Cara Menghilangkan Bekas Luka Tahunan yang Praktis dan Aman


Cara menghilangkan bekas luka tahunan secara mandiri bisa menggunakan obat topikal yang dijual bebas di apotek atau menggunakan bahan alami, seperti lidah buaya atau bawang putih.

(0)
02 Nov 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara menghilangkan bekas luka tahunan salah satunya adalah menggunakan lidah buayaLidah buaya dianggap mampu menghilangkan bekas luka tahunan
Bekas luka umumnya tidak menyebabkan masalah atau gangguan kesehatan lainnya. Meski demikian, penampilan dan kepercayaan diri seseorang yang memilikinya bisa terganggu, apalagi jika masalah ini bertahan hingga tahunan. Oleh karena itu, banyak orang yang mencari cara menghilangkan bekas luka tahunan dengan berbagai produk atau prosedur kosmetik.

Bisakah bekas luka tahunan dihilangkan?

Hingga saat ini, belum ada cara menghilangkan bekas luka tahunan secara menyeluruh. Namun, bukan berarti bekas luka tidak bisa diatasi sama sekali karena masih ada beberapa cara yang dapat menyamarkannya.Beberapa jenis bekas luka mungkin lebih sulit disamarkan dari jenis bekas luka lainnya. Contohnya, luka akibat cedera berat di usia tua yang memakan waktu lama untuk pulih. Bekas lukanya juga akan lebih sulit hilang.

Cara menghilangkan bekas luka tahunan

Berikut ini adalah beberapa cara untuk menghilangkan bekas luka tahunan dengan perawatan sendiri di rumah. Anda bisa menggunakan obat yang dijual bebas di apotek atau menggunakan bahan-bahan alami.

1. Lembaran gel silikon (silicone gel sheet)

Lembaran gel silikon merupakan salah satu cara menghilangkan bekas luka tahunan yang terbilang efektif.Berbagai studi dalam kurun dua dekade menunjukkan bahwa lembaran dan gel silikon mampu memperbaiki kondisi hampir semua jenis bekas luka. Selain bisa didapatkan di apotek tanpa resep dokter, produk ini tidak menyebabkan rasa sakit dan efek sampingnya sedikit.

2. Ekstrak bawang bombay

Ekstrak bawang bombay terbukti secara ilmiah dapat dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan bekas luka tahunan.Dengan penggunaan teratur, gel ekstrak bawang bombay dapat menyamarkan bekas luka dalam 4 minggu. Gel ini bisa Anda dapatkan di toko obat.

3. Eksfoliator kimia

Berbagai produk eksfoliator kulit umumnya ditujukan untuk mengurangi kerutan wajah. Akan tetapi, hasil studi menunjukkan bahwa eksfoliator mengandung asam glikolat dan kombinasi asam salisilat dengan asam mandelat dapat memperbaiki kondisi bekas luka, terutama bekas luka jerawat.

4. Vitamin E

Salah satu manfaat vitamin E adalah untuk menyehatkan kulit, termasuk menghilangkan stretch mark dan memutihkan area lipatan. Kemampuan ini dapat menguntungkan sebagai cara menghilangkan bekas luka tahunan.Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa membuka isi kapsul vitamin E dan oleskan pada bekas luka. Pijat perlahan area bekas luka selama 10 menit. Kemudian, biarkan minyak vitamin E menyerap selama 20 menit dan bilas dengan air hangat. Lakukan rutinitas ini tiga kali sehari.

5. Lidah buaya

Kemampuan lidah buaya menyembuhkan luka sudah banyak dikenal. Maka dari itu, banyak orang yang menggunakan lidah buaya sebagai cara menghilangkan bekas luka tahunan.Cukup oleskan gel lidah buaya segar pada bekas luka dengan gerakan memutar. Diamkan selama setengah jam sebelum dibersihkan menggunakan air dingin. Gunakan cara ini sebanyak dua kali dalam sehari hingga bekas luka semakin memudar.

6. Minyak kelapa

MInyak kelapa juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka tahunan. Panaskan satu sendok makan minyak kelapa hingga cukup encer. Pijat secara perlahan pada permukaan bekas luka selama 10 menit, lalu biarkan minyak meresap selama satu jam. Lakukan hal ini 2-4 kali sehari.

7. Lemon

Untuk cara menghilangkan bekas luka tahunan dengan lemon, cukup iris dan usapkan lemon langsung ke area bekas luka. Pijat secara perlahan sambil diperas sarinya. Biarkan selama 10 menit sebelum dibersihkan. Ulangi keesokan harinya pada waktu yang sama.

8. Baking soda

Satu lagi bahan rumahan serbaguna yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka tahunan adalah baking soda.Campurkan air sulingan dengan dua sendok makan baking soda hingga tercampur menjadi pasta. Basahi bekas luka dengan air sulingan, lalu oleskan pasta baking soda pada permukaan bekas luka yang telah dibahasi. Tutup pasta dengan kompres hangat selama 15 menit sebelum dibersihkan. Ulangi keesokan harinya.Beberapa cara di atas tidak semuanya terbukti secara ilmiah. Untuk keamanan, pastikan Anda bebas alergi dari bahan-bahan yang digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka tahunan tersebut.Jika Anda punya pertanyaan lebih lanjut cara menghilangkan bekas luka tahunan, Anda bisa bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
perawatan kulitlidah buayabekas luka
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-old-scars
Diakses 19 Oktober 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319654
Diakses 19 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait