Cara Menghilangkan Borok di Kepala Sesuai Penyebabnya

(0)
27 Sep 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara menghilangkan borok di kepala bisa dengan bahan alami seperti lidah buayaCara menghilangkan borok di kepala ada beragam mulai alami hingga medis
Kesehatan kulit kepala mungkin selama ini jarang diperhatikan. Namun seperti bagian kulit lainnya di tubuh, area ini juga dapat mengalami berbagai gangguan, termasuk borok. Cara menghilangkan borok di kepala pun tidak terlalu berbeda dari borok di area kulit lain.Untuk bisa mengobati borok di kepala secara efektif, Anda juga perlu mengetahui penyebabnya. Pasalnya, langkah perawatan yang dilakukan bisa berbeda untuk borok yang disebabkan oleh infeksi bakteri, dermatitis, maupun penyebab lainnya.

Cara menghilangkan borok di kepala yang tepat

Borok di kepala bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari ketombe, infeksi, hingga gangguan imun seperti dermatitis. Maka dari itu, produk yang digunakan untuk mengatasinya pun beragam. Berikut ini beberapa jenisnya.
Gel lidah buaya bisa jadi cara menghilangkan borok di kepala secara alami
Cara menghilangkan borok dikepala salah satunya dengan lidah buaya

1. Gel lidah buaya

Gel lidah buaya bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan borok di kepala yang disebabkan oleh psoriasis. Psoriasis adalah kondisi yang membuat kulit kepala menjadi merah, gatal, kering, bersisik, dan mengelupas akibat adanya gangguan imun.Untuk memanfaatkan bahan ini, Anda cukup mengoleskannya ke area kulit kepala yang mengalami borok secara perlahan. Gel lidah buaya bisa didapatkan secara langsung dari tanamannya, maupun dalam bentuk kemasan yang sudah banyak tersedia di toko.

2. Minyak tea tree

Bahan alami lain yang bisa dijadikan sebagai salah satu cara menghilangkan borok di kepala adalah tea tree oil atau minyak tea tree. Minyak ini dianggap efektif untuk mengatasi ketombe dan psoriasis.Hanya saja, tidak semua orang cocok menggunakannya. Pada beberapa orang, minyak tea tree bisa memicu reaksi alergi.Sehingga sebelum menggunakannya, sebaiknya Anda coba sedikit dulu di bagian kulit lain seperti di tangan. Jika tidak ada reaksi yang muncul, barulah oleskan di area kulit kepala.
Shampo khusus medikasi bisa bantu hilangkan borok di kulit kepala
Gunakan shampo khusus untuk atasi borok di kepala

3. Sampo khusus medikasi

Sampo khusus medikasi sudah terbukti efektif sebagai cara menghilangkan borok di kepala. Pada kondisi kulit kepala yang terkena psoriasis, misalnya, Anda dapat mencari sampo medikasi dengan kandungan asam salisilat dan tar.Sementara itu untuk kondisi kulit kepala borok akibat eksim atau dermaitis dan infeksi jamur (ringworm), Anda bisa memilih sampo medikasi yang mengandung:
  • Zinc pyrithione
  • Asam salisiliat
  • Selenium sulfida
  • Tar

4. Sampo antiketombe

Ketombe juga bisa memicu kulit kepala kering, mengelupas, dan terasa gatal. Kondisi ini memang tidak selalu minumbulkan borok. Namun apabila ketombe membuat Anda sering menggaruk kepala hingga terluka, maka borok bisa saja timbul.Maka dari itu, saat Anda menemukan ketombe di kulit kepala, sebaiknya segera lakukan langkah-langkah untuk menghilangkannya, seperti memilih sampo antiketombe yang mengandung:
  • Zinc
  • Pyrithione
  • Selenium sulfida
  • Ketoconazole
Setelah keramas menggunakan sampo antiketombe, pastikan Anda sudah mencuci rambut hingga benar-benar bersih. Sisa-sisa sampo yang dibiarkan tertinggal justru akan membuat ketombe bertambah parah.
Salep antibiotik bisa jadi cara menghilangkan borok di kepala
Salep antibiotik bisa bantu sembuhkan borok di kepala

5. Obat antibiotik

Infeksi bakteri seperti impetigo, folikulitis, dan jerawat bisa menyebabkan luka di kepala yang jika tidak segera ditangani, akan berkembang menjadi borok. Borok di kepala akibat kondisi-kondisi tersebut, bisa diobati menggunakan antibiotik.Ketiga kondisi ini sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya, sehingga dokter biasanya tidak akan langsung memberikan antibiotik.Namun jika kondisi tersebut tidak kunjung mereda, maka dokter akan meresepkan obat tersebut dalam bentuk krim, gel, maupun tablet.

6. Obat steroid

Obat steroid biasanya digunakan untuk kondisi borok yang sudah parah. Pada psoriasis berat, dokter biasanya akan meresepkan gel atau krim berisi obat kortikosteroid atau bahkan menyuntikkan langsung obat tersebut ke kulit kepala.Obat jenis ini juga biasanya akan diberikan oleh dokter untuk borok di kulit kepala akibat planopirosis. Selain menyebabkan borok, penyakit ini juga akan membuat rambut rontok bahkan botak.
Obat antijamur bisa jadi cara menghilangkan borok di kepala
Mengonsumsi obat antijamur bisa bantu hilangkan borok di kepala

7. Obat antijamur

Infeksi ringworm di kulit kepala bisa muncul akibat jamur yang mudah menular dari satu orang ke orang lain. Jika tidak segera diobati, kondisi ini bisa menyebabkan peradangan di kulit kepala, luka atau borok, hingga kerontokan rambut secara permanen.Untuk mengobatinya, dokter biasanya akan meresepkan obat antijamur griseofulvin atau terbinafine yang perlu dikonsumsi selama satu hingga tiga bulan. Obat krim biasanya tidak terlalu efektif untuk ringworm.

8. Obat antivirus

Orang dengan riwayat cacar air, juga berisiko mengalami cacar api atau herpes zoster. Benjolan maupun luka akibat oleh cacar api bisa muncul di banyak area tubuh, termasuk kulit kepala, yang akhirnya menyebabkan borok.Untuk mengobatinya, dokter akan memberikan obat antivirus, pereda nyeri, sekaligus salep yang perlu digunakan selama beberapa hari hingga virus tersebut hilang.Sementara itu, untuk kondisi borok di kepala karena dermatitis kontak, perawatan yang paling efektif adalah dengan menghindari barang atau bahan pemicu kondisi tersebut.Misalnya, Anda bisa mengganti sampo yang biasa digunakan dengan sampo dengan bahan lain tanpa risiko iritasi.

Cara mencegah borok di kepala

Munculnya borok di kepala memang tidak selalu bisa dicegah, apalagi jika kondisit tersebut dipicu oleh penyakit seperti dermatitis. Meski begitu, beberapa langkah di bawah ini tetap bisa Anda lakukan untuk mengurangi risiko munculnya gangguan di kulit kepala.
  • Cuci tangan secara teratur dan hindari kontak dengan orang yang sedang mengalami infeksi bakteri menular.
  • Rutin keramas agar kotoran tidak menumpuk di kulit kepala, sekaligus untuk mengurangi risiko infeksi.
  • Hindari terlalu sering menyentuh atau menggaruk kulit kepala.
  • Pilih shampoo yang tidak mengiritasi kulit kepala atau membuat kulit kepala jadi kering.
  • Periksakan kondisi Anda ke dokter kulit jika gangguan di kulit kepala terus muncul.
Borok di kepala umumnya bukanlah kondisi yang berbahaya. Namun, jika kemunculan kondisi ini disertai juga dengan gejala lain seperti demam dan bengkak di area kulit kepala, maka sebaiknya Anda segera memeriksakannya ke dokter.
kesehatan kulit kepalapsoriasisketombedermatitis seboroik
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/scalp-scabs
Diakses pada 16 September 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323588
Diakses pada 16 September 2020
Net Doctor UK. https://www.netdoctor.co.uk/ask-the-expert/skin-hair-nails/a3151/my-scalp-feels-very-sore/
Diakses pada 16 September 2020
Net Doctor UK. https://www.netdoctor.co.uk/healthy-living/wellbeing/a28542/scalp-psoriasis/
Diakses pada 16 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait