Memang Ada Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat dalam 1 Hari?

Tidak ada cara menghilangkan jerawat dengan cepat dalam 1 hari
Mencui muka menggunakan pembersih wajah secara rutin dapat membantu menghilangkan jerawat

Tidak ada orang yang ingin berlama-lama memelihara jerawat di wajahnya. Tak heran jika banyak orang berlomba-lomba mencari cara menghilangkan jerawat dengan cepat dalam 1 hari. Apakah memang ada cara yang demikian?

Saat ini, banyak obat jerawat yang efektif menghilangkan jerawat, bahkan tanpa meninggalkan bekas sama sekali. Anda juga dapat menggunakan bahan-bahan alami yang dipercaya dapat memusnahkan si kecil yang menghilangkan kepercayaan diri tersebut.

Tetapi, bukan berarti setiap orang dapat memakai obat atau bahan yang sama untuk menghilangkan jerawatnya. Bahan tertentu mungkin dapat menghilangkan jerawat dengan cepat di wajah si X, tapi bukan berarti efek yang sama pasti akan Anda rasakan jika bahan atau obat tersebut diaplikasikan pada masalah jerawat Anda.

Bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan cepat dalam 1 hari?

Ketika jerawat tumbuh di wajah, tidak heran jika Anda ingin segera menyingkirkannya dengan berbagai cara. Sayangnya, Akademi Dermatologi Amerika (AAD) menegaskan tidak ada cara menghilangkan jerawat dengan cepat dalam 1 hari.

Obat jerawat maupun berbagai bahan alami yang diklaim ampuh mengempiskan dan menyembuhkan masalah kulit tersebut biasanya butuh waktu 4-8 minggu sebelum menunjukkan hasilnya secara optimal. Bahkan setelah jerawat hilang, Anda tetap harus merawat kulit wajah untuk mencegahnya datang kembali.

Cara cepat dan ampuh mengobati jerawat

Jerawatan bukanlah akhir dari hidup Anda. Meski tidak ada cara menyembuhkan jerawat dengan cepat dalam 1 hari, tetap ada cara menghilangkan jerawat dengan cepat, baik dengan bahan alami maupun menggunakan obat-obatan dan menjalani perawatan di klinik kecantikan.

Pengobatan jerawat ini ditujukan untuk mengempiskan jerawat dengan cepat dan mengurangi kemerahan pada kulit yang ditimbulkannya. Bukan, langkah yang dimaksud bukanlah dengan memencet jerawat karena hal itu justru akan membuat bakteri penyebab jerawat menyebar di permukaan kulit, menimbulkan jerawat baru, dan memperparah kondisi Anda.

Sebaliknya, berikut cara mengobati jerawat dengan cepat yang dapat Anda lakukan:

  • Cuci muka Anda dengan pembersih wajah yang memiliki formula lembut, kemudian keringkan wajah dengan cara menepuk-nepuknya pelan menggunakan handuk bersih.

  • Oleskan krim, gel, atau bahan-bahan alami yang dapat mengeringkan jerawat dengan cepat, misalnya tea tree oil maupun obat jerawat yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat. Pastikan Anda mengoles obat ini pada jerawat serta area di sekitarnya dengan tangan yang bersih.

  • Anda juga dapat menggunakan masker, atau perawatan lain yang juga berfungsi menghilangkan bekas jerawat.

Sambil menunggu jerawat sembuh sepenuhnya, Anda dapat menggunakan kosmetik berupa concealer maupun bedak khusus kulit berjerawat yang mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida untuk menyamarkan noda jerawat. Kosmetik ini juga biasanya berfungsi membantu mengeringkan jerawat.

Meski tips di atas bukan cara menghilangkan jerawat dengan cepat dalam 1 hari, jerawat Anda tetap dapat sembuh dalam tempo singkat. Bila jerawat Anda terus membandel, konsultasikan dengan dokter kulit untuk menjalani perawatan penyembuhan jerawat dengan berbagai metode.

Bahan alami untuk menyembuhkan jerawat dengan cepat

Bagi sebagian orang, mengobati jerawat dengan krim, salep, atau gel yang dijual bebas maupun resep dokter memang dapat mengatasi jerawat dalam waktu singkat. Namun bagi sebagian orang, obat ini justru dapat membuat kulit kering dan iritasi sehingga mereka lebih memilih mengobati jerawat dengan bahan-bahan alami.

Meski demikian, perlu diingat bahwa tidak ada bahan alami yang dapat dijadikan cara menghilangkan jerawat dengan cepat dalam 1 hari. Namun, Anda tetap dapat menggunakan bahan-bahan berikut untuk mengempiskan jerawat dan mengurangi peradangannya, yaitu:

  • Tea tree oil

Tea tree oil digunakan sebagai olesan langsung pada jerawat (spot treatment) dan terbukti efektif membunuh bakteri penyebab jerawat, seperti P. acnes dan S. epidermidis. Meski demikian, tea tree oil sebaiknya dilarutkan terlebih dahulu dengan air sebelum dioleskan ke jerawat karena dikhawatirkan menyebabkan iritasi.

  • Teh hijau

Teh hijau dapat digunakan sebagai masker yang kaya akan antioksidan sehingga dapat mengurangi peradangan akibat jerawat, menyerap minyak berlebih, dan menekan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

  • Lidah buaya

Lendir lidah buaya dipercaya dapat mengurangi peradangan jerawat, melawan bakteri, dan mempercepat penyembuhan jerawat.

Menghilangkan jerawat tidak bisa instan dalam waktu satu hari. Pasti dibutuhkan waktu untuk menyembuhkan jerawat, apa pun metode pengobatan yang Anda pilih. Jadi, sebaiknya Anda bersabar dan tunggu hasilnya dalam 1 atau 2 minggu usai diobati.

AAD. https://www.aad.org/acne-treatment
Diakses pada 9 Desember 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326183.php
Diakses pada 9 Desember 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed