7 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Batu di Rumah

(0)
24 Jul 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Berbagai cara menghilangkan bekas jerawat batu secara alami, salah satunya pakai tea tree oil.Tea tree oil, minyak atsiri yang digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat batu.
Cara menghilangkan bekas jerawat batu dengan bahan-bahan alami sangatlah mudah dilakukan di rumah. Namun ingat, berbagai langkah ini tidak boleh dijadikan pengobatan utama.Sebab, segudang cara menghilangkan bekas jerawat batu ini masih harus dikaji efektivitasnya. Ditambah lagi, datang ke dokter dan meminta obat-obatan medis tetap diperlukan untuk mendapatkan hasil penyembuhan yang maksimal.

Cara menghilangkan bekas jerawat batu secara alami

Mengapa cara menghilangkan bekas jerawat batu secara alami ini tidak boleh dijadikan pengobatan utama? Sebab selain hasil penyembuhannya tidak akan maksimal, jerawat batu atau jerawat sistik adalah jenis jerawat yang dianggap paling serius. Itulah sebabnya, obat-obatan medis sangat diperlukan.Jikalau Anda ingin mencoba berbagai cara menghilangkan bekas jerawat batu secara alami ini, konsultasikan dulu pada dokter agar tidak menimbulkan kerugian saat menjajalnya.

1. Es batu

Es batu bisa dijadikan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat batu, karena ia memiliki efek mengempeskan pembengkakan, meredakan nyeri, menghilangkan gatal, hingga mengatasi kemerahan pada kulit.Beberapa orang juga percaya, menempelkan es di jerawat batu selama 3 kali dalam sehari, bisa menghilangkannya.

2. Mengurangi produk susu

Minum susu
Menghindari produk susu
Mengurangi atau menghindari produk susu dalam menu makan sehari-hari, dianggap sebagai cara menghilangkan bekas jerawat batu yang efektif. Sebab, produk susu seperti keju hingga yogurt dipercaya menjadi penyebab jerawat batu.Jika sudah menghindari produk susu selama 3 minggu, dan jerawat batu tak lagi muncul, itu bisa menandakan bahwa jerawat batu yang Anda alami diakibatkan oleh produk susu.

3. Menghindari pemanis buatan

Beberapa bukti anekdotal menyatakan bahwa pemanis buatan dapat menyebabkan peradangan yang memancing datangnya jerawat batu. Maka dari itu, menghindari makanan yang mengandung pemanis buatan, dianggap bisa menjadi cara menghilangkan bekas jerawat batu.

4. Mengoleskan cuka putih

Cara menghilangkan bekas jerawat batu yang satu ini harus dilakukan hati-hati. Sebab, jika kulit terpapar langsung dengan cuka, iritasi bisa datang.Itulah sebabnya Anda disarankan untuk mencampurkannya dulu dengan air bersih, kemudian baru oleskan ke jerawat batu yang ada Anda alami.Efek antibakteri yang dimiliki cuka putih, menjadikannya sebagai salah satu cara menghilangkan bekas jerawat batu yang efektif.

5. Menggunakan masker kunyit

Kunyit
Cara menghilangkan bekas jerawat batu dengan kunyit
Masker kunyit dipercaya sebagai cara menghilangkan bekas jerawat batu, karena mengandung komponen antiseptik dan antiinflamasi.Campurkan sedikit air bersih dengan bubuk kunyit, kemudian aduklah hingga merata. Kemudian, oleskan masker kunyit ini di bagian jerawat batu selama 45 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.Waspadalah dalam melakukan cara menghilangkan bekas jerawat batu yang satu ini. Sebab, kunyit bisa menyebabkan iritasi.

6. Mengonsumsi makanan probiotik

Mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik bisa dijadikan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat batu yang mengganggu. Sebab, mengosumsi probiotik secara teratur dipercaya bisa mencerahkan wajah dan mengatasi peradangan pada kulit.Makanan yang mengandung probiotik sangatlah banyak, mulai dari kimchi, kefir, hingga sayuran seperti wortel dan kembang kol.

7. Mengoleskan tea tree oil

Mengoleskan minyak atsiri tea tree oil ke wajah, dianggap sebagai cara menghilangkan bekas jerawat batu yang efektif. Sebab, tea tree oil mengandung senyawa antimikroba dan antiinflamasi.Namun hati-hati, beberapa orang bisa merasakan efek samping jika tea tree oil dioleskan secara langsung ke kulit. Efek samping itu meliputi iritasi, ruam, gatal-gatal, rasa sakit, kulit kering, hingga kemerahan. Hentikan penggunaan tea tree oil jika beberapa gejala di atas muncul.Belum ada penelitian dan bukti yang cukup untuk mendukung efektivitas berbagai cara menghilangkan bekas jerawat batu di atas. Maka dari itu, Anda disarankan untuk berkonsultasi pada dokter sebelum mencoba cara menghilangkan bekas jerawat batu ini.

Pilihan obat medis untuk atasi jerawat batu

Seorang dokter atau dermatologis biasanya akan menyarankan Anda untuk menghindari berbagai cara menghilangkan bekas jerawat batu yang belum terbukti efektivitasnya.Umumnya, mereka akan merekomendasikan berbagai pilihan obat medis untuk mengatasi jerawat batu ini:
  • Asam azelaic
  • Isotretinoin
  • Antibiotik oral
  • Spironolactone
  • Retinoid krim
Selain itu, dokter juga bisa merekomendasikan metode penyembuhan jerawat batu lain, misalnya dengan suntikan steroid.

Catatan dari SehatQ:

Minimnya bukti kuat atau riset ilmiah mengenai berbagai cara menghilangkan bekas jerawat batu di atas, membuat Anda harus lebih waspada dalam mencobanya. Jangan pernah melakukan sederet cara tersebut tanpa sepengetahuan dokter. Sebab, ada risiko efek samping atau reaksi alergi yang bisa Anda alami!
jerawatkulit dan kecantikanmasalah kulit
Healthline. https://www.healthline.com/health/cystic-acne-home-remedy
Diakses pada 10 Juli 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements-tea-tree-oil/art-20364246
Diakses pada 10 Juli 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323139
Diakses pada 10 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait