Cara Menghilangkan Ketombe dengan Jeruk Nipis, Apakah Ampuh?

(0)
24 Oct 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis terbilang ampuh karena kandungan minyak atsirinyaCara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis ternyata terbukti ampuh
Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis ternyata bisa jadi pilihan selain menggunakan sampo antiketombe. Sebagai salah satu bahan alami, jeruk nipis untuk ketombe dinilai lebih alami, aman, dan terjangkau. Bagaimana cara menggunakannya?Ketombe adalah munculnya sisik berwarna putih dan terasa gatal di kulit kepala. Kondisi ini tidak menular, tapi sering kali menimbulkan ketidaknyamanan serta rasa malu pada penderitanya. Terlebih bila ketombe susah dihilangkan.Banyak hal dapat menjadi penyebab ketombe, termasuk penumpukan minyak akibat infeksi jamur Malassezia dan iritasi kulit kepala. Tidak jarang juga, ketombe muncul akibat Anda jarang keramas, memiliki kulit kering, sensitivitas terhadap produk perawatan rambut, maupun kondisi kesehatan lain, seperti psoriasis dan eksim.

Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis ini bisa dicoba

Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis diyakini efektif
Air perasan jeruk nipis mampu singkirkan ketombe membandel
Jika Anda sudah mencoba berbagai cara menghilangkan ketombe dengan sampo antiketombe, tetapi hasilnya belum terasa maksimal, tak ada salahnya mencoba cara menghilangkan ketombe secara alami ini. Cara menghilangkan ketombe dengan lemon dan jeruk nipis bisa digunakan secara langsung atau mencampurkannya dengan bahan alami lain. Berikut penjelasan selengkapnya. 

1. Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis secara langsung

Salah satu cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis adalah mengoleskannya secara langsung. Akan tetapi, manfaat air jeruk nipis di sini bukan sebagai pengganti sampo, melainkan sebagai perawatan sebelum keramas. Anda bisa memeras jeruk nipis lalu mengoleskan perasan airnya ke permukaan kulit kepala. Diamkan selama beberapa menit agar sari jeruk nipis dapat meresap ke dalam kulit dan folikel rambut.Bilas dengan air hangat sampai bersih. Keramas menggunakan sampo antiketombe formula sedang.Langkah ini bisa dilakukan selama beberapa minggu hingga ketombe membaik dan hilang sepenuhnya dari kulit kepala Anda.

2. Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis dan minyak kelapa

Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis dan minyak kelapa
MInyak kelapa berfungsi untuk melembapkan kulit kepala kering
Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis juga bisa dilakukan dengan mencampurkan bahan alami lainnya. Salah satunya adalah minyak kelapa. Minyak kelapa bermanfaat sebagai pelembap kulit kering. Caranya, hangatkan 4 sendok makan minyak kelapa dalam sebuah mangkuk di atas api kecil. Tambahkan 2 sendok makan air jeruk nipis segar ke dalamnya, aduk merata. Pijat kulit kepala dengan campuran tersebut. Diamkan selama 15 menit. Cuci rambut dengan sampo sampai bersih.

3. Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis dan minyak zaitun

Anda juga bisa menerapkan cara menghilangkan jeruk nipis dengan minyak zaitun. Caranya adalah campurkan 1 sendok makan air jeruk nipis dan 2 sendok makan minyak zaitun. Panaskan campuran tersebut dalam api kecil. Oleskan pada kulit kepala hingga helaian rambut. Pijat kulit kelapa dengan jari tangan dan biarkan meresap selama 30 menit. Bilas rambut dan kulit kepala dengan air dingin. 

4. Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis dan cuka apel

Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis dan cuka apel
Campurkan perasan air jeruk nipis dan cuka apel
Untuk menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis ini, Anda membutuhkan 1 sendok makan perasan air jeruk nipis dan 2 sendok makan cuka apel. Kemudian, campurkan kedua bahan di atas dalam sebuah mangkuk kecil. Oleskan pada permukaan kulit kepala dan helaian rambut secara merata. Diamkan selama 1,5 jam. Cuci rambut menggunakan sampo dan kondisioner sampai bersih. Anda juga dapat melakukan langkah ini sebagai masker rambut dengan mendiamkannya semalaman dan membilas rambut pada keesokan harinya. Lakukan langkah ini 3-4 kali dalam seminggu untuk mengatasi masalah ketombe sepenuhnya. 

5. Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis dan yogurt

Yogurt merupakan bahan alami yang bisa dikombinasikan sebagai cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis. Anda bisa membuat campuran dari kedua bahan alami ini lalu mengoleskannya pada kulit kepala dan helaian rambut secara merata. Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes madu secukupnya ke dalam campuran jeruk nipis dan yogurt untuk mencegah munculnya ketombe di kemudian hari. Diamkan selama 1,5 jam, lalu cuci rambut dengan air dan sampo sampai bersih. 

6. Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis dan garam

Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis dan garam
Garam berfungsi sebagai zat eksfoliasi alami
Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis dan garam ternyata juga bisa dilakukan. Ini karena garam merupakan zat eksfoliasi alami.Sifat ini yang dipercaya bisa mengelupas kerak ketombe dari kulit kepala. Fungsi garam juga sekaligus dapat membersihkan timbunan sel kulit mati di kulit kepala yang menyumbat pori-pori sehingga ketombe tidak akan datang lagi.Cara menggunakannya, peras jeruk nipis, lalu campur airnya dengan garam secukupnya.Oleskan ke kulit kepala sambil menggosok kulit kepala secara perlahan agar ketombe lekas rontok.Bilas rambut dengan air hangat hingga bersih. Cuci rambut dengan sampo antiketombe formula sedang.

Manfaat menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis 

Anda mungkin sudah tak asing lagi melihat beberapa merek sampo antiketombe yang mencantumkan ekstrak buah citrus di dalamnya, seperti lemon dan jeruk nipis. Hal ini bukan tanpa alasan karena buah golongan citrus dengan cita rasa asam dipercaya dapat mengusir ketombe membandel. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak jeruk nipis dianggap ampuh sebagai salah satu cara menghilangkan ketombe. Sebab, air perasan buah, kulit buah, dan daun jeruk nipis terbukti memiliki kemampuan menghambat perkembangan jamur penyebab ketombe, yakni Malassezia furfur.
Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis efektif berkat kandungan di dalamnya
Air perasan jeruk nipis mengandung minyak atsiri untuk usir ketombe
Ekstrak daun jeruk purut dan air perasan buah jeruk nipis juga memiliki potensi antiketombe yang paling kuat di antara bagian lain dari tumbuhan ini. Efek tersebut diduga berasal dari kandungan yang terdapat pada jeruk nipis, seperti senyawa terpenoid, fenolik, dan flavonoid yang mampu menghambat pertumbuhan jamur M. furfur.Selain itu, kandungan minyak atsiri di dalam jeruk nipis juga mampu menghambat perkembangan mikroba yang bisa mengakibatkan iritasi pada kulit kepala sehingga ketombe cepat sembuh. Sifat antimikroba juga dimiliki oleh senyawa fenolik dan flavonoid di dalam buah jeruk.Kendati demikian, penelitian lain juga mengungkap bahwa cara menghilangkan ketombe dengan lemon atau jeruk nipis masih kalah efektif dibanding penggunaan sampo atau obat ketombe yang mengandung ketoconazoleBahan aktif tersebut diketahui merupakan senyawa tunggal yang memang ampuh sebagai antifungi.

Cara menghilangkan ketombe paling ampuh

Selain cara menghilangkan ketombe dengan lemon dan jeruk nipis, masalah kulit kepala ini biasanya bisa diatasi menggunakan sampo antiketombe yang mengandung bahan aktif tertentu, seperti:
  • Ketoconazole: mengusir ketombe akibat infeksi jamur.
  • Selenium sulfida: mengurangi produksi minyak di kulit kepala.
  • Zinc pyrithione: menurunkan produktivitas ragi yang menyebabkan ketombe.
  • Tar: memiliki efek antijamur, tetapi bisa mengakibatkan kulit kepala lebih sensitif terhadap panas matahari.
  • Asam salisilat: membantu membersihkan sel kulit mati di kepala, tetapi memiliki efek samping kulit kepala menjadi kering.
Jika ketombe Anda disebabkan oleh penyakit seperti eksim atau psoriasis, konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui cara menghilangkan ketombe paling efektif.Apabila cara menghilangkan ketombe ini tidak kunjung memperbaiki kondisi Anda, hentikan penggunaannya dan beralihlah ke sampo antiketombe atau berkonsultasi dengan dokter kulit.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar cara menghilangkan ketombe, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
rambut rontokkesehatan kulit kepalakesehatan rambutketombe
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dandruff/symptoms-causes/syc-20353850
Diakses pada 12 Oktober 2020
Research Gate. https://www.researchgate.net/publication/336606069_Antidandruff_Activity_of_Extracts_From_Kaffir_Lime_Citrus_Hystrix_Dc_Prepared_By_Different_Solvents
Diakses pada 12 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/lemon-for-dandruff
Diakses pada 12 Oktober 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/152844
Diakses pada 12 Oktober 2020
Beauty Glimpse. https://www.beautyglimpse.com/7-ways-use-lime-juice-preventing-dandruff/
Diakses pada 21 Novemmber 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait