Cara Menghilangkan Bulu Dada untuk Kulit yang Lebih Mulus


Sebelum memutuskan untuk menghilangkan bulu dada Anda, sebaiknya Anda kenali dulu beberapa cara menghilangkan bulu dada yang bisa dilakukan untuk mengetahui bagaimana prosesnya.

(0)
17 Jun 2020|Salis Annisa
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cara menghilangkan bulu dada dapat dilakukan dengan beberapa caraCara menghilangkan bulu dada yang terlalu lebat bisa dengan mencukur, waxing, atau elektrolisis
Bagi sebagian pria, memiliki bulu dada yang lebat bisa menambah kepercayaan diri. Akan tetapi, sebagian lainnya mungkin tidak nyaman dan ingin segera menghilangkannya. Lantas, bagaimana cara menghilangkan bulu dada yang benar? Simak informasinya berikut ini.

Cara menghilangkan bulu dada

Pada sejumlah area tertentu, bulu dada dapat tumbuh dengan cepat karena dipengaruhi oleh hormon testosteron. Bagi Anda yang merasa terganggu, mencukur bulu dada menjadi kegiatan rutin yang Anda lakukan.Ada beragam cara menghilangkan bulu dada yang bisa Anda lakukan, baik secara sementara hingga permanen. Cara yang dilakukan bervariasi, mulai dari mencukurnya hingga melalui elektrolisis. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan bulu dada yang bisa Anda pilih:

1. Mencukur

Cara menghilangkan bulu dada dengan cepat dan mudah tentu saja dengan mencukurnya. Meski begitu, Anda harus rajin mencukurnya dan melakukannya dengan hati-hati.Cara mencukur yang salah bisa menyebabkan kulit dada menjadi kasar, bahkan iritasi.Saat mencukur bulu dada, Anda juga berisiko terkena pisau cukur, dada berjerawat, atau mengalami rambut tumbuh ke dalam. Kondisi ini dapat membuat dada terasa gatal. Itu sebabnya Anda harus berhati-hati saat mencukur.

2. Waxing

Cara menghilangkan bulu dada yang satu ini dilakukan dengan menggunakan potongan kain khusus dilapisi krim atau cairan lilin (wax) yang bisa merekat. Setelah mengering, kain akan segera ditarik sehingga bulu dada Anda ikut terangkat.Manfaat yang dapat Anda rasakan melalui perawatan ini adalah kulit bagian dada Anda menjadi lebih halus dan hasilnya dapat bertahan sekitar sebulan. Meski begitu, sama seperti mencukur, bulu dada, waxing juga dapat menimbulkan sensasi terbakar, bulu tumbuh ke dalam, jerawat dada, dan memar.Agar memudahkan proses waxing, cobalah untuk melakukan eksfoliasi kulit setidaknya dua hari sebelum Anda melakukan perawatan ini. Eksfoliasi dapat membuat lilin waxing lebih mudah menempel pada rambut sehingga proses pengangkatannya tidak terlalu menyakitkan.

3. Sugaring

Metode menghilangkan bulu dada lebat yang satu ini secara praktik hampir tidak ada bedanya dengan waxing. Perbedaan hanya terletak pada medium yang digunakan yang mana sugaring menggunakan pasta gula untuk mencabut bulu dada.Selain itu, metode sugaring ini cenderung tidak menimbulkan rasa sakit seperti yang dirasakan saat waxing. 

4. Krim penghilang rambut

Anda juga bisa menggunakan krim atau cairan penghilang rambut. Produk ini mengandung bahan kimia yang apabila dioleskan pada rambut dapat dengan segera menghancurkan protein di dalamnya. Alhasil, rambut akan rontok seketika.Namun, sebaiknnya berhati-hati karena produk krim, cairan, maupun gel penghilang rambut berpotensi menimbulkan reaksi alergi apabila tidak cocok dengan kulit Anda. Berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu apabila ingin menggunakan cara yang satu ini. 

5. Elektrolisis

Cara menghilangkan bulu dada yang satu ini mungkin terdengar asing bagi Anda. Elektrolisis dilakukan dengan menggunakan jarum yang sangat tipis untuk menembus setiap batang rambut.Perawatan ini akan memberikan kejutan listrik berdaya kecil ke setiap folikel rambut dan membunuh sel-sel rambut. Ketika sel ini hilang, tidak ada lagi rambut yang akan tumbuh di bagian dada Anda.Proses elektrolisis akan membutuhkan waktu yang lebih lama jika Anda ingin menghilangkan banyak bulu dada. Ini karena bagian bulu yang akan ditusukkan dengan jarum juga semakin banyak.Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan perawatan ini, pastikan Anda sudah mengonsultasikan secara rinci dengan dokter atau ahli kecantikan. Tanya segala hal yang ingin Anda ketahui, misalnya waktu yang dibutuhkan hingga efek samping yang mungkin dirasakan.

Kenapa bulu dada terus tumbuh?

Tumbuhnya bulu dada disebabkan oleh hormon yang disebut dengan androgen. Hormon ini pada dasarnya dimiliki oleh wanita dan pria. Meski demikian, tubuh pria lebih memiliki hormon androgen lebih banyak dibandingkan wanita. Selain itu, tumbuhnya bulu dada juga dapat dipengaruhi oleh faktor genetik. Jika keluarga Anda cenderung memiliki kadar hormon androgen yang lebih tinggi, bulu yang tumbuh di tubuh Anda juga akan lebih banyak.

Catatan dari SehatQ

Sebelum memutuskan cara memilih menghilangkan bulu dada, sebaiknya konsultasikan hal ini dengan dokter atau ahli kecantikan, khususnya untuk metode waxing dan elektrolisis. Tanyakan pula kemungkinan yang memberikan hasil paling optimal. Dengan begitu, Anda akan lebih siap menjalani prosedurnya.Konsultasi seputar tips perawatan tubuh, lebih mudah dan cepat melalui layanan chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasi SehatQ sekarang juga di App Store dan Google PlayGratis!
kesehatan priakulit dan kecantikankesehatan rambut
Medical news today
https://www.medicalnewstoday.com/articles/323540#causes-of-excess-body-hair
Diakses 2 Juni
Webmd
https://www.webmd.com/men/features/for-men-only-hair-removal#1
Diakses 1 Juni
Menshealth
https://www.menshealth.com/uk/style/grooming/a747196/how-to-get-rid-of-body-hair-499134/
Diakses 1 Juni
Byrdie
https://www.byrdie.com/chest-hair-removal-and-grooming-for-men-1716934
Diakses 1 Juni
Oh reviews
https://ohoreviews.com/grow-chest-hair/
Diakses 2 Juni
Pubmed
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK546248/
Diakses 2 Juni
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait