10 Cara Menghilangkan Bekas Jahitan Luka Operasi, Mana yang Paling Efektif?

(0)
06 Oct 2020|Azelia Trifiana
Pola hidup sehat menjadi salah satu cara untuk menghilamngkan luka bekas jahitanMengonsumsi makanan sehat dapat mempercepat menghilangkan luka bekas jahitan
Tergantung pada jenis operasinya, akan selalu ada bekas jahitan tempat dokter bedah melakukan insisi. Ada kalanya seseorang ingin tahu cara menghilangkan bekas jahitan atau setidaknya membuatnya lebih samar. Faktor terpenting adalah menjaga area bekas insisi dengan baik pascaoperasi.Sepiawai apapun kemampuan dokter bedah, prosedur insisi akan selalu meninggalkan bekas luka atau jahitan. Ditambah lagi, ada beberapa faktor yang menentukan seberapa kentara bekas jahitan seseorang seperti fase pemulihan, usia, dan kecenderungan memiliki keloid.

Cara menghilangkan bekas jahitan luka operasi

Dokter pasti akan memberikan rangkaian instruksi yang harus dilakukan setelah prosedur operasi dilakukan. Beberapa cara menghilangkan bekas jahitan luka operasi adalah:

1. Tidak merokok

Kebiasaan buruk merokok dapat membuat proses pemulihan bekas jahitan luka operasi menjadi lebih lama. Faktor yang satu ini sangat signifikan, bahkan banyak dokter bedah plastik yang tidak mau melakukan prosedur operasi jika pasien tidak berhenti merokok setidaknya 2 minggu sebelum pelaksanaan.

2. Kurangi “stres” pada bekas jahitan

Cara menghilangkan bekas jahitan luka operasi yang tak kalah penting adalah mengurangi stres di area tersebut. Aktivitas seperti mengangkat, melipat, atau merenggangkan area bekas luka harus benar-benar dihindari. Hal ini bisa menyebabkan jahitan tertarik dan luka menjadi lebih lebar.

3. Hindari sinar matahari langsung

Sebisa mungkin, hindari paparan sinar matahari langsung ke arah luka bekas operasi. Jika luka terdapat di area yang sulit ditutup seperti wajah atau tangan, tanyakan kepada dokter apakah ada tabir surya yang bisa digunakan.

4. Menghindari alkohol

Selain bahaya alkohol jika dikonsumsi berlebihan, perlu diingat bahwa alkohol menyebabkan tubuh dan kulit dehidrasi. Artinya, kondisi ini sangat tidak membantu proses pemulihan bekas jahitan luka operasi. Selain itu, sebaiknya perbanyak konsumsi minuman yang tidak mengandung kafein.

5. Pastikan cukup cairan

perempuan meminum air putih
Pastikan minum air putih yang cukup
Asupan cairan sangat penting untuk menghindari dehidrasi pada fase pemulihan pascaoperasi. Ini juga akan berpengaruh pada kondisi tubuh seseorang. Warna urine dapat menjadi salah satu indikator apakah seseorang mengalami dehidrasi atau tidak.

6. Asupan nutrisi maksimal

Mengonsumsi makanan bergizi sangat penting untuk memastikan tubuh mendapat asupan nutrisi terbaik. Cara menghilangkan bekas jahitan luka operasi bisa dilakukan dengan memperbanyak konsumsi protein. Sumbernya bisa dari ayam, ikan, makanan laut, daging sapi, dan lainnya sehingga kulit menjadi lebih cepat sembuh.

7. Perhatikan berat badan

Risiko munculnya luka bekas operasi semakin tinggi ketika seseorang kelebihan berat badan. Ini terjadi karena lemak di bawah kulit justru bersifat bertentangan terhadap upaya dokter bedah menutup insisi serapi mungkin.

8. Antisipasi bagi penderita penyakit kronis

Apabila pasien menderita penyakit kronis seperti diabetes, proses pemulihan bisa menjadi lebih lambat. Salah satu cara menghilangkan bekas jahitan adalah memastikan kadar gula darah terkendali sejak sebelum operasi dilakukan. Jika kadar gula darah terlalu tinggi, proses penyembuhan bisa jadi lebih lama.

9. Merawat luka dengan tepat

Penting juga memastikan perawatan luka sesuai dengan instruksi dokter. Jaga agar area bekas luka jahitan tetap kering dan bersih. Jangan gunakan obat oles yang tidak diresepkan dokter.Apabila terdeteksi adanya infeksi, segera konsultasikan dengan dokter. Infeksi dapat mengganggu proses pemulihan dan menyebabkan luka menjadi permanen.

10. Perawatan gel silikon

Ada juga obat berbentuk gel silikon yang dapat membantu menyamarkan bekas jahitan luka operasi. Penggunaannya dengan cara dioleskan secara berkala. Tanyakan kepada dokter apa jenis gel silikon yang aman dioleskan langsung ke bekas luka.Hal yang tak kalah penting adalah memastikan tubuh beristirahat agar luka bisa pulih dengan sempurna. Apabila dokter meminta istirahat selama 2 pekan, lakukan sesuai anjuran dokter. Ketika sudah mulai beraktivitas pun, jangan langsung bekerja terlalu berat karena dapat menghambat proses pemulihan.

Catatan dari SehatQ

Proses pemulihan luka jahitan bekas operasi bisa berbeda antara satu orang dan lainnya. Jangan membandingkan atau mencoba-coba metode yang belum aman meski mungkin terbukti efektif di orang lain.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar cara menghilangkan bekas jahitan luka operasi, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
menjaga kesehatanhidup sehatbekas luka
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/preventing-or-minimizing-scars-after-surgery-3156926
Diakses pada 22 September 2020
WebMD. https://www.webmd.com/beauty/cosmetic-procedures-scars
https://www.aad.org/injured-skin/wound-care-minimize-scars
AAD. https://www.aad.org/injured-skin/wound-care-minimize-scars
https://www.aad.org/injured-skin/wound-care-minimize-scars
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait