Kenali Cara Menghilangkan Kutil di Tangan dengan Bahan Alami


Cara menghilangkan kutil di tangan bisa dilakukan dengan bahan-bahan alami. Obat kutil alami yang bisa digunakan di rumah antara lain bawang putih, cuka apel, nanas, minyak castor, hingga propolis.

0,0
13 Sep 2019|Anita Djie
Cara menghilangkan kutil di tangan dengan bahan alamiKutil di tangan memang terlihat menjijikan dan mengganggu penampilan
Cara menghilangkan kutil di tangan perlu segera dilakukan lantaran dapat mengganggu penampilan. Sebelum terburu-buru pergi ke dokter, Anda juga bisa menerapkan cara menghilangkan kutil di jari tangan dengan bahan-bahan alami.Kutil adalah pertumbuhan kulit kasar yang sering terjadi pada jari-jari tangan atau kaki. Kutil merupakan penyakit kulit yang umum terjadi. Penyebab kutil wajah adalah infeksi virus human papillomavirus (HPV). Orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah rentan mengalami infeksi ini.Virus HPV dapat menempel di hampir semua benda yang banyak disentuh oleh manusia, seperti permukaan meja, handuk, lantai, gagang pintu, dan lainnya. Sebagian besar kutil tidak berbahaya dan bukan penanda kanker. Meski demikian benjolan kecil di kulit tersebut dapat mengganggu penampilan karena terlihat menjijikkan. Apalagi jika kutil di tangan yang mulanya berwarna serupa kulit, kini telah memunculkan titik hitam di tengahnya. Kutil yang menghitam itu bisa terjadi akibat adanya penggumpalan darah. Menyentuh kutil di tangan pun akan terasa mengganggu.

Cara menghilangkan kutil di tangan secara alami

Sebenarnya, cara menghilangkan kutil di tangan yang telah menghitam tidak ada bedanya dengan cara menghilangkan kutil di jari tangan dengan warna yang berbeda. Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah untuk membantu mengobatinya. Namun, perlu diketahui bahwa masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan keefektifan obat kutil di tangan alami ini. Jika Anda ingin mengandalkannya sebagai cara menghilangkan kutil di tangan secara alami, alangkah baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter guna mengetahui cocok atau tidaknya untuk dioleskan pada kutil yang Anda alami.Adapun beberapa cara menghilangkan kutil di tangan dengan bahan-bahan alami yang ada di rumah adalah sebagai berikut. 

1. Bawang putih

Cara menghilangkan kutil di tangan bisa dengan bawang putih
Bawang putih dapat digunakan untuk menghilangkan kutil
Salah satu cara menghilangkan kutil di tangan adalah dengan bawang putih. Bawang putih sudah dikenal sebagai salah satu rempah makanan yang mampu mengobati berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah sebagai cara menghilangkan kutil di jari tangan.Sebuah riset menemukan bahwa ekstrak bawang putih efektif untuk mengatasi kutil. Bawang putih mengandung allicin yang diyakini mampu menghancurkan enzim pada virus dan memicu kutil untuk lepas.Cara menghilangkan kutil di tangan dengan bawang putih adalah menumbuk 1 siung bawang putih. Kemudian, mencampurkannya dengan air secukupnya. Selanjutnya, oleskan campuran tersebut pada area kutil. Tutup area kulit yang terinfeksi kutil menggunakan perban steril. Tunggu selama 20 menit sebelum membilasnya dengan air sampai bersih. Jika tidak ingin ribet, lakukan cara menghilangkan kutil di tangan dengan menggosokkan 1 siung bawang putih pada permukaan kutil.Kedua cara menghilangkan kutil di tangan tersebut dapat dilakukan sebanyak 2 kali seminggu selama 3-4 minggu berturut-turut. Bila tidak ingin repot, Anda dapat langsung menggosokkan siung bawang putih di atas kutil. Lakukanlah kedua cara tersebut sebanyak dua kali seminggu selama tiga sampai empat minggu.

2. Cuka sari apel

Cara menghilangkan kutil di tangan berikutnya adalah dengan cuka apel. Manfaat cuka sari apel dalam mengobati kutil ternyata mirip dengan fungsi asam salisilat dalam mengelupas sel kulit mati yang terinfeksi kutil. Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai cuka apel dalam menghilangkan kutil. Jika Anda ingin menggunakan cuka apel sebagai cara menghilangkan kutil secara alami, simak langkah di bawah ini. Campurkan 1 sendok makan cuka apel ke dalam segelas air. Pastikan Anda mencampurkan cuka apel dengan air terlebih dahulu sebelum menggunakannya pada kulit. Sebab, kandungan asam yang tinggi pada cuka apel berpotensi menyebabkan iritasi.Kemudian, celupkan bola kapas ke dalam campuran cuka apel dan oleskan pada permukaan kutil. Tutupi area kulit yang terdapat kutil menggunakan perban atau kain kasa steril. Diamkan selama 3-4 jam. 

3. Minyak pohon teh (tea tree oil)

Tea tree oil merupakan cara menghilangkan kutil secara alami
Oleskan tea tree oil yang sudah diencerkan ke permukaan kulit
Tea tree oil juga diyakini sebagai cara menghilangkan kutil di tangan secara alami. Memiliki sifat antibakteri dan antivirus, tea tree oil dikenal baik untuk mengobati berbagai macam penyakit kulit, termasuk kutil.Cara menghilangkan kutil di jari tangan menggunakan tea tree oil adalah mengencerkannya terlebih dahulu guna menghindari reaksi iritasi. Caranya, campurkan 1-2 tetes tea tree oil dengan 12 tetes minyak almond atau minyak castor. Aduk sampai merata.Teteskan campuran tea tree oil sebanyak 3-4 tetes ke atas bola kapas. Letakkan bola kapas di atas kutil selama 5-10 menit. Ulangi langkah ini sebanyak 2-3 kali sehari hingga kutil lepas. Jika campuran tersebut menimbulkan iritasi di kulit, maka Anda perlu mengencerkan minyak pohon teh kembali dengan minyak almond atau minyak castor. 

4. Minyak castor

Minyak castor dipercaya dapat menjadi cara menghilangkan kutil di tangan. Mirip dengan tea tree oil, minyak castor atau minyak jarak mengandung antiradang dan antibakteri yang dapat membantu mengobati kutil di jari tangan.Anda dapat mengoleskan minyak jarak pada permukaan kulit yang terdapat kutil menggunakan kapas. Kemudian, diamkan selama semalaman. Pada keesokan paginya, gunakan batu apung untuk mengelupas kutil di tangan secara perlahan. Gunakan obat kutil di tangan ini setiap hari secara rutin, paling tidak 2-3 minggu sampai kutil benar-benar hilang. 

5. Propolis

Tahukah Anda kalau propolis dapat digunakan sebagai cara menghilangkan kutil di tangan?Propolis adalah zat seperti resin yang diproduksi oleh lebah dan diolah dari beeswax, enzim lebah, serbuk sari, dan zat-zat pada tumbuhan. Antimikoorganisme dalam propolis diyakini berpotensi mengobati kutil di tangan. Cara menggunakannya, oleskan propolis pada permukaan kutil. Tutupi dengan perban, lalu diamkan selama semalaman. Ulangi langkah ini setiap hari guna mendapatkan hasil yang maksimal. Anda juga bisa mengonsumsi obat kutil di tangan ini untuk meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus melawan virus penyebab kutil. 

6. Soda kue atau baking powder

Baking soda bisa menjadi cara menghilangkan kutil di tangan
Soda kue bisa juga digunakan sebagai obat kutil di tangan
Cara menghilangkan kutil di tangan selanjutnya adalah dengan soda kue atau baking powder. Kandungan antiseptik dan antiradang dalam soda kue dapat menghilangkan kutil di tangan. Buatlah obat kutil di tangan alami dari campuran satu sendok cuka dan soda kue. Selanjutnya, oleskan obat kutil di tangan ini pada permukaan kutil setiap 12 jam sekali (dua kali sehari) sampai kutil menghilang.

7. Lidah buaya

Manfaat lidah buaya bisa pula digunakan sebagai cara menghilangkan kutil di tangan. Lidah buaya kemungkinan memiliki zat untuk melawan patogen-patogen. Meski demikian, masih dibutuhkan riset lebih lanjut untuk membuktikan keefektifannya. Gunakan gel lidah buaya langsung dari tanamannya pada permukaan kulit yang terdapat kutil. Kemudian, tutupi dengan perban atau kain kasa steril. Lakukan langkah ini setiap hari sebanyak 2 kali sehari sampai kutil hilang. 

8. Jus nanas

Anda pun bisa menggunakan jus nanas sebagai cara menghilangkan kutil di tangan. Kandungan asam dan enzim bromelain dalam nanas dipercaya mampu menghancurkan protein dalam virus penyebab kutilNamun, riset masih dibutuhkan untuk mendukung pernyataan tersebut.Anda bisa mengoleskan jus nanas pada area kulit yang terinfeksi kutill. Diamkan selama 3-5 menit. Gunakan obat kutil di tangan ini setiap hari sampai kutil hilang. 

Cara menghilangkan kutil di jari tangan secara medis

Jika obat kutil di tangan secara alami tidak kunjung menyembuhkan kondisi kutil yang Anda alami, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter kulit. Dokter kulit memiliki beragam pilihan pengobatan kutil yang disesuaikan dengan usia, kondisi kesehatan, serta jenis kutil yang dialami pasien. Beberapa cara menghilangkan kutil di jari tangan dengan cepat secara medis adalah sebagai berikut. 

1. Cantharidin

Salah satu cara menghilangkan kutil di jari tangan dengan cepat secara medis adalah dengan cantharidin. Cantharidin adalah obat kutil di tangan berupa cairan kimia yang digunakan dengan cara disemprotkan ke permukaan kulit yang terinfeksi kutil. Selanjutnya, kutil akan ditutupi dengan perban atau kain kasa steril. Prosedur ini tidak menimbulkan rasa sakit, tetapi dapat menimbulkan benjolan yang diharapkan bisa mengangkat kutil dari permukaan kulit. Dengan demikian, dokter bisa membersihkan sisa jaringan kulit matinya dengan mudah. 

2. Krioterapi

Krioterapi atau cryotherapy juga menjadi cara menghilangkan kutil di jari tangan dengan cepat secara medis. Cryotherapy adalah tindakan medis yang dilakukan dengan cara menyemprotkan cairan nitrogen beku untuk mematikan sel kulit pada kulit. Setelah prosedur ini dilakukan, biasanya kutil akan mengelupas dalam kurun waktu 1 minggu. Meski cairan serupa yang mengandung dimethyl-eter juga sudah dijual dijual bebas untuk tujuan yang sama, tindakan ini hanya disarankan untuk dilakukan oleh dokter yang profesional.

3. Operasi

Operasi bisa saja dipilih dokter sebagai cara menghilangkan kutil di jari tangan secara medis. Dokter mungkin akan merekomendasikan prosedur operasi apabila pengobatan di atas tidak kunjung berhasil menyembuhkan kulit. Beberapa jenis kutil dapat dihilangkan menggunakan prosedur bedah yang disertai dengan bius lokal. Umumnya, dokter akan meresepkan krim untuk mempercepat proses penyembuhan pascaoperasi.

Catatan dari SehatQ

Meski ada cara menghilangkan kutil di tangan secara alami, pastikan Anda selalu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Termasuk, apabila obat kutil di tangan alami tidak kunjung berhasil menyembuhkan kondisi kutil yang Anda alami. Dokter akan memberikan diagnosis dan obat kutil di tangan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda. Masih punya pertanyaan seputar cara menghilangkan kutil di tangan? Tanyakan langsung dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Caranya, pastikan Anda sudah mengunduhnya melalui App Store dan Google Play.
perawatan kulitkesehatan kulitpenyakit kulitkutil
Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-warts
Diakses pada 28 Juni 2019
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/common-warts/symptoms-causes/syc-20371125
Diakses pada 28 Juni 2019
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24910383
Diakses pada 28 Juni 2019
Reader’s Digest. https://www.rd.com/health/conditions/home-remedies-warts/
Diakses pada 28 Juni 2019
AAD. https://www.aad.org/public/diseases/a-z/warts-treatment
Diakses pada 25 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait