Ada beberapa cara menghilangkan jerawat pasir yang bisa dilakukan
Jerawat kecil yang timbul dalam jumlah banyak sering disebut sebagai jerawat pasir

Timbulnya jerawat di wajah bisa membuat Anda kehilangan kepercayaan diri, termasuk bila Anda mengalami jerawat pasir. Untuk mengatasinya, Anda dapat mencoba cara menghilangkan jerawat pasir secara alami maupun obat dokter berikut ini.

Jerawat pasir adalah jerawat yang datang sekaligus secara merata, atau seperti bruntusan yang bentuknya kecil-kecil sehingga akan terasa seperti pasir bila diraba. Penyebabnya munculnya jerawat pasir adalah penyumbatan pori-pori oleh sel kulit mati, minyak, dan bakteri.

Jerawat pasir dalam dunia medis

Istilah jerawat pasir sebetulnya tidak dikenal di dunia medis. Namun berdasarkan ciri-ciri di atas, jerawat pasir memiliki kesamaan dengan jenis jerawat, seperti komedo putih (whitehead), pustula, dan papula.

Pustula adalah jerawat yang berupa benjolan kecil di permukaan kult berisi nanah. Sedangkan papula adalah jerawat yang menonjol, tampak kemerahan, dapat teraba padat dan nyeri, tanpa ada titik nanah pada puncaknya.

Sementara itu, whitehead atau komedo putih adalah komedo yang terbentuk karena pori-pori tersumbat dan berwarna putih. Meski disebut komedo, masalah kulit ini tidak memiliki puncak berwarna hitam layaknya komedo pada umumnya yang dikenal dengan istilah blackhead.

Cara menghilangkan jerawat pasir secara alami

Sebelum Anda menggunakan obat dokter, ada cara menghilangkan jerawat pasir dengan cara alami yang sebetulnya belum terbukti secara medis, namun tetap dapat Anda coba. Beberapa cara alami tersebut, antara lain:

  • Tea tree oil

Penggunaan tea tree oil sebagai salah satu cara mengatasi jerawat pasir dipercaya efektivitasnya. Tea tree oil dapat melawan dua jenis bakteri penyebab jerawat, yakni P. acnes dan S. epidermidis.

Meski demikian, penggunaan minyak esensial pada wajah berpotensi menyebabkan iritasi. Untuk meminimalisir efek ini, Anda sebaiknya mencampur minyak esensial dengan minyak carrier seperti minyak kelapa sebelum mengaplikasikannya pada jerawat pasir di wajah Anda.

  • Teh hijau

Daun teh hijau dikenal memiliki antioksidan berupa flavonoid dan tannin, yang mampu meredakan peradangan akibat bakteri jerawat. Oleh karenanya, teh hijau yang diaplikasikan langsung ke wajah, misalnya dalam bentuk masker. Metode ini dipercaya sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat pasir.

  • Gel lidah buaya

Gel tanaman ini juga dapat memerangi bakteri jerawat dan mempercepat pemulihan wajah yang mengalami peradangan akibat jerawat pasir jenis papula dan pustula. Meski demikian, belum banyak penelitian yang dapat mengonfirmasi klaim mengenai lidah buaya ini.

Cara menghilangkan jerawat pasir dengan obat dokter

Bagi Anda yang memiliki jerawat pasir dengan derajat yang cukup parah, apalagi sampai meradang, sebaiknya konsultasikan langsung dengan dokter kulit agar mendapatkan penanganan secara tepat.

Untuk mendiagnosis jerawat, dokter akan lebih dulu memeriksa dan memastikan jerawat Anda mulai dari jenis, tingkat keparahan, dan cara menghilangkan jerawat pasir yang tepat.

Jika jerawat Anda tergolong ringan, dokter biasanya akan meresepkan antibiotik oral atau topikal, seperti doxycycline, minocycline, tetracycline atau erythromycin. Antibiotik berperan untuk membunuh bakteri dan menghambat pertumbuhan penyebab jerawat.

Dokter kulit biasanya akan memberikan obat lain, seperti benzoil peroksida, asam salisilat, atau retinoid. Obat tersebut akan membantu mengurangi penumpukan sel kulit mati dan membantu memulihkan jerawat.

Namun, dokter kulit juga bisa merekomedasikan cara menghilangkan jerawat pasir lewat perawatan tertentu, jika jerawat Anda tergolong berat atau Anda ingin mempercepat proses penyembuhan. Ada beberapa treatment yang bisa Anda pilih, yaitu:

  • Laser

Laser adalah perawatan yang dilakukan menggunakan alat untuk mengurangi bakteri penyebab jerawat. Hanya saja, tidak semua jenis jerawat pasir bisa diatasi dengan metode ini.

  • Chemical peeling

Chemical peeling adalah perawatan atau tindakan untuk mengangkat sel kulit mati melalui cara mengoleskan bahan-bahan kimia ke wajah.

  • Acne removal

Acne removal atau penghapusan jerawat adalah teknik menghilangkan jerawat. Dokter biasanya akan menyuntikkan obat ke jerawat di wajah Anda.

Apa pun cara menghilangkan jerawat pasir yang Anda pilih, butuh waktu agar kulit Anda bisa terbebas dari masalah tersebut. Jika perawatan yang Anda lakukan justru memperparah kondisi Anda, segera periksakan ke dokter kulit Anda.

AAD. https://www.aad.org/public/diseases/acne/DIY/types-breakouts
Diakses pada 26 Januari 2020

AAD. https://www.aad.org/public/diseases/acne/derm-treat/treat
Diakses pada 26 Januari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/types-of-acne
Diakses pada 26 Januari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/get-rid-of-pimples-fast
Diakses pada 26 Januari 2020

Medical News Today.
https://www.medicalnewstoday.com/articles/315104.php#what-is-a-whitehead
Diakses pada 26 Januari 2020

Artikel Terkait