Cara Menghilangkan Cacing di Kamar Mandi dengan Mudah


Ada tiga cara menghilangkan cacing di kamar mandi dengan mudah dan efektif, yaitu menggunakan garam bubuk, campuran cuka apel dan soda kue, hingga campuran di antara ketiga bahan tersebut.

(0)
22 Jul 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara menghilangkan cacing di kamar mandi dapat dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan rumahanCacing bisa muncul di kamar mandi yang kotor
Jika Anda sering menemukan adanya cacing di kamar mandi, sebaiknya Anda segera mengambil tindakan. Cara menghilangkan cacing di kamar mandi sebetulnya tidak sulit. Akan tetapi, cara ini harus disertai dengan upaya pencegahan berkala agar cacing tidak kembali lagi.Cacing kamar mandi jenisnya bisa sangat beragam. Anda bisa saja menemukannya di bak mandi, toilet, lantai, atau bahkan di dinding kamar mandi. Khususnya, jika kondisi kamar mandi selalu lembap, sumber airnya tidak higienis, atau terdapat retakan pada celah keramik dan saluran air.

Penyebab banyak cacing di kamar mandi

Jenis cacing kamar mandi yang biasanya muncul adalah cacing tanah, cacing darah, dan cacing rambut kuda. Ada pula beberapa jenis cacing kamar mandi lainnya, tetapi biasanya lebih jarang muncul.Di samping itu, ada hewan lain yang mirip cacing tetapi sebetulnya bukan cacing, misalnya larva ngengat atau jentik nyamuk.Baik cacing kamar mandi maupun hewan lain yang mirip cacing tersebut, keduanya suka hidup di lingkungan yang lembap dan basah. Maka tidak mengherankan jika Anda sering menemukan hewan-hewan ini di dekat saluran pembuangan, bak mandi, toilet, dan penampungan air.Jika lantai keramik atau dinding kamar mandi Anda sudah lapuk, retak, atau bolong, kondisi ini sering kali menjadi penyebab banyak cacing di kamar mandi. Kemunculan cacing tanah juga bisa menandakan adanya kerusakan atau kebocoran pada saluran pembuangan, khususnya jika kamar mandi Anda terletak di lantai dasar.

Bahaya cacing bagi kesehatan

Selain menjijikkan, keberadaan cacing di kamar mandi juga dapat membahayakan kesehatan Anda. Sebagian cacing mungkin tidak akan membahayakan manusia secara langsung. Meskipun demikian, tidak jarang cacing-cacing tersebut membawa patogen yang dapat menginfeksi manusia, misalnya bakteri E. coli dan Salmonella.Patogen tersebut membuat cacing kamar mandi berbahaya karena berpotensi menyebabkan infeksi parah pada saluran pencernaan. Oleh karena itu, penting untuk mengaplikasikan cara menghilangkan cacing di kamar mandi secara rutin agar mereka tidak kembali lagi.

Cara menghilangkan cacing di kamar mandi

Berikut adala beberapa cara mengusir cacing di kamar mandi yang mudah dan efektif karena hanya menggunakan bahan-bahan rumahan.

1. Menggunakan garam

Jika Anda menemukan cacing tanah di kamar mandi, Anda dapat menggunakan pembersih toilet, garam bubuk, atau garam kari sebagai cara menghilangkan cacing di kamar mandi secara langsung. Taburkan bahan-bahan tersebut pada permukaan badan cacing untuk membasminya.

2. Menggunakan campuran cuka apel dan soda kue

Cara mengusir cacing di kamar mandi untuk jenis cacing darah dan cacing rambut kuda, Anda dapat menggunakan larutan cuka apel dan soda kue.Campurkan 1/3 cangkir soda dan 1 cangkir cuka ke dalam botol semprot. Gunakan campuran ini sebagai cara menghilangkan cacing di kamar mandi dengan menyemprotkannya pada saluran air dan permukaan lainnya yang ada cacing.Jika ada jenis cacing rambut kuda, biasanya Anda akan menemukan inangnya yang mati di suatu tempat, misalnya kecoa. Semprotkan campuran larutan ini ke seluruh permukaan kamar mandi untuk membunuh telurnya dan mencegah cacing baru muncul lagi.

3. Menggunakan campuran cuka, soda kue, dan garam

Anda dapat membuat campuran menggunakan secangkir cuka, secangkir garam, dan secangkir soda kue sebagai cara menghilangkan cacing di kamar mandi yang efektif. Tuangkan semuanya ke saluran pembuangan dan biarkan semalaman.Campuran ini dapat membuat larva ngengat langsung mati. Untuk memastikan semuanya sudah steril, tuangkan air mendidih keesokan paginya.Air mendidih dapat memastikan larva yang masih selamat juga ikut dibasmi. Jika Anda masih menemukan larva di saluran pembuangan toilet, ulangi cara yang sama seminggu kemudian.Itulah cara menghilangkan cacing di kamar mandi. Untuk memastikan bahwa cacing dan larva tidak kembali, pastikan kamar mandi Anda dibersihkan dengan rutin secara menyeluruh. Selain itu, segera perbaiki berbagai kerusakan dan retakan di kamar mandi, seperti celah keramik atau saluran pembuangan air, jika memang ada.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
infeksi cacinge. coli
Premend. https://premend.com/how-to-get-rid-of-earthworms-in-bathroom/
Diakses 9 Juli 2021
Plumber Tip. https://plumbertip.com/worms-in-toilet/
Diakses 9 Juli 2021
University of the West of England. https://info.uwe.ac.uk/news/uwenews/news.aspx?id=1131
Diakses 9 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait