logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

12 Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Bisa Anda Lakukan

open-summary

Cara menghilangkan karang gigi dapat dilakukan dengan scaling, rutin menyikat gigi, menggunakan benang gigi, hingga mengonsumsi sayur dan buah.


close-summary

23 Agt 2022

| Dina Rahmawati

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Cara menghilangkan karang gigi dapat dilakukan dengan scaling

Cara menghilangkan karang gigi bisa dilakukan dengan scaling

Table of Content

  • Cara menghilangkan karang gigi
  • Seberapa sering kita harus membersihkan karang gigi di dokter?

Karang gigi adalah plak mengeras dan kecokelatan yang biasanya menempel di atas garis gusi. Masalah ini bisa merusak gigi Anda. Sebagai solusinya, terdapat sejumlah cara menghilangkan karang gigi yang bisa Anda lakukan.

Advertisement

Karang gigi disebabkan penumpukan plak akibat sisa-sisa karbohidrat dan gula dari makanan yang menumpuk di sela-sela gigi. Lama kelamaan, plak tersebut mengeras dan berkembang menjadi karang gigi.

Apabila terus dibiarkan, karang gigi bisa menyebabkan bau mulut yang tidak sedap, gigi yang lebih sensitif, gigi berlubang, radang gusi, hingga gigi tanggal alias ompong.

Cara menghilangkan karang gigi

Karang gigi tidak hanya mengganggu penampilan, melainkan juga kesehatan mulut Anda. 

Jangan khawatir, berikut adalah beberapa cara menghilangkan karang gigi yang bisa Anda lakukan.

1. Scaling gigi

Scaling gigi adalah cara membersihkan karang gigi yang paling umum dan direkomendasikan, khususnya untuk menangani karang gigi yang banyak dan membandel. 

Anda hanya dapat melakukan scaling dengan bantuan dokter gigi agar prosesnya aman dan tidak berisiko.

Proses scaling umumnya tidak menimbulkan rasa sakit yang berlebihan sehingga dokter tidak memberikan bius lokal selama melakukan cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras ini.

Selama proses scaling gigi, Anda akan diminta beberapa kali berkumur. Jangan kaget apabila air yang keluar dari mulut Anda disertai dengan sedikit darah dan serpihan-serpihan seperti karat ketika Anda buang.

Setelah pembersihan karang gigi selesai, dokter akan melakukan root planing. Prosedur ini bertujuan membersihkan akar gigi agar gusi bisa kembali menempel dengan sempurna pada akar gigi.

Di samping itu, dokter bisa saja membubuhkan obat tertentu ke dalam gusi seperti iodine apabila perdarahan yang terjadi cukup banyak. 

Pemberian obat tersebut bertujuan untuk membantu pemulihan supaya bisa berjalan dengan lebih cepat sekaligus mencegah infeksi pascaprosedur scaling.

Saat ini, dokter gigi menggunakan alat berjenis ultrasonic scaler untuk menghilangkan karang gigi di mulut sehingga prosesnya bisa lebih cepat dan mudah. 

2. Menyikat gigi secara rutin

wanita sikat gigi
Sikat gigi dua kali sehari untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut

Selain scaling gigi, Anda juga perlu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Sikatlah gigi Anda minimal dua kali sehari menggunakan sikat gigi berbulu halus dan pasta gigi yang mengandung fluoride

Pasta gigi untuk karang gigi yang mengandung fluoride dapat membantu memperbaiki kerusakan enamel gigi. Sebagian produk juga mengandung zat triclosan yang mampu melawan bakteri dalam plak. 

Dalam cara menghilangkan kerak gigi, Anda juga perlu menggunakan sikat gigi yang dapat menjangkau bagian yang sulit dijangkau di dalam mulut. 

3. Menggunakan benang gigi

Cara membersihkan karang gigi berikutnya adalah menggunakan benang gigi atau dental floss untuk membersihkan sela-sela gigi.

Benang gigi dapat membantu menghilangkan plak di antara gigi dan membersihkan karang gigi dari area yang sulit dijangkau. 

Anda dapat melakukan flossing sehari sekali setiap hari sebagai cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras secara alami.

4. Menggunakan obat kumur

Anda juga perlu menggunakan obat kumur sebagai cara merontokkan karang gigi.

Selain dengan benang gigi dan gosok gigi secara teratur, menggunakan obat kumur antiseptik atau mouthwash setiap hari dapat menyingkirkan bakteri penyebab plak. Mulut pun terasa lebih segar.

5. Memakai oral irrigator

Water flosser atau oral irrigator adalah alat yang dapat membantu menjangkau plak dari sela-sela gigi. 

Alat pembersih karang gigi ini menggunakan tekanan air untuk membersihkan sisa makanan atau plak yang tidak terjangkau benang gigi.

Menurut sebuah ulasan dalam Journal of Oral Implantology tahun 2016, menggunakan oral irrigator bersama dengan sikat gigi manual, 29 persen lebih efektif dalam menghilangkan plak gigi daripada menggunakan benang gigi dan sikat gigi manual.

Selain itu, suatu studi dalam The Journal of Clinical Dentistry tahun 2013 menemukan bahwa orang yang menggunakan water flosser dan sikat gigi manual mengalami pengurangan plak di seluruh mulut sebesar 74 persen.

6. Menggunakan baking soda

Cara menghilangkan karang gigi secara alami dapat dilakukan dengan menggunakan baking soda atau soda kue. 

Baking soda untuk karang gigi memiliki sifat antibakteri yang dapat mengikis plak tanpa merusak email gigi. 

Sejumlah penelitian mengenai cara menghilangkan karang gigi dengan baking soda, menunjukkan pasta gigi yang mengandung bahan ini mungkin lebih efektif dalam mengurangi jumlah plak daripada pasta gigi biasa.

7. Berkumur minyak kelapa

Jika Anda punya minyak kelapa di rumah, Anda bisa memanfaatkannya untuk mengurangi plak gigi. 

Sebab, kandungan antioksidan dan asam laurat di dalamnya dinilai mampu menghilangkan bakteri jahat dalam mulut.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa pada 60 orang remaja yang mengalami gingivitis (radang gusi), penggunaan minyak kelapa dapat menurunkan plak hingga 50 persen.

Cara menggunakan minyak ini cukup mudah. Masukkan satu sendok makan minyak kelapa hangat ke dalam mulut dan gunakan untuk berkumur selama 5-10 menit.

Setelah selesai berkumur, buanglah minyak kelapa dari dalam mulut. Namun, sebaiknya Anda jangan membuangnya ke wastafel karena bisa menyumbat pipa.

Bila minyak kelapa tak tersedia, Anda bisa menggunakan minyak zaitun, minyak almond, dan minyak wijen.

8. Konsumsi sayur dan buah

Sayur dan buah-buahan mampu menurunkan jumlah plak sekaligus mengontrol pembentukannya. 

Alasannya, bahan-bahan makanan ini membantu mulut untuk menghasilkan air liur, yang fungsinya membasmi bakteri dalam mulut.

Anda juga bisa meningkatkan produksi air liur dengan mengunyah permen karet. Air liur yang dihasilkan saat makan permen karet dapat menyingkirkan bakteri dari gigi Anda.

9. Menggunakan whitening strip

Whitening strip adalah lembaran plastik yang mengandung hidrogen peroksida atau bahan aktif lainnya. Alat pemutih gigi ini juga disebut-sebut bermanfaat untuk mengurangi plak gigi.

Menurut penelitian tertentu, orang yang menggunakan whitening strip setiap hari selama tiga bulan dapat mengurangi risiko karang gigi sebanyak 29 persen jika dibandingkan dengan orang yang hanya menyikat gigi secara rutin.

Namun, cara membersihkan karang gigi menggunakan whitening strip tetap perlu diperhatikan dengan saksama. Pasalnya, cara pakai yang tidak tepat malah bisa merusak gigi.

10. Periksakan kesehatan gigi dan mulut secara rutin

periksa ke dokter gigi
Periksa ke dokter gigi setiap enam bulan sekali

Pemeriksaan gigi dan mulut sangat penting untuk mencegah sekaligus menangani plak dan karang gigi.

Anda dianjurkan untuk memeriksakan gigi ke dokter gigi setidaknya tiap enam bulan sekali. 

Jika Anda mengalami masalah gigi dan gusi, cobalah untuk lebih sering memeriksakan diri karena Anda memiliki risiko plak dan karang gigi yang lebih tinggi.

 11. Jangan merokok

Cara menghilangkan karang gigi selanjutnya adalah jangan merokok atau berhenti merokok. 

Dilansir dari Web MD, orang-orang yang merokok atau menggunakan produk tembakau lainnya lebih berisiko memiliki karang gigi.

12. Memakai sikat gigi elektrik

Menggunakan sikat gigi elektrik dipercaya sebagai cara menghilangkan plak gigi yang lebih efektif dibandingkan menggunakan sikat gigi manual. 

Sebelum mencoba sikat gigi elektrik, mintalah rekomendasi produk terbaik ke dokter gigi. Hal ini dilakukan demi keamanan gigi dan mulut Anda saat menggunakannya.

Baca Juga

  • Pilihan Pasta Gigi yang Aman untuk Anak
  • Tetap Nikmat dan Bernutrisi, Makanan untuk Sakit Gigi Ini Bisa Anda Konsumsi
  • Yang Harus Dilakukan agar Warna Gigi Putih

Seberapa sering kita harus membersihkan karang gigi di dokter?

Agar gigi tetap sehat, sebaiknya Anda membersihkan karang gigi setidaknya dua kali setahun. Tindakan scaling tidak akan merusak gigi Anda meskipun dilakukan secara rutin.

Menjaga kesehatan gigi dan mulut tidak cukup hanya dengan menggosok gigi. Anda perlu mengontrol kondisi mulut secara rutin ke dokter gigi agar lebih terjamin. 

Selain itu, rajin minum air putih dan berkumur setelah mengonsumsi makanan yang manis dan lengket, dapat membantu mencegah menumpuknya plak penyebab karang gigi.

Jika plak sudah terbentuk, Anda butuh scaling sebagai cara membersihkan karang gigi yang sudah mengeras. 

Prosedur ini hanya bisa dilakukan dokter gigi sehingga pilihlah klinik gigi yang kualitasnya terjamin.

Baca Juga: Penyebab Gigi Tonggos dan Cara Mengatasinya

Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar cara menghilangkan karang gigi yang sudah menebal, tanyakan langsung dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

kesehatan gigigigi berlubangkarang gigi

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved