Anti Komedo Komedo Club, Ini 7 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Perasaan lemon yang dicampur madu dapat digunakan sebagai cara menghilangkan komedo secara alami
Cara menghilangkan komedo secara alami dapat menggunakan lemon

Tidak hanya jerawat, salah satu masalah lain pada kulit yang sering mengganggu adalah komedo. Komedo merupakan bintik-bintik kecil berwarna hitam atau putih yang biasanya banyak terdapat di wajah, terutama hidung.

Komedo cukup sulit untuk dihilangkan sehingga sebagian orang mungkin mencoba berbagai perawatan untuk mengatasinya. Di samping dengan menggunakan produk-produk kecantikan yang banyak beredar, cara menghilangkan komedo secara alami juga dapat dilakukan.

Penyebab terbentuknya komedo

Komedo terbentuk ketika pori-pori kulit tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak alami kulit (sebum) yang berlebih. Siapa pun bisa memiliki komedo, namun lebih rentan terjadi pada orang yang memiliki kulit berminyak.

Komedo memiliki permukaan terbuka yang menciptakan oksidasi berwarna gelap. Mungkin Anda pernah tergoda mencoba mengeluarkan komedo hitam dari wajah dengan menggunakan tangan, namun hal tersebut dapat menyebabkan jaringan parut dan kerusakan pada kulit.

Tak hanya di wajah, komedo dapat muncul di leher, punggung, dada, lengan, atau bahu. Komedo biasanya terlihat di permukaan kulit sehingga membuat kulit Anda yang berkomedo menjadi terlihat lebih gelap. Penyebab terbentuknya komedo, di antaranya:

  • Perubahan hormon. Berubahnya hormon dapat meningkatkan produksi sebum oleh kelenjar minyak yang bisa memicu terbentuknya komedo. Perubahan hormon dapat terjadi karena masa pubertas, menstruasi, kehamilan, penggunaan pil KB, dan lainnya.

  • Produksi sel kulit yang berlebih. Ketika sel kulit diproduksi secara berlebih, maka dapat menyebabkan penumpukan yang memicu terbentuknya komedo.

  • Penggunaan kosmetik berlebih. Menggunakan kosmetik secara berlebihan dapat menghalangi pori-pori kulit sehingga memicu terbentuknya komedo.

  • Keringat berlebih. Ketika Anda berkeringat secara berlebih, maka dapat menyumbat pori-pori di kulit yang menyebabkan komedo.

  • Kondisi kesehatan. Stres, PCOS, dan PMS bisa menyebabkan munculnya komedo dan jerawat karena perubahan hormon.

Cara menghilangkan komedo secara alami

Jika Anda memiliki komedo, Anda bisa mencoba menghilangkannya menggunakan berbagai bahan alami. Perawatan secara alami ini memiliki biaya yang murah dan biasanya minim risiko.

Namun, diperlukan kesabaran dan ketelatenan karena cara ini umumnya memerlukan waktu yang lebih lama untuk mendapatkan hasil. Cara menghilangkan komedo secara alami yang dapat Anda lakukan, yaitu:

  • Stroberi

Siapa sangka stroberi ternyata tak hanya segar untuk dimakan, namun juga dapat menghilangkan komedo. Stroberi kaya akan vitamin C atau asam askorbat yang dapat menjaga kulit tetap lembap, serta mengurangi komedo karena mampu menghilangkan sel-sel kulit yang mati dan kering.

Hancurkan 2-3 buah stroberi, lalu tambahkan ½ sdt madu dan ½ sdt lemon. Aduk hingga terbentuk pasta kental, lalu oleskan pada area kulit yang terdapat komedo. Biarkan selama 15-20 menit, dan bilas dengan air bersih jika sudah selesai. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapat hasil yang baik.

  • Minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat pelembap yang dapat membantu meringankan kulit kering dan mencegah penyumbatan pori-pori. Ini juga dapat membantu menghilangkan komedo.

Oleskan 1 sdt minyak kelapa pada area kulit yang berkomedo, dan biarkan menyerap ke dalam kulit. Ulangi sebanyak 2 kali dalam sehari hingga komedo hilang.

  • Madu

Madu dapat membantu menjaga kulit terhidrasi dan kenyal sehingga mencegah penyumbatan pori-pori oleh sel-sel kulit mati. Selain itu, madu juga dapat membantu menghilangkan komedo.

Oleskan madu menggunakan kapas pada kulit yang terdapat komedonya, lalu biarkan selama 20 menit. Kemudian, bilas dengan air jika sudah selesai. Ulangi sebanyak 3-4 kali dalam seminggu.

  • Tea tree oil

Tea tree oil memiliki sifat anti-komedogenik yang dapat membantu menghilangkan komedo. Anda hanya perlu mencampurkan 2-3 tetes tea tree oil dan minyak kelapa. Lalu, oleskan pada area kulit Anda yang berkomedo menggunakan kapas. Lakukan 3-4 kali dalam sehari agar komedo segera hilang.

  • Lemon

Lemon kaya akan vitamin C atau asam askorbat yang dapat melembapkan kulit. Sifat melembapkan ini dapat membantu menghilangkan kulit mati dan kering, mencegah penyumbatan pori-pori di kulit, dan menghilangkan ketombe.

Campurkan 1 sdt perasan lemon dan madu hingga terbentuk pasta. Oleskan pasta pada area kulit yang berkomedo. Biarkan selama 15-20 menit, dan bilas hingga bersih. Lakukanlah setiap hari untuk mendapat hasil yang bagus.

  • Lidah buaya

Lidah buaya mengandung seng yang dapat membantu mengencangkan pori-pori, dan mengandung saponin yang dapat membersihkan kulit sehingga terbebas dari komedo.

Oleskan ½ sdt gel lidah buaya pada area kulit yang berkomedo. Biarkan semalaman, lalu bilas dengan air bersih ketika Anda bangun. Ulangi setiap hari hingga komedo hilang.

  • Minyak jojoba

Minyak jojoba memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menghilangkan kerusakan jaringan akibat komedo. Campurkan 2-3 tetes minyak jojoba dengan minyak zaitun. Oleskan campuran tersebut menggunakan kapas pada area kulit Anda yang berkomedo. Lakukanlah beberapa kali dalam seminggu.

Jika cara menghilangkan komedo secara alami ini menimbulkan gejala, seperti ruam, gatal, kemerahan, ataupun gejala lainnya, segera hentikan penggunaan. Sebaiknya, periksakan kulit Anda pada dokter jika komedo tak kunjung hilang atau semakin banyak.

Dalam mencegah terbentuknya komedo, bersihkan riasan wajah Anda sebelum tidur. Sebab, tidur dengan riasan di wajah dapat menyebabkan banyak komedo muncul karena tersumbatnya pori-pori. Selain itu, rutinlah membersihkan wajah kurang lebih sebanyak dua kali sehari, agar kulit Anda bersih dan terhindar dari penumpukan kotoran.

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-get-rid-of-blackheads#benzoyl-peroxide
Diakses pada 26 September 2019

Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/18-home-remedies-for-blackheads/#gref
Diakses pada 26 September 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed