Praktis dan Efektif, Ini 5 Cara Menghilangkan Komedo di Hidung

Ada banyak cara menghilangkan komedo di hidung, baik secara alami maupun nonalami
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan komedo di hidung dan di bagian wajah lainnya

Komedo pada wajah memang terlihat hanya seperti butiran pasir, tapi tidak jarang kehadirannya sampai melunturkan kepercayaan diri seseorang. Lalu, bagaimana cara menghilangkan komedo yang efektif? Apakah komedo bisa dihilangkan secara alami ataukah harus dengan bantuan obat-obatan tertentu?

Komedo adalah masalah kulit yang kerap disalahpahami oleh banyak orang. Komedo sering dikira debu pada wajah sehingga cara membersihkan komedo pun keliru.

Padahal komedo merupakan bentuk lain dari jerawat, lebih tepatnya melanin (keratin) yang terperangkap pada kulit sehingga menyumbat pori-pori. Untuk menghilangkan komedo, Anda bisa menerapkan tips berikut ini.

Cara menghilangkan komedo di hidung

Komedo dapat muncul di bagian wajah manapun, terutama pada hidung, pipi, dan dahi. Ketika Anda menemukan komedo ini, seringkali muncul keinginan untuk langsung memencet komedo tersebut dan mengenyahkan si komedo dalam sekejap.

Tetapi, tahukah Anda bahwa langkah itu hanya akan memperparah masalah kulit Anda? Ya, memencet komedo sebaiknya hanya dilakukan oleh tenaga medis yang kompeten agar kulit Anda tidak berubah menjadi iritasi, meradang, bahkan meninggalkan bekas luka.

Sebaliknya, terdapat beberapa cara menghilangkan komedo di hidung dan bagian wajah lainnya yang relatif aman dan bisa dilakukan di rumah:

  • Cuci muka sedikitnya 2 kali sehari

Menjaga kebersihan adalah cara utama untuk menghilangkan komedo. Pastikan Anda mencuci muka minimal 2 kali sehari dan setiap selesai melakukan aktivitas. Hanya saja, jangan sampai Anda terlalu sering mencuci muka karena dapat menipiskan lapisan kulit sehingga justru membuat wajah memproduksi lebih banyak minyak yang menyebabkan munculnya lebih banyak komedo.

  • Gunakan pore strips

Ini merupakan cara menghilangkan komedo di hidung yang cukup populer karena pore strips memang dapat mengatasi masalah komedo secara instan. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari penggunaan strip hidung ini, Anda sebaiknya menghangatkan wajah terlebih dahulu (misalnya dengan membasuh muka menggunakan air hangat) untuk membuka pori-pori agar komedo lebih mudah diangkat.

Namun, pore strips tidak mencegah komedo datang lagi. Selain itu, penggunaan pore strip juga dikhawatirkan ikut mengangkat rambut wajah dan lapisan minyak yang penting bagi kulit.

  • Gunakan produk yang bisa mengangkat sel kulit mati

Pilih produk pembersih wajah yang mengandung asam hidroksi alpha atau beta (AHA atau BHA). Kandungan ini lebih ramah pada kulit yang sensitif serta dapat diserap kulit lebih mudah dibanding produk pembersih yang menggunakan scrub.

Asam glikolik dan laktik juga bisa dipilih karena merupakan golongan AHA yang terbuat dari susu, buah, atau gula. Sedangkan jika kulit Anda berjerawat, gunakan juga pembersih yang mengandung asam salisilat yang merupakan golongan BHA.

Meski demikian, AHA dan BHA dapat menipiskan lapisan kulit sehingga wajah Anda akan rentan terpapar sinar UVA dan UVB. Untuk mengatasi masalah ini, jangan lupa gunakan tabir surya minimal dengan SPF 30, terutama saat Anda keluar rumah.

  • Gunakan retinoil topikal

Retinoid sudah terbukti mampu mengobati jerawat, bahkan menghilangkan kerutan. Namun, cara menghilangkan komedo ini tidak dianjurkan untuk ibu hamil.

  • Gunakan gel yang mengandung asam salisilat

Asam salisilat mampu menghilangkan keratin yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan komedo. Namun, Anda hanya boleh mengoleskan obat ini di area yang terdapat komedo untuk menghindari kemungkinan kulit keracunan asam salisilat.

Adakah cara menghilangkan komedo secara alami?

Ada beberapa bahan alami yang dipercaya dapat menghilangkan komedo. Hanya saja, kebanyakan dari mereka hanya berdasarkan kepercayaan serta belum memiliki bukti ilmiah. Selain mengaplikasikan zat tertentu, cara menghilangkan komedo di hidung atau wajah pada umumnya ialah dengan mengubah gaya hidup.

Berikut cara menghilangkan komedo secara alami yang bisa Anda lakukan:

  • Masker

Cara menghilangkan komedo ini bisa diaplikasikan untuk komedo yang tersebar di wajah Anda. Terdapat berbagai jenis masker komedo di pasaran, tapi Anda bisa memilih maker yang mengandung tanah liat (clay) atau arang (charcoal). Anda juga bisa mengombinasikan masker tersebut atau mencampurnya dengan bahan alami lain, contohnya madu dan tea tree oil, asalkan aman bagi kulit Anda.

  • Tea tree oil

Tea tree oil memang dikenal sebagai obat alternatif dalam pengobatan modern. Dalam upaya menghilangkan komedo, tea tree oil bekerja dengan cara mengurangi sebum (minyak pada wajah) dan menenangkan kulit.

  • Memilih make-up yang aman

Gunakan pelembab yang mayoritas komposisinya terdiri dari air. Jika Anda menggunakan make-up, pastikan ia bersifat nonkomedo dan tidak menyumbat pori.

  • Atur pola makan

Para dermatologis (dokter kulit) menganjurkan Anda juga memperhatikan pola makan, terutama menghindari konsumsi gula, lemak, dan produk susu secara berlebihan. Perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan, serta makanan yang kaya akan antioksidan.

Penting juga untuk mengatur pola hidup sehat, misalnya dengan berolahraga secara rutin. Hindari juga paparan asap rokok karena komedo lebih sering dijumpai pada orang yang merokok dibanding orang yang tidak merokok.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/311991.php
Diakses pada 26 September 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-remove-blackheads-from-nose
Diakses pada 26 September 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/comedonal-acne
Diakses pada 26 September 2019

Dermnet NZ. https://www.dermnetnz.org/topics/comedonal-acne/
Diakses pada 26 September 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed