7 Cara Menghilangkan Dahak di Dada yang Efektif


Batuk terus menerus dan tak kunjung sembuh berarti ada penumpukan lendir di dada. Meski bukan kondisi yang membahayakan nyawa, tentu membuat aktivitas jadi tak nyaman. Cara menghilangkan dahak di dada mulai dari minum air hangat hingga konsumsi madu.

0,0
13 Jul 2021|Azelia Trifiana
Batuk bisa terjadi akibat penumpukan lendir di dadaBatuk bisa terjadi akibat penumpukan lendir di dada
Batuk terus menerus dan tak kunjung sembuh berarti ada penumpukan lendir di dada. Meski bukan kondisi yang membahayakan nyawa, tentu membuat aktivitas jadi tak nyaman. Jadi, bisa dicoba cara menghilangkan dahak di dada dengan beberapa perubahan gaya hidup.Metode di bawah ini bisa jadi pilihan untuk meredakan gejala sebelum berobat ke dokter. Namun apabila batuk bertahan hingga 100 hari bahkan lebih, cari tahu penyebabnya agar penanganan medisnya tepat sasaran.

Cara menghilangkan dahak di dada

Banyak orang yang mencoba cara menghilangkan dahak di dada ini dan merasakan manfaatnya. Berikut ini beberapa langkah yang layak dicoba:

1. Banyak minum cairan

Rekomendasi yang satu ini telah ada sejak beberapa generasi terdahulu dan memang terbukti efektif. Sebab, minum air putih dapat membantu mengencerkan dahak. Terlebih air hangat yang bisa melegakan lendir di hidung dan dada.Selain air putih, cairan yang juga layak dicoba untuk melegakan pernapasan adalah sup hangat, jus apel hangat, teh hijau, atau teh hitam rendah kafein.

2. Memasang humidifier

Anda juga bisa memasang humidifier sendiri di rumah. Fungsinya adalah melembapkan udara di ruangan sehingga dapat mengencerkan dahak. Selain humidifier berupa alat, bisa juga dengan menghirup uap dari air panas di kamar mandi.Tak hanya itu, jika ingin menghirup uap air lebih banyak, isi ember dengan air panas. Kemudian, posisikan kepala di atasnya sembari menutup bagian atas kepala dengan handuk. Hirup uap air untuk membantu mengencerkan dahak.

3. Konsumsi madu

Terbukti dalam sebuah penelitian College of Medicine dari Pennsylvania State University, konsumsi madu dapat meredakan batuk. Bahkan, bisa jadi lebih efektif ketimbang obat tradisional.Penelitian itu melibatkan 105 anak-anak dan remaja berusia antara 2 hingga 18 tahun. Mereka mengonsumsi obat batuk supresan dengan rasa madu. Hasilnya, gejala batuk menjadi lebih ringan setelah mengonsumsinya.Namun perlu diingat betul bahwa anak berusia di bawah satu tahun tidak boleh mengonsumsi madu karena ada risiko botulisme.

4. Minyak esensial

minyak esensial
Minyak esensial untuk mengencerkan dahak di dada
Beberapa jenis minyak esensial juga bisa membantu mengencerkan dahak di dada. Contohnya adalah minyak peppermint dan eucalyptus yang kerap menjadi dekongestan alami.Cara penggunaannya bisa dengan diletakkan di diffuser atau air panas. Selain itu, bisa juga dengan dioleskan secara langsung setelah dicampur dengan carrier oil. Namun, pastikan tidak ada reaksi alergi yang menyertai.Jangan lupa mengaplikasikan minyak esensial pada kulit yang sedang luka, radang, atau iritasi. Jauhkan minyak esensial dari mata.

5. Minum dekongestan

Ada obat batuk dekongestan yang dijual di pasaran dan bisa jadi pilihan cara menghilangkan dahak di dada. Bentuknya bisa berupa cairan, tablet, atau spray. Untuk menggunakannya, ikuti instruksi yang ada di kemasan.Efek samping dari dekongestan bisa membuat sulit tidur dan membuat detak jantung lebih cepat. Oleh sebab itu, disarankan mengonsumsinya di siang hari.

6. Mengoleskan vapor rub

Berbeda dengan obat batuk dekongestan, vapor rub diaplikasikan dengan cara dioles ke dada. Dalam sebuah studi pada tahun 2010, salep oles ini menempati skor tertinggi meredakan batuk dan hidung tersumbat dibandingkan dengan salep oles petrolatum.Anda bisa mengoleskannya ke dada setiap malam hingga gejala mereda. Pastikan selalu mengikuti instruksi penggunaan yang ada di kemasan.

7. Nasal spray

Apabila dahak di dada disertai dengan hidung tersumbat, nasal spray bisa membantu melegakan gejala. Cara kerjanya adalah dengan memperkecil pembuluh darah bengkak di saluran pernapasan. Dengan demikian, peradangan mereda sekaligus napas jadi lebih mudah.Namun, pastikan sudah berdiskusi dengan dokter tentang berapa lama anjuran penggunaannya. Umumnya, tidak disarankan menggunakan nasal spray dekongestan lebih dari tiga hari karena bisa membuat gejala kembali kambuh.

Kapan perlu ke dokter?

Apabila gejala tidak mereda setelah mencoba beberapa cara menghilangkan dahak di dada, sebaiknya konsultasikan kondisi Anda ke dokter. Terlebih jika ada gejala lain seperti demam, sakit dada, dan kesulitan bernapas.Selain itu, jangan tunda memeriksakan diri ke dokter jika ada keluhan seperti:
  • Hidung tersumbat lebih dari 3-4 hari
  • Konsistensi lendir berubah dari cair menjadi kental
  • Warna dahak berubah menjadi kehijauan atau kekuningan yang menandakan infeksi
Pada sebagian besar kasus, dahak di dada akan sembuh setelah 7-9 hari. Untuk berdiskusi lebih lanjut tentang cara penanganan yang tepat, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
flunyeri dadabatuk berdahak
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-mucus-in-chest#prescription-medication
Diakses pada 29 Juni 2021
American Academy of Pediatrics. https://pediatrics.aappublications.org/content/126/6/1092
Diakses pada 29 Juni 2021
JAMA Pediatrics. https://jamanetwork.com/journals/jamapediatrics/fullarticle/571638
Diakses pada 29 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait