Cara Menghilangkan Brewok Bisa Dilakukan dengan Langkah-langkah Ini


Cara menghilangkan brewok secara permanen adalah dengan tindakan elektrolisis. Sementara itu, ada cara semi-permanen, melalui laser dan krim racikan dokter. Pilih yang mana?

(0)
23 Dec 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cara menghilangkan brewok bisa dilakukan melalui prosedur medisAda beberapa pilihan cara menghilangkan brewok yang bisa dicoba pria
Mencukur biasanya dipilih untuk memangkas kumis dan jenggot alias brewok. Namun, bagi Anda yang sudah bulat tidak ingin lagi punya rambut di wajah, ada cara menghilangkan brewok secara permanen yang bisa Anda pilih, yakni elektrolisis.Banyak orang senang menumbuhkan brewok karena kerap dipandang sebagai simbol maskulinitas. Namun, tidak sedikit juga pria yang memilih sebaliknya, yakni rutin mencukur rambut di wajah karena ingin terlihat lebih bersih maupun karena tuntutan pekerjaan tertentu.Ada pula pria yang memilih tidak brewokan karena alasan kesehatan. Iritasi kulit, ketombe, biang keringat, jerawat, ingrown hair, hingga sparse spots memang lebih berisiko muncul pada kulit wajah yang memiliki banyak rambut.

Seperti apa cara menghilangkan brewok dengan elektrolisis?

Banyak metode diklaim sebagai cara menghilangkan brewok secara permanen yang ampuh. Namun, sejauh ini Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika (FDA) dan American Medical Association hanya mengakui elektrolisis sebagai metode ampuh dan terbukti mampu mengenyahkan rambut secara permanen.Elektrolisis sendiri adalah metode pengangkatan rambut, baik di wajah maupun tubuh bagian manapun, secara individual atau satu persatu dengan bantuan zat kimia atau energi panas dari alat khusus. Setelah zat kimia atau energi panas itu masuk ke folikel, dokter atau terapis Anda akan mencabut rambut menggunakan pinset.Setiap sesi elektrolisis biasanya memakan waktu 15 menit hingga 1 jam. Anda pun harus datang beberapa kali ke klinik atau rumah sakit untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.
Elektrolisis dapat dipilih untuk menghilangkan brewok
Banyaknya sesi elektrolisis tergantung pada kondisi rambut Anda sendiri. Kebanyakan orang biasanya diminta untuk datang ke klinik seminggu sekali demi melakukan proses elektrolisis hingga rambut wajah pada kumis atau brewok berhasil diangkat sepenuhnya.Cara menghilangkan brewok ini mungkin terdengar melelahkan di awal. Namun yang jelas, setelah serangkaian sesi ini berakhir, rambut wajah alias brewok Anda dipastikan hilang secara permanen dan tidak tumbuh lagi.Elektrolisis merupakan prosedur medis yang aman asalkan menjalaninya di rumah sakit atau klinik tepercaya, dengan pengawasan dokter. Kendati demikian, dalam beberapa kasus bisa saja terjadi efek samping, seperti:
  • Nyeri pada area tindakan
  • Kulit wajah menjadi kemerahan akibat iritasi
  • Luka pada area wajah yang ditusuk jarum
  • Luka berubah menjadi keloid (dalam kasus ekstrem)

Cara menghilangkan brewok semi-permanen

Anda masih ragu untuk menghilangkan brewok secara permanen? Cobalah beberapa metode semi-permanen ini. Cara menghilangkan brewok ini dikatakan semi-permanen karena mampu ‘menidurkan’ akar rambut wajah lebih lama, sehingga brewok tidak lekas tumbuh kembali setelah menjalani perawatan ini.Cara menghilangkan brewok semi-permanen yang dimaksud adalah dengan:

1. Terapi laser

Menembakkan laser pada prinsipnya mirip seperti elektrolisis, yakni mengincar folikel atau akar rambut agar rusak dan tidak lekas tumbuh kembali. Anda pun harus menjalani beberapa sesi sebelum merasakan hasil dari teknologi laser ini.Berdasarkan pengalaman orang-orang yang telah menjalani perawatan laser ini, brewok bisa ‘tidur’ selama beberapa bulan bahkan hitungan tahun. Pun ketika kumis dan jenggot tumbuh lagi, rambutnya akan lebih tipis dan tidak terlalu lebat seperti sebelumnya.Meskipun demikian, cara menghilangkan brewok ini punya efek samping, seperti iritasi dan kemerahan yang akan bertahan selama beberapa jam setelah perawatan. Dalam kasus yang lebih jarang, orang juga dapat mengalami perubahan pigmen kulit serta (sangat jarang) muncul lentingan dan luka.

2. Menggunakan krim racikan

Baik elektrolisis maupun laser memiliki harga tersendiri. Oleh karena itu, Anda dapat menempuh cara menghilangkan brewok semi-permanen lainnya, yakni dengan bantuan krim racikan dokter.Salah satu kandungan dalam krim ini biasanya adalah eflornithine yang bekerja dengan mencegah produksi enzim penumbuh rambut. Krim ini harus dioleskan ke brewok 2 kali sehari selama 1 bulan penuh, agar rambut wajah ini tidak akan tumbuh lagi hingga 8 minggu kemudian.

Catatan dari SehatQ

Anda dapat mengulang proses yang sama ketika brewok mulai tumbuh lagi. Hanya saja, krim ini berpotensi mengakibatkan munculnya rasa seperti terbakar pada kulit, biang keringat, dan jerawat sehingga selalu ikuti saran dokter saat memakai obat ini.Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang cara menghilangkan brewok yang aman bagi kesehatan kulit, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
perawatan kulitmasalah kulitbrewokkesehatan pria
Yale Medicine. https://www.yalemedicine.org/news/beard-mustache-skin-problems
Diakses pada 9 Desember 2020
WebMD. https://www.webmd.com/beauty/cosmetic-procedures-electrolysis
Diakses pada 9 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-remove-hair-permanently
Diakses pada 9 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait