Cara menghilangkan ketombe dengan garam belum bisa dibuktikan secara ilmiah
Garam dipercaya bisa atasi ketombe

Mengusir ketombe memang tidak mudah, bahkan pemakaian sampo antiketombe kadang kala juga tidak menyelesaikan masalah. Tidak heran bila banyak orang yang mencari jalan lain, salah satunya dengan mencoba cara menghilangkan ketombe dengan garam.

Ketombe adalah salah satu masalah kulit kepala yang paling sering dialami oleh pria maupun wanita. Masalah ini ditandai dengan munculnya serpihan berwarna putih di kulit kepala, dan bisa mengelupas hingga jatuh ke bahu atau pundak Anda.

Para ahli kesehatan kulit dan kecantikan menyatakan cara paling efektif untuk menghilangkan ketombe adalah dengan menggunakan sampo antiketombe. Namun, banyak orang yang mengklaim cara alternatif lebih ampuh untuk mengatasi masalah ini, misalnya dengan menggunakan garam.

Efektifkah cara menghilangkan ketombe dengan garam?

Cara menghilangkan ketombe dengan garam dianggap sebagai solusi alternatif yang ampuh mengatasi masalah ketombe. Banyak alasan yang melatarbelakanginya, misalnya:

  • Garam bersifat eksfoliasi sehingga dipercaya bisa mengelupas kerak ketombe dari kulit kepala. Fungsi garam ini sekaligus dapat membersihkan timbunan sel kulit mati di kulit kepala yang menyumbat pori-pori sehingga ketombe tidak akan datang lagi.
  • Garam dapat menyerap minyak berlebih di kulit kepala yang kadang kala menjadi penyebab munculnya ketombe. Produksi minyak berlebih bisa menyumbat pori-pori dan membuat kulit kepala iritasi.
  • Garam juga digadang-gadang memiliki sifat antijamur sehingga dapat meminimalisir pertumbuhan jamur di kulit kepala. Ketika kulit kepala lembap, jamur akan tumbuh dan menyebabkan ketombe.

Cara menghilangkan ketombe dengan garam adalah dengan terlebih dahulu membasahi rambut Anda. Setelah itu, taburkan garam ke kulit kepala dan lakukan gerakan seperti pijatan hingga ketombe rontok.

Setelah itu, gunakan sampo dan bilas rambut seperti biasa. Selain digunakan sendiri, garam juga bisa dipadukan dengan bahan-bahan alami lain untuk meningkatkan efektivitasnya, seperti minyak zaitun.

Meski banyak orang mengklaim langkah ini bisa menghilangkan ketombe, belum ada penelitian yang dapat mengonfirmasi efektivitas garam dalam menghilangkan ketombe. Bahkan, tidak sedikit ahli kulit yang meragukan cara menghilangkan ketombe dengan garam ini adalah perbuatan yang sia-sia.

Cara menghilangkan ketombe yang telah teruji secara medis

Menghilangkan ketombe bukanlah langkah yang sulit, asalkan Anda mengetahui derajat keparahan masalah kulit kepala Anda ini, bila perlu dengan bantuan dokter. Jika Anda mengalami masalah ketombe yang ringan hingga sedang, gunakan sampo yang lembut untuk mengurangi produksi minyak dan penumpukan sel kulit mati.

Jika cara tersebut tidak efektif, Anda dapat menggunakan sampo yang memiliki bahan tertentu untuk mengatasi ketombe atau disebut medicated shampoo. Sampo antiketombe jenis ini biasanya mengandung zat sebagai berikut:

  • Pyrithione zinc: dapat membersihkan ketombe yang disebabkan oleh bakteri dan jamur.
  • Tar (batu bara): dapat memperlambat matinya sel kulit dan mencegah penumpukannya pada kulit kepala. Kekurangannya, sampo yang mengandung tar dapat membuat rambut berubah warna dan kulit kepala menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari.
  • Asam salisilat: membantu membersihkan sisik ketombe dari kulit kepala.
  • Selenium sulfida: memiliki sifat antijamur, tapi juga berpotensi membuat warna rambut berubah dan kulit kepala menjadi lebih sensitif.
  • Ketoconazole: membantu membunuh jamur yang menyebabkan ketombe. Sampo ini bisa dibeli dengan atau tanpa resep dokter.

Tidak jarang Anda membutuhkan kombinasi dari dua sampo dengan kandungan berbeda untuk mengusir ketombe dari kulit kepala. Perawatan dengan sampo antiketombe ini juga harus dilakukan berulang-ulang, dan tidak jarang membutuhkan waktu yang cukup lama sebelum mampu mengusir ketombe sepenuhnya.

Bila ketombe Anda tetap bandel setelah pemakaian sampo, konsultasikan masalah Anda pada dokter kulit.

AAD. https://www.aad.org/hair-scalp-care/treat-dandruff
Diakses pada 16 Januari 2020

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dandruff/diagnosis-treatment/drc-20353854
Diakses pada 16 Januari 2020

Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/how-to-treat-dandruff-with-salt/#gref
Diakses pada 16 Januari 2020

JPNN. https://www.jpnn.com/news/garam-ampuh-hilangkan-ketombe-mitos-atau-fakta
Diakses pada 16 Januari 2020

Artikel Terkait

Banner Telemed