Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata Secara Alami Sampai Tindakan Medis


Kerutan dan garis halus, terutama di bawah mata, memang menjadi tanda penuaan kulit wajah karena kulit kehilangan elastisitasnya. Bagaimana cara menghilangkan kerutan di bawah mata?

(0)
27 Nov 2019|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara menghilangkan kerutan di bawah mata adalah dengan krim mataMengoleskan krim mata bisa membantu melembapkan kulit dan menyamarkan kerutan di bawah mata
Cara menghilangkan kerutan di bawah mata memang penting dilakukan agar tampak awet muda. Pasalnya, kulit akan kehilangan elastisitasnya seiring pertambahan usia. Akibatnya, risiko tanda-tanda penuaan, seperti kerutan wajah dan garis-garis halus, termasuk di area bawah mata, menjadi tak terhindarkan. Walau sebenarnya tak ada yang salah untuk membiarkan kerutan tersebut, ada beberapa cara mengatasi kerutan di bawah mata yang dapat dilakukan. Setidaknya cara ini dapat membantu menyamarkan garis-garis halus di bawah mata sehingga tampak awet muda. Apa saja pilihan caranya?

Cara menghilangkan kerutan di bawah mata secara alami

Penyebab kerutan di bawah mata bisa karena berbagai faktor. Selain faktor usia, penyebab kerutan di bawah mata dapat terjadi karena paparan sinar matahari, kebiasaan merokok, pergerakan wajah yang berulang, alergi, hingga konsumsi berlebihan terhadap makanan yang mengandung gula tinggi.Untuk mengatasinya, berikut beberapa cara menghilangkan kerutan di bawah mata secara alami.

1. Gunakan pelembap

Cara menghilangkan kerutan di bawah mata adalah dengan mengoleskan pelembap
Anda bisa menggunakan pelembap pada area bawah mata
Salah satu cara menghilangkan kerutan di bawah mata adalah dengan menggunakan pelembap secara rutin. Kulit yang kelembapannya tidak terjaga dapat meningkatkan risiko garis-garis halus pada area sekitar mata menjadi tampak nyata. Anda bisa menggunakan pelembap yang berfungsi meningkatkan sirkulasi darah sekaligus merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru. 

2. Pakai krim mata

Anda bisa mengoleskan krim mata pada malam hari sebagai cara menghilangkan garis halus di bawah mata. Pilihlah krim mata yang tidak rentan menyebabkan alergi (hypoallergenic) dan zat wewangian agar tidak mengakibatkan iritasi pada kulit bawah mata. Anda juga dapat memilih krim mata yang teksturnya ringan dan tidak berminyak. Adapun beberapa kandungan sebaiknya terdapat pada krim mata adalah retinol atau retinoid (turunan dari vitamin A), peptida, mengandung vitamin C, dan asam hialuronatSejumlah kandungan tersebut dapat merangsang regenerasi sel kulit, meningkatkan elastisitas kulit, menjaga kelembapan kulit, hingga merangsang produksi kolagen. 

3. Eksfoliasi kulit area mata dengan lembut

Cara menghilangkan kerutan di bawah mata bisa dilakukan dengan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Maka dari itu, Anda disarankan untuk mengeksfoliasi sel kulit mati di area bawah mata dengan lembut. Pastikan Anda hanya menggunakan produk perawatan kulit yang dirancang khusus untuk area bawah mata. Penting pula diingat untuk melakukan eksfoliasi secara lembut dan tidak menyentuh permukaan mata secara langsung. Pasalnya, area mata sangat sensitif terhadap paparan kandungan zat-zat kimia.

4. Oleskan minyak zaitun

Minyak zaitun bisa digunakan sebagai cara menghilangkan kerutan di bawah mata secara alami
Minyak zaitun mampu menjaga kelembapan kulit area bawah mata
Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan memang sangat melimpah. Hal ini karena kandungan minyak zaitun baik untuk kulit, seperti mengandung vitamin E dan K.Tak ayal jika beberapa orang banyak yang menggunakannya untuk melembapkan kulit dan sebagai cara menghilangkan kerutan di bawah mata. Walau belum ada riset medis yang membuktikan manfaat minyak zaitun untuk menghilangkan kerutan di bawah mata, mengoleskannya sedikit pada area sekitar mata dapat membantu menjaga kelembapan kulit, lho.Selain mengoleskan minyak zaitun langsung ke permukaan kulit bawah mata, Anda bisa menambahkan sejumput bubuk kunyit. Aduk merata sampai menjadi pasta kental. Lalu, oleskan pada permukaan kulit bawah mata. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air suam-suam kuku sampai bersih. 

5. Gunakan masker pepaya

Cara menghilangkan kerutan di bawah mata secara alami juga tak ada salahnya dilakukan. Anda dapat menghaluskan ¼ buah pepaya dan sedikit madu dalam sebuah mangkuk kecil. Aduk merata sampai menjadi pasta masker kental. Oleskan pada area bawa mata, diamkan sampai mengering. Kemudian, bilas wajah Anda dengan air suam-suam kuku. Buah pepaya mengandung vitamin A, C dan E yang berasal dari kandungan antioksidan di dalamnya untuk membantu menutrisi dan melembapkan kulit.

6. Gunakan topi dan kacamata hitam 

Cara menghilangkan kerutan di bawah mata adalah selalu menggunakan tabir surya dan alat pelindung mata
Tabir surya dan alat pelindung mata bisa melindungi area mata dari paparan sinar matahari
Jika harus beraktivitas di luar ruangan, Anda disarankan untuk mengenakan topi dan kacamata hitam. Penggunaan keduanya dapat mencegah Anda dari gerakan menyipitkan mata yang diakibat oleh paparan sinar matahari terlalu terik. Kebiasaan menyipitkan mata ini dapat memicu timbulnya lebih banyak kerutan di area bawah mata. Selain itu, penting pula untuk menggunakan sunscreen atau tabir surya pada area bawah mata sebelum beraktivitas di luar ruangan. 

7. Atasi alergi mata

Alergi dapat menjadi masalah pada mata, seperti menimbulkan peradangan dan mata berair. Apabila terkena alergi, Anda lebih berisiko untuk menggosok-gosok area mata sehingga membuatnya memerah dan area kulit di sekitarnya menjadi kering.Oleh karena itu, jika Anda merasa memiliki alergi pada mata, atau memiliki riwayat alergi, prioritaskan untuk mengatasinya terlebih dahulu. Mengatasi alergi dapat membantu wajah terlihat lebih rileks. Selain itu, kulit di bawah wajah pun lebih terlindungi.

8. Mengonsumsi makanan sehat

Cara alami untuk menghilangkan kerutan di bawah juga perlu dilakukan dari dalam. Ini berarti Anda perlu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Beberapa nutrisi dan zat gizi mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin E dapat membantu kulit tetap terawat sehingga tanda-tanda penuaan di area bawah mata dapat terhindarkan.Beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan kulit, yaitu ikan, alpukat, sayur brokoli, tomat, cokelat hitam, dan ragam buah-buahan.

9. Hindari stres

Cara mengatasi kerutan di bawah mata berikutnya adalah menghindari stres. Sebab, saat Anda stres, tubuh akan mengeluarkan hormon stres atau kortisol secara berlebihan pada aliran darah. Peningkatan produksi hormon kortisol dapat menyebabkan pemecahan sel-sel di kulit, tak terkecuali area di sekitar mata.

10. Atur posisi tidur

Mengatur posisi tidur juga menjadi cara mengatasi kerutan di bawah mata. Tidur dengan posisi miring atau tengkurap bisa meningkatkan risiko munculnya kerutan. Sebagai solusinya, Anda dapat tidur dalam posisi telentang sebagai cara menghilangkan kerutan di mata. 

11. Hindari merokok

Hindari merokok juga bisa dilakukan sebagai cara menghilangkan kerutan di bawah mata
Merokok dapat mempercepat proses penuaan dini terjadi
Cara menghilangkan kerutan di bawah mata lainnya adalah dengan menghindari rokok. Ini karena rokok dapat mempercepat proses penuaan dini dan memecah kolagen sehingga merusak elastisitas kulit. Akibatnya, keriput dan kerutan di bawah mata tidak dapat terhindarkan kemunculannya. 

Cara menghilangkan kerutan di mata dengan prosedur medis

Meski ada berbagai cara menghilangkan kerutan di bawah mata secara alami, nyatanya mungkin tak sedikit orang yang lebih memilih jalur instan untuk menghilangkan kerutan di bawah mata. Pasalnya, dalam beberapa kasus, cara mengatasi kerutan di mata melalui prosedur medis dapat membuahkan hasil yang lebih cepat dan sesuai yang diinginkan dibandingkan cara alami.Berikut adalah beberapa pilihan tindakan medis yang bertujuan untuk menghilangkan kerutan di bawah mata. 

1. Chemical peeling

Salah satu cara menghilangkan keriput di bawah mata melalui prosedur medis adalah chemical peelingWalaupun tidak dapat sepenuhnya untuk menghilangkan kerutan di bawah mata, chemical peeling adalah tindakan medis yang bertujuan membuang sel kulit mati dan meningkatkan regenerasi kulit sehingga lapisan kulit baru yang lebih halus dapat terbentuk. 

2. Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan keriput di bawah mata melalui prosedur medis. Mikrodermabarasi adalah prosedur kosmetik bersifat nonbedah yang bertujuan untuk memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan. Cara kerjanya, tindakan medis ini akan menghilangkan permukaan kulit yang terdapat kerutan sehingga terbentuk lapisan kulit baru yang lebih halus. 

3. Perawatan laser

Cara menghilangkan garis halus di bawah mata bisa pula dengan perawatan laser.Tindakan ini dilakukan dengan memberikan sinar laser pada area bawah mata. Penggunaan laser bertujuan untuk merangsang produksi elastin dan kolagen sehingga kulit baru yang tumbuh akan lebih kencang dan halus. Dengan demikian, kerutan dan garis-garis halus pada area bawah mata dapat tersamarkan. 

4. Microneedling

Microneedling adalah prosedur yang dilakukan menggunakan jarum suntik sangat kecil. Microneedling dapat merangsang produksi kolagen dan membuat kulit tampak lebih halus. Akan tetapi, metode perawatan ini perlu diulang beberapa kali agar hasilnya dapat terlihat maksimal. 

5. Filler

Cara menghilangkan kerutan di mata yang mungkin paling Anda kenal adalah filler. Filler adalah pengisian suatu zat tertentu ke dalam jaringan kulit dan jaringan di bawah kulit guna mengurangi kerutan dan memberi tampilan awet muda. Umumnya, mengurangi kerutan di bawah mata dengan filler dapat bertahan selama 6 bulan hingga maksimal 2 tahun. 

6. Suntik botox

Selain filler, suntik botox juga dapat dilakukan sebagai cara menghilangkan garis halus di bawah mata. Hasilnya pun dapat dilihat dalam kurun waktu seminggu dan dapat bertahan hingga beberapa bulan lamanya. 

Catatan dari SehatQ

Sebenarnya, tak ada yang salah dengan kemunculan kerutan dan garis-garis halus di bawah mata Anda. Pasalnya, kerutan dan garis-garis halus merupakan bagian dari proses penuaan yang normal terjadi. Jika kemunculan kerutan dan garis-garis halus di bawah mata cukup mengganggu penampilan, tak ada salahnya untuk menerapkan berbagai cara menghilangkan kerutan di bawah mata secara alami. Bila ingin mencoba cara menghilangkan kerutan di mata dengan tindakan medis, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu guna mengetahui pilihan prosedur yang tepat sesuai kondisi Anda. Masih ada pertanyaan seputar cara mengurangi kerutan di bawah mata? Yuk, tanyakan langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, unduh sekarang di App Store dan Google Play.
kulit sehatperawatan kulitkulit dan kecantikankulit keriput
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/12-foods-for-healthy-skin
Diakses pada 27 November 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/diy-eye-creams
Diakses pada 27 November 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/lines-under-eyes
Diakses pada 27 November 2019
Skin Kraft. https://skinkraft.com/blogs/articles/under-eye-wrinkles
Diakses pada 17 November 2020
Mind Body Green. https://www.mindbodygreen.com/articles/how-to-treat-and-prevent-under-eye-wrinkles
Diakses pada 17 November 2020
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/skin-and-beauty/ways-to-reduce-wrinkles.aspx
Diakses pada 17 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait