Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Tomat, Mudah dan Murah!


Cara menghilangkan bruntusan dengan tomat bisa dilakukan dengan cara menggunakannya sebagai masker wajah atau mengoleskannya secara langsung pada area kulit yang terdapat bruntusan. Namun, Anda juga perlu mewaspadai efek samping yang mungkin terjadi.

0,0
26 Oct 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara menghilangkan bruntusan dengan tomat salah satunya dijadikan maskerCara menghilangkan bruntusan dengan tomat bisa dilakukan dengan mudah dan murah
Cara menghilangkan bruntusan dengan tomat bisa dijadikan sebagai alternatif alami dan murah untuk mengembalikan kecantikan kulit Anda. 
Ya, selain segar dan lezat dikonsumsi, buah satu ini juga mengandung berbagai vitamin dan mineral, seperti antioksidan, vitamin C, kalium, dan magnesium yang menyehatkan untuk kulit.Lantas, bagaimana cara menghilangkan bruntusan dengan tomat yang aman?

Cara menghilangkan bruntusan dengan tomat

Cara menghilangkan bruntusan dengan tomat adalah dengan dijadikan masker tomat
Buat masker tomat untuk menghilangkan bruntusan di wajah
Cara menghilangkan bruntusan dengan tomat bisa dilakukan secara sederhana, mudah, dan murah. Berikut ini beberapa caranya.

1. Menggunakan masker tomat

Anda bisa menggunakan masker tomat untuk bruntusan dengan cara mengoleskannya setiap 2-3 kali dalam seminggu.Manfaat tomat untuk wajah bruntusan dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih di wajah sehingga mencegah terbentuknya bruntusan Berikut ini bahan dan cara membuat masker tomat untuk bruntusan yang mudah dicoba di rumah.

• Bahan

  • 1 buah tomat kecil
  • 4-5 tetes tea tree oil
  • 1 sendok makan minyak jojoba

• Cara membuat

  • Kupas kulit tomat dan potong kecil-kecil.
  • Hancurkan tomat hingga halus.
  • Tambahkan tea tree oil dan minyak jojoba ke dalam tomat dan aduk rata.
  • Oleskan masker tersebut secara merata ke wajah, kecuali area mata.
  • Diamkan di kulit 15 menit.
  • Cuci wajah dengan air hangat.

2. Oleskan secara langsung

Selain menggunakan masker tomat untuk bruntusan, Anda bisa memperoleh manfaat tomat untuk wajah sebagai cara menghilangkan bruntusan di wajah. Berikut ini cara menghilangkan bruntusan dengan tomat yang dioleskan secara langsung. 
  • Potong tomat menjadi 2 bagian, lalu dibuat menjadi jus.
  • Celupkan satu buah kapas bersih ke tomat yang sudah dihaluskan, lalu usapkan kapas tersebut ke wajah.
  • Diamkan sesaat sebelum membilasnya menggunakan air hangat.
Anda juga bisa menghaluskan tomat hingga memiliki konsistensi seperti pasta lalu mengoleskannya ke kulit. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas.

3. Oleskan pada noda jerawat 

Cara menghilangkan bruntusan dengan tomat, yakni dengan mengoleskannya pada area wajah yang berjerawat. Anda cukup mengoleskan jus tomat ke area kulit wajah yang mengalami bruntusan. Cara menghilangkan bruntusan dengan tomat ini diyakini bisa mengurangi penumpukan sel kulit mati, kulit kering, dan peradangan yang jadi penyebab bruntusan muncul.Selain itu, manfaat tomat untuk wajah bruntusan juga bisa sebagai eksfolian atau zat yang memicu pengelupasan sel kulit mati. Jadi, risiko terbentuknya bruntusan bisa berkurang.

Apa efek samping masker tomat untuk bruntusan?

Cara menghilangkan bruntusan dengan tomat bisa timbul alergi
Rasa gatal bisa muncul akibat penggunaan masker tomat untuk bruntusan
Meski alami, cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan tomat bisa menimbulkan sejumlah efek samping beberapa orang. Pasalnya, tomat bersifat asam sehingga risiko kulit iritasi bisa saja muncul pada sejumlah orang, terutama pemilik kulit sensitif. Selain itu, efek samping tomat untuk wajah berupa alergi juga bisa muncul. Beberapa gejala yang akan terjadi apabila Anda alergi terhadap tomat adalah:
  • Ruam kemerahan
  • Gatal-gatal
  • Bengkak
  • Sesak napas
  • Bentol-bentol
Untuk mengetahui ada tidaknya alergi terhadap tomat, Anda bisa melakukan tes sederhana pada kulit terlebih dahulu. Caranya, cukup oleskan sedikit masker tomat pada area kulit tangan dan tunggu selama 15-20 menit. Jika muncul ciri-ciri alergi, sebaiknya hindari penggunaan masker tomat untuk bruntusan di wajah.

Cara mencegah bruntusan kembali datang

Setelah berhasil menghilangkan bruntusan dengan tomat, Anda tentu tidak ingin kondisi ini kembali muncul. Sehingga, Anda sebaiknya lakukan beberapa cara di bawah ini untuk mencegah kemunculannya.

1. Rajin mencuci muka

Cara mencegah bruntusan adalah dengan rajin cuci muka
Cara mencegah bruntusan adalah dengan cuci muka
Salah satu cara mencegah bruntusan kembali datang adalah dengan rutin mencuci muka dua kali sehari menggunakan sabun cuci muka berbahan lembut. Anda juga bisa menambah frekuensi cuci muka apabila udara sedang panas sehingga keringat jadi lebih banyak keluar.

2. Rutin melembapkan wajah

Anda juga perlu melembapkan wajah sebagai cara merawat wajah berjerawat agar kulit sehat dan bebas dari bruntusan. Pilih produk pelembap yang bebas minyak (oil-free) dan bersifat noncomedogenic.

3. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari berlebih bisa membuat kulit mengalami iritasi. Maka itu, Anda perlu rutin menggunakan tabir surya atau sunscreen setiap hari sebelum keluar rumah untuk mencegah terjadinya bruntusan.Anda dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit sebelum menerapkan cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan tomat di atas. Dokter dapat membantu dalam menentukan apakah kulit wajah Anda cocok menggunakannya atau tidak.Dengan ini, manfaat masker tomat untuk bruntusan bisa Anda dapatkan dengan optimal.Bagi Anda yang penasaran ingin coba manfaat masker tomat untuk bruntusan tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
jerawatpengobatan jerawattomatmasker wajah
Healthline. https://www.healthline.com/health/tomato-benefits-for-skin
Diakses pada 13 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/tomato-for-face
Diakses pada 13 Oktober 2020
First Cry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/magazine-tomatoes-for-skin-heres-how-it-helps-you-to-get-gorgeous-skin/
Diakses pada 13 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/small-bumps-on-forehead
Diakses pada 13 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait