Cara Menghilangkan Kesusupan yang Mudah Dilakukan dan Aman

0,0
16 Jun 2021|Aby Rachman
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cara menghilangkan kesusupan dapat dilakukan dengan bantuan alatSerpihan kayu bisa masuk ke dalam kulit dan menyebabkan kesusupan
Pernahkah Anda mengalami kesusupan atau kemasukan serpihan kayu di kulit kaki atau tangan? Meski umumnya tidak terlalu nyeri, kondisi dapat menimbulkan ketidaknyamanan pada penderitanya.Jika Anda menyadari adanya kesusuban atau kesusupan pada salah satu anggota tubuh, sebaiknya segera tangani masalah ini untuk mencegah timbulnya infeksi. Serpihan kayu yang jadi penyebab kesusupan dapat dikeluarkan dengan bantuan sejumlah alat, mulai dari pinset, lakban, hingga jarum.

Cara menghilangkan kesusupan yang bisa Anda lakukan

Sebelum mencoba beberapa cara menghilangkan kesusupan, pastikan Anda mencuci tangan dan bagian yang mengalami kesusuban dulu dengan sabun dan air mengalir untuk menghindari infeksi. Tindakan ini perlu dilakukan karena kesusuban merupakan luka terbuka.Setelah keduanya bersih dan kering, Anda bisa mengamati area yang terdampak dengan bantuan kaca pembesar untuk mengetahui lokasi, kedalaman, ukuran, dan arah kesusupan sebelum menentukan cara menghilangkan kesusupan yang paling sesuai.

1. Menggunakan pinset splinter

Pinset splinter (ujung kecil) dapat digunakan jika sebagian serpihan kayu yang jadi penyebab kesusupan masih berada di luar kulit Anda.Bersihkan pinset splinter terlebih dahulu dengan alkohol dan kapas, lalu gunakan pinset tersebut untuk menjepit dan mengeluarkan bagian serpihan kayu yang berada di luar kulit.Jangan menjepit serpihan kayu terlalu keras karena bisa membuatnya hancur menjadi serpihan-serpihan kecil yang lebih sulit dikeluarkan.

2. Menggunakan pinset splinter dan jarum

Ketika serpihan kayu sepenuhnya masuk ke dalam kulit dan tidak ada bagian yang bisa dijepit dengan pinset dari luar, Anda bisa menggunakan jarum untuk membantu mengeluarkannya.Berikut adalah cara menghilangkan kesusupan yang sepenuhnya masuk ke dalam kulit.
  • Bersihkan pinset dan jarum dengan kapas yang diberikan alkohol.
  • Tusuk area kulit yang mengalami kesusupan dengan jarum secara pelan-pelan hingga bagian serpihan kayu yang paling dekat dengan permukaan kulit bisa diakses.
  • Jepit dan keluarkan bagian kayu yang sudah bisa diakses dengan pinset splinter.

3. Menggunakan lakban

Cara menghilangkan kesusupan dengan lakban dapat dilakukan jika serpihan kayu yang menusuk di kulit berukuran kecil. Metode ini juga bisa mengatasi kesusuban yang disebabkan duri tanaman.
  • Pertama-tama, siapkan lakban yang bisa merekat dengan kuat.
  • Tempelkan lakban dengan lembut pada area yang mengalami kesusupan.
  • Bergeraklah secara perlahan supaya serpihan kayu atau duri bisa diangkat oleh lakban.
  • Setelah penyebab kesusupan sudah melekat, tarik lakban secara perlahan dari kulit Anda.
Ada kalanya serpihan kayu atau duri kecil penyebab kesusupan bisa keluar sendiri. Jika kesusupan ini tidak mengganggu Anda, menunggunya keluar sendiri bisa jadi perawatan terbaik.Jika kesusupan berhasil Anda keluarkan, bersihkan area bekas kesusupan dengan sabun dan air. Setelah itu, gunakan petroleum jelly dan balut dengan perban untuk mempercepat penyembuhan. Anda juga bisa menggunakan antiseptik untuk membersihkan kulit setelah kesusupan berhasil diatasi.

Kesusupan yang lebih parah sebaiknya diperiksakan ke dokter

Sebaiknya Anda mengunjungi dokter jika kesusupan yang Anda alami bentuknya besar, lokasinya dalam dan sulit diakses, atau berada di dalam atau di sekitar mata.Anda juga harus segera ke dokter jika luka kesusupan telah terinfeksi. Tanda-tanda infeksi pada luka kesusuban yang bisa Anda identifikasi, di antaranya:
  • Rasa sakit yang parah
  • Bengkak
  • Keluar nanah
  • Kemerahan atau berubah warna
  • Area kesusupan menjadi hangat ketika disentuh.
Jika ada perdarahan, sebaiknya balut luka kesusupan dengan perban. Cobalah untuk menghambat perdarahan dengan menekan perban di sekitar luka dan mengangkatnya lebih tinggi di atas jantung. Setelah itu, Anda bisa berkunjung ke rumah sakit terdekat.

Catatan dari SehatQ

Kesusupan merupakan bentuk cedera ringan yang bisa diatasi lewat perawatan rumahan. Sebelum melakukan cara menghilangkan kesusupan, bersihkan tangan Anda dan alat-alat yang akan digunakan terlebih dahulu untuk mencegah infeksi.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
penyembuhan lukainfeksi
AAD. https://www.aad.org/public/everyday-care/injured-skin/burns/remove-splinters
Diakses pada 6 Mei 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-remove-a-splinter
Diakses pada 6 Mei 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321876
Diakses pada 6 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait