logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Penyakit

15 Cara Menghilangkan Benjolan Ambeien secara Alami dan Medis

open-summary

Cara menghilangkan benjolan ambeien yang alami antara lain dengan menggunakan campuran minyak kelapa dan lidah buaya, es batu, kompres dingin, dan berendam air hangat. Sementara secara medis, benjolan ambeien yang tidak kunjung sembuh bisa dihilangkan dengan ligasi, skleroterapi, hingga elektroterapi.


close-summary

9 Sep 2022

| Asni Harismi

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Cara menghilangkan benjolan ambeien adalah dengan minum obat wasir, kompres dingin, hingga operasi

Cara menghilangkan benjolan ambeien antara lain dengan minum obat wasir hingga operasi

Table of Content

  • Cara menghilangkan benjolan ambeien secara alami
  • Cara menghilangkan benjolan ambeien dengan bantuan medis
  • Lantas, berapa lama benjolan ambeien akan hilang?

Orang yang menderita wasir alias ambeien pasti setuju bahwa penyakit ini sangat mengganggu karena menyebabkan rasa tidak nyaman saat duduk maupun buang air besar. Tidak heran bila banyak yang mencari cara menghilangkan benjolan ambeien, baik dengan cara alami maupun bantuan medis.

Advertisement

Cara menghilangkan benjolan ambeien secara alami

Cara menghilangkan benjolan ambeien adalah dengan lidah buaya
Lidah buaya dianggap efektif untuk menghilangkan benjolan ambeien

Ambeien, disebut juga hemoroid, adalah semacam daging atau benjolan yang tumbuh di dalam maupun di bibir anus. Benjolan ini biasanya disebabkan oleh bengkaknya pembuluh darah vena yang berada di sekitar area tersebut karena beberapa hal, misalnya kegemukan, kehamilan, maupun terlalu mengejan saat buang air besar.

Selain munculnya benjolan, ambeien juga ditandai dengan rasa nyeri dan gatal di area anus. Tidak jarang, wasir juga mengakibatkan munculnya bercak darah pada feses maupun benjolan yang menggantung di lubang anus (prolaps). Meskipun demikian, banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kehadiran ambeien ini.

Pada wasir yang tidak terlalu parah, Anda tidak perlu melakukan cara menghilangkan benjolan ambeien apa pun. Pasalnya, mereka akan hilang sendiri dalam beberapa hari hingga hitungan pekan. 

Sambil menunggu benjolan itu mengempis, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan rasa gatal maupun nyeri akibat wasir, yaitu:

1. Berendam air hangat

Merendam ambeien di air hangat dapat mengurangi bengkak dan iritasi pada wasir. Beberapa orang juga menambahkan bahan lain yang dipercaya meningkatkan manfaat ini, misalnya garam laut atau cuka apel.

2. Minyak kelapa dan lidah buaya

Minyak kelapa dan lidah buaya dianggap sebagai cara menghilangkan benjolan ambeien yang efektif dengan mengurangi rasa gatal serta bengkak. Selain itu, keduanya juga bisa menjadi pelumas pada anus sehingga Anda tidak terlalu tersiksa saat buang air besar.

3. Es batu

Mengompres benjolan ambeien dengan es batu juga dapat mengurangi bengkak dan gatal pada area anus. Pastikan Anda membungkus es batu dengan handuk sebelum menempelkannya pada wasir untuk menghindari terjadinya iritasi kulit.

4. Mengubah gaya hidup

Gaya hidup yang dipandang sebagai cara menghilangkan benjolan ambeien adalah makan makanan berserat dan memperbanyak minum air putih. Hal ini dilakukan untuk melunakkan feses agar tidak semakin menekan ambeien saat dikeluarkan yang justru akan makin memperparah kondisi Anda.

5. Witch hazel

Witch hazel adalah tanaman herbal yang sering kali digunakan untuk keperluan medis, salah satunya mengatasi gejala wasir.

Witch hazel dinilai bisa meredakan rasa gatal dan nyeri pada pasien wasir. Sebab, tanaman ini memiliki senyawa antiradang yang juga bisa meredakan pembengkakan.

6. Kompres dingin 

Menggunakan kompres dingin juga efektif untuk menghilangkan benjolan ambeien secara alami. 

Caranya, bungkus es dalam kain atau handuk dan tempelkan selama 15 menit ke area benjolan. Cara ini  mampu meredakan pembengkakan di area anus. 

Hindari mengoleskan es batu langsung ke anus karena bisa membahayakan dan merusak kulit. 

7. Lidah buaya 

Penggunaan gel lidah buaya juga bisa menjadi obat ambeien alami. Lidah buaya diketahui memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa membantu mengurangi iritasi di anus. 

Meski belum ada bukti khusus, penggunaan gel lidah buaya secara topikal untuk ambeien dinilai cukup aman. Namun, tidak ada salahnya Anda berkonsultasi dengan dokter atau melakukan uji sederhana untuk memastikan Anda tidak alergi terhadap lidah buaya. 

Anda sebaiknya menggunakan gel lidah buaya murni untuk mengobati wasir. Penggunaan produk lidah buaya yang dijual di pasaran biasanya mengandung bahan tambahan yang mungkin menyebabkan iritasi. 

Baca Juga: Berbagai Cara Mengatasi Ambeien Luar yang Efektif

Cara menghilangkan benjolan ambeien dengan bantuan medis

Operasi untuk menghilangkan benjolan operasi
Cara menghilangkan benjolan ambeien bisa juga dengan operasi

Jika cara menghilangkan benjolan di anus akibat ambeien di atas tidak dapat mengatasi masalah Anda, maka Anda bisa menggunakan obat wasir yang banyak tersedia di apotek.

Obat wasir bisa berbentuk krim atau supositoria (dimasukkan melalui dubur) dan dapat dibeli bebas di apotek. Obat ini biasanya mengandung hidrokortison, witch hazel, maupun zat yang membuat area di sekitar dubur mati rasa.

Jika obat yang digunakan sendiri tidak juga mampu menghilangkan benjolan ambeien, maka segera periksakan diri ke dokter. 

Dokter akan memprioritaskan penanganan tanpa operasi, tapi bila wasir Anda sudah sangat parah atau amat mengganggu, bukan tidak mungkin Anda akan diminta menjalani prosedur operasi.

Cara menghilangkan benjolan ambeien tanpa operasi antara lain:

  • Rubber band ligation, yakni dengan mengikat ujung benjolan yang menempel ke kulit dengan tujuan mematikan jaringan di bawahnya agar wasir copot dengan sendirinya.
  • Skleroterapi, yakni dengan menyuntikkan cairan ke wasir sehingga benjolan itu mengecil.
  • Elektroterapi, yakni mengalirkan arus listrik tegangan rendah ke benjolan ambeien sehingga ia mengecil.
  • Koagulasi inframerah, yakni penggunaan sinar laser inframerah untuk memotong aliran darah ke benjolan wasir dengan tujuan mengecilkan ukuran ambeien.

Cara mengecilkan benjolan ambeien di atas hanya memerlukan bius lokal di area ambeien agar Anda tidak merasakan sakit akibat prosedur yang sedang dijalani. Anda pun bisa langsung pulang setelah melakukan perawatan ini. 

Sebaliknya, bius total diperlukan jika Anda harus menjalani operasi wasir. Operasi pembedahan tersebut antara lain:

  • Hemoroidektomi, yakni pemotongan benjolan wasir.
  • Hemorrhoidopexy, yakni memasukkan benjolan wasir ke dalam lubang anus, lalu menjepitnya dengan alat khusus.
  • Haemorrhoidal artery ligation, yakni menggunakan jahitan untuk memotong aliran darah ke benjolan wasir sehingga ambeien akan mengecil.

Ketika Anda melakukan cara menghilangkan benjolan ambeien ini, dokter akan menyarankan Anda menjalani rawat inap setidaknya selama satu malam. 

Apa pun penanganan wasir yang Anda pilih, selalu konsultasikan dengan dokter.

Lantas, berapa lama benjolan ambeien akan hilang?

Wasir biasanya mudah ditangani atau bisa hilang dengan sendirinya. Wasir akan sembuh dalam waktu 1 sampai 2 minggu, tergantung pada ukurannya. Wasir dengan gumpalan darah mungkin akan membutuhkan waktu beberapa minggu untuk hilang dan dapat meninggalkan bekas karena kerusakan jaringan di daerah tersebut. 

Melakukan pengobatan rumahan segera setelah Anda mengidentifikasi wasir dapat membantu mengatasinya sebelum menjadi terjadi iritasi atau radang pada wasir.. 

Dalam kasus yang jarang, wasir bisa menyebabkan komplikasi, berupa:

  • Anemia, karena kehilangan darah kronis 
  • Infeksi
  • Bekuan darah pada wasir luar (external hemorrhoid)
  • Rasa sakit yang luar biasa, karena terputusnya suplai darah pada wasir internal 

Segera hubungi dokter jika cara menghilangkan benjolan ambeien secara alami tidak kunjung sembuh lebih dari 2 minggu.

Baca Juga

  • Mengenal Abses Perianal, dari Penyebab Hingga Pengobatannya
  • Penyebab BAB Berdarah Menetes, Deteksi Pemicu dari Warna Darahnya
  • Perbedaan Wasir dan Ambeien Itu Apa? Ini Penjelasannya

Itulah beberapa cara menghilangkan benjolan ambeien, baik alami maupun medis. Penanganan yang cepat dan tepat dapat membantu mengatasi wasir lebih dini dan mencegah timbulnya komplikasi. 

Jika masih ada pertanyaan seputar cara menghilangkan benjolan ambeien ataupun kondisi kesehatan lainnya, Anda juga bisa berkonsultasi melalui fitur chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang! 

Advertisement

nyeri anuswasirhemorrhoid

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved