Cara Menghilangkan Bulu Ketiak dengan Pasta Gigi, Ketahui Efek Sampingnya


Cara menghilangkan bulu ketiak dengan pasta gigi tak terbukti efektivitas serta keamanannya. Sebagai alternatif, gunakan metode pisau cukur, pencabutan, waxing, laser, dan krim perontok bulu.

(0)
Cara menghilangkan bulu ketiak dengan pasta gigi tak terbukti efektivitas serta keamanannyaMenghilangkan bulu ketiak dengan pasta gigi berisiko menyebabkan iritasi kulit
Mempunyai bulu ketiak terkadang membuat kita merasa risih, apalagi ketika memakai pakaian tanpa lengan. Berbagai cara pun kemudian dilakukan untuk menghilangkan bulu ketiak, salah satunya dengan mengoleskan pasta gigi.Video soal cara menghilangkan bulu ketiak dengan pasta gigi banyak beredar di internet. Cara tersebut diklaim ampuh untuk merontokkan bulu yang tumbuh pada ketiak. Apakah pasta gigi benar-benar bisa membantu menghilangkan bulu ketiak? Lalu, amankah untuk dilakukan?

Pasta gigi tidak bisa digunakan untuk menghilangkan bulu ketiak

Hingga saat ini, belum ada penelitian dan uji klinis mengenai cara menghilangkan bulu ketiak dengan pasta gigi. Maka dari itu, efektivitas dan keamanan merontokkan bulu ketiak memakai pasta gigi masih belum terbukti dan patut dipertanyakan.Apabila melihat kandungan yang ada di dalamnya, alkohol dan hidrogen peroksida dalam pasta gigi dapat membuat kulit menjadi kering. Kondisi ini malah meningkatkan risiko terjadinya iritasi pada kulit ketiak.Berikut ini sejumlah risiko yang mungkin muncul saat Anda mengoleskan pasta gigi ke rambut, termasuk bulu ketiak:

Cara menghilangkan bulu ketiak dengan mudah

Dibanding menggunakan pasta gigi yang belum terbukti efektivitas dan keamanannya, banyak cara lain yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan bulu ketiak. Berikut ini beberapa cara menghilangkan bulu ketiak dengan mudah:

1. Dicukur

Menghilangkan bulu ketiak dengan pisau cukur merupakan cara yang murah dan minim rasa sakit. Meski begitu, cara ini berpotensi memicu iritasi dan membuat rambut tumbuh ke dalam kulit. Selain itu, Anda mungkin akan mengalami luka silet jika tidak berhati-hati. Untuk meminimalkan risiko yang bisa ditimbulkan, jangan lupa untuk menggunakan krim cukur.Walau terbilang aman, namun cara menghilangkan bulu ketiak dengan pisau cukur hanya bersifat sementara. Bulu ketiak umumnya akan kembali tumbuh hanya dalam hitungan hari.

2. Dicabut

Pencabutan merupakan salah satu menghilangkan bulu ketiak hingga ke akarnya. Dengan cara ini, bulu ketiak Anda akan tumbuh kembali dalam waktu yang lebih lama dibanding penggunaan pisau cukur.Meskipun begitu, mencabut bulu ketiak biasanya terasa cukup menyakitkan. Untuk mencegah iritasi dan kerusakan pada folikel rambut ketiak, Anda disarankan untuk mencabut sesuai arah pertumbuhan bulu. Selain itu, pastikan Anda membersihkan pinset yang akan digunakan untuk mencabut bulu ketiak untuk meminimalisir kontak dengan kotoran dan bakteri .

3. Krim perontok bulu (depilatory cream)

Bahan kimia yang terkandung dalam krim perontok bulu bisa membantu menghilangkan rambut ketiak Anda. Untuk menggunakannya, Anda cukup mengoleskan krim ini di bagian ketiak yang ditumbuhi bulu.Krim perontok bulu umumnya hanya menghilangkan dalam waktu yang relatif singkat sehingga rambut ketiak dapat kembali tumbuh dengan cepat. Selain itu, cara ini kurang efektif untuk Anda yang mempunyai bulu ketiak tebal.

4. Waxing

Waxing adalah metode yang hampir mirip dengan pencabutan menggunakan pinset, tapi cara ini dapat menghilangkan banyak bulu ketiak sekaligus dalam sekali tarikan. Cara kerja waxing yaitu dengan mengaplikasikan lilin cair (wax) ke kulit ketiak, sebelum kemudian mencabutnya ketika sudah kering.Umumnya, salon-salon kecantikan  menyediakan layanan menghilangkan bulu ketiak dengan waxing. Namun, Anda juga bisa menerapkan metode ini sendiri di rumah.

5. Laser

Metode laser cocok dipakai untuk menghilangkan bulu ketiak yang sangat hitam pada orang berkulit cerah. Laser membuat bulu ketiak berwarna lebih cerah dan halus, sehingga menjadi tersamarkan serta tak terlihat dengan jelas.Ketika menggunakan cara ini untuk menghilangkan bulu, Anda akan merasakan sedikit rasa sakit seperti layaknya tersentak karet gelang. Selain itu, metode laser membutuhkan biaya mahal karena Anda harus melewati 6 hingga 12 sesi untuk mendapatkan hasil yang optimal. Menghilangkan bulu dengan laser harus dilakukan bertahap karena fase pertumbuhan yang berbeda-beda.

Catatan dari SehatQ

Efektivitas maupun keamanan dari cara menghilangkan bulu ketiak dengan pasta gigi belum terbukti, oleh sebab itu Anda sebaiknya tidak menggunakan cara tersebut. Sebagai alternatif, menghilangkan bulu ketiak bisa dilakukan dengan pisau cukur, dicabut memakai pinset, laser, waxing, dan krim perontok bulu.Untuk berdiskusi lebih lanjut soal efektivitas dan keamanan cara menghilangkan bulu ketiak dengan pasta gigi, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
rambut rontokkesehatan rambutrambut tumbuh kedalamketiak hitam
Healthline. https://www.healthline.com/health/toothpaste-on-hair
Diakses pada 10 Februari 2021
SkinMD. https://www.skinmd.ph/blog-content/types-underarm-hair-removal-methods
Diakses pada 10 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait