Cara Menghilangkan Bau Rokok yang Efektif dari Baju hingga Rambut


Cara menghilangkan bau rokok disesuaikan dengan sumber baunya. Anda bisa mencuci tangan dengan menambahkan baking soda atau menggunakan shampo jika baunya tercium pada rambut.

0,0
08 Aug 2021|Azelia Trifiana
Bau rokok dapat mengganggu Anda dan orang lainBau rokok dapat mengganggu Anda dan orang lain
Bukan hanya perokok aktif dan pasif saja yang kesehatannya terancam. Satu lagi yang perlu diwaspadai adalah thirdhand smokeresidu asap rokok yang mengendap di permukaan benda, kulit, rambut, dan perabotan. Penting untuk tahu cara menghilangkan bau rokok karena zat kimia ini membahayakan kesehatan.Sayangnya, perokok biasanya tidak menyadari bau rokok karena sudah terbiasa dengan aromanya. Langkah terbaik tentu dengan berhenti merokok sepenuhnya. Namun jika masih dalam proses atau belum bisa terwujud, setidaknya upayakan agar bau rokok tidak mengendap di sekitar.Dikutip dari Inside Science, bau rokok sangat berpengaruh terhadap bau kulit, rambut, tubuh, hingga perabotan di sekitar. Residu karsinogenik berbahaya ini mengandung nikotin yang bahkan juga berpengaruh pada kelenjar keringat.Itulah mengapa, perokok aktif memiliki aroma keringat tengik seperti bau rokok. Tak hanya itu, residu asap rokok ini juga mengendap di mulut, gusi, gigi, dan lidah. Ini membuat bau mulut perokok mirip seperti asbak kotor.Solusi berikut ini adalah rekomendasi untuk menghilangkan bau rokok:

1. Bau rokok di kulit

Memegang rokok bisa membuat jari-jari tangan beraroma pekat. Untuk menghilangkan bau rokok di tangan, Anda bisa segera mencuci tangan dengan sabun. Tambahkan satu sendok teh baking soda kue ke sabun cuci tangan dan gosok menyeluruh di bawah air mengalir.Perhatikan juga area kulit di bawah kuku dan di antara kuku. Jika tidak memungkinkan untuk mencuci tangan, hand sanitizer bisa menjadi alternatif. Jangan lupa juga untuk mencuci muka untuk menghilangkan residu asap rokok. Cara lain yang bisa menghilangkan residu secara menyeluruh adalah dengan mandi. Terutama, jika baru selesai melakukan aktivitas yang menyebabkan berkeringat.

2. Bau rokok di rambut

Residu bau rokok juga akan mengendap cukup kuat di rambut. Untuk mengatasinya, segera keramas dengan sampo secara menyeluruh. Ini juga berlaku untuk kumis dan janggut. Jika tidak memungkinkan, ada juga dry shampoo yang lebih praktis dan cukup disemprotkan ke rambut.

3. Bau rokok di mulut

Menggosok gigi adalah cara menghilangkan bau rokok di mulut yang efektif. Selain itu, tambahkan juga berkumur dengan obat atau gunakan alat pembersih lidah. Penting juga diingat bahwa menggosok gigi dapat mengurangi endapan tar dan nikotin di gigi.Permen pelega pernapasan hingga permen karet bisa menjadi alternatif lain untuk menghilangkan bau rokok di mulut.Baca juga: Bahaya Merokok Bagi Kesehatan, Mulai dari Kanker Hingga Keguguran

4. Bau rokok di pakaian

Merokok di udara terbuka bukan berarti akan membuat asap langsung hilang begitu saja. Sebab, residu asap rokok akan menempel di rambut, kulit, dan tentu saja pakaian. Jika tidak langsung dicuci, bau asap rokok akan melekat juga di ruangan tempat menyimpan pakaian kotor.Untuk menghilangkan bau rokok yang menempel di baju, coba tambahkan soda kue dalam deterjen pencuci baju. Terkadang, satu kali pencucian tidak cukup. Perlu pengulangan hingga dua kali.Selain itu, ada juga jenis semprotan yang dapat menyegarkan aroma kain seperti deodorizing spray. Namun, tentu saja harus disemprotkan ke seluruh bagian pakaian demi menghilangkan aromanya.

5. Bau rokok di perabotan lama

Akumulasi thirdhand smoke di rumah bisa melekat di permukaan baik yang keras maupun lunak. Bahkan, nikotin dari rokok juga bisa menyebabkan kontaminasi debu di rumah.Apabila Anda mendapati bau rokok mengendap di perabotan lama dalam rumah, pastikan sirkulasi udara ruangan itu terjaga dengan baik. Kemudian, bersihkan dinding dengan heavy-duty cleaner yang memang berfungsi sebagai penghilang bau, seperti trisodium phosphate.Untuk permukaan lantai, campurkan cuka putih ke dalam cairan pembersih lantai. Jika ada karpet atau permukaan lunak lain, segera keluarkan dari rumah.

6. Bau rokok di rumah

Bagi yang memiliki anggota keluarga merokok di dalam rumah, beberapa langkah ini dapat membantu mengurangi eliminasi residu asap rokok:
  • Tempatkan kotak berisi arang atau cuka apel di tiap ruangan untuk menyerap bau, ganti setiap minggu
  • Pastikan sirkulasi udara ruangan lancar
  • Nyalakan kipas angin untuk mengusir bau asap rokok
  • Tempatkan air purifier dengan filter HEPA di rumah
  • Bersihkan filter AC secara berkala
  • Mencuci tirai, taplak meja, atau boneka setiap minggunya
  • Menyalakan diffuser dengan minyak esensial namun perhatikan cara amannya

7. Bau rokok di mobil

Bau mobil perokok aktif pasti sangat khas karena bisa mengendap begitu pekat di kabin mobil. Meskipun merokok dengan jendela mobil terbuka pun, residu tetap akan tertinggal.Untuk mengatasinya, berikut cara menghilangkan bau rokok di mobil yang bisa Anda coba adalah salah satunya:
  • Bersihkan filter cabin lebih sering daripada sekali setahun
  • Semprotkan fabric cleanser ke area jok dan juga sabuk pengaman
  • Semprotkan cairan soda kue kemudian bersihkan dengan vacuum cleaner
  • Tempatkan bubuk kopi, cuka apel, atau arang di dalam mobil
  • Letakkan gulungan koran selama 1-2 hari di dalam mobil
Baca juga: Ini Pentingnya Kawasan Tanpa Asap RokokSeluruh cara di atas tidaklah mudah. Harus ada upaya, waktu, dan tenaga lebih untuk membersihkan endapan nikotin agar tidak membahayakan kesehatan. Memilih untuk masa bodoh bisa-bisa saja, namun kesehatan diri sendiri dan orang yang sering berinteraksi dengan Anda menjadi ancamannya.Ada banyak cara menghilangkan bau rokok, tapi tentu yang terbaik dan paling efektif adalah dengan tidak merokok sama sekali.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar langkah berhenti merokok yang tepat, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
berhenti merokokbahaya asap rokokpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-cigarette-smell-in-house#from-hair
Diakses pada 24 Juli 2021
Indoor Air.
https://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/ina.12327
Diakses pada 24 Juli 2021
Environmental Health Perspectives. https://ehp.niehs.nih.gov/doi/10.1289/ehp.119-a70
Diakses pada 24 Juli 2021
Inside Science.
https://www.insidescience.org/news/thirdhand-smoke-your-skin-absorbs-nicotine-air-and-clothing
Diakses pada 24 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait