Cara Menghilangkan Flek Hitam di Hidung Tanpa Harus ke Dokter

(0)
Salah satu masalah kulit yang cukup sering dialami oleh orang-orang adalah hiperpigmentasi atau munculnya bercak hitam pada kulit. Tentu saja flek hitam ini menimbulkan rasa kurang percaya diri, apalagi jika muncul di area hidung. Bila Anda sedang mencari cara menghilangkan flek hitam di hidung, Anda mungkin bisa mempertimbangkan penggunaan bahan alami.

Bagaimana cara menghilangkan flek hitam di hidung?

Sama seperti area kulit lain, cara menghilangkan flek hitam di hidung juga bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Sejumlah bahan alami yang bisa dipakai untuk menghilangkan flek hitam di hidung antara lain:
  • Cuka apel

Mengandung asam asetat, penelitian menyebut bahwa cuka sari apel dapat meredakan hiperpigmentasi. Caranya, Anda cukup menempel cuka sari apel yang sudah dicampur air dengan takaran sama (1:1) pada flek hitam menggunakan kapas selama dua hingga tiga menit. Setelah itu, bilas flek hitam dengan air hangat. Ulangi aktivitas ini selama dua kali dalam sehari hingga mendapatkan hasil yang Anda inginkan. 
  • Lidah buaya

Menurut studi, lidah buaya mengandung senyawa aloin yang bisa mencerahkan kulit secara alami. Selain itu, senyawa ini turut membantu perawatan hiperpigmentasi. Cara menghilangkan flek hitam di hidung memakai lidah buaya sangat mudah. Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya murni ke flek hitam sebelum tidur dan membilasnya dengan air hangat keesokan paginya. Ulangi setiap hari sampai flek hitam memudar.
  • Bawang merah

Banyak dipakai dalam krim pemutih dan penghilang bekas luka, menggunakan ekstrak bawang merah bisa menjadi alternatif cara menghilangkan flek hitam di hidung. Selain itu, penelitian mendapati bahwa kulit bawang merah kering bisa dipakai sebagai bahan mencerahkan kulit secara efektif. Untuk mengatasi flek hitam, gunakan krim pemutih kulit yang mengandung Allium cepa (bawang merah).
  • Teh hijau

Menurut penelitian, teh hijau mempunyai potensi untuk menghilangkan flek hitam saat dioleskan ke kulit. Meski belum ada bukti yang jelas, kantong teh hijau bekas seduhan dapat memberikan efek pencerahan. Sebelum menerapkannya, pastikan kantong teh hijau bekas seduhan sudah dalam keadaan dingin saat hendak dioleskan ke kulit. Lakukan dua kali sehari hingga Anda mendapatkan hasil yang diinginkan.
  • Susu

Berkat kandungan asam laktat di dalamnya, susu dapat membantu mengatasi flek hitam di kulit. Anda dapat menghilangkan flek hitam di hidung menggunakan susu yaitu dengan cara menggosokkannya dua kali sehari memakai kapas ke area yang ingin dicerahkan. Ulangi sampai hasilnya sesuai dengan yang Anda inginkan.
  • Pasta tomat

Menurut studi rilisan The British Journal of Dermatology pada tahun 2011, pasta tomat kaya akan kandungan likopen yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan jangka pendek maupun panjang. Dalam penelitian, para peserta diminta mengonsumsi 55 gram pasta tomat yang dicampur minyak zaitun setiap hari selama 12 minggu.
  • Air lemon

Kaya akan vitamin C, air lemon dapat mencerahkan dan meratakan warna kulit. Hal ini terjadi karena vitamin C mempunyai efek depigmentasi yang menurunkan pembentukan melanin (zat pemberi warna mata, kulit, dan rambut)..Selain itu, cara menghilangkan flek hitam di hidung juga bisa dilakukan dengan bantuan medis, misalnya dengan menggunakan laser. Cahaya dari laser ini nantinya akan diarahkan ke melanin untuk memecah flek hitam. Tidak hanya laser, mikrodermabrasi juga digunakan dokter sebagai cara untuk menghilangkan flek hitam di hidung. Menggunakan alat khusus yang memiliki permukaan abrasif, dokter akan mengangkat lapisan luar kulit guna mendorong pertumbuhan kolagen baru. Kolagen baru ini nantinya akan membantu mengurangi flek hitam pada kulit.

Penyebab munculnya flek hitam pada kulit

Dapat mengurangi kepercayaan diri ketika Anda berada di tempat umum, penyebab munculnya flek hitam beragam. Berikut beberapa faktor yang mengakibatkan munculnya flek hitam di kulit:
  • Sinar matahari: Dikenal juga dengan sebutan bintik matahari, flek hitam dapat muncul jika Anda terlalu sering terpapar sinar matahari secara langsung. Anggota tubuh yang paling sering terpapar sinar matahari yaitu wajah, termasuk hidung.
  • Perubahan hormon: Sering diderita ibu hamil, masalah kesehatan yang disebabkan perubahan hormon seperti melasma memunculkan bercak-bercak perubahan warna pada kulit. Melasma terjadi karena fluktuasi hormon pada ibu hamil.
  • Efek obat: Obat-obatan tertentu meningkatkan pigmentasi kulit dan menyebabkan flek hitam. Penyebab paling umum adalah obat antiinflamasi non-steroid (NSAID), tetrasiklin, dan psikotropika.
  • Peradangan: Flek hitam bisa muncul setelah kulit mengalami peradangan. Peradangan kulit sendiri dapat terjadi karena jerawat, cedera, eksim, dan psoriasis.
  • Penyembuhan luka: Gigitan serangga, luka bakar, atau luka goresan terkadang dapat menyisakan flek hitam. Namun, ada kemungkinan bahwa flek hitam tersebut akan hilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu.
  • Iritasi: Iritasi dapat terjadi ketika Anda menggunakan produk kosmetik yang tidak cocok untuk kulit Anda. Kondisi ini kemudian memicu kemunculan flek hitam pada kulit.

Pencegahan

Kemunculan flek hitam pada kulit tidak selalu bisa dicegah. Contohnya, tidak ada solusi pencegahan untuk flek hitam yang muncul karena perubahan hormon seperti pada ibu hamil. Untuk kondisi selain perubahan hormon, Anda dapat melakukan langkah pencegahan dengan cara:
  • Menggunakan tabir surya minimal SPF 30 dan diulang setiap beberapa jam sekali tergantung aktivitas yang sedang dilakukan
  • Menggunakan topi dan kaca mata hitam untuk melindungi wajah dari sengatan sinar matahari
  • Hindari terkena cahaya sinar matahari antara jam 10 pagi hingga 4 sore
  • Mengobati masalah kulit seperti jerawat karena dapat memicu peradangan
Ketika flek hitam sudah terlanjur muncul pada kulit Ada, segera lakukan perawatan dengan menggunakan bahan-bahan alami. Jika hal tersebut tidak menunjukkan perubahan, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.
kesehatan kulitflek hitammasalah kulithiperpigmentasi
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324833#prevention
Diakses pada 31 Agustus 2020
Harvard Health Publishing. https://www.health.harvard.edu/womens-health/unmasking-the-causes-and-treatments-of-melasma
Diakses pada 31 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-remove-dark-spots-caused-by-pimples
Diakses pada 31 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-pigmentation
Diakses pada 31 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait