18 Cara Menghilangkan Flek Hitam Secara Alami dan Medis


Cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami, mudah dilakukan. Meski tidak berbahaya, kemunculan flek hitam bisa mengganggu penampilan. Jika hasil penggunaan bahan alami tidak memberikan hasil maksimal, Anda bisa melakukan cara cepat menghilangkan flek hitam di wajah.

0,0
09 Jan 2020|Anita Djie
Cara menghilangkan flek hitam di wajah bisa dilakukan dengan alamiCara menghilangkan flek hitam di wajah perlu dilakukan agar tidak mengganggu penampilan
Flek hitam adalah bercak datar berwarna kecokelatan atau gelap yang biasanya muncul pada wajah. Meski tidak berbahaya dan tidak menimbulkan rasa sakit, kemunculan flek hitam dapat mengganggu penampilan. Kabar baiknya, Anda bisa menerapkan cara menghilangkan flek hitam di wajah, baik secara alami hingga tindakan medis oleh dokter. 
Sebelum mengetahui cara menghilangkan flek hitam di wajah, Anda perlu mengetahui berbagai penyebabnya terlebih dahulu. Penyebab flek hitam di wajah adalah akibat produksi melanin, yakni pigmen pemberi warna pada kulit, yang terlalu banyak. Kondisi ini juga dapat disebabkan oleh hal-hal lainnya, seperti paparan sinar ultraviolet berlebih, masalah kulit, bekas luka, hingga konsumsi obat-obatan (termasuk, pil KB).

Cara menghilangkan flek hitam secara alami

Bagi sebagian orang, kemunculan flek hitam di wajah yang membandel dapat menyebabkan rasa tidak nyaman hingga mengganggu penampilan. Maka, tak ada salahnya mengandalkan berbagai cara alami. Namun, perlu diingat bahwa cara menghilangkan flek hitam secara alami di bawah ini mungkin masih membutuhkan penelitian lebih lanjut guna membuktikan keefektifannya. Jika Anda merasa ragu, coba konsultasikan dengan dokter kulit terlebih dulu sebelum menggunakannya. Terlebih, bagi Anda yang memiliki kulit sensitif atau kondisi kulit tertentu. Adapun beberapa cara menghilangkan flek hitam secara alami di rumah adalah sebagai berikut.

1. Air perasan lemon

Air perasan lemon bisa digunakan sebagai cara menghilangkan flek hitam di wajah
Air lemon mengandung vitamin C yang bisa mencerahkan kulit
Salah satu cara menghilangkan flek hitam secara alami adalah dengan air perasan lemon.Kandungan vitamin C dalam air lemon dapat membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit. Cara menghilangkan flek hitam secara alami dengan air perasan lemon sangat mudah dilakukan. Anda bisa membasahi kapas dengan sedikit air perasan lemon, lalu mengusapkannya pada permukaan wajah tipis-tipis secara merata. Kemudian, bilas wajah sesudahnya. 

2. Madu

Cara alami menghilangkan flek hitam di wajah bisa pula dengan madu. Manfaat madu berasal dari kandungan antioksidan yang baik untuk kulit sehingga mampu mencerahkan kulit, terutama yang terdapat noda bekas jerawat. Anda dapat mengoleskan madu langsung ke permukaan kulit tipis-tipis. Kemudian, diamkan selama 5-10 menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Kandungan madu mampu membantu masalah pigmentasi pada kulit.Anda juga dapat membuat scrub dari campuran madu dengan garam atau gula sebagai cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel. Scrub wajah ini juga baik untuk mengangkat sel kulit mati.

3. Lidah buaya

Cara menghilangkan flek hitam di wajah bisa dengan lidah buaya
Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya dari tanamannya langsung
Kemunculan flek hitam di wajah bisa terpusat pada area hidung saja. Nah, cara menghilangkan flek hitam di hidung dengan gel lidah buaya bisa Anda lakukan di rumah. Manfaat lidah buaya disebut-sebut memiliki senyawa aloin dan asam salisilat yang dapat menghilangkan bintik hitam di wajah secara alami. Untuk menggunakannya, Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya langsung dari tanamannya ke permukaan wajah yang terdapat bintik hitam sebelum tidur di malam hari.Bilas wajah pada keesokan paginya. Anda dapat melakukan langkah ini secara rutin guna mendapatkan hasil yang maksimal.  

4. Cuka apel

Flek hitam di wajah bisa disebabkan oleh efek samping penggunaan metode kontrasepsi, seperti pil KB atau KB suntik. Maka, cara alami menghilangkan flek hitam di wajah akibat KB bisa dengan cuka apel. Manfaat cuka apel untuk wajah berasal dari kandungan asam asetat yang menurut sebuah hasil studi yang dimuat dalam NCBI mampu mencerahkan dan meratakan warna kulit. Untuk membuatnya, Anda bisa mencampurkan beberapa tetes cuka apel dan air ke dalam sebuah mangkuk kecil. Kemudian, oleskan campuran tersebut pada area kulit yang terdapat flek hitam atau noda bekas jerawat. Diamkan selama 2-3 menit. Selanjutnya, bilas wajah menggunakan air hangat. Lakukan cara menghilangkan flek hitam di hidung dan pipi secara alami ini, sebanyak 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal. Namun, jangan mengoleskan cuka apel langsung ke wajah tanpa melarutkannya terlebih dahulu karena memicu iritasi di kulit. Jika iritasi masih tetap muncul meski Anda telah melarutkan cuka apel, segera hentikan penggunaannya.

5. Yogurt

Cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan yogurt
Pilih yogurt tanpa rasa untuk menghilangkan flek hitam
Cara alami menghilangkan flek hitam di wajah akibat KB juga bisa dengan yogurt. Kandungan asam laktat di dalamnya dipercaya dapat membantu membasmi flek hitam.Pilihlah yogurt tanpa rasa untuk melakukan langkah ini. Kemudian, oleskan yogurt tipis-tipis pada permukaan wajah yang terdapat noda bekas jerawat hitam. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas sampai bersih.

6. Bawang bombai

Siapa sangka kalau bawang bombai menjadi salah satu cara menghilangkan flek hitam secara alami?Bawang bombay dapat bertindak sebagai eksfoliator dan membantu mencerahkan kulit.Anda cukup menggosokkan bawang bombai pada permukaan wajah yang terdapat flek hitam. Kemudian, bilas wajah menggunakan air hangat. 

7. Teh hijau

Cara alami menghilangkan flek hitam di wajah adalah dengan teh hijau.Sebuah hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Cutaneous and Aesthetic Surgery membuktikan bahwa ekstrak teh hijau memiliki efek depigmentasi yang baik untuk kulit.
Teh hijau bisa digunakan sebagai cara alami menghilangkan flek hitam di wajah
Teh hijau memiliki efek depigmentasi untuk kulit
Selain itu, kandungan epigallocatechin-3-gallate (EGCG) dalam teh hijau, bisa menghambat terjadinya proses hiperpigmentasi yang dapat berujung pada munculnya flek hitam.Teh hijau juga mengandung asam galat dan asam ellagic yang baik untuk kesehatan kulit.Untuk memperoleh manfaat teh hijau untuk kulit ini, Anda dapat menyeduh kantong teh hijau dalam air panas selama 3-5 menit. Angkat kantong teh dari air mendidih, dan diamkan sampai dingin dengan sendirinya. Gosokkan kantong teh pada area wajah yang terdapat bintik hitam bekas jerawat. Lakukan langkah ini 2 kali sehari untuk hasil yang optimal. Meski tampak menjanjikan, perlu diketahui bahwa belum ada hasil penelitian ilmiah yang dapat membuktikan kemanjuran ekstrak teh hijau sebagai cara menghilangkan flek hitam di hidung dan pipi yang membandel.

8. Air seduhan teh hitam

Selain teh hijau, air seduhan teh hitam digadang-gadang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan noda hitam di wajah yang membandel. Caranya, Anda cukup mengoleskan kapas ke dalam air seduhan hitam, lalu mengoleskannya pada area kulit yang terdapat flek hitam. Lakukan langkah ini dua kali sehari secara rutin selama 4 minggu berturut-turut untuk mendapatkan hasil yang nyata. 

9. Kunyit

Kunyit dan madu bisa dicampurkan sebagai cara alami menghilangkan flek hitam di wajah
Masker kunyit dan madu diyakini bisa memudar flek hitam di wajah
Kunyit merupakan salah satu bahan alami masker penghilang flek hitam yang bisa Anda temukan dengan mudah di rumah. Manfaat kunyit untuk wajah berasal dari kandungan antioksidan dan zat khusus yang dapat mencerahkan kulit. Jika digunakan secara rutin, maka bintik hitam di wajah yang membandel dapat memudar.Anda bisa membuat masker kunyit dari ½ sendok makan bubuk kunyit dan 1 sendok makan madu. Aduk merata hingga menjadi pasta masker yang kental.Kemudian, oleskan masker kunyit tipis-tipis pada permukaan wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan masker selama 15-20 menit atau sampai masker mengering. Bilas wajah menggunakan air dingin.

10. Kentang

Tak banyak yang tahu kalau kentang dapat dijadikan sebagai cara alami menghilangkan flek hitam di wajah.Kentang diyakini memiliki zat alami yang dapat membantu mencerahkan kulit.Anda dapat membuat masker wajah alami dari halusan ½ buah kentang, 1 sendok teh air perasan lemon, dan ¼ sendok teh susu bubuk (opsional).

11. Pepaya

Cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel secara alami selanjutnya adalah pepaya. Manfaat pepaya untuk wajah ini berasal dari kandungan enzim yang bertujuan untuk mengeksfoliasi kulit dan membuat kulit tampak lebih cerah. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa mencampurkan halusan buah pepaya dan teh hijau.

12. Penggunaan make up

Berbagai peralatan dan produk make up terbaru kini bisa pula Anda manfaatkan sebagai cara cepat menghilangkan flek hitam di wajah. Meski demikian, cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel ini bersifat sementara karena hanya berfungsi untuk menyamarkan.  

Cara cepat menghilangkan flek hitam di wajah

Meski ada berbagai cara alami menghilangkan flek hitam di wajah, nyatanya tak sedikit orang yang lebih memilih jalur cepat sebagai cara menghilangkan flek hitam di wajah. Sebab, dalam beberapa kasus, cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel melalui obat-obatan atau prosedur medis yang disarankan oleh dokter dapat membuahkan hasil yang sesuai diinginkan dibandingkan cara alami. Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu sebelum menggunakan produk perawatan kulit atau tindakan medis untuk menghilangkan bercak hitam pada kulit wajah yang membandel. Dengan ini, dokter dapat memberikan rekomendasi yang tepat sesuai penyebab flek hitam di wajah yang Anda alami. Berikut adalah beberapa cara cepat menghilangkan flek hitam di wajah yang umum direkomendasikan oleh dokter. 

1. Krim pencerah wajah

Salah satu cara cepat menghilangkan flek hitam di wajah yang disarankan dokter adalah dengan krim pencerah wajah. Anda bisa mengoleskannya untuk mencerahkan bintik hitam di wajah yang membandel. 
Cara menghilangkan flek hitam di hidung yang disarankan dokter adalah krim pencerah wajah
Gunakan krim wajah yang mengandung AHA dan vitamin C
Krim pencerah wajah tersebut bisa berbahan dasar hydroquinone, alpha hydroxy acid (AHA), vitamin C, retinoid, asam azelaic, kojic acid, atau cysteamine. Namun, perlu diketahui bahwa penggunaan krim penghilang flek hitam di wajah ini dapat menimbulkan efek samping. Misalnya, kulit kering, warna kulit berbeda pada area tertentu, peradangan, sensasi rasa panas, iritasi kulit, pengelupasan kulit, kulit sensitif, dan ruam.Segera konsultasikan dengan dokter kulit jika penggunaan krim pencerah wajah dapat menimbulkan efek samping yang tidak biasa. 

2. Produk perawatan kulit mengandung retinol

Produk perawatan kulit mengandung retinol bisa menjadi cara cepat menghilangkan flek hitam di wajah. Selain retinol, produk skincare ini biasanya juga mengandung AHA yang baik untuk mempercepat regenerasi sel kulit dan eksfoliasi sehingga kulit lebih sehat. Jika melakukan cara cepat menghilangkan flek hitam di wajah ini, Anda akan merasakan hasilnya selama beberapa bulan ke depan. Pastikan Anda menggunakan tabir surya (sunscreen) setiap hari selama memakai produk skincare retinol. 

3. Chemical peeling

Chemical peeling adalah cara menghilangkan flek hitam di hidung yang direkomendasikan dokter
Dokter akan mengoleskan cairan kimia khusus untuk mengelupas kulit
Cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel dengan cepat adalah melalui prosedur chemical peelingPada prosedur ini, dokter kulit akan mengoleskan cairan kimia berupa asam glikolat atau asam trikloroasetat untuk mengelupas area kulit wajah yang terdapat flek hitam agar tergantikan oleh lapisan kulit yang lebih sehat. Akan tetapi, tindakan medis ini tak luput dari efek samping. Beberapa efek samping akibat chemical peeling adalah kulit kemerahan, kulit terasa perih, kulit terkelupas, iritasi, kulit bersisik, hingga pembengkakan.

4. Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi adalah prosedur kosmetik bersifat nonbedah yang bertujuan untuk memperbaiki warna dan tekstur kulit secara keseluruhan.Anda dapat melakukan mikrodermabrasi untuk memperbaiki kerusakan kulit, seperti kerutan, garis halus, flek hitam di wajah, noda bekas jerawat, dan kondisi kulit lainnya. 

5. Perawatan laser

Cara menghilangkan noda hitam di wajah bisa pula dengan tindakan laser. Tindakan ini dilakukan dengan memberikan sinar laser pada area wajah yang terdapat noda bekas jerawat. Kemudian, laser akan bekerja dengan cara mengurangi lapisan demi lapisan kulit pada area yang mengalami flek hitam. Prosedur medis ini diyakini lebih cepat menghilangkan noda bekas jerawat yang menghitam.Bagi Anda yang sedang menggunakan obat krim wajah tertentu, sebaiknya beri tahu dokter kulit terlebih dahulu. Jika Anda memiliki riwayat herpes di mulut, Anda mungkin perlu mengonsumsi obat antivirus sebelum menjalani perawatan laser ini. Efek samping perawatan laser ini di antaranya, kulit mengelupas, kulit kemerahan, kulit terasa gatal, perubahan warna kulit, infeksi, kulit bengkak, dan kulit bersisik. 

6. Cryosurgery

Berbeda dengan perawatan laser, cryosurgery adalah tindakan membekukan area wajah yang memiliki flek hitam dengan cairan nitrogen untuk menghancurkan sel kulitnya. Efek samping yang bisa dialami dari tindakan ini adalah ruam, berkurangnya pigmen kulit, hingga perdarahan. 

Cara mencegah bintik hitam di wajah muncul kembali

Walaupun flek hitam di wajah sudah mulai memudar atau menghilang, Anda tetap perlu melakukan pencegahan agar noda hitam ini tidak kembali muncul di kemudian hari. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai cara mencegah flek hitam di wajah, yaitu:

1. Melindungi kulit dari sinar matahari

Salah satu penyebab flek hitam di wajah adalah akibat paparan sinar matahari. Jadi, bagi Anda yang kerap melakukan aktivitas di luar ruangan secara rutin, kenakan pakaian berlengan panjang. Jika perlu, Anda bisa menggunakan topi, kacamata hitam, dan payung. Selain itu, bijaksanalah dalam memilih waktu untuk beraktivitas di luar ruangan. 

2. Gunakan sunscreen

Cara mencegah bintik hitam di wajah berikutnya adalah dengan mengoleskan sunscreen. Pastikan Anda mengoleskan sunscreen mengandung SPF minimal 30.Gunakan sunscreen setidaknya 15 menit sebelum keluar rumah, dan oleskan kembali tiap 2 jam atau setelah berenang dan melakukan aktivitas yang memicu keringat berlebih.

Catatan dari SehatQ

Ada berbagai cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat di wajah yang bisa Anda lakukan.Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum melakukan cara menghilangkan noda hitam di wajah yang membandel, baik secara alami maupun rekomendasi dari dokter. Dengan ini, dokter kulit dapat merekomendasikan cara menghilangkan noda hitam di wajah sesuai dengan penyebab dan kondisi kulit Anda. Anda pun dapat berkonsultasi langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk mengetahui cara menghilangkan bintik hitam di wajah.Caranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
kulit dan kecantikanflek hitamperawatan wajahmasalah kulit
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-get-rid-of-freckles#natural-remedies
Diakses pada 9 Januari 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323471.php#are-freckles-dangerous
Diakses pada 9 Januari 2020
WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/guide/moles-freckles-skin-tags#4
Diakses pada 9 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-get-rid-of-dark-spots#natural-solutions
Diakses pada 23 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-pigmentation
Diakses pada 23 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/microdermabrasion
Diakses pada 23 Oktober 2020
Emedihealth. https://www.emedihealth.com/dark-spots-home-remedies.html
Diakses pada 23 Oktober 2020
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/effective-homemade-face-packs-to-treat-dark-spots/
Diakses pada 23 Oktober 2020
Journal of Cutaneous and Aesthetic Surgery. https://www.jcasonline.com/article.asp?issn=0974-2077;year=2013;volume=6;issue=1;spage=4;epage=11;aulast=Sarkar
Diakses pada 23 Oktober 2020
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25811473/
Diakses pada 23 Oktober 2020
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/causes-of-dark-spots-1069545
Diakses pada 25 Juni 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324833.php
Diakses pada 25 Juni 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-get-rid-of-dark-spots
Diakses pada 25 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait