

Lakukan hal tersebut setiap hari. Waktu yang dibutuhkan untuk menghilangkan kutil dapat berkisar dua sampai tiga minggu.

  • Propolis

Propolis adalah zat seperti resin yang diproduksi oleh lebah dan diolah dari beeswax, enzim lebah, serbuk sari, dan zat-zat pada tumbuhan. Antimikoorganisme dalam propolis berpotensi mengobati kutil di tangan. 

Oleskan propolis di kutil dan balut dengan perban serta diamkan semalaman. Ulangi metode tersebut setiap hari. Anda juga bisa mengonsumsi propolis untuk meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan virus pemicu kutil.

  • Soda kue

Kandungan antiseptik dan antiradang dalam soda kue dapat menghilangkan kutil di tangan. Buatlah salep dengan campuran satu sendok cuka dan soda kue, setelahnya oleskan salep pada kutil sebanyak dua kali sehari sampai kutil menghilang.

  • Lidah buaya

Lidah buaya memiliki kemungkinan untuk melawan patogen-patogen, tetapi riset lebih lanjut masih dibutuhkan. Gunakan gel dari daun lidah buaya dan letakkan di atas kutil sebelum diperban. Lakukan setiap hari sebanyak dua kali sehari. 

  • Jus nanas

Kandungan bromelain dan asam dalam nanas dipercaya mampu menghancurkan protein dalam virus penyebab kutil. Namun, riset masih dibutuhkan untuk mendukung pernyataan ini.

Anda dapat mencelupkan tangan yang terjangkit kutil ke dalam jus nanas selama tiga sampai lima menit atau langsung menggosokkan buah nanas ke kutil. Lakukan hal tersebut setiap hari.

Bila Anda telah mencoba cara-cara di atas namun kutil di tangan tidak juga hilang, Anda perlu konsultasi ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-warts
Diakses pada 28 Juni 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/common-warts/symptoms-causes/syc-20371125
Diakses pada 28 Juni 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24910383
Diakses pada 28 Juni 2019

Reader’s Digest. https://www.rd.com/health/conditions/home-remedies-warts/
Diakses pada 28 Juni 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed