9 Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah yang Bisa Dilakukan di Rumah

Menghilangkan kerutan di wajah bisa dilakukan dengan cara-cara berikut ini
Menghilangkan kerutan di wajah bisa dilakukan dengan cara-cara berikut ini

Kerutan dan keriput di wajah biasanya muncul seiring bertambahnya usia. Kulit perlahan kehilangan elastisitasnya sehingga lebih mudah kering dan memunculkan keriput. Akibatnya banyak wanita berlomba-lomba mencari cara menghilangkan kerutan di wajah.

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan di rumah untuk mencegah timbulnya kerutan baru di wajah Anda.

Menghilangkan kerutan di wajah tidak hanya dapat dilakukan dengan operasi, obat-obatan, ataupun perawatan wajah yang mahal. Anda dapat menghilangkan kerutan di wajah dengan bahan-bahan alami di sekitar Anda.

Cara menghilangkan kerutan di wajah

Tidak ada yang menyukai kemunculan kerutan di wajah, tidak hanya mengurangi kemulusan serta keindahan wajah, tetapi juga menampilkan efek yang memperlihatkan Anda menjadi lebih tua dari yang seharusnya.

Tidak perlu frustrasi, karena cara menghilangkan kerutan di wajah bisa dilakukan di rumah tanpa berkunjung ke klinik-klinik kecantikan yang menguras isi dompet.

1. Vitamin C dan Mineral

Vitamin C pada buah-buahan dan sayur-sayuran mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan produksi kolagen di kulit dan mencegah munculnya kerutan di wajah.

Sinar matahari merupakan salah satu penyebab kerutan. Mineral seperti zinc dan selenium dapat menjaga kulit dari kerusakan sinar matahari.

Zinc dapat dtemukan pada kacang-kacangan, keju, dan sebagainya. Sementara selenium dapat ditemukan pada biji bunga matahari, bayam, pisang, dan yogurt.

2. Makanan yang Kaya Nutrisi (Superfood)

Mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi dapat membantu menghilangkan kerutan di wajah. Anda dapat mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan yang dapat membuat wajah terlihat lebih muda dan cerah.

Beberapa superfood yang dapat dicoba adalah salmon, ubi, tomat, jahe, putih telur, kayu manis, alpukat, sardin, dan sebagainya.

3. Putih Telur

Sebenarnya, untuk menghilangkan kerutan di wajah lebih efektif jika yang digunakan adalah lapisan yang memisahkan putih telur dengan cangkang telur.

Lapisan tersebut dapat mengurangi kedalaman kerutan dan meningkatkan produksi kolagen yang membuat kulit lebih elastis serta mulus. Namun, Anda tidak disarankan untuk menggunakan ini jika memiliki alergi telur.

4. Pijat

Memijat-mijat wajah tidak hanya menghilangkan stres, tetapi juga dapat menghilangkan kerutan di wajah! Anda hanya perlu menekan kedua sisi wajah dengan jari-jari Anda dan menggerakkannya dalam pola lingkaran selama tiga sampai lima menit.

5. Probiotik

Probiotik dapat meningkatkan kesehatan kulit dan mengurangi kerutan di wajah. Anda dapat mengonsumsi probiotik dari yogurt, kimchi, kefir, kombucha, keju cottage, maupun dalam bentuk suplemen.

6. Lidah Buaya

Anda dapat menghilangkan kerutan di wajah hanya dengan mengoleskan lidah buaya pada kulit. Lidah buaya juga dapat melembabkan wajah dan meningkatkan produksi kolagen.

 

7. Minyak Zaitun

Mengganti mentega dengan minyak zaitun dapat mencegah munculnya kerutan di wajah dan meningkatkan produksi kolagen. Brokoli, tomat, dan kacang-kacangan juga memiliki kandungan yang serupa dengan minyak zaitun dan dapat mencegah kerutan.

8. Posisi Tidur

Posisi tidur terlentang dapat mengurangi kerutan di wajah yang diakibatkan oleh gesekan antara kulit dengan sarung bantal. Anda juga dapat menggunakan sarung bantal yang lembut untuk mengurangi kerutan pada wajah.

9. Masker Pisang

Tidak hanya untuk dikonsumsi, pisang memiliki kandungan minyak dan vitamin yang juga dapat dijadikan masker untuk meningkatkan kesehatan kulit.

Anda cukup menumbuk seperempat pisang sampai halus dan dapat dioleskan di wajah. Oleskan secara tipis pada wajah dan diamkan selama 15-20 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Apakah normal memiliki kerutan di wajah?

Kerutan di wajah adalah salah satu bagian dari penuaan dan merupakan hal yang normal terjadi secara perlahan, terutama pada bagian tubuh yang terpapar oleh sinar matahari, seperti leher, wajah, lengan bagian bawah, dan tangan.

Meskipun demikian, beberapa faktor dapat berperan dalam mempercepat kemunculan kerutan, seperti faktor genetik, intensitas dan frekuensi terpapar sinar matahari, serta terkena asap rokok dan polutan lainnya.

Daripada pusing memikirkan cara menghilangkan kerutan di wajah, Anda lebih baik memperhatikan cara mencegah kerutan di wajah. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghindari kemunculan kerutan adalah:

  • Menggunakan produk wajah yang mengandung sunscreen yang bisa menghalau sinar UVA dan UVB saat beraktivitas di luar ruangan
  • Menerapkan pola makan sehat
  • Tidak atau berhenti merokok
  • Melindungi kulit dari sinar matahari dengan menggunakan sunscreen, baju lengan panjang, kacamata hitam, dan topi saat beraktivitas di luar ruangan
  • Menggunakan pelembab

Cegahlah kerutan di wajah dan cobalah tips-tips cara menghilangkan kerutan di wajah yang telah disebutkan di atas, selamat mencoba! 

Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-wrinkles#Medical-treatment-
Diakses pada 15 April 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/wrinkles/symptoms-causes/syc-20354927
Diakses pada 15 April 2019

WebMD. https://www.webmd.com/beauty/features/23-ways-to-reduce-wrinkles#1
Diakses pada 15 April 2019 

Artikel Terkait

Banner Telemed