Cara Menghilangkan Kerutan dengan Bahan Alami agar Kulit Tampak Awet Muda

Ada 7 cara menghilangkan kerutan kulit yang efektif agar wajah Anda tampak cantik dan awet muda.
Memiliki kecantikan yang awet muda merupakan dambaan setiap orang.

Kerutan pada wajah sebenarnya adalah lipatan-lipatan di kulit. Seiring bertambahnya usia, protein kolagen dan elastin yang diproduksi kulit pun berkurang. Akibatnya, kulit menjadi lebih tipis dan rentan terhadap kerusakan. Cara menghilangkan kerutan secara alami pun semakin banyak dicari.

Paparan lingkungan, dehidrasi, serta racun, bisa memicu timbulnya lebih banyak kerutan pada wajah. Sebenarnya, munculnya kerutan merupakan hal alami yang terjadi, seiring bertambahnya usia. Namun jika Anda memang ingin mengurangi tanda-tanda penuaan pada wajah, ada langkah alami yang bisa menjadi pilihan.

1. Posisi tidur telentang

Ketika Anda tidur, usahakan untuk berbaring telentang sepanjang malam. Tidur miring bisa menyebabkan kerutan di area pipi dan dagu yang tidak akan memudar begitu Anda bangun. Sementara itu, jika Anda bangun telungkup, akan mudah muncul kerutan-kerutan di bagian alis yang sulit dihilangkan.

2. Memperbanyak konsumsi ikan salmon

Seperti diketahui, ikan salmon merupakan sumber protein yang luar biasa. Kandungan asam lemak omega 3 di dalamnya mampu menyehatkan kulit, membuat kulit tetap kenyal, dan membuat kulit senantiasa terlihat awet muda.

Mengonsumsi ikan salmon secara teratur adalah cara menghilangkan kerutan yang termudah. Kenapa? Pasalnya, kandungan antioksidan tingginya akan membantu dalam menangkal radikal bebas dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak menjadi baru dan lebih sehat.

3. Hindari menyipitkan mata atau mengernyitkan dahi

Ekspresi wajah tertentu yang terbiasa dilakukan berulang-ulang bisa berpotensi menyebabkan kerutan di wajah. Sebagai contoh, menyipitkan mata atau mengernyitkan dahi.

Ekspresi tersebut bisa membuat otot bekerja berlebihan dan menciptakan garis-garis halus di bawah permukaan kulit. Jika sudah muncul kerutan, akan sulit menghilangkan kerutan tersebut. Bila perlu Anda bisa menggunakan kacamata baca atau kacamata hitam (sunglasses) untuk melindungi kerusakan area kulit di sekitar mata.

4. Pakai krim AHA

Kandungan asam alami AHA dapat membantu menghilangkan kerutan secara alami. Berbagai masalah kulit seperti pori-pori kulit yang membesar, garis-garis halus, dan kerutan di sekitar mata dapat di atasi dengan produk yang mengandung AHA.

AHA akan menghasilkan zat kolagen di lapisan kulit yang membuat kulit kencang dan kenyal. Sebaiknya, penggunaan krim AHA juga diiringi sunscreen untuk menghindari paparan sinar UV A dan UV B matahari.

5. Jangan terlalu sering mencuci wajah

Membasuh wajah membuat kulit terasa lebih segar, bersih, dan terawat. Tapi ingat untuk tidak terlalu sering mencuci wajah karena bisa menghilangkan kelembapan dan kandungan minyak alami kulit.

Anda bisa memakai sabun wajah dengan formula yang ringan atau mengandung pelembap. Selain itu, cuci wajah dengan sabun maksimal 2 kali sehari, dan selebihnya tidak perlu memakai sabun (membasuh dengan air saja).

6. Oleskan krim vitamin C

Menurut sejumlah penelitian, krim dengan vitamin C dapat meningkatkan jumlah kolagen pada kulit. Vitamin C, melindungi terhadap kerusakan dari sinar UV A dan UV B.

Tak hanya itu, vitamin C juga memudarkan noda jerawat, kemerahan, dan warna kulit yang tidak merata. Untuk menghilangkan keriput, pilih jenis krim vitamin C yang mengandung asam L-askorbat.

7. Minum secangkir cokelat hitam

 

Alih-alih meminum kopi, cobalah untuk menikmati secangkir cokelat hitam tanpa gula. Studi menunjukkan cokelat memiliki 2 kali tingkat antioksidan (epicatechin dan catechin) yang tinggi. Zat ini akan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, menjaga kelembapan kulit dari dalam, dan menghilangkan kerutan sehingga kulit tampak lebih mulus.

8. Batasi konsumsi gula dan makanan berminyak

Gula yang ada dalam tubuh, mempercepat proses glikasi. Akibatnya, tubuh akan memproduksi protein yang disebut advanced glycation end products (AGE). Protein ini berdampak buruk, karena mampu memecah kolagen dalam tubuh. Sebagai efeknya, Anda akan terlihat lebih cepat tua. Begitu pula halnya ketika Anda mengonsumsi terlalu banyak makanan yang digoreng maupun dibakar. Oleh karena itu, mulai saat ini, batasilah konsumsi makanan manis maupun berminyak, agar wajah Anda tetap awet muda.

9. Hentikan kebiasaan merokok

Merokok tentu membawa berbagai dampak buruk bagi kesehatan. Namun sayangnya, belum banyak yang menyadari, bahwa kebiasaan merokok bisa memicu penuaan dini pada wajah. Sebuah penelitian membandingkan wajah-wajah dari 79 pasang orang kembar. Salah satu pasangnya merokok, dan lainnya tidak.

Hasilnya sangat terlihat. Mereka yang merokok, terlihat jauh lebih tua dibandingkan yang tidak. Selain itu, para perokok pasif pun bisa mengalami dampak buruknya. Oleh karena itu, hindarilah rokok, agar Anda tidak berisiko terhadap berbagai kanker maupun penyakit lainnya, serta kerutan pada wajah.

Nah, terbukti bahwa menghilangkan kerutan ternyata tidak sulit. Silakan mencoba tips menghilangkan kerutan di atas untuk merasakan manfaatnya.

WebMD. https://www.webmd.com/beauty/ss/slideshow-reducing-wrinkles
Diakses pada Oktober 2018

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-get-rid-of-wrinkles
Diakses pada 13 Agustus 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed