Oops! Keranjang belanja Anda masih kosong

19 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Cepat, Dijamin Ampuh


Cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat mungkin bisa Anda andalkan. Masker alami untuk menghilangkan jerawat dapat terbuat dari lidah buaya, cuka apel, madu, kayu manis, minyak kelapa, dan perawatan dari dalam tubuh.

03 Feb 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Bagikan
Berbagai cara menghilangkan jerawat secara alami bisa Anda coba di rumah
Cara menghilangkan jerawat secara alami mudah dilakukan di rumah. Misalnya, menggunakan berbagai masker alami untuk menghilangkan jerawat yang terbuat dari lidah buaya, bawang putih, hingga madu. 
Namun, tak hanya menerapkan cara alami menghilangkan jerawat, Anda juga perlu menjalani pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan kulit.

Cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami

Cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami seringkali diyakini efektif untuk membuat kulit kembali sehat dan bebas dari jerawatNamun perlu diingat, belum banyak hasil penelitian yang dapat mengonfirmasi keefektifan masker alami untuk menghilangkan jerawat ini. Maka dari itu, Anda tetap perlu berhati-hati dalam menerapkan masker penghilang jerawat pada wajah. Jika perlu, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Adapun berbagai cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat yang bisa dilakukan di rumah adalah sebagai berikut. 

1. Lidah buaya

Lidah buaya dinilai efektif untuk menghilangkan jerawat
Gel lidah buaya bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat secara alami. Lidah buaya dapat membantu meredakan peradangan di kulit yang muncul akibat jerawat.Manfaat lidah buaya untuk jerawat berasal dari kandungan asam salisilat dan sulfur. Kedua bahan aktif tersebut sudah sering digunakan untuk mengobati jerawat di kulit. Cara alami menghilangkan jerawat dengan lidah buaya, yakni:
  • Kerok gel lidah buaya secara langsung dari tanamannya menggunakan sendok.
  • Oleskan secara langsung pada area wajah yang sudah dibersihkan. 
  • Ulangi langkah ini 1-2 kali sehari.
Anda juga bisa mengoleskan gel lidah buaya yang banyak dijual di pasaran. Namun, pastikan kandungan lidah buayanya sebesar 100%, ya.Anda dapat mencampurkan gel lidah buaya dengan bahan alami lain, seperti kunyit dan teh hijau. Campuran masker untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya ini bisa dicoba untuk mengendalikan produksi minyak dan kulit yang sensitif. Oleskan campuran masker alami penghilang jerawat pada wajah dan tunggu selama 15-20 menit sebelum dibilas hingga bersih.Jika muncul iritasi, rasa gatal, atau kemerahan, saat mengoleskan masker penghilang jerawat alami ini, sebaiknya segera hentikan penggunaan.

2. Cuka apel

Cara menghilangkan jerawat secara alami berikutnya bisa dengan cuka apel. Sebuah hasil penelitian yang dimuat dalam International Journal of Cosmetic Science menyatakan, manfaat cuka apel untuk jerawat berasal dari kandungan asam organik, seperti asam sitrat. Asam sitrat diyakini dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat Propionibacterium acnes.Selain itu, pada studi hasil laporan ilmiah dalam Applied Microbiology and Biotechnology, disebutkan bahwa cuka apel mengandung succinic acid yang mampu menekan peradangan akibat bakteri P.acnesKandungan asam laktat pada cuka apel juga dipercaya dapat memperbaiki tekstur kulit yang terdapat bekas jerawat. Cara membuat masker alami untuk menghilangkan jerawat dengan cuka apel, yaitu:
  • Campur 1 sendok makan cuka apel dengan 3 sendok makan air
  • Bersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan sabun cuci muka dan air mengalir. 
  • Oleskan campuran cuka apel ke permukaan kulit menggunakan kapas steril.
  • Diamkan selama 5-20 detik.
  • Bilas wajah, lalu keringkan.
  • Ulangi langkah di atas 1-2 kali sehari.
Jika kulit Anda sensitif, campurkan obat jerawat alami ini dengan lebih banyak air. Perhatikan juga bahwa cuka apel dapat menimbulkan iritasi pada beberapa orang sehingga jangan menggunakan masker alami buat jerawat ini secara berlebihan.

3. Madu

Madu juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat. Madu untuk jerawat berasal dari kandungan antioksidan di dalamnya yang diyakini mampu membersihkan kotoran di wajah, serta mencegah penyumbatan pori-pori. Selain itu, madu juga bersifat antibakteri dan mengandung bahan yang dapat membantu penyembuhan luka.Anda cukup mengoleskan madu ke kulit menggunakan kapas steril guna mendapatkan manfaatnya dalam menghilangkan jerawat.Anda juga dapat mencampurkan ½ sendok teh kunyit dan 1 sendok makan madu sebagai pilihan masker untuk jerawat dan bekasnya. Kunyit merupakan rempah-rempah yang memiliki sifat antiradang. Mencampurkan kedua bahan tersebut dapat membantu menenangkan kulit yang meradang serta mencegah timbulnya jerawat di masa mendatang.Meski tampak menjanjikan, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut guna membuktikan efektivitas masker buat jerawat dari madu dalam mengobati jerawat. 

4. Kayu manis

Kandungan antibakteri di kayu manis baik untuk atasi jerawat
Beberapa penelitian menyebutkan madu dan kayu manis memiliki kemampuan untuk melawan bakteri dan mengurangi peradangan yang disebabkan oleh jerawat. Kayu manis kaya akan antioksidan dan mengandung zat antibakteri sehingga dapat membantu meredakan jerawat meradangCampurkan kayu manis dengan madu guna membuat masker alami untuk jerawat dengan langkah-langkah di bawah ini.
  • Campur 2 sendok makan madu dengan 1 sendok teh kayu manis bubuk.
  • Aduk merata sampai membentuk konsistensi seperti pasta.
  • Setelah wajah dibersihkan, oleskan pasta masker tersebut ke permukaan kulit wajah yang sudah dibersihkan. Lalu, diamkan selama 10-15 menit.
  • Bilas wajah sampai bersih dan keringkan dengan handuk.

5. Bawang putih

Bawang putih dapat dijadikan sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat. Manfaat bawang putih untuk jerawat dipercaya dapat membantu mengatasi infeksi dan meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan bakteri. Cara alami menghilangkan jerawat dengan bawang putih adalah cukup dengan menambahkan lebih banyak bawang putih ke dalam asupan harian Anda sehari-hari. Dengan ini, manfaat yang didapat bisa terasa optimal. Sebaiknya, Anda tidak mengoleskan bawang putih sebagai obat jerawat alami langsung ke kulit yang berjerawat karena rentan menyebabkan iritasi.

6. Es batu

Cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat dengan es batu mungkin banyak dilakukan oleh sebagian orang. Meski tidak akan menyembuhkan jerawat secara tuntas, manfaat es batu untuk jerawat dapat membantu meredakan peradangan. Cara menggunakan obat jerawat alami ini, cukup kompres jerawat yang sedang meradang dengan es batu yang dibalut dengan kain atau handuk bersih.Es batu dapat membantu mengencangkan pembuluh darah sehingga kemerahan dan peradangan di kulit akibat jerawat dapat mereda.

7. Minyak kelapa

Kandungan antiinflamasi dan antibakeri dalam minyak kelapa bisa basmi jerawat
Minyak kelapa dipercaya menjadi cara menghilangkan jerawat secara alami yang efektif. Kandungan antiinflamasi dan antibakteri yang ada di dalamnya diyakini mampu menghancurkan bakteri penyebab jerawatSelain itu, masker alami untuk menghilangkan jerawat dari minyak kelapa juga disinyalir dapat mengurangi kemerahan serta pembengkakan pada jerawat.Anda dapat menggunakan virgin coconut oil untuk dioleskan pada area kulit yang berjerawat.

8. Air perasan lemon

Air perasan lemon mengandung asam sitrat sehingga baik dijadikan cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat. Cara menggunakan masker rumahan untuk menghilangkan jerawat dari air lemon, yakni ambil kapas steril, lalu celupkan ke dalam perasan air jeruk lemon.Setelah itu, usapkan kapas tersebut ke area kulit yang berjerawat. Diamkan selama semalaman. Namun, ingat risiko iritasi yang mungkin ditimbulkan. Jika kulit terasa perih setelah mengoleskan air perasan jeruk lemon ke wajah, lebih baik jangan dilanjutkan perawatannya dan segera konsultasi dengan dokter.

9. Tea tree oil

Manfaat tea tree oil sudah lama disebut-sebut sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat. Tak ayal bila tea tree oil sudah banyak menjadi bahan campuran dalam sejumlah produk kecantikan penghilang jerawat. Bahan alami satu ini memiliki sifat antibakteri dan anti peradangan sehingga dianggap efektif untuk mengempiskan jerawat.Studi kecil yang dimuat dalam Journal of Cosmetology mengungkapkan bahwa salep tea tree oil lebih sedikit menimbulkan efek samping kulit kering dan iritasi dibandingkan penggunaan obat jerawat mengandung benzoil peroksida. Akan tetapi, penggunaan tea tree oil sebagai obat jerawat alami sebaiknya perlu dilakukan secara hati-hati. Pasalnya, beberapa orang mungkin dapat merasakan efek samping, seperti kulit iritasi atau terasa perih. Anda bisa mencoba membuat masker alami penghilang jerawat dengan mencampurkan sedikit tea tree oil dengan 12 tetes minyak pelarut (carrier oil), seperti minyak zaitun, minyak jojoba, minyak kelapa, atau minyak zaitun.

10. Putih telur

Masker putih telur dapat bantu hilangkan jerawat
Putih telur bisa jadi cara menghilangkan jerawat secara alami. Kandungan protein dan vitamin yang terdapat dalam putih telur diyakini dapat membantu mengencangkan kulit dan mengeluarkan minyak.Hal tersebut dapat mencegah terjadinya penyumbatan pada pori-pori, dan membantu meredakan peradangan di kulit akibat jerawat.Gunakan putih telur sebagai masker alami penghilang jerawat dengan cara mengoleskannya ke area kulit yang berjerawat. Diamkan selama 10 menit. Kemudian, bilas dengan air hingga bersih.Perlu diperhatikan, telur mentah dapat mengandung bakteri yang bisa mengganggu kesehatan. Oleh karena itu, sebisa mungkin pilihlah telur yang bersih dan organik guna meminimalisir efek samping putih telur untuk wajah.

11. Teh hijau

Manfaat teh hijau untuk wajah berasal dari kandungan antioksidan polifenol yang bernama katekin dalam jumlah banyak. Maka, tak heran bila mengonsumsi maupun menggunakan teh hijau sebagai produk kecantikan, dapat membantu menghilangkan kotoran serta bahan yang bisa menyebabkan kerusakan sel, termasuk jerawat.

Cara menghilangkan jerawat dengan cepat melalui pola hidup sehat

Selain menggunakan berbagai masker alami untuk menghilangkan jerawat, Anda juga perlu menerapkan berbagai pola hidup sehat agar kulit senantiasa bersih dan bebas jerawat, seperti:

1. Eksfoliasi secara rutin

Anda mungkin perlu mempertimbangkan eksfoliasi wajah secara rutin sebagai cara menghilangkan jerawat dengan cepat. Pengelupasan atau eksfoliasi adalah proses pengangkatan lapisan kulit paling atas agar digantikan dengan sel-sel kulit baru yang lebih sehat. Eksfoliasi dapat memperbaiki kondisi jerawat dengan membersihkan sel-sel kulit mati yang menumpuk penyebab pori-pori tersumbat. Dengan demikian, pengobatan jerawat yang sedang Anda gunakan juga dapat berjalan lebih efektif lantaran kandungan bahan aktifnya dapat menyerap maksimal. 

2. Cuci muka secara rutin

Cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat yang tidak boleh terlewat adalah mencuci muka secara rutin. Anda bisa mencuci muka saat pagi dan malam hari, serta setelah menggunakan make up dan berkeringat. Bagi Anda yang sedang rutin menggunakan obat jerawat tanpa resep dokter, pilihlah sabun pembersih wajah yang kandungannya ringan, seperti asam salisilat atau benzoil peroksida.

3. Olahraga teratur

Olahraga bisa menjaga kesehatan kulit
Selain menggunakan berbagai masker alami buat jerawat, ada sejumlah cara menghilangkan jerawat dengan cepat yang bisa Anda lakukan. Salah satunya, melakukan olahraga secara teratur. Olahraga dapat memperbaiki sirkulasi darah. Peningkatan aliran darah dapat membantu memelihara sel kulit agar tetap sehat. Dengan demikian, pembentukan jerawat dapat dicegah dan dihilangkan. 

4. Redakan stres

Cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami mungkin efektif untuk mengobati jerawat. Namun, perawatan dari dalam diri Anda pun perlu dilakukan, termasuk dengan meringankan stres. Hormon yang dikeluarkan tubuh saat stres dapat memicu produksi minyak (sebum) berlebih dan menyebabkan kulit meradang sehingga memperparah jerawat. Selain itu, stres juga dapat memperlambat proses penyembuhan luka hingga 40%, serta memperlambat penyembuhan bekas jerawat.

5. Banyak minum air putih

Minum air putih yang cukup sangat penting dilakukan
Mengonsumsi air putih yang cukup perlu dilakukan sebagai cara menghilangkan jerawat dengan cepat. Sebab, cairan yang cukup dapat membantu proses penyembuhan di kulit berjalan lebih cepat serta mengurangi risiko munculnya jerawat baru di kemudian hari.Jika kulit sampai kering karena kekurangan cairan, maka kulit akan mudah iritasi. Akibatnya, jerawat pun akan lebih mudah muncul.

6. Konsumsi makanan mengandung zinc

Konsumsi makanan mengandung zinc bisa menjadi pilihan cara menghilangkan jerawat dengan cepat.Zinc adalah nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh untuk pertumbuhan sel, produksi hormon, metabolisme, dan fungsi kekebalan tubuh. Bahkan, manfaat zinc juga bisa dijadikan sebagai cara alami menghilangkan jerawat yang paling banyak dipelajari. Sebuah penelitian yang dimuat dalam National Library of Medicine mengungkapkan bahwa orang yang mengalami jerawat cenderung mempunyai kadar zinc lebih rendah dalam darah dibandingkan orang dengan kulit bersih. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi zinc secara oral dapat membantu mengurangi jerawat. Misalnya, sebuah riset dalam Dermatology Research and Practice menyatakan bahwa zinc lebih efektif dalam mengobati jerawat yang parah dan meradang daripada jerawat bertaraf ringan. 

7. Konsumsi makanan sumber lemak omega-3

Cara menghilangkan jerawat dengan cepat bisa pula dengan konsumsi makanan sumber lemak omega-3. Asam lemak omega-3 terdiri dari 2 asam utama, yaitu asam eikosapentaenoat (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA). Tingginya kadar EPA dan DHA terbukti mampu mengurangi faktor peradangan pada jerawat. Anda bisa mengonsumsi makanan tinggi asam omega-3, seperti salmon, sarden, teri, kenari, biji chia, dan biji rami giling. 

8. Konsumsi makanan rendah glikemik

Konsumsi makanan rendah glikemik seperti serat
Makanan tinggi glikemik seringkali dikaitkan dengan pembentukan jerawat. Indeks glikemik makanan adalah ukuran seberapa cepat makanan yang dikonsumsi dapat meningkatkan gula darah. Makan makanan tinggi glikemik dapat menyebabkan lonjakan insulin sehingga dipercaya bisa meningkatkan produksi sebum sehingga memunculkan atau memperparah kondisi jerawat. Makanan dengan indeks glikemik tinggi adalah roti putih, minuman ringan bergula, kue, donat, kue kering, permen, sereal sarapan manis, dan makanan olahan lainnya. Sementara, makanan dengan indeks glikemik rendah, yakni buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Catatan dari SehatQ

Berbagai cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Bagi Anda yang ingin menggunakan masker alami untuk menghilangkan jerawat, sebaiknya perlu berhati-hati. Alangkah baiknya Anda mengetes terlebih dahulu untuk mengetahui reaksi alergi yang mungkin sebelum menerapkan cara alami menghilangkan jerawat. Cara menghilangkan jerawat dengan cepat di atas hanyalah berperan sebagai alternatif, selain perawatan dari dokter kulit. Alangkah baiknya, Anda berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter untuk mengetahui cocok tidaknya menggunakan masker alami untuk jerawat sesuai kondisi jerawat yang dialami. Jika Anda masih punya pertanyaan seputar cara menghilangkan jerawat dan bekasnya secara alami, segera konsultasikan dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, pastikan Anda sudah mengunduhnya melalui App Store dan Google Play.
jerawatpengobatan jerawatmakanan penyebab jerawatkulit dan kecantikanmasalah kulit
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/13-acne-remedies
Diakses pada 24 September 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322455.php
Diakses pada 24 September 2019
Health. https://www.health.com/health/gallery/0,,20907845,00.html?slide=123951#123951
Diakses pada 24 September 2019
National Library of Medicine. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/31518521/
Diakses pada 3 Februari 2021
National Library of Medicine. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25120566/
Diakses pada 3 Februari 2021
National Library of Medicine. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23826827/
Diakses pada 3 Februari 2021
Bagikan

Artikel Terkait

Ketombe Basah Bikin Resah, Apa Penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Ketombe basah adalah penumpukan sebum atau minyak alami berlebih yang menempel dengan kotoran dan sel kulit mati. Cara menghilangkan ketombe basah sebaiknya harus sesuai dengan penyebabnya. Pada beberapa kasus, penyebab ketombe basah adalah kondisi dermatitis seboroik.
26 Jun 2020|Azelia Trifiana

Anti Komedo Komedo Club, Ini 7 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Bintik-bintik hitam atau putih yang ditimbulkan komedo seringkali mengganggu penampilan wajah Anda. Hal ini tentu dapat membuat Anda kurang percaya diri. Tenang, ada berbagai cara menghilangkan komedo secara alami yang bisa Anda coba.
27 Sep 2019|Dina Rahmawati

Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah secara Alami dan Medis

Cara menghilangkan bruntusan di wajah bisa dengan menggunakan lidah buaya, lemon, hingga es batu. Agar lebih efektif, perawatan medis seperti chemical peeling juga bisa dicoba.

Diskusi Terkait di Forum

Penyebab tangan dan kaki mengelupas

Dijawab Oleh dr. Supiah Sandra Dewi Sangadji

Benjolan di area ketiak karena apa?

Dijawab Oleh dr. Adhi Pasha Dwitama