Beragam Cara Menghilangkan Komedo Membandel di Wajah yang Ampuh


Cara menghilangkan komedo bisa dilakukan dengan pengobatan rumahan hingga saran dokter. Cara alami menghilangkan komedo bisa dengan tea tree oil dan teh hijau. Sedangkan, cara menghilangkan komedo dengan cepat dan ampuh bisa melalui penggunaan obat-obatan dan perawatan dari dokter.

0,0
30 Sep 2021|Anita Djie
Ada banyak cara menghilangkan komedo yang bisa dilakukanMikrodermabrasi adalah salah satu cara menghilangkan komedo yang disarankan dokter
Komedo merupakan masalah kulit membandel yang kerap sulit disingkirkan. Jika dibiarkan begitu saja, jenis jerawat ringan ini dapat mengalami peradangan. Maka dari itu, penting mengetahui cara menghilangkan komedo demi mencegah terbentuknya jerawat.
Komedo sendiri terdiri dari 2 jenis, yakni komedo putih (whiteheads) dan komedo hitam (blackhead). Penyebabnya sama, yakni penyumbatan pori-pori kulit akibat tumpukan sel kulit mati dan produksi minyak berlebih. Penyumbatan tersebut dapat dipicu oleh berbagai hal, seperti perubahan hormon, stres, hingga penggunaan kosmetik atau skincare yang tidak cocok. Siapa saja bisa memiliki komedo, tetapi masalah kulit ini rentan dialami oleh pemilik kulit berminyak. Ada berbagai cara menghilangkan komedo membandel dari kulit. Simak cara menghilangkan komedo di wajah, mulai dari pengobatan rumahan hingga saran dokter.

Cara alami menghilangkan komedo 

Banyak orang yang mengandalkan cara alami menghilangkan komedo sebagai pengobatan rumahan. Pasalnya, bahan alami untuk menghilangkan komedo lebih mudah didapat dan lebih terjangkau. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa cara menghilangkan komedo secara alami ini belum tentu efektif dan cocok dilakukan semua orang. Maka, Anda perlu melakukannya dengan hati-hati agar terhindar dari risiko efek samping.Berikut adalah beberapa cara menghilangkan komedo dengan bahan alami yang bisa dicoba. 

1. Tea tree oil

Minyak pohon teh atau tea tree oil sudah sejak lama digunakan sebagai cara alami menghilangkan komedo dan jerawat membandel. Hal ini karena tea tree oil mengandung senyawa antimikroba sehingga mampu membunuh bakteri penyebab jerawat, Propionibacterium acnesSenyawa antiradang dalam minyak pohon teh juga mampu mengurangi pembengkakan dan kemerahan akibat jerawat. 
Cara menghilangkan komedo secara alami menggunakan tea tree oil
Tea tree oil sering dijadikan cara alami menghilangkan komedo
Sebuah studi membuktikan produk perawatan kulit mengandung tea tree oil dapat mengurangi keparahan jenis jerawat taraf ringan hingga sedang. Bahkan, studi tersebut juga menemukan bahwa tea tree oil bekerja sama baiknya dengan obat jerawat mengandung yang benzoil peroksida sebanyak 5%.Anda bisa menggunakan minyak tea tree oil yang dilarutkan dengan minyak pelarut, seperti minyak zaitun atau minyak kelapa. Lalu, oleskan pada area kulit yang terdapat komedo, seperti pipi dan hidung. Anda juga dapat memilih produk perawatan yang mengandung tea tree oil sebagai pilihan cara menghilangkan komedo di hidung dan pipi yang lebih praktis. 

2. Lidah buaya

Selain tea tree oil, cara menghilangkan komedo dengan lidah buaya menarik untuk dicobaManfaat lidah buaya untuk jerawat ringan ini berasal dari kandungan antibakteri dan antiradang yang mampu mencegah atau mengurangi keparahan jerawat. Lidah buaya juga merupakan pelembap alami sehingga mampu melembapkan kulit. Penelitian pada Journal of Dermatological Treatment melibatkan peserta dengan jerawat ringan hingga taraf sedang menggunakan gel lidah buaya dan tretinoin topikal selama 8 minggu berturut-turut. Hasilnya, peserta yang menggunakan gel lidah buaya dilaporkan mengalami perbaikan secara signifikan pada jerawat ringan dan jerawat meradang dibandingkan penggunaan tretinoin topikal.Cara menghilangkan komedo dengan lidah buaya bisa dilakukan dengan mengambil gel melalui tanamannya secara langsung.Anda juga bisa mengoleskan produk gel Aloe vera atau krim yang mengandung lidah buaya pada area kulit yang terdapat komedo dan jerawat. 

3. Madu

Madu sebagai cara menghilangkan komedo secara alami
Madu bisa digunakan sebagai masker untuk komedo
Madu juga bisa menjadi pilihan cara menghilangkan komedo dengan bahan alami. Madu kaya akan antioksidan sehingga dapat membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat. Tak hanya itu, manfaat madu juga berasal dari kandungan antibakteri di dalamnya.Anda bisa mengoleskan sedikit madu pada area kulit sebagai masker untuk menghilangkan komedo menggunakan jari atau kapas bersih. 

4. Lemon

Cara menghilangkan komedo dengan bahan alami bisa pula menggunakan lemon. Lemon kaya akan vitamin C atau asam askorbat yang dapat melembapkan kulit. Efek melembapkan inilah yang disinyalir dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan mencegah penyumbatan pori-pori di kulit.Jika tertarik mencobanya, coba buat masker untuk menghilangkan komedo dengan cara mencampurkan 1 sendok teh perasan air lemon dan ½ sendok makan madu. Aduk merata sampai teksturnya kental menyerupai pasta masker. Oleskan masker komedo alami ini pada area kulit yang bermasalah. Diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas hingga bersih dengan air. Lakukanlah setiap hari untuk mendapat hasil yang maksimal.

5. Teh hijau

Tahukah Anda jika manfaat teh hijau dapat dijadikan pilihan cara alami menghilangkan komedo? Ya, teh hijau tinggi akan antioksidan polifenol bernama katekin. Umumnya, orang mengalami produksi sebum atau minyak alami berlebih pada pori-pori kulit cenderung tidak memiliki cukup antioksidan pada kulitnya. Padahal, fungsi antioksidan adalah untuk memecah senyawa kimia dan sisa limbah yang dapat merusak sel-sel kulit sehat. 
Teh hijau sebagai cara alami menghilangkan komedo dengan bahan alami
Seduh teh hijau dulu untuk mengoleskannya pada area kulit wajah
Selain itu, teh hijau dapat membantu membersihkan kotoran dan sisa-sisa make up yang mungkin menumpuk pada kulit. Teh hijau juga mengandung senyawa yang dapat membantu:
  • Mengurangi produksi sebum berlebih pada kulit
  • Mengurangi perkembangbiakan bakteri P.acnes
  • Mengurangi peradangan
Anda bisa memperoleh manfaat teh hijau ini dengan cara mengonsumsi tehnya atau menggunakan masker komedo alami dari seduhan teh hijau. Sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Investigative Dermatology membuktikan, penggunaan ekstrak teh hijau dapat mengurangi kondisi komedo putih sebanyak 79 persen, serta komedo hitam sebanyak 89 persen setelah penggunaan 8 minggu berturut-turut. Jika ingin praktis, Anda juga dapat menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung teh hijau. 

6. Minyak jojoba

Cara menghilangkan komedo dengan bahan alami lainnya adalah minyak jojoba. Minyak jojoba dapat mengurangi peradangan pada kulit, termasuk pembengkakan dan kemerahan akibat komedo dan jerawat. Anda bisa mencampurkan beberapa tetes minyak jojoba dengan gel atau krim pada area kulit yang terdapat komedo, atau langsung mengoleskannya ke kulit menggunakan kapas. 

7. Garam laut

Garam laut disebut dapat digunakan sebagai cara alami menghilangkan komedo. Garam dipercaya dapat membantu membersihkan pori-pori secara mendalam dan menyeimbangkan produksi minyak. Garam juga dapat menyingkirkan bakteri yang memicu timbulnya masalah kulit wajah, seperti komedo atau jerawat.Cara menghilangkan komedo dengan garam bisa dicampurkan dengan air perasan lemon dan madu. 

Cara menghilangkan komedo putih dan hitam yang ampuh

Jika cara menghilangkan komedo hitam dan putih tak kunjung membuahkan hasil, Anda bisa beralih menggunakan pengobatan dari dokter. Beberapa cara menghilangkan komedo dengan cepat yang ampuh saran dokter, yakni sebagai berikut.

1. Pakai obat jerawat asam salisilat

Gunakan salep jerawat sebagai cara menghilangkan komedo dengan cepat
Gunakan salep asam salisilat secara rutin 
Asam salisilat adalah senyawa aktif yang biasa Anda temukan dalam obat jerawat hingga sabun cuci muka. Senyawa ini umum digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan komedo dengan cepat dan ampuh. Asam salisilat dapat membantu melarutkan kotoran dan minyak yang menjadi penyebab komedo terbentuk. Selain itu, bahan aktif dalam sejumlah produk perawatan kulit wajah ini dapat membantu mengangkat tumpukan sel kulit mati.

2. Gunakan sabun cuci muka mengandung benzoil peroksida

Tak hanya asam salisilat, benzoil peroksida juga menjadi senyawa aktif lainnya yang sering dipakai sebagai cara menghilangkan komedo di hidung.Benzoil peroksida merupakan bahan aktif yang kerap ditemui dalam sejumlah salep jerawat tanpa resep dokter. Pasalnya, benzoil peroksida dapat membuka pori-pori kulit dan menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.Meski terbilang efektif, penggunaan benzoil peroksida dapat menimbulkan efek samping, seperti kulit kering. Maka dari itu, gunakan produk mengandung benzoil peroksida dengan kadar paling rendah untuk meminimalisir efek samping. 

3. Oleskan salep retinoid 

Retinoid merupakan turunan vitamin A yang kerap diresepkan dokter sebagai cara membersihkan pori sekaligus menghilangkan komedo yang ampuh. Retinoid bekerja dengan meregenerasi sel-sel kulit dan memperbaiki pertumbuhan kulit untuk mencegah kemunculan jerawat. Penggunaan retinoid pada area kulit terbukti mampu mengurangi jumlah komedo sekaligus mengurangi produksi minyak berlebih. Dengan begitu, tampilan kulit wajah bisa semakin sehat. 

4. Eksfoliasi kulit dengan AHA/BHA

Cara menghilangkan komedo di pipi juga perlu diiringi dengan langkah eksfoliasi kulitAnda bisa menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung asam hidroksi alpha atau asam hidroksi beta (AHA/BHA). Kedua kandungan tersebut mampu menghilangkan sel-sel kulit mati serta membersihkan pori-pori kulit agar produk skincare yang Anda gunakan dapat bekerja secara efektif. 
Gunakan AHA dan BHA untuk menghilangkan komedo
Produk AHA/BHA merupakan zat eksfoliator kulit
Glycolic acid dan lactic acid merupakan golongan AHA yang terbuat dari susu, buah, atau gula. Sedangkan, asam salisilat merupakan golongan BHAKendati demikian, penggunaan AHA dan BHA dapat membuat lapisan kulit tipis sehingga kulit akan rentan terpapar sinar UVA dan UVB. Untuk mengatasinya, selalu gunakan sunscreen atau tabir surya dengan minimal SPF 30 pada kulit wajah, terutama saat Anda keluar rumah.

5. Cuci muka secara rutin

Pastikan selalu rutin mencuci muka 2 kali sehari pada pagi dan malam hari menggunakan sabun muka sesuai jenis kulit. Jika Anda berkeringat seperti setelah berolahraga, cuci muka kembali untuk menghilangkan bakteri dan kotoran yang menempel. Akan tetapi, jangan mencuci muka terlalu seirng karena dapat membuat lapisan kulit menipis. Akibatnya, produksi minyak alami yang menjadi penyebab munculnya komedo semakin banyak. 

6. Prosedur perawatan kulit

Cara menghilangkan komedo dengan perawatan kulit
Chemical peeling berfungsi mengangkat sel kulit mati penyebab komedo
Bila Anda ingin menghilangkan komedo dengan bantuan dari ahli dermatologi, dokter mungkin akan merekomendasikan sejumlah prosedur perawatan kulit, seperti:
  • Mikrodermabrasi. Cara menghilangkan komedo ini dilakukan dengan kristal-kristal halus dan vakum khusus untuk mengangkat tumpukan sebum dan sel kulit mati pada folikel rambut. Dengan begitu, kulit akan lebih cerah, halus, dan warna kulit tampak merata
  • Chemical peeling. Prosedur yang dilakukan menggunakan larutan kimia khusus untuk mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. 
  • Terapi laser dan terapi cahaya. Prosedur menggunakan sinar dengan cahaya intens untuk mengurangi produksi minyak sekaligus membunuh bakteri. Sinar-sinar cahaya dan laser yang dipancarkan dapat menembus bagian bawah permukaan kulit tanpa merusak permukaan kulit.
  • Tindakan mengangkat komedo dengan alat khusus untuk mengeluarkan tumpukan sel-sel kulit mati dan sebum dari dalam folikel rambut.

Cara mencegah munculnya komedo

Setelah melakukan berbagai cara menghilangkan komedo membandel, Anda perlu melakukan berbagai tips mencegah munculnya masalah kulit ini kembali. Caranya dengan menjaga kebersihan kulit dan menerapkan perawatan kulit sebagai berikut. 
  • Hindari memencet atau memecahkan area kulit yang terdapat komedo atau jerawat. 
  • Jangan berlebihan menggunakan produk perawatan kulit untuk menghilangkan komedo.
  • Gunakan produk perawatan kulit dan kosmetik yang bebas minyak dan berlabel noncomodegenic atau tidak rentan menyumbat pori. 
  • Cuci muka secara rutin sebanyak 2 kali sehari. 
  • Gunakan masker clay secara rutin.
  • Makan makanan sehat dan bergizi.
Sebenarnya, cara menghilangkan komedo di wajah mudah dilakukan. Jika Anda bingung menentukan cara yang tepat, tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Dokter akan merekomendasikan produk hingga prosedur perawatan kulit yang sesuai dengan masalah kulit Anda. Dengan demikian, Anda dapat terhindar dari risiko efek samping yang mungkin terjadi. Anda pun bisa bertanya dengan dokter lebih lanjut mengenai cara menghilangkan komedo membandel lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, unduh aplikasi sekarang melalui App Store dan Google Play.
komedojerawatpengobatan jerawatkulit dan kecantikanmasalah kulitperawatan wajah
Healthline. https://www.healthline.com/health/blackheads
Diakses pada 30 September 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/comedonal-acne
Diakses pada 30 September 2021
Dermnet NZ. https://dermnetnz.org/topics/comedonal-acne
Diakses pada 30 September 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322455#home-remedies
Diakses pada 30 September 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-to-get-rid-of-blackheads-on-nose
Diakses pada 30 September 2021
Medical News Today. https://www.healthline.com/health/how-to-remove-blackheads-from-nose
Diakses pada 30 September 2021
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/comedonal-acne-15972
Diakses pada 30 September 2021
Dermatology and Therapy. https://link.springer.com/article/10.1007%2Fs13555-017-0185-2
Diakses pada 30 September 2021
Journal of Investigative Dermatology. https://www.jidonline.org/article/S0022-202X(15)36111-X/fulltext
Diakses pada 30 September 2021
Journal of Dermatological Treatment. https://www.dr-jetskeultee.nl/jetskeultee/download/common/aloe-vera.pdf
Diakses pada 30 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait