Komedo dapat dihilangkan dengan menggunakan cleansing, pembersihan manual, obat-obatan di apotek, atau mikrodermabrasi
Mikrodermabrasi adalah salah satu cara menghilangkan komedo

Munculnya bintik-bintik hitam pada wajah mungkin akan membuat sebagian orang kesal, terutama bagi mereka yang memerhatikan penampilannya.

Bintik-bintik hitam ini disebut sebagai komedo. Komedo adalah salah satu jenis jerawat yang berupa benjolan-benjolan kecil berwarna hitam dan muncul karena folikel-folikel rambut tersebut tertutup dengan sel-sel kulit mati dan minyak (sebum) yang dihasilkan oleh kulit.

Sebum dan sel kulit mati yang berada di permukaan kulit terpapar udara sehingga berubah warna menjadi hitam. Inilah yang disebut sebagai blackhead.

Orang-orang yang tidak nyaman dengan bintik-bintik hitam atau blackhead tersebut tentunya akan mencari cara menghilangkan komedo, tapi pertanyaannya adalah bagaimana?

Cara menghilangkan komedo dari wajah

Untuk mengusir komedo dari wajah, Anda tidak perlu bingung. Berikut adalah tujuh cara menghilangkan komedo yang bisa dicoba:

masker menghilangkan komedo

  • Penggunaan pembersih (cleansing)

Cara menghilangkan komedo cukup sederhana, Anda dapat menggunakan pembersih dengan scrub khusus yang dapat mengelupas kulit dengan lembut. Carilah pembersih yang tidak memiliki bau-bauan dan dapat membuat kulit Anda terlalu kering.

Khusus bagi yang memiliki kulit sensitif, Anda harus memerhatikan apakah pembersih yang akan dibeli dapat digunakan untuk kulit sensitif.

  • Pembersihan secara manual

Selain menggunakan obat-obatan, cara menghilangkan komedo dapat dilakukan dengan bantuan dermatologis atau ahli kulit profesional.

Mereka akan menggunakan alat khusus (round loop extractor) untuk mengeluarkan tumpukan sel-sel kulit mati dan sebum dari dalam folikel.

  • Obat-obatan di apotek

Cara menghilangkan komedo yang paling umum adalah menggunakan obat-obat jerawat dalam berbagai bentuk yang tersedia di apotek.

Obat jerawat yang umumnya dijual di apotek memiliki komposisi seperti, resorcinol, benzoil peroksida, dan asam salisilat. Ketiga bahan ini berfungsi untuk mengeringkan sisa-sisa minyak berlebih, mengelupas sel-sel kulit mati, dan membunuh bakteri.

obat jerawat

  • Obat-obatan khusus dari dokter

Jika obat-obatan di apotek tidak berfungsi untuk Anda, Anda tidak perlu panik dan berpikir bahwa tidak ada cara menghilangkan komedo. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan obat khusus yang diresepkan oleh dokter.

Biasanya obat dari dokter lebih keras daripada obat-obat jerawat di apotek. Dokter juga mungkin dapat memberikan Anda obat-obat yang mengandung vitamin A untuk mencegah penumpukan sel-sel kulit mati dan sebum di folikel dan meningkatkan pertumbuhan sel-sel kulit yang baru.

  • Mikrodermabrasi

Cara menghilangkan komedo yang satu ini meliputi penggunaan alat khusus yang memiliki permukaan yang kasar.

Alat yang digunakan dalam mikrodermabrasi berfungsi sebagai amplas yang akan mengamplas permukaan kulit wajah dan menghilangkan tumpukan-tumpukan pada folikel.

perawatan wajah di klinik

  • Terapi laser dan cahaya

Terapi laser dan cahaya dapat menjadi alternatif cara menghilangkan komedo. Cara ini meliputi penggunaan sinar-sinar dengan cahaya yang intens untuk mengurangi produksi minyak dan membunuh bakter.

Sinar-sinar cahaya dan laser yang dipancarkan dapat menembus bagian bawah permukaan kulit tanpa merusak permukaan kulit.

  • Pengelupasan secara kimia

Pengelupasan secara kimia menggunakan larutan kimia yang dapat menghilangkan tumpukan-tumpukan pada folikel dan menghilangkan sel-sel kulit mati.

Larutan kimia ini bekerja secara perlahan dan nantinya saat permukaan kulit telah mengelupas, maka kulit yang lebih mulus dan baru akan muncul.

Larutan kimia yang ringan dapat dibeli di apotek-apotek. Untuk larutan kimia yang lebih keras, Anda perlu berkonsultasi dengan dermatologis atau ahli kulit profesional lainnya.

Apa yang membuat seseorang lebih rentan mengalami komedo?

Semua orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda dan menerapkan gaya hidup, serta memiliki kondisi tubuh yang berbeda-beda pula. Hal-hal tersebut berkontribusi dalam kemungkinan untuk memiliki komedo. 

Berikut adalah beberapa faktor yang dapat mengakibatkan seseorang lebih cenderung untuk memiliki komedo:

  • Penumpukan bakteri Propionibacterium acnes di kulit
  • Produksi miyak pada kulit yang berlebih
  • Mengalami perubahan pada hormon dalam tubuh, seperti karena menstruasi, dan sebagainya
  • Adanya iritasi pada folikel rambut yang membuat kulit mati tidak mengelupas secara rutin
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti lithium, kortikosteroid, dan sebagainya

Selalu konsultasikan ke dokter

Sebelum memilih salah satu dari beberapa cara menghilangkan komedo di atas, ada baiknya jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dermatologis. Semoga cara menghilangkan komedo di atas dapat membantu menghilangkan bintik-bintik hitam pada wajah dan kembali mencerahkan hari Anda!

Healthline.
https://www.healthline.com/health/blackheads#treatment
Diakses pada 27 Maret 2019

Medical News Today
https://www.medicalnewstoday.com/articles/71615.php
Diakses pada 27 Maret 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed