Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami dan Permanen


Cara menghilangkan kantung mata dengan cepat mungkin diperlukan oleh beberapa orang yang mengalaminya. Cara alami menghilangkan kantung mata bisa dengan kompres dingin, perbaiki pola tidur, dan hapus make up.

0,0
17 Jun 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Kemunculan kantung mata memang tidak membahayakan, tetapi dapat mengganggu penampilanCara menghilangkan kantung mata dapat menggunakan bahan alami
Kantung mata hitam bisa membuat tampilan wajah jadi kusam dan tampak lebih tua. Maka dari itu, banyak orang yang mengalami kondisi ini, mencari cara menghilangkan kantung mata agar wajah kembali segar dan Anda merasa percaya diri. 
Lantas, bagaimana cara menghilangkan kantung mata hitam dengan cepat? Simak uraian selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Penyebab kantung mata muncul

Kantung mata dapat terjadi seiring bertambahnya usia. Hal ini akibat struktur dan jaringan otot yang menyangga kelopak mata menjadi melemah. Alhasil, kulit area bawah mata mulai melorot, lalu lemak yang biasanya terdapat pada area sekitar mata bisa bergerak ke bawah mata.Belum lagi, cairan yang menumpuk di ruang bawah mata dapat memperparah pembengkakan kantung mata. Selain penuaan, penyebab kantung mata muncul bisa karena berbagai hal, seperti:
  • Kurang tidur
  • Genetik
  • Alergi
  • Kelelahan kronis
  • Stres
  • Masalah pigmentasi
  • Paparan sinar matahari
  • Menangis
  • Retensi cairan
  • Dehidrasi 
  • Terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi garam
  • Merokok
Munculnya kantung mata sebenarnya jarang merupakan tanda kondisi medis yang serius. Kondisi ini seringkali berkaitan dengan masalah penampilan saja sehingga bisa membuat Anda merasa kelelahan dan penampilan jadi lebih tua. Namun, terdapat berbagai cara menghilangkan kantung mata secara alami dan permanen yang bisa dilakukan.

Cara menghilangkan kantung mata secara alami

Cara alami menghilangkan kantung mata terasa menarik dilakukan karena mudah dilakukan di rumah dan biasanya minim risiko. Adapun berbagai cara menghilangkan kantung mata secara alami yang bisa Anda lakukan, yakni:

1. Kantung teh

Cara menghilangkan kantung mata secara alami dengan kantung teh
Bekas kantong teh hijau bisa digunakan untuk kompres area mata
Salah satu cara menghilangkan kantung mata secara alami yang cukup populer adalah menggunakan kantung teh. Kandungan kafein dalam teh mengandung antioksidan yang dapat mengurangi pembengkakan sekaligus meningkatkan sirkulasi darah pada kulit area bawah mata. Terlebih, bila Anda menggunakan teh hijau, yang terbukti dalam Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research bahwa manfaat teh hijau untuk kulit berpotensi sebagai efek antiradang. Caranya, seduh 2 kantong teh selama 3-5 menit. Kemudian, simpan kantung teh dalam lemari es selama 20 menit. Jika sudah, letakkan kantung teh pada area bawah mata. Diamkan kantung teh ini selama 15-30 menit. 

2. Lidah buaya

Cara menghilangkan kantung mata dengan lidah buaya juga bisa Anda coba di rumah. Manfaat lidah buaya untuk kulit berasal dari kandungan vitamin dan antioksidan penting yang mampu mengurang kantung bawah mata. Anda bisa menggunakan gel lidah buaya dari tanamannya secara langsung atau melalui produk gel lidah buaya yang ada di pasaran. Namun, pastikan kandungan gel lidah buayanya murni sebesar 100%, ya.Cukup oleskan gel lidah buaya pada area kantung mata secara perlahan. Diamkan mengering selama 8-10 menit agar menyerap ke dalam kulit. Bilas dengan air dingin apabila sudah selesai. Ulangi 2 kali sehari agar kantung mata bisa segera hilang.

3. Putih telur

Putih telur disebut sebagai cara menghilangkan kantong mata alami
Pisahkan putih telur, kocok, lalu oleskan pada area kantung mata
Cara menghilangkan kantung mata secara alami dengan putih telur menarik untuk dicoba. Manfaat putih telur untuk wajah dapat mengencangkan kulit sekaligus menghilangkan kerutan dan kantung mata. Cara menggunakannya, pisahkan putih dan kuning telur ke dalam sebuah mangkuk berbeda terlebih dahulu. Kemudian, kocok putih telur, lalu oleskan pada area kantung mata menggunakan kuas bersih. Diamkan sampai mengering selama 15 menit. Bilas area mata sampai bersih menggunakan air hangat. Lakukan tiap sekali sehari untuk memperoleh hasil secara maksimal. 

4. Minyak kelapa

Manfaat minyak kelapa bisa digunakan sebagai cara alami menghilangkan kantung mata. Kandungan asam laurat yang terdapat dalam minyak kelapa memiliki sifat antiradang. Anda bisa memijat minyak kelapa pada area kulit mata menggunakan jari tangan yang sudah bersih. Gerakkan searah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam secara bergantian selama beberapa menit. Diamkan selama semalaman, lalu bilas keesokan harinya. Lakukan setiap malam sebelum tidur.

5. Kompres dingin

Coba kompres mentimun dingin sebagai cara menghilangkan kantung mata
Gunakan irisan timun dingin pada area mata
Cara menghilangkan kantung mata secara alami bisa pula menggunakan kompres dingin. Langkah ini diyakini dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan dengan mengurangi aliran darah. Ada berbagai jenis kompres dingin yang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi kantung mata, seperti kompres es, irisan timun dingin, atau sendok dingin. Kemudian, letakkan salah satu kompres dingin tersebut pada mata yang tertutup. Diamkan selama beberapa menit. 

6. Hapus make up sebelum tidur

Tips perawatan kulit wajah yang tepat dapat membantu Anda terhindar dari masalah kantung mata. Salah satunya dengan menghapus make up sebelum tidur. Pasalnya, tidur menggunakan make up, dapat berisiko meningkatkan iritasi kulit, reaksi alergi, serta infeksi yang menyebabkan kemerahan, mata panda, hingga kantung mata. Tidak sampai di situ, tidur menggunakan make up membuat kulit terpapar radikal bebas yang berpotensi menyebabkan stres oksidatif sehingga muncul tanda-tanda penuaan dini.

7. Perbaiki pola tidur

Tidur sebagai cara menghilangkan kantung mata
Coba tidur selama 7-9 jam tiap malam agar wajah tidak kusam
Seperti yang sudah disebutkan bahwa penyebab kantung mata dapat muncul apabila Anda kurang tidur atau kelelahan. Maka dari itu, penting untuk selalu mencukupi waktu tidur selama 7-9 jam setiap malamnya. Selain tidur yang cukup, posisi tidur juga dapat membantu mengatasi kantong mata yang Anda alami. Jadi, cobalah tidur dengan posisi kepala lebih tinggi atau sedikit terangkat. Anda dapat menggunakan bantal tambahan untuk menopang kepala agar mencegah penumpukan cairan di sekitar mata saat tidur. 

8. Cukupi kebutuhan air dalam tubuh

Berat badan Anda terbentuk dari air sebanyak 60%. Tak heran apabila dehidrasi bisa menyebabkan kantung di bawah mata. Oleh karena itu, meningkatkan asupan air bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan kantung mata hitam secara alami. Beberapa ahli merekomendasikan minum air putih sekitar 6-8 gelas air. Jika bosan, Anda bisa sesekali mengganti dengan infused water atau teh herbal tanpa kafein. 

9. Kurangi asupan garam

Terlalu banyak makan makanan tinggi garam juga menjadi penyebab kantung mata muncul. Sebab, garam berkontribusi terhadap retensi cairan tubuh sehingga menimbulkan pembengkakan, termasuk di kulit sekitar mata. Oleh karena itu, upayakan untuk mengurangi asupan garam dengan menghindari makan makanan olahan dan kemasan. Sebagai gantinya, perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran segar.

10. Batasi konsumsi alkohol

Batasi konsumsi alkohol sebagai cara menghilangkan kantung mata
Minuman beralkohol bisa menyebabkan dehidrasi
Konsumsi alkohol berlebihan dapat menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi merupakan salah satu penyebab kantung mata hitam muncul. Jadi, alangkah baiknya Anda membatasi atau menghentikan kebiasaan konsumsi alkohol demi penampilan kulit yang lebih sehat.

11. Makan makanan mengandung zat besi

Tubuh yang kekurangan zat besi dapat menyebabkan munculnya kantung mata dan kondisi kulit yang pucat. Maka, Anda disarankan untuk memperbanyak makanan mengandung zat besi, seperti daging merah, daging unggas, hidangan laut, kacang-kacangan, hingga sayuran hijau.Apabila kekurangan zat besi dirasa cukup parah, segera konsultasikan dengan dokter. Dokter mungkin akan meresepkan suplemen kesehatan yang mengandung zat besi. 

12. Makanan kaya akan kolagen

Seiring bertambahnya usia, otot dan jaringan pada area mata semakin melemah sehingga menyebabkan kulit semakin kendur. Nah, mengonsumsi makanan mengandung vitamin C dan asam amino dapat membantu memperbanyak produksi kolagen dengan cara meningkatkan kadar hyaluronic acid pada kulit sehingga kulit menjadi lebih sehat. Beberapa jenis makanan mengandung vitamin C yang bisa dikonsumsi adalah jeruk, paprika merah, kale, brokoli, jambu biji, stroberi, dan lainnya. 

13. Tidak merokok

Cara menghilangkan kantung mata dengan cepat adalah tidak merokok
Kebiasaan merokok bisa merusak kolagen sehat pada kulit
Kebiasaan merokok tentu berdampak pada kesehatan kulit Anda. Pasalnya, merokok dapat mengurangi cadangan vitamin C dalam tubuh yang menjadi vitamin penting untuk kolagen sehat pada kulit. Alhasil, kerutan, perubahan warna kulit, lingkaran hitam di sekitar mata, hingga kantung mata bisa muncul.Berhenti merokok bisa jadi cara menghilangkan kantung mata secara alami karena dapat mencegah kantung mata sekaligus risiko masalah kesehatan lain, seperti diabetes, jantung, dan beberapa jenis kanker. 

Cara menghilangkan kantung mata dengan cepat melalui perawatan kulit

Meski ada berbagai cara alami menghilangkan kantung mata, nyatanya mungkin tak sedikit orang yang lebih memilih jalur instan sebagai cara menghilangkan kantung mata hitam. Sebab, dalam beberapa kasus, cara menghilangkan kantung mata dengan cepat melalui perawatan kulit atau tindakan medis tertentu lebih disarankan dokter dan bisa membuahkan hasil lebih cepat sesuai yang diinginkan.Beberapa di antaranya mungkin membutuhkan konsultasi dengan dokter spesialis kulit terlebih dahulu untuk mendapatkan rekomendasi tindakan medis yang tepat dalam menghilangkan kantung mata hitam.Berikut adalah berbagai cara menghilangkan kantung mata dengan cepat melalui perawatan kulit: 

1. Oleskan pelembap

Salah satu cara menghilangkan kantung mata dengan cepat adalah senantiasa menjaga kelembapan kulit. Oleh sebab itu, Anda memerlukan penggunaan pelembap yang lkandungannya lembut pada area mata. Selain berfungsi untuk melembapkan lapisan kulit, pelembap juga dapat mencegah iritasi dan alergi pada kulit. Tak ada salahnya menggunakan pelembap mengandung SPF agar kulit tetap sehat dengan memberikan perlindungan maksimal dari paparan sinar matahari. 

2. Gunakan sunscreen atau tabir surya

Cara menghilangkan kantung mata dengan cepat bisa dengan pakai sunscreen
Oleskan tabir surya dengan SPF 30 sebelum beraktivitas di luar rumah
Cara merawat kulit wajah dengan menggunakan sunscreen atau tabir surya ternyata bisa jadi cara untuk menghilangkan kantung mata. Pastikan Anda menggunakan tabir surya dengan minimal SPF 30. Oleskan tabir surya ke kulit 15-20 menit sebelum keluar rumah pada pagi dan siang haris. Lalu, ulangi setiap 2 jam atau lebih sering, terutama jika Anda berkeringat atau berenang. American Academy of Dermatology juga menyarankan agar memakai sunscreen berlabel broad spectrum agar melindungi paparan sinar ultraviolet (UV) A dan B.Penggunaan tabir surya tidak hanya mengatasi kantung mata hitam, melainkan juga mencegah timbulnya masalah kulit, seperti penuaan dini hingga risiko kanker kulit

3. Pakai krim retinol

Krim retinol atau senyawa turunan vitamin A berfungsi pula sebagai cara untuk menghilangkan kantung mata. Fungsi retinol bekerja dengan meningkatkan kolagen pada kulit yang hilang. Anda bisa menemukan krim retinol dengan kadar yang lebih rendah secara bebas di pasaran. Konsultasikan dengan dokter kulit bila Anda membutuhkan kandungan retinol yang kadarnya lebih tinggi.Oleskan krim mengandung retinol satu kali sehari, tepatnya satu setengah jam setelah mencuci muka di malam hari. Bagi Anda yang sedang hamil, sebaiknya tidak menggunakan krim retinol untuk mencegah kantung mata. 

4. Gunakan krim pencerah kulit

Krim wajah bisa jadi cara menghilangkan kantung mata
Krim pencerah wajah bisa atasi kantung mata karena hiperpigmentasi
Penggunaan krim pencerah, seperti hidrokuinon dan vitamin C, dapat membantu menghilangkan hitam di bawah mata akibat hiperpigmentasi atau meningkatnya zat melanin pada kulit. Pastikan Anda menggunakannya pada malam hari karena krim pencerah kulit biasanya bisa membuat kulit lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari. 

5. Dermal filler

Beberapa perawatan kecantikan bisa jadi cara menghilangkan kantung mata dengan cepat. Salah satunya adalah dermal fillerFiller dapat membantu mengatasi cekungan atau kerutan pada area bawah mata yang menyebabkan timbulnya kantung mata. Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan langkah ini.

6. Laser resurfacing

Cara untuk menghilangkan kantung mata dan lingkaran hitam di sekitarnya bisa pula dengan tindakan laser resurfacingGuna mendapatkan hasil yang maksimal, prosedur ini perlu dilakukan selama beberapa kali. Selain menghilangkan kantung mata, laser resurfacing berfungsi untuk mengencangkan dan memperbaiki tekstur kulit. 

7. Suntik botox

Selain filler, suntik botox juga dapat dilakukan sebagai cara menghilangkan kantung mata dengan cepat.Hasilnya pun dapat dilihat dalam kurun waktu seminggu dan dapat bertahan hingga beberapa bulan lamanya.

8. Microneedling

Microneedling adalah prosedur yang dilakukan menggunakan jarum suntik sangat kecil. Microneedling dapat digunakan untuk mengurangi keriput, mengatasi pigmentasi, hingga menghilangkan kantung mata dan lingkaran bawah mata, dengan cara merangsang produksi kolagen dan membuat kulit tampak lebih halus. Akan tetapi, metode perawatan ini perlu diulang beberapa kali, misalnya 6 sesi dengan jarak 1 bulan atau lebih, agar hasilnya dapat terlihat maksimal. 

9. Operasi kelopak mata

Apabila berbagai cara menghilangkan kantung mata dengan cepat di atas tidak kunjung berhasil, atau justru kantung mata menjadi semakin parah, Anda mungkin dapat mempertimbangkan untuk melakukan operasi kelopak mata atau blepharoplasty. Blepharoplasty dapat memperbaiki pembengkakan pada keloak mata serta membuang kelebihan kulit kelopak mata bagian atas dan bawah.Meski demikian, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum memutuskan melakukan prosedur ini. 

10. Obat antihistamin

Penyebab kantung mata hitam dapat disebabkan oleh alergi. Kondisi ini bisa membuat kulit area mata kemerahan, mata gatal, dan mata berair. Reaksi tersebut bisa muncul akibat sistem imun tubuh yang merespons terhadap paparan zat alergen, seperti produk kosmetik, perawatan kulit, dan lainnya. Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi obat alergi, antihistamin, untuk meredakan gejala alergi yang muncul. 

Catatan dari SehatQ

Kemunculan kantung mata memang tidak membahayakan, tetapi dapat mengganggu penampilan. Anda bisa menghilangkannya dengan melakukan berbagai cara menghilangkan hitam di bawah mata secara alami.Bila ingin mencoba cara menghilangkan kantung mata dengan cepat melalui perawatan atau tindakan medis tertentu, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu guna mengetahui pilihan perawatan atau prosedur yang tepat sesuai kondisi Anda.Masih punya pertanyaan seputar cara untuk menghilangkan kantung mata? Coba tanyakan dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, unduh sekarang melalui App Store dan Google Play.
kantung matamata pandakulit dan kecantikan
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-get-rid-of-bags-under-eyes#cold-compress
Diakses pada 27 September 2019
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bags-under-eyes/symptoms-causes/syc-20369927
Diakses pada 27 September 2019
Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/home-remedies-to-treat-eye-bags/#gref
Diakses pada 27 September 2019
Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/how-to-get-rid-of-bags-under-your-eyes/
Diakses pada 16 Juni 2021
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/everyday-care/sun-protection/sunscreen-patients/sunscreen-faqs
Diakses pada 16 Juni 2021
Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research. https://www.japtr.org/article.asp?issn=2231-4040;year=2012;volume=3;issue=2;spage=136;epage=138;aulast=Chatterjee
Diakses pada 16 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait