Dukungan Orang Tua: Salah Satu Cara Menghilangkan Gagap pada Anak

Peran orang tua sangat penting dalam penyembuhan gagap pada anak
Cara menghilangkan gagap akan menjadi efektif saat dipadukan dengan partisipasi dari orangtua.

Mendapati anak gagap saat berbicara tentu membuat orangtua khawatir. Bagaimana nasibnya ketika sudah masuk sekolah? Jangan sampai ia menjadi korban perundungan teman-temannya. Untuk itu, anda perlu mencari cara menghilangkan gagap pada anak.

Penyebab anak gagap belum diketahui pasti. Namun beberapa faktor bisa menjadi pemicu anak gagap, seperti: kelainan pada kontrol motorik untuk berbicara, genetis (kelainan bawaan), mengalami tekanan emosional atau peristiwa traumatis, atau mengalami gangguan pada otak.

[[artikel-terkait]]

Bicara gagap dapat mengakibatkan rasa tidak percaya diri dan kesulitan interaksi dengan orang lain. Orang yang bicara gagap tahu apa yang harus mereka katakan, namun mengalami kesulitan ketika mengutarakannya.

Bicara gagap dapat terjadi pada siapa saja. Namun, bicara gagap lebih sering terjadi pada anak berusia 2-5 tahun. Anak laki-laki lebih sering mengalami bicara gagap dibanding anak perempuan.

Kebanyakan kondisi ini akan menghilang dengan semakin dewasanya anak. Namun 25% anak yang bicara gagap akan terus bicara gagap sampai dewasa.

7 Kondisi anak perlu di bawa ke dokter

Merupakan hal yang wajar bagi anak berusia 2-5 tahun bicara gagap karena masih dalam tahap perkembangan dan biasanya akan membaik seiring waktu.

Namun, anda perlu membawa anak ke dokter bila terjadi kondisi berikut ini:

  • Anak bicara gagap lebih dari 6 bulan.
  • Bicara gagap terjadi bersamaan dengan masalah bicara atau bahasa lainnya.
  • Semakin lama, bicara gagap semakin parah dan tetap berlangsung hingga anak beranjak dewasa.
  • Anak mengalami ketegangan otot dan tampak sangat kesulitan berbicara.
  • Anak mengalami masalah komunikasi di sekolah dan juga interaksi sosial dengan orang lain.
  • Anak mengalami masalah emosional seperti kecemasan dan menghindari situasi tertentu.
  • Bila bicara gagap terjadi pertama kali pada usia dewasa

Cara menghilangkan gagap dengan terapi

Sampai sekarang belum ada obat yang dapat menghilangkan bicara gagap. Namun ada beberapa jenis terapi yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kelancaran bicara, komunikasi efektif, dan berpartisipasi dalam kegiatan sosial.

Jenis terapi untuk penderita bicara gagap antara lain:

  • Terapi berbicara. Dalam terapi ini, penderita diajarkan untuk memperlambat tempo berbicara dan belajar mengenali keadaan ketika ia mulai gagap
  • Terapi kognitif dan perilaku. Terapi untuk mengubah cara berpikir penderita bicara gagap agar dapat mengatasinya. Terapi ini juga membantu penderitanya mengurangi stress, kecemasan, atau rasa tidak percaya diri.
  • Kelompok yang mendukung (support group). Dalam kelompok ini, penderita bicara gagap dapat saling mendukung dan berbagai pengalaman mereka dalam menghadapi masalah ini.

Dukungan orangtua sebagai cara menghilangkan gagap

Keterlibatan orangtua dalam membantu anak mempraktekkan di rumah teknik yang sudah dipelajari sebelumnya adalah hal yang penting agar anak bisa mengatasi masalah bicara gagap.

Berikut cara yang dapat dilakukan oleh orangtua dalam membantu anaknya mengatasi dan menghilangkan bicara gagap:

  • Orangtua dapat meluangkan waktu untuk berbicara dengan anaknya terutama saat anak sedang senang dan ingin berbicara banyak.
  • Sebaiknya tidak bereaksi negatif ketika anak masih berbicara gagap. Anda dapat mengoreksi dengan halus ketika anak bicara gagap dan memuji ketika anak dapat berbicara lancar
  • Jangan terlalu menuntut anak berbicara dengan cara tertentu terhadap orang lain, terutama ketika anak mengalami stres.
  • Orangtua dapat membantu anak dengan berbicara lebih lambat dan santai sehingga anak merasa tidak terburu-buru menjawab.
  • Dengarkan anak dengan penuh perhatian dan kesabaran. Tunggulah sampai anak dapat menyebutkan kata/kalimat yang ingin diucapkannya. Jangan mencoba menyelesaikan kalimat untuk anak anda.

Bicara gagap paling sering dimulai pada masa anak. Karena itu, penting bagi orangtua untuk menyadarinya dan mengetahui kapan harus mengkonsultasikannya ke ahli. Partisipasi orangtua penting dalam membantu anak mengatasi bicara gagap.

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/stuttering/symptoms-causes/syc-20353572
https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/stuttering/diagnosis-treatment/drc-20353577
Diakses pada 25 April 2019

NIDCD. https://www.nidcd.nih.gov/health/stuttering
Diakses pada 25 April 2019

MedicineNet. https://www.medicinenet.com/stuttering/article.htm#how_is_stuttering_treated
Diakses pada 25 April 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed