Mencukur bulu hidung dengan trimmer adalah pilihan yang lebih aman
Bulu hidung yang panjang mengurangi daya tarik penampilan Anda

Bulu hidung diciptakan sebagai penyaring udara sebelum memasuki tubuh, tetapi terkadang bulu hidung yang terlalu lebat malah dapat mengganggu penampilan dan dapat membuat bahkan Anda sendiri merasa jijik.

Kalau Anda tetap ingin menghilangkan bulu hidung, kenali cara dan risiko menghilangkan bulu hidung yang dapat dilakukan di rumah dengan berbagai alat yang bisa dibeli di pasaran.

Cara menghilangkan bulu hidung

Bulu hidung yang lebat atau panjang kadangkala tidak hanya merusak penampilan, tetapi juga dapat mengganggu saat bernapas. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan bulu hidung yang dapat dicoba.

1. Waxing atau memakai pinset

Saat ingin membasmi bulu hidung, waxing atau mencabut bulu hidung dengan pinset mungkin adalah dua metode yang terlintas di pikiran Anda. Sayangnya, kedua cara ini tidak disarankan untuk menghilangkan bulu hidung. 

Mencabut dengan pinset maupun waxing dapat menyebabkan infeksi, penumbuhan rambut masuk ke dalam kulit (ingrown hair), dan melukai bagian dalam hidung.

Akan tetapi, karena waxing dan menggunakan pinset memang mencabut keseluruhan bulu hidung sampai ke akarnya, maka kedua metode ini bisa mempertahankan bulu hidung tetap pendek lebih lama.

2. Menggunakan trimmer

Berbeda dengan waxing dan mencabut dengan pinset, menggunakan trimmer cenderung perlu dilakukan beberapa kali karena bulu hidung bisa tumbuh lebih cepat.

Namun, metode ini adalah cara menghilangkan bulu hidung yang lebih aman. Terdapat dua macam trimmer, yaitu trimmer berupa gunting kecil yang berujung tumpul atau membulat dan trimmer elektrik yang berupa pencukur dengan silet yang berujung bulat.

Sebelum memakai trimmer untuk menghilangkan bulu hidung, pastikan Anda melakukannya di depan cermin dengan cahaya lampu yang terang. Kemudian, bersihkan hidung terlebih dahulu sebelum memulai trimming.

Anda juga dapat menggunakan kaca pembesar untuk melihat bulu hidung lebih cermat. Saat akan mencukur atau menggunting, naikan kepala sedikit ke atas agar Anda dapat melihat lubang hidung dengan lebih baik

Gunting atau cukur bulu hidung yang paling lebat atau yang terlihat, Anda tidak perlu menghilangkan semua bulu hidung.

Kemudian, hembuskan napas melalui hidung beberapa kali untuk mengeluarkan bulu-bulu hidung yang tersisa. Anda tidak perlu membasuh hidung dengan air.

3. Menghilangkan bulu hidung dengan laser

Penggunaan laser dapat secara permanen menghilangkan bulu hidung Anda. Namun, terdapat kemungkinan metode cara menghilangkan bulu hidung ini berpotensi merusak membran mukosa di dalam hidung Anda.

Kebanyakan penanganan laser hanya menghilangkan bulu hidung yang terlihat saja dan tidak membasmi semua bulu hidung. Di antara ketiganya, metode ini yang paling mahal dan membutuhkan diskusi bersama dokter kulit yang sudah profesional.

Anda membutuhkan kurang lebih enam sesi untuk bisa menghilangkan bulu hidung secara permanen. Penanganan ini meliputi memanaskan dan menghancurkan folikel rambut di bulu hidung.

Ketiga cara menghilangkan bulu hidung di atas merupakan metode-metode yang dapat dicoba. Namun, Anda tidak disarankan untuk mencoba teknik waxing dan mencabut bulu hidung dengan pinset karena dapat melukai bagian dalam hidung.

Hindari menggunakan krim penghilang rambut karena Anda bisa saja menghirup zat-zat beracun dari krim tersebut dan jangan menggunakan gunting yang memiliki ujung yang runcing. Selalu gunakan gunting trimmer yang berujung tumpul atau membulat.

Catatan dari SehatQ

Memang, bulu hidung yang lebat dan keluar dari lubang hidung dapat mengganggu penampilan, namun sebaiknya cukup cukur saja ujung yang keluar dan tidak menghabiskan seluruh bulu hidung Anda, pasalnya walaupun kecil dan tidak terlihat, bulu hidung memiliki manfaat seperti:

  • Melembabkan kondisi hidung sehingga tidak kering dan mengiritasi mukosa sekitarnya.
  • Menyaring udara kotor.
  • Mencegah infeksi saluran napas

Bila Anda masih ragu cara mana yang paling efektif, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mencari tahu metode mana yang lebih cocok untuk Anda.

Healthline. https://www.healthline.com/health/nose-hair-removal
Diakses pada 4 Februari 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326920.php
Diakses pada 4 Februari 2020

Artikel Terkait