logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kulit & Kecantikan

Cara Menghilangkan Bekas Koreng yang Menghitam

open-summary

Cara menghilangkan bekas koreng yang menghitam bisa dengan menggunakan kunyit, madu, dan minyak kelapa. Anda pun perlu menjaga kelembapan luka supaya tidak kering.


close-summary

19 Agt 2020

| Annisa Amalia Ikhsania

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Cara menghilangkan bekas koreng yang menghitam

Kunyit jadi salah satu bahan alami yang bisa dipakai

Table of Content

  • Apa itu koreng?
  • Cara menghilangkan bekas koreng yang menghitam dengan cepat
  • Cara menghilangkan bekas koreng secara alami
  • Cara menghilangkan bekas luka koreng melalui tindakan medis

Seiring berjalannya proses pemulihan, luka pada kulit lambat laun berubah menjadi koreng. Koreng adalah proses yang wajar terjadi sebagai tanda bahwa luka akan segera sembuh. Agar tidak mengganggu penampilan maupun kenyamanan, ada beberapa cara menghilangkan bekas koreng yang menghitam dengan cepat yang bisa Anda coba.

Advertisement

Apa itu koreng?

Koreng adalah suatu reaksi alami tubuh untuk melindungi area kulit yang terluka dari infeksi. Saat Anda terluka, kulit akan terkikis dan trombosit (keping darah) akan membentuk bekuan darah di atas luka agar tidak banyak darah yang keluar. Lapisan keping darah yang terbentuk lama kelamaan akan mengeras dan berubah menjadi koreng atau keropeng. 

Munculnya koreng adalah hal yang normal terjadi saat luka yang Anda alami mulai berangsur sembuh. Selanjutnya, jaringan kulit akan mengalami regenerasi sehingga koreng akan memberikan ruang bagi kulit baru untuk tumbuh pada tempatnya. 

Akan tetapi, kondisi ini dapat memakan waktu berhari-hari hingga berminggu-minggu tergantung pada tingkat keparahan luka. Lalu, bagaimana cara menghilangkan bekas luka yang menghitam

Seiring berjalannya proses pemulihan, luka pada kulit lambat laun berubah menjadi koreng. Koreng adalah proses yang wajar terjadi sebagai tanda bahwa luka akan segera sembuh. Agar tidak mengganggu penampilan maupun kenyamanan, Anda dapat melakukan cara menghilangkan bekas koreng yang menghitam dengan cepat.

Cara menghilangkan bekas koreng yang menghitam dengan cepat

Cara menghilangkan bekas koreng yang menghitam adalah dengan tidak menggaruknya
Koreng adalah tanda bahwa luka mulai sembuh

Cara menghilangkan bekas koreng yang menghitam dengan cepat perlu dilakukan. Beberapa orang akan merasa tidak nyaman dari sisi penampilan saat memiliki koreng. Adapun cara menghilangkan bekas koreng yang menghitam dengan cepat adalah sebagai berikut. 

1. Jangan mengelupas bekas koreng yang menghitam

Salah satu cara menghilangkan bekas koreng yang menghitam dengan cepat adalah jangan mengelupasnya. Meski bekas koreng dapat menimbulkan rasa gatal yang membuat Anda ingin menggaruk, atau bahkan mengelupasnya, sebaiknya jangan lakukan ini.

Cara menghilangkan bekas luka koreng bisa menjadi percuma apabila Anda mengelupasnya. Mengelupas bekas koreng hanya akan membuka luka yang belum sembuh dan memperlambat proses pemulihan. Akibatnya, area kulit akan kembali memerah, bahkan berdarah.

2. Melakukan kompres hangat dan dingin

Cara menghilangkan bekas koreng yang menghitam dengan cepat berikutnya adalah dengan menggunakan kompres hangat dan dingin. Kompres hangat bertujuan untuk meningkatkan aliran darah menuju luka. Dengan meningkatnya aliran darah, pasokan oksigen pun turun bertambah.

Pasokan oksigen yang cukup mampu merangsang sel-sel di sekitar luka untuk melakukan regenerasi kulit lebih cepat. Jika luka dapat sembuh dengan cepat, bekas koreng yang menghitam pun akan hilang dalam waktu singkat. 

Untuk membuat kompres hangat, cukup siapkan handuk yang telah dibasahi air hangat, lalu tempelkan pada area luka selama beberapa menit. Anda juga dapat menggunakan kompres dingin dengan cara membungkus beberapa buah es batu dalam handuk bersih, lalu tempelkan pada area kulit yang terinfeksi. Kompres dingin bertujuan untuk meredakan peradangan dan nyeri di sekitar luka.

3. Menjaga kelembapan area luka

Menjaga kelembapan area luka juga menjadi cara menghilangkan bekas koreng yang menghitam dengan cepat. Selain mempercepat proses pemulihan, langkah ini juga dapat mencegah munculnya rasa gatal yang membuat Anda ingin mengelupas bekas koreng.

American Academy of Dermatology menyarankan penggunaan petroleum jelly untuk melembapkan area luka dan mencegah terbentuknya bekas luka yang lebih besar. Anda juga bisa menggunakan pelembap alami lain, seperti minyak kelapa, lotion, atau salep.

4. Menjaga kebersihan luka

Cara menghilangkan bekas koreng yang menghitam dengan cepat lainnya adalah dengan menjaga kebersihan luka. Meski koreng menandakan luka mulai berangsur sembuh, area luka yang lembap juga rentan terhadap infeksi bakteri. 

Infeksi dapat menghambat proses penyembuhan, bahkan dapat memperparah luka yang sudah ada. Jika luka dan bekas koreng terkena kotoran, bersihkan luka dengan air hangat dan sabun berbahan ringan. Gunakan lap lembut untuk menepuk-nepuk kulit hingga kering. Hindari menggosokkan handuk ke area kulit yang luka karena dapat mengelupas bekas koreng.

5. Menutup area kulit yang terluka apabila diperlukan

Jangan jadikan menutup area kulit yang terbuka sebagai cara menghilangkan bekas koreng yang menghitam dengan cepat.

Anda hanya perlu menutup luka apabila mengalami luka robek, berdarah, atau mengeluarkan cairan tertentu. Penutup luka juga diperlukan jika Anda adalah orang yang sangat aktif berolahraga. Hal tersebut bertujuan agar koreng tidak mengelupas akibat gesekan dengan pakaian, anggota tubuh yang lain, atau peralatan berolahraga.

6. Gunakan vitamin E

Cara menghilangkan bekas luka koreng diyakini bisa menggunakan vitamin E. Vitamin E diyakini dapat mempercepat penyembuhan luka dan memperbaiki bekas luka, termasuk koreng. 

Di samping itu, vitamin E juga dipercaya mampu menghilangkan bekas luka akibat koreng yang menghitam. Anda bisa mengoleskan salep yang mengandung vitamin E atau mengonsumsi sumber makanan yang mengandung vitamin E untuk mencoba langkah ini. 

Kendati demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut guna membuktikan efektivitas vitamin E sebagai cara menghilangkan bekas luka koreng. 

7. Konsumsi makanan bergizi

Cara menghilangkan bekas luka koreng lainnya adalah mengonsumsi makanan bergizi. Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan protein, selenium, zinc, vitamin A, dan vitamin C untuk menghilangkan bekas luka koreng.

Berikut beberapa pilihan makanan yang bisa Anda pilih untuk mempercepat penyembuhan luka:

- Telur yang mengandung zinc dan protein tinggi

- Ikan salmon dengan kandungan asam lemak omega-3 untuk membantu meningkatkan respon imun

- Jeroan untuk mempercepat produksi sel jaringan ikat di kulit

- Kerang yang menjadi sumber zinc untuk membantu mengeringkan luka

- Daging unggas yang mengandung asam amino glutamin dan arginin untuk memberikan perlindungan sel kulit

- Ubi yang dipercaya menjadi sumber protein tinggi untuk tubuh

- Sayuran hijau yang mengandung antioksidan tinggi serta vitamin C

Baca juga: Jenis Salep Antibiotik untuk Luka Terbaik

Cara menghilangkan bekas koreng secara alami

Selain cara-cara di atas, Anda juga dapat menghilangkan bekas koreng secara alami menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah. Kendati demikian, perlu diketahui bahwa masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan keefektifan bahan alami yang digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka koreng.

Jika Anda ingin mengandalkannya sebagai cara menghilangkan bekas koreng yang menghitam secara alami, alangkah baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter guna mengetahui cocok atau tidaknya untuk dioleskan pada jenis luka yang Anda alami. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan bekas koreng secara alami:

1. Kunyit

Cara menghilangkan bekas koreng yang menghitam secara alami adalah kunyit
Gunakan bubuk kunyit untuk menghilangkan bekas koreng secara alami

Madu juga dapat digunakan sebagai cara alami menghilangkan bekas koreng yang menghitam. Manfaat madu berasal dari zat antijamur, antibakteri, antimikroba, dan antiradang yang berfungsi untuk membunuh bakteri di area kulit yang terluka.

Dengan mengoleskannya ke area kulit yang terluka, bekas koreng yang menghitam dapat berangsur hilang dan dapat mencerahkan kulit.

3. Lidah buaya

Lidah buaya juga menjadi cara menghilangkan bekas koreng yang menghitam secara alami
Gunakan lidah buaya untuk menghilangkan bekas koreng yang menghitam

Lidah buaya memiliki sifat antibakteri, antimikroba, antiradang, dan antioksidan alami sehingga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas koreng secara alami selanjutnya.Lidah buaya juga mengandung phytochemical yang dapat mengurangi rasa nyeri dan peradangan akibat luka.

Anda cukup mengoleskan lidah buaya pada kulit yang terdapat bekas luka secara merata. Diamkan selama beberapa menit atau sampai mengering. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas koreng yang menghitam secara alami
Minyak kelapa mengandung zat antibakteri dan antiradang

Cara menghilangkan bekas koreng yang menghitam secara alami lainnya adalah dengan minyak kelapa. Minyak kelapa mengandung zat antibakteri dan antiradang yang dapat menjaga kulit dari infeksi.

Anda dapat mengoleskan minyak kelapa pada area kulit yang terluka untuk mempercepat penyembuhan dan menghidrasi kulit. Jika digunakan secara rutin, bekas koreng yang menghitam pun dapat hilang lebih cepat.

5. Bawang bombay

Cara menghilangkan bekas koreng yang menghitam secara alami bisa dengan bawang bombay
Mengoleskan bawang bombay yang dihaluskan diyakini bisa menghilangkan bekas koreng

Bawang bombai adalah juga menjadi pilihan cara menghilangkan bekas koreng secara alami. Bawang bombai mengandung allicin, yakni suatu senyawa antimikroba untuk mencegah luka infeksi, mengurangi peradangan, dan mempercepat proses penyembuhan luka. 

Anda dapat membuat pasta kental dari bawang bombay yang dihaluskan, lalu oleskan pada area kulit yang terluka untuk membantu membunuh bakteri.

6. Bubuk kayu manis 

Cara menghilangkan bekas koreng secara alami dapat dilakukan dengan menggunakan bubuk kayu manis. Kayu manis memiliki kemampuan untuk melawan infeksi dan mengurangi peradangan. Selain itu, kayu manis juga dikenal dapat membantu menyembuhkan bekas luka koreng akibat luka bakar dan mempercepat proses penyembuhan kulit.

7. Bawang putih

Sama seperti bawang bombai, bawang putih juga mengandung senyawa allicin. Sebuah hasil studi pada 2018 mengemukakan bahwa mengoleskan salep yang mengandung bawang putih 30% dapat meningkatkan regenerasi sel lebih baik dibandingkan dengan petroleum jelly. Namun, penelitian tersebut baru dilakukan pada uji coba hewan sehingga dibutuhkan riset lebih lanjut guna membuktikan kemanjurannya pada manusia. 

8. Mentimun

Mentimun juga menjadi cara menghilangkan bekas koreng secara alami yang bisa dicoba. Mentimun mengandung senyawa kimia bernama silica yang mampu membantu tubuh dalam meregenerasi jaringan ikat di otot, ligamen, tendon, dan jaringan lainnya. 

Selain itu, mentimun juga dapat membantu menjaga aliran darah yang sehat. Aliran darah yang baik penting untuk mengalirkan oksigen, vitamin, dan nutrisi ke area yang terluka untuk mempercepat penyembuhan luka sekaligus menghilangkan bekas luka hitam menjadi lebih cepat dan efisien. 

9. Teh hijau

Manfaat teh hijau untuk kulit ternyata dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka hitam, termasuk bekas koreng. Hal ini karena teh hijau mengandung zat yang bersifat antioksidan dan antiradang sehingga dapat mengatasi berbagai masalah kulit. Namun, cara menghilangkan bekas koreng secara alami ini mungkin masih membutuhkan penelitian lebih lanjut karena studi yang tersedia baru dilakukan pada hewan uji tikus. 

10. Penggunaan make up

Penggunaan make up bisa pula Anda manfaatkan sebagai cara menghilangkan bekas koreng secara alami. Kendati demikian, cara menghilangkan bekas koreng yang menghitam secara alami ini karena hanya bersifat sementara dan berfungsi untuk menyamarkan.  

Baca Juga: Obat Koreng di Apotek yang Ampuh Digunakan agar Luka Cepat Sembuh

Cara menghilangkan bekas luka koreng melalui tindakan medis

Meski ada berbagai cara menghilangkan bekas koreng yang menghitam secara alami, nyatanya mungkin tak sedikit orang yang lebih memilih jalur instan sebagai cara menghilangkan bekas koreng. Dalam beberapa kasus, cara menghilangkan bekas koreng dengan cepat melalui tindakan medis mungkin disarankan dokter dan bisa membuahkan hasil sesuai yang diinginkan dibandingkan cara alami. 

Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan medis untuk menghilangkan bekas luka hitam akibat koreng. Dengan ini, dokter dapat memberikan rekomendasi yang tepat sesuai penyebab dan kondisi bekas koreng yang Anda alami. 

Berikut adalah beberapa cara menghilangkan bekas luka koreng yang mungkin direkomendasikan oleh dokter. 

1. Terapi laser

Cara untuk menghilangkan bekas luka hitam akibat koreng yang mungkin direkomendasikan oleh dokter adalah terapi laser. Terapi laser dilakukan dengan menghilangkan lapisan kulit paling atas untuk merangsang produksi kolagen pada lapisan kulit yang dalam. Anda bisa melakukan terapi laser beberapa kali sampai bekas koreng menghitam hilang. 

2. Suntik kortikosteroid

Pada beberapa kasus, bekas koreng mungkin bisa menimbulkan luka yang menonjol. Ketika koreng telah sembuh, kadang kala timbul bekas luka di area tersebut. 

Bekas luka inilah yang dapat membentuk keloid, luka kontraktur (bekas luka bakar), maupun luka hipertropik. Jika bekas koreng Anda berubah menjadi luka keloid atau hipertropik, dokter mungkin bisa merekomendasikan cara menghilangkan bekas luka hitam dengan suntik kortikosteroid. 

Meski tidak dapat menghilangkan bekas luka hitam akibat koreng sepenuhnya, cara menghilangkan bekas luka koreng ini dapat memperbaiki penampilan kulit Anda. Suntik kortikosteroid akan diberikan langsung pada bekas luka dengan cara melunakkan dan mengempiskannya. 

Tergantung pada jenis bekas luka, prosedur suntikan berulang mungkin perlu dilakukan. Cara menghilangkan bekas luka koreng melalui injeksi lainnya adalah dengan suntik kolagen. Langkah ini bertujuan untuk mengatasi luka yang menyebabkan cekungan.

3. Cangkok kulit

Jika area kulit yang terdapat bekas luka cukup luas, misalnya pada luka bakar, prosedur cangkok kulit (skin graft) mungkin dibutuhkan. Cara menghilangkan bekas luka koreng ini dilakukan dengan mengambil kulit yang sehat dari area tubuh lain. Kemudian, mencangkokkannya ke area kulit yang memiliki bekas luka koreng. 

Apa pun cara menghilangkan bekas luka koreng yang dipilih, pastikan Anda mendiskusikannya dengan dokter terlebih dahulu sebelum melakukannya.

Baca juga: Salep Luka Bakar dan Obat Luka Bakar Alami agar Cepat Sembuh

Pembentukan bekas koreng adalah tahap normal dari proses penyembuhan luka. Tanpa perawatan sekalipun, bekas koreng yang menghitam dapat hilang dengan sendirinya meski membutuhkan waktu lama, tergantung pada tingkat keparahannya. Namun, kebanyakan orang tentu merasa tidak nyaman dan terganggu memiliki bekas luka koreng. 

Nah, beberapa cara menghilangkan bekas koreng dengan cepat di atas dapat membantunya. Jika Anda ingin berdiskusi lebih lanjut seputar cara menghilangkan bekas koreng yang menghitam, tanyakan langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

penyembuhan lukabekas lukaperawatan kulitmasalah kulit

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved