Cara Menghilangkan Kaligata Secara Permanen Agar Bebas Gatal dan Ruam

(0)
Cara menghilangkan kaligata secara permanen adalah dengan konsumsi obat-obatanKaligata biasanya berupa bentol-bentol berukuran besar warna merah
Kaligata adalah bentol-bentol di kulit yang disertai ruam kemerahan dan rasa gatal. Umumnya kaligata atau dikenal dengan biduran muncul akibat reaksi alergi. Penyebab kaligata pun beragam, mulai dari perubahan suhu, obat-obatan, makanan, infeksi, hingga sengatan serangga.Meski dapat hilang dengan sendirinya, kaligata bisa saja muncul kembali. Lantas, bagaimana cara menghilangkan kaligata secara permanen?

Bagaimana cara menghilangkan kaligata secara permanen?

Kaligata bisa muncul ketika tubuh bereaksi terhadap alergen (pemicu alergi) dan melepas histamin dari bawah permukaan kulit.Keberadaan histamin menyebabkan peradangan dan penumpukan cairan di bawah kulit. Inilah yang menyebabkan timbulnya bentol-bentol berukuran besar warna merah yang disebut dengan kaligata atau biduran.Kaligata biasanya menimbulkan rasa gatal, bahkan sensasi rasa terbakar atau perih. Kaligata dapat muncul di bagian tubuh mana saja, termasuk wajah, bibir, telinga, tangan, hingga kaki. Ukurannya pun mulai dari yang kecil-kecil hingga menjadi area yang besar.Ada beberapa jenis obat-obatan yang dapat membantu meringankan kaligata. Apa saja obat kaligata yang bisa digunakan?

1. Antihistamin

Anda dapat meringankan kaligata dengan mengonsumsi obat antihistamin. Pil antihistamin sebagai obat kaligata berfungsi untuk mencegah gatal-gatal.Selain itu, antihistamin juga menghambat pelepasan histamin oleh tubuh yang menjadi pemicu kemunculan gejala kaligata. Beberapa antihistamin yang biasanya diresepkan oleh dokter, yaitu:Jika keempat antihistamin tersebut tidak cukup membantu sebagai cara menghilangkan kaligata secara permanen, dokter akan meningkatkan dosisnya. Dokter mungkin juga akan mencoba jenis antihistamin lain yang memiliki efek kantuk agar rasa gatal sedikit terobati dengan tidur.Beberapa jenis obat kaligata untuk menghilangkan kaligata yang menyebabkan kantuk, antara lain chlorpheniramine, hydroxyzine pamoate, dan doxepin.Pastikan untuk memberi tahu dokter jika Anda sedang dalam kondisi hamil dan menyusui, memiliki kondisi medis lain, atau sedang mengonsumsi obat tertentu.

2. Obat penghambat histamin (H2 blockers)

Obat penghambat histamin (h2 blockers) atau dikenal pula dengan H2 receptor antagonist, merupakan obat kaligata yang bisa diberikan secara oral maupun disuntikkan. Contoh obat yang digunakan sebagai cara menghilangkan kaligata secara permanen ini adalah cimetidine dan famotidine.

3. Lotion calamine

Lotion calamine dapat membantu meredakan gatal dengan cara memberikan efek dingin pada kulit. Anda bisa menggunakan lotion calamine langsung ke kulit dengan cara:
  • Kocok lotion calamine agar racikannya tercampur merata sebelum menggunakan ke kulit.
  • Tuangkan lotion calamine ke permukaan kapas.
  • Oleskan kapas ke kulit yang mengalami kaligata.
  • Diamkan sampai mengering.

4. Obat antiradang

Obat kaligata yang biasa diresepkan dokter sebagai cara menghilangkan kaligata secara permanen berikutnya adalah kortikosteroid oral. Kortikosteroid oral, seperti prednisone, dapat membantu mengurangi pembengkakan, kemerahan, dan rasa gatal.Biasanya obat ini diresepkan untuk menghilangkan kaligata kronis serta hanya digunakan dalam jangka waktu pendek dan akan diturunkan dosisnya secara bertahap. Pasalnya, obat antiradang ini memiliki efek samping serius apabila dikonsumsi dalam jangka waktu lama.

5. Antidepresan

Antidepresan trisiklik doxepin umumnya digunakan untuk membantu meredakan rasa gatal akibat kaligata kronis. Obat berbentuk krim ini dapat menyebabkan pusing dan kantuk sehingga rasa gatal Anda sedikit teralihkan dengan tidur.

6. Omalizumab

Omalizumab biasanya diberikan dengan cara disuntikkan ke kulit. Obat ini akan diresepkan apabila Anda mengalami kaligata parah yang terjadi selama berbulan-bulan atau dalam hitungan tahun.Efek samping yang paling umum terjadi akibat mengonsumsi obat yang digunakan sebagai cara menghilangkan kaligata secara permanen ini adalah sakit kepala, pusing, hingga sakit telinga bagian dalam.

Cara meringankan dan mencegah kaligata di rumah

Selain menggunakan obat kaligata dari dokter, Anda juga bisa melakukan berbagai pengobatan rumahan untuk meringankan dan mencegah kekambuhan kaligata. Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan sebagai cara meringankan kaligata dengan mudah di rumah:

1. Gunakan kompres dingin

Mengompres area kulit yang mengalami kaligata dengan es atau air dingin dapat membantu meredakan iritasi dan rasa gatal. Inilah cara meringankan kaligata di rumah.Anda dapat mengompresnya dengan cara membungkus beberapa buah es batu dengan handuk bersih, lalu kompres di area kulit yang terasa gatal. Diamkan selama kurang lebih 10 menit dan ulangi jika masih merasa gatal.

2. Hindari produk yang bisa mengiritasi kulit

Beberapa jenis sabun dapat membuat kulit Anda kering sehingga kaligata yang Anda alami bisa menjadi semakin gatal.Jadi, usahakan untuk menggunakan sabun khusus kulit sensitif sebagai cara meringankan kaligata. Biasanya jenis sabun ini tidak berbau dan tidak menggunakan banyak bahan kimia lainnya yang dapat memicu iritasi.Tak hanya sabun, Anda juga perlu menghindari berbagai lotion dan pelembap kulit yang bisa memicu iritasi. Sebaiknya, pilih produk khusus untuk kulit sensitif agar lebih aman.

3. Cara meringankan kaligata di rumah lainnya

Selain cara meringankan kaligata yang telah disebutkan sebelumnya, Anda juga dapat mencegah kaligata dengan cara tidak menggaruk kulit, menggunakan pakaian longgar berbahan ringan, serta menghindari pemicunya.

Kapan harus ke dokter?

Tingkat keparahan kaligata setiap orang tentu berbeda-beda. Namun, jika cara menghilangkan kaligata secara permanen di atas tidak dapat menyembuhkannya, maka ini saat yang tepat untuk Anda memeriksakan diri ke dokter. Terlebih apabila Anda disertai kondisi sebagai berikut:
  • Pusing
  • Menggigil
  • Sulit bernapas
  • Merasa sesak di dada
  • Pembengkakan di lidah, bibir, wajah, atau tenggorokan
  • Jantung berdetak cepat
Dengan ini, dokter dapat memberikan rekomendasi cara menghilangkan kaligata secara permanen yang paling tepat.
kesehatan kulitmasalah kulitbiduran
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/chronic-hives/diagnosis-treatment/drc-20352723
Diakses pada 26 Juni 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/skin-disorders/how-to-get-rid-of-hives#home-remedies
Diakses pada 26 Juni 2020
Web Md. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/guide/hives-urticaria-angioedema#1
Diakses pada 26 Juni 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/157260#home_remedies
Diakses pada 26 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait